5 Topik Webinar yang Digemari Anak Muda

Produktivitas
Hana Nuralifiah
19 Feb 2021
topik webinar favorit

Halo, Perseners! How’s life?

Kenalin, gue Hana. Gue di sini menulis sebagai associate writer dari Satu Persen.

Pandemi udah berlangsung lebih dari setahun. Pada awalnya, pasti susah banget buat adaptasi. Bayangin aja, kita yang biasanya keluar rumah tiap pagi buat ngantor atau sekolah, tiba-tiba diharuskan diam di rumah dan beraktivitas secara online.

Gak semua orang cakap menggunakan teknologi atau punya fasilitas yang mencukupi. Tapi, lama-kelamaan kita jadi gak punya pilihan selain beradaptasi. Iya kan, Perseners?

Nah, salah satu perubahan yang cukup berasa adalah seminar-seminar yang kini lebih banyak diselenggarakan dalam bentuk webinar. Gue sering banget ngeliat poster-poster webinar berseliweran di timeline Instagram. Biasanya sih, webinarnya ditujukan buat anak muda.

Hmm…wajar aja, sih. Pastinya yang paling melek teknologi dan lagi masa-masanya butuh seminar itu kan emang anak muda.

Kalau dipikir-pikir, seminar secara daring atau webinar ini terbilang lebih hemat. Iya gak, sih?

Alih-alih sewa tempat dan fasilitasnya, kita tinggal sediain akun software hosting buat ngadain acaranya. Selain itu, pembicara dan peserta juga gak perlu buang-buang ongkos buat pergi ke tempat acara, alias tinggal duduk manis depan laptop. Pokoknya, sebagai peserta sih tinggal sedia kuota sama device aja.

Mungkin gara-gara faktor kemudahan tadi, lo ada niatan buat ngadain webinar. Tapi, lo belum ada ide mau bikin webinar apa. Supaya partisipannya rame, pasti lo pasti pengen bawain topik yang saat ini banyak dicari, kan?

Webinar apa aja sih, yang paling digemari dan dibutuhin sama anak muda? Kalo mereka target audiens lo, tentunya lo harus tahu dulu, nih. Supaya gak salah tentuin topik.

Webinar yang digemari anak muda

topik webinar favorit
Gambar oleh mohamed Hassan dari Pixabay

1. Webinar kewirausahaan

Webinar kewirausahaan atau entrepreneurship biasanya banyak peminatnya, nih. Pastinya ada sejumlah anak muda yang pengen berinovasi memulai bisnisnya sendiri, jadinya pengen belajar banyak soal itu.

Selain itu, kalau ngomongin wirausaha, topiknya juga bisa bermacam-macam. Contohnya, cara memulai bisnis dari nol, cara menarik pelanggan, cerita inspiratif dengan entrepreneur sukses sebagai pembicaranya, dan lain-lain.

2. Webinar pengembangan diri

Kalau gue sendiri sih, paling sering ikut webinar jenis ini. Soalnya, masa muda itu waktu yang pas banget buat ngembangin diri secara mandiri. Selain itu, ilmunya juga bakal kepake banget di keseharian. Jadi, wajar aja kalo banyak dari anak muda yang suka webinar semacam ini.

Webinar dengan topik ini biasanya membahas seputar penerimaan diri, menemukan passion, edukasi seputar kesehatan mental, dan masih banyak lagi. Penyelenggara webinar juga bisa mengundang pembicara yang berpengalaman atau udah expert terkait peristiwa tertentu buat sharing cerita inspiratifnya.

3. Webinar desain

Menurut gue sih, orang yang bisa bikin desain itu keren abis. Jadi, meskipun gak bakal bisa langsung jago, seenggaknya pengen banget bisa nguasain basic-nya. Minimal ngerti pake software kayak Adobe Photoshop, Corel, atau software lain.

Nah, banyak dari anak muda yang juga tertarik buat belajar desain. Entah itu karena pengen nambah skill baru, buka jasa desain, ngeramein CV, atau sekadar hobi yang dilakukan saat refreshing. Mungkin, webinar tentang desain bisa jadi pertimbangan buat lo.

4. Webinar public speaking

Public speaking menjadi salah satu skill yang cukup sering dijadikan syarat buat melamar pekerjaan. Nah, karena itu, anak muda pasti aware sama kemampuan public speaking-nya.

Gak sedikit dari mereka yang menilai dirinya masih kurang bisa atau takut bicara di depan umum, jadinya banyak yang pengen mempelajari ini.

Gak cuma buat pekerjaan, public speaking juga banyak dipake buat keperluan presentasi dan membangun relasi sama banyak orang. Dijamin bakal ada banyak anak muda yang mau ikutan.

Coba Juga: Tes Kecemasan Public Speaking: Bantu Dirimu Mengatasinya

5. Webinar karier

Buat anak muda yang udah kerja, pasti ada kalanya nemuin kesulitan atau bahkan ngalamin demotivasi sampe produktivitasnya menurun. Tentunya, anak muda itu pengen bisa menikmati kariernya sekaligus punya pencapaian yang oke.

Nah, itulah kenapa webinar tentang bimbingan, perkembangan, dan konsultasi karier cukup banyak digemari. Bisa banget nih, buat jadi bahan pertimbangan lo juga dalam memilih topik webinar.

topik webinar favorit

Alasan kenapa lo harus coba bikin webinar

Buat lo yang lagi mau bikin acara di masa pandemi kayak gini, gak ada salahnya buat coba ngadain webinar. Soalnya, ada beberapa benefit yang bisa didapat dari webinar, lho!

Wah, apa aja, tuh?

1. Webinar cenderung hemat biaya

Seperti yang udah gue paparkan di atas, kalo dibandingin sama seminar yang sifatnya offline, bikin webinar bakal makan biaya yang lebih sedikit.

Gak perlu biaya ongkos, sewa tempat, konsumsi, dan segala macem. Cukup sediain software hosting, device, kuota, dan pembicaranya.

2. Webinar bukan sekadar presentasi

Yap, webinar itu isinya bukan cuma dengerin pembicara yang ngisi materi. Biasanya, peserta juga bisa bertanya, berdiskusi, dan bahkan menjawab kuis.

Gak cuma itu, lo sebagai penyelenggara juga bisa merekam acara yang berlangsung di layar device lo. Rekaman itu nantinya bisa jadi konten buat dibagikan lagi di media sosial, diubah jadi postingan blog, atau bahkan direferensikan. Pokoknya banyak deh kegunaannya!

3. Lebih asyik belajar lewat webinar

Lagi pandemi kayak gini, mau gak mau kita jadi harus belajar di rumah sendirian. Masalahnya, gak semua orang betah belajar dengan cara kayak begitu.

Nah, webinar bisa jadi salah satu solusi buat anak muda yang pengen belajar hal baru, tapi gampang jenuh baca buku tebel-tebel.

Di webinar, kita tinggal dengerin pembahasan dari pembicaranya aja. PPT yang di-sharescreen biasanya juga dibuat sesingkat mungkin. Dan yang paling penting, di webinar itu ada interaksinya. Lebih asyik, kan?

Baca Juga: Di Rumah Aja, Mungkin Nggak Belajar dengan Efektif? Berikut Tipsnya!

4. Ngadain webinar bisa dapat prospek

Maksudnya gimana, tuh?

Misalnya, lo ngadain webinar atas nama perusahaan. Berarti, mereka yang daftar buat ikut webinar itu tertarik sama apa yang ditawarkan sama perusahaan lo.

Atau mereka adalah orang yang lagi perlu jawaban atas masalah mereka, dan produk perusahaan lo mungkin bisa jadi solusi buat mereka. Akhirnya, lo bisa dapet calon konsumen, deh.

topik webinar favorit
Gambar oleh mohamed Hassan by Pixabay

Nah, mungkin setelah ini niat lo jadi lebih mantep buat ngadain webinar. Tapi, kendala yang paling umum adalah mencari pembicara yang sesuai.

Well, mungkin bisa aja pembicaranya dari lo sendiri atau rekan di organisasi lo, tapi bisa jadi kalian belum punya kapabilitas yang cukup buat jadi pembicara.

Gak perlu khawatir soal itu, Perseners. Kalian bisa kolaborasi sama Satu Persen, lho!

Dengan berkolaborasi, organisasi lo bisa bikin konten, webinar, atau event lainnya bareng Satu Persen. Selain itu, Satu Persen juga bisa mengadakan training supaya lo dan rekan-rekan lo memiliki bekal pengetahuan mengenai webinar yang bakal lo adain, atau bahkan membuat lo mempunyai keterampilan yang mumpuni buat jadi pembicaranya.

Kalo lo mau tahu webinar yang biasa diadain sama Satu Persen, lo bisa lihat video pengenalan program webinar kita. Klik aja link yang ada di bawah ini, ya!

topik webinar favorit

Gak cuma buat perusahaan aja, Satu Persen juga menawarkan kolaborasi bersama komunitas, sekolah, media, rumah sakit, dan masih banyak lagi. Jadinya lo punya kesempatan, nih!

Satu Persen akan sangat terbuka dengan tawaran kolaborasi, karena kita punya cita-cita menjadikan masyarakat yang berdaya dengan mengajarkan hal-hal penting yang gak diajarin pas lo sekolah dulu. Tentunya, kita juga pengen lo dan organisasi lo bisa lebih berkembang.

Tawaran yang oke banget, kan? Kalo tertarik, kalian tinggal hubungi aja tim partnership kita dengan ngeklik gambar di bawah ini.

satu-persen-kolaborasi-1

Oke, segitu dulu tulisan gue. Semoga bermanfaat buat kalian yang lagi butuh solusi. Gue harap, acara webinar lo bisa berhasil dan organisasi lo bisa terus maju, ya!

Dan yang paling penting, orang-orang yang tergabung di dalamnya selalu berproses untuk berkembang, minimal Satu Persen setiap hari menuju #HidupSeutuhnya.

Akhir kata, thanks a million!

Referensi

Durzynska, A. (January 14, 2021). What is a Webinar and How Does it Work? A Guide to Webinar Marketing. Retrieved on February 14, 2021 from https://www.getresponse.com/blog/how-do-webinars-work.

Steenstra, B. (January 22, 2020). 15 popular and inspirational webinar topics. Retrieved on February 14, 2021 from https://www.calltheone.com/en/marketing-communication/15-popular-and-inspirational-webinar-topics.

Thomas, J. (February 21, 2017). Benefits of hosting a webinar. Retrieved on February 17, 2021 from https://www.digitalsamba.com/blog/benefits-of-hosting-a-webinar.

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.