Takut Gagal? Wajar, Asal Gak Berlebihan!

Pemahaman Diri
Fathan Akbar
19 Jul 2020
takut gagal satu persen
takut gagal

Halo, gue Fathan, writer Satu Persen.

Setiap dari lo mungkin bisa dibilang pernah mengalami rasa takut gagal dalam hidup. Mulai dari takut gagal pas mau masuk perguruan tinggi idaman, nembak gebetan yang lo suka, sampai hal lainnya yang lo inginkan.

Dari situ, rasa takut merupakan suatu hal yang lo hindari sehari-harinya. Alhasil, itu seringkali mengalahkan rasa percaya serta motivasi diri lo dalam mencapai sesuatu.

Misalnya saja, lo lagi mau nembak gebetan yang telah lo idamkan sejak lama. Dari situ, lo pun mempersiapkan segalanya, dengan harapan ia menerima permintaan lo itu. Mulai dari bunga, kata-kata manis, sampai cokelat yang telah lo siapkan.

Namun, hal itu bikin lo kepikiran terus dan gak pede. Alhasil, lo gak jadi nembak dia deh karena takut ditolak, Sob!

Kalo lo pernah ngerasa begitu, sebenarnya itu merupakan hal yang wajar kok. Ketika takut gagal, tandanya lo memikirkan segala kemungkinan yang ada.

Namun, tentunya lo juga perlu mempersiapkan itu agar lo sukses dalam mencapai sesuatu. Nah, melalui tulisan ini, gue bakal mencoba bantu lo untuk menghadapi rasa takut gagal.

Penasaran? Yuk simak sampai habis!

Penyebab Rasa Takut Akan Gagal

Pertama-tama, lo perlu sadar bahwa setiap orang memiliki pemaknaannya tersendiri mengenai kegagalan dan ketakutan. Ada yang takut gagal karena gak yakin dengan diri sendiri, takut mengecewakan orang lain, sampai pengalaman traumatis yang dimiliki saat kecil.

Baca Juga: Inner Child: Mengenal Bagian dari Masa Lalu

Itu semua yang akhirnya membentuk ketakutan yang lo alami saat ini. Oleh karena itu, rasa takut bisa dibilang merupakan sesuatu yang relatif bagi setiap lo dalam menghadapinya, Sob!

Selain itu, rasa takut gagal gak selalu diartikan sebagai sesuatu yang negatif lho! Maksudnya gimana? Nah, melalui itu, lo jadi bisa mempersiapkan segala kemungkinan terburuk yang mungkin lo hadapi.

Salah satunya ketika suatu hal gak berjalan sesuai ekspektasi diri lo dalam sehari-hari. Dengan mempersiapkannya, lo jadi lebih siap menghadapi kemungkinan yang ada, dan mengurangi rasa kecewa yang mungkin terjadi, Sob!

Misalnya nih ya, lo merasa takut gak bisa menjadi sosok yang baik bagi pasangan dalam menjalin hubungan. Nah, rasa takut lo dapat membantu lo untuk menjadi pasangan yang baik

Akan tetapi, rasa takut yang berlebihan juga gak baik bagi kesejahteraan diri lo, baik fisik maupun mental. Seringkali itu memunculkan perasaan kecewa, dan membuat lo jadi jadi merasa cemas yang berlebihan dan overthinking, alias berpikir terlalu jauh.

Baca Juga: Apa Itu Overthinking? Kenali Sebab dan Akibatnya!

Oleh sebab itu, rasa takut merupakan sesuatu yang perlu lo kendalikan. Salah satunya dengan memahami ketakutan apa yang lo miliki dan menghadapinya, Sob!

Cara Menghadapi Rasa Takut Gagal

Nah, rasa takut gagal bukanlah sesuatu yang perlu dihindari, melainkan mau gak mau harus lo hadapi. Tentunya hal itu telah menjadi bagian hidup lo guna mempersiapkan berbagai kemungkinan yang ada.

Maka dari itu, lo perlu mengetahui cara untuk menghadapi rasa takut gagal. Di antaranya:

1. Melakukan Refleksi Diri

Lo bisa mencoba melakukan refleksi diri terhadap apa yang membuat lo takut gagal dalam mencapai sesuatu. Entah itu karena sesuatu yang berasal dalam diri, maupun luar diri lo yang membuat lo takut gagal.

Ini bertujuan agar lo bisa mencari cara untuk meminimalisir kegagalan yang mungkin terjadi. Dengan begitu, refleksi diri dapat membantu lo menghadapi ketakutan lo.

Misalnya, lo lagi takut gagal dalam menjalankan bisnis ternak lele yang lo miliki. Salah satu alasannya mungkin karena takut bisnis lo itu nanti gagal di tengah jalan.

Nah, lo bisa mencoba refleksi diri, kira-kira apa saja hambatan yang lo miliki, baik saat ini maupun ke depannya. Harapannya, ini dapat membantu lo dalam menjalankan bisnis ternak lele, dan menghadapi rasa takut lo dengan baik sob!

takut gagal

2. Menciptakan Perencanaan yang Baik

Nah,  lo juga bisa mencoba menciptakan perencanaan yang baik guna menghadapi rasa takut gagal yang ada. Salah satunya dengan membuat tujuan yang ingin lo capai secara rinci.

Dari situ, lo bisa merencanakan cara agar dapat mencapai tujuan lo itu. Dengan begitu, lo dapat menghadapi rasa takut lo dengan baik deh!

Misalnya, lo merasa takut gagal mengikuti ujian seleksi masuk perguruan tinggi, yang pas waktu gue namanya SBMPTN. Hal itu mungkin memunculkan berbagai perasaan negatif dalam diri lo, seperti misalnya cemas yang berlebihan.

Nah, lo bisa mencoba menciptakan perencanaan yang baik guna lo sukses mengikuti SBMPTN. Salah satunya melalui metode SMART yang selebihnya bisa lo tonton di kanal youtube Satu Persen. Harapannya, ini dapat membantu lo dalam menghadapi rasa takut gagal, Sob!

Perlu lo ingat bahwa seringkali rasa takut yang lo miliki disebabkan oleh pikiran diri lo saja. Oleh karena itu, fokuslah dengan apa yang bisa lo kendalikan, ketimbang memikirkan yang belum tentu terjadi.

Coba Juga: Tes Kemampuan Fokus Mata dan Otak

Itu salah satunya dengan melakukan hal terbaik yang bisa lo lakukan dalam mencapai sesuatu. Semoga tulisan gue ini dapat membantu lo dalam menghadapi rasa takut lo ya, Sob!

Kalo lo merasa bingung dalam menghadapi rasa takut gagal, terutama yang berhubungan sama perencanaan hidup lo di masa depan, lo bisa banget ikutan Kelas Online Memahami dan Merencanakan Tujuan Hidup. Kelas Online ini bisa lo akses kapanpun dan di manapun, seumur hidup!

Boleh kok lo coba cek-cek dulu kayak gimana deskripsi Kelas Online-nya biar lo nggak salah pilih. Klik aja gambar di bawah ini yaa!

kelas-online-merencanakan-tujuan-hidup-1

Selain itu, lo juga bisa nonton video YouTube Satu Persen tentang “Jangan Takut Menghadapi Kegagalan” di bawah ini.

Gue harap lewat membaca artikel ini ini bisa membuat lo berkembang menjadi lebih baik, seenggaknya Satu Persen setiap harinya. Gua Fathan dari Satu Persen, thanks!

takut gagal

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.