Kepercayaan Diri, Mengapa Penting Untuk Dimiliki

Pemahaman Diri
Ade Chandra Gita Kusuma
11 Sep 2020

Pasti kamu semua pernah mengalami yang namanya kurang percaya diri baik saat ingin berbicara di depan banyak orang, maupun saat kamu melihat orang lain yang memiliki berbagai macam pencapaian. Seketika rasa percaya diri di awal yang sudah kamu bangun pun hilang tatkala kamu berada di situasi seperti itu. Dampak yang akan timbul dari hilangnya kepercayaan diri pun beragam mulai dari selalu minder ketika ingin berpendapat, rasa malu yang semakin erat dengan dirimu, selalu overthinking setiap memulai sesuatu, dan masih banyak lagi dampak yang akan timbul dari hilangnya kepercayaan diri dalam diri.

Membanding-bandingkan diri dengan orang lain baik di media sosial maupun di dunia nyata juga merupakan salah satu gejala yang bisa menyebabkan kurangnya rasa percaya diri yang kamu miliki. Apakah kamu termasuk kedalam salah satunya? Nah, di artikel ini aku akan membahas terkait kepercyaan diri, mulai dari pengertiannya hingga bagaimana cara meningkatkannya. Jadi saran aku, kamu baca artikel ini sampai habis yah supaya kamu bisa mendapatkan insight nya secara menyeluruh dan jangan lupa untuk di share ke teman-teman mu agar mereka juga mendapatkan manfaat yang sama juga dengan mu.

Photo by Church of the king on Unsplash

Apa itu Kepercayaan Diri

Kepercayaan diri menurut Anthony (1992) adalah sikap pada diri seseorang yang mampu untuk menerima kenyataan, berpikir positif, dan mempunyai kemampuan untuk memiliki segala yang diinginkan. Percaya diri dan kepercayaan diri menurut aku pribadi memiliki ragam perbedaan, dimana percaya diri (self confidence) merupakan kemampuan terhadap penilaian diri sendiri sehingga mampu melakukan segala sesuatu dengan baik, hal ini didasari oleh ekspektasi pada pencapaian diri sendiri berdasarkan evaluasi terdahulu sedangkan kepercayaan diri adalah sikap positif dimana seorang mampu untuk berkembang dan mengembangkan penilain positif tersebut baik untuk diri sendiri maupun lingkungan sekitar.

Faktor-Faktor Mempengaruhi Kepercayaan Diri

Berbagai macam faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan terhadap kepercayaan diri, menurut Hurlocks (1999) diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Pola asuh

Kebebasan berpendapat dan tanggung jawab yang diberikan oleh orang tua kepada anak dalam mengemukakan pendapat merupakan salah satu pola asuh yang baik untuk meningkatkan kepercayaan diri anak kedepannya.

2. Kematangan usia

Usia memang sangat memiliki pengaruh yang penting terhadap pola pertumbuhan dimana usia yang matang akan berdampak pada konsep diri yang bisa semakin berkembang sehingga harapannya kamu lebih dapat menyesuaikan diri dengan baik pada lingkungan dan situasi sekitar. Kematangan usia juga dapat berdampak pada keseimbangan emosi yang bisa membantu kamu dalam memilah-milih energi positif atau negatif yang akan kamu masukan kedalam diri kamu.

 

3. Jenis kelamin

Hal ini lebih menitikberatkan pada peran yang akan dibawakan, dimana laki-laki cenderung merasa lebih percaya diri sejak awal karena sedari dini peran laki-laki sudah dibentuk memberi martabat yang lebih terhormat dibandingkan wanita yang sampai saat ini masih dianggap lemah dan banyak peraturan yang harus dipatuhi. Perbedaan gender inilah yang saat ini masih mempengaruhi rasa kepercayaan diri seseorang.

4. Penampilan fisik

Faktor ini yang mungkin menjadi faktor utama dalam mempengaruhi rasa kepercayaan diri dimana fakta yang saat ini kita ketahui bersama bahwa terkadang seseorang yang  memiliki kelebihan fisik mendapatkan keistimewaan tersendiri dari orang lain baik itu berupa perlakuan maupun perkataan. Apakah kamu setuju dengan pernyaatan aku tersebut?

5. Hubungan keluarga

Seseorang yang memiliki hubungan yang baik terhadap keluarganya dapat diidentifikasi bahwa ia akan mengembangkan pola kepribadian yang sama juga kepada orang lain. Maka jika didalam suatu keluarga tercipta hubungan yang harmonis, saling menghargai, dan memberi contoh baik hal ini akan menimbulkan pandangan positif seseorang tersebut dalam membentuk identitas dirinya.  

6. Teman sebaya

Menurut Hurlocks (1999) teman sebaya dapat mempengaruhi pola kepribadian dengan cara kamu membanding-bandingkan dirimu atau yang sering disebut “self comparation” dengan teman-teman mu yang mungkin pencapaiannya lebih dari mu. Teman sebaya merupakan faktor eksternal di dalam mempengaruhi kepercayaan dirimu, mereka tidak bisa kamu kendalikan tetapi hal baiknya kamu bisa mengontrol dirimu sendiri.

Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri

Berbagai dampak yang timbul akibat kurangnya rasa percaya diri dapat membuat mu semakin tidak bisa berkembang, maka kenalilah langkah sederhana dan cara untuk meningkatkan kepercayaan diri sebagai berikut.

1. Mengenal diri sendiri

Lebih mengenali dan memahami diri sendiri membuat kamu bisa mengetahui kekuatan dan kelemahan yang ada pada diri kamu sehingga cepat atau lambat kamu akan paham akan karakteristik dirimu. Hal ini bertujuan agar memudahkan langkah mu kedepannya untuk bisa meningkatkan rasa kepercayaan diri. Proses yang terpenting dalam mengenal diri sendiri adalah kamu harus jujur dan menerima akan semua fakta tentang dirimu, baik atau buruknya.

2. Berhenti membanding-bandingkan diri

Ini biasanya yang menjadi penyebab utama mengapa seseorang bisa mengalami kurangnya rasa percaya diri atau bisa dibilang minder, akibat selalu membanding-bandingkan diri dengan orang lain baik itu pencapaian ataupun kebahagian yang biasa ditemukan di media sosial. Hal yang perlu kamu ingat adalah setiap orang memiliki waktunya masing-masing untuk mencapai segala tujuannya dan membanding-bandingkan diri dengan orang lain hanya akan membuang-buang waktu mu untuk meraih segala tujuan mu.

3. Tambah pengetahuan dan wawasan

Luasnya pengetahuan yang kamu miliki akan memudahkan dan membuat mu nyambung dalam topik obrolan dan pergaulan apapun itu. Karena dengan begitu orang-orang disekitarmu akan semakin merasa nyaman mengobrol denganmu. Memperluas pengetahuan dan wawasan ini bisa kamu lakukan dengan banyak mengkonsumsi hal-hal bermanfaat seperti membaca buku ataupun menonton video-video inspiratif di youtube seperti video dari Satu Persen.

4. Perluas koneksi

Tips yang tidak kalah penting yaitu jangan bosan untuk mencari teman sebanyak-banyaknya. Memiliki koneksi atau teman yang banyak ditambah mendukung segala hal baik yang ingin kamu lakukan akan memudahkan mu untuk semakin meningkatkan rasa percaya dirimu karena dukungan mereka lah yang akan mengangkatmu ketika rasa minder dan kurang percaya dirimu muncul. Maka penting juga memiliki teman yang tepat dengan memperhatikan cara bergaul untuk membangun pertemanan.

5. Merawat Diri

Tidak bisa dipungkiri bahwa fisik bukan satu-satunya tetapi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang. Kamu bisa mulai merawat fisik mu mulai dari saat ini dengan cara berolahraga, mengatur pola makan, dan memaksimalkan waktu istirahat mu agar kedepannya kamu bisa mendapat fisik yang ideal sehingga kedepannya kepercayaan dirimu dapat meningkat.

6. Bersikap ramah pada orang sekitar

Tips terakhir ini sederhana tapi kadang kita suka mengabaikannya yaitu bersikap ramah lah kepada siapapun karena hanya dengan bersikap ramah pada orang lain, kamu akan semakin mudah mendapatkan teman dan mendapatkan perlakuan yang sama seperti apa yang kamu lakukan ke orang-orang tersebut. Dengan lakukan 5S yaitu senyum, sapa, salam dan bersikap sopan, santun maka seiring berjalannya waktu kamu akan dihargai dan kepercayaan dirimu akan meningkat juga, Jangan lupa untuk selalu berkata tolong saat meminta bantuan, maaf jika berbuat salah, dan terima kasih ketika mereka membantumu.

Jadi semoga artikel ini bisa semakin menambah rasa kepercayaan dirimu kedepannya tetapi kalau sampe saat ini itu belum bisa merubah keadaan mu, kamu bisa ikutan layanan online konseling dan buat kamu semua yang mau lebih meningkatkan rasa percaya diri bisa langsung aja ikutan mentoring dari Satu Persen karena disana kamu bisa bercerita tentang masalah mu kepada ahlinya.

Part--1---Introduction-to-Digital-Marketing-6

Kalau kamu tertarik untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana menemukan versi terbaik dirimu, tonton video Satu Persen di YouTube. Jangan lupa buat terus pantengin informasi dari kita dengan follow instagram Satu Persen di @satupersenofficial. Akhir kata aku mau mengingatkan, udah yuk jangan terlalu sering banding-bandingin diri dengan orang lain lagi coba mulai berusaha fokus meraih mimpi yang sudah menunggu untuk bisa kamu capai mulai dari detik ini. Aku harap lewat membaca artikel ini ini bisa membuat kamu berkembang menjadi lebih baik, seenggaknya Satu Persen setiap harinya. Thanks!

Referensi


Anthony R. 1992. Rahasia Membangun Kepercayaan Diri (Terjemahan Rita Wahyudi). Jakarta (ID): Bina Rupa Aksara.

Hurlock, E.B. 1999. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih bahasa: Istiwidayati & Soedjarwo. Edisi Kelima. Jakarta (ID): Erlangga.

Sumber Gambar

https://unsplash.com/photos/e6ZlCzBnGWI






Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.