5 Alasan Kenapa Kamu Harus Menguasai Public Speaking

Pemahaman Diri
Chastin Marla Devi
25 Mei 2021
Tips Percaya Diri dengan Public Speaking
Satu Persen - Tips Percaya Diri dengan Public Speaking

Halo, Perseners! Apa kabar? Hope you’re happy today! Kenalin gue Chastin, sebagai  Associate Writer di Satu Persen.

Sebagai makhluk sosial, kita pasti sering berbincang antar sesama. Tapi, kalian sering nggak sih ngobrol sama banyak orang? Alias sama audiens yang lumayan banyak.

Berbicara di depan umum mungkin nggak gampang buat sebagian orang, dan gue sering banget denger keluhan dari temen-temen kayak:

“Presentasi di depan kelas aja kaki gue udah gemeter”

“Gimana nih? Baru stand out di hadapan banyak orang tapi kepala gue udah nge-blank, jadi lupa mau ngomong apa”

“Kok orang lain jago ngomong sih? Gue jadi Insecure

Yap, itu hal yang normal, dan hampir semua orang pernah ngerasain yang namanya demam panggung.

Tapi, kalian tau nggak sih kalo public speaking itu sebenernya penting banget? Gue bisa bilang ini penting karena sepengalaman gue, dengan menguasai skill yang satu ini gue jadi lebih pede dalam hal apapun.

Banyak lho yang mikir kalo public speaking ini gabisa dikuasai sama orang yang introvert. Tapi, ternyata itu salah besar guys. Skill yang satu ini bisa banget diasah, contohnya dengan kalian ikut organisasi dan kegiatan lain yang berkaitan sama pengembangan soft skill.

Nah, buat nambah pengetahuan dan kepercayaan diri terkait public speaking, lo bisa baca artikel ini. Di sini, gue bakal bahas seberapa penting public speaking dan benefit apa yang bakal lo dapet kalo berhasil nguasain skill yang satu ini.

So, simak sampe abis ya!

Kenapa sih, kita harus bisa Public Speaking?

Pernah nggak sih lo liat seorang perwakilan MUN (Model United Nation) speech di konferensi besar dan dalam hati lo bilang “Sumpah! Keren banget!”

Photo by WMST Wiki

Mostly kalo di kampus gue, mereka yang biasa public speaking bakal lebih dipandang punya wawasan luas. Selain itu mereka sering dipanggil buat isi speech di acara tertentu

Dengan menguasai skill yang satu ini, juga bisa bantu lo buat dapetin pekerjaan yang lebih baik. Karena sepengalaman gue jadi job seeker, saat ini public speaking udah jadi skill dasar yang dicari perusahaan dalam merekrut pegawai.

“Terus, gimana dong kalo gabisa public speaking? Gabisa sukses ya?”

Tenang, skill ini bisa banget diasah sama siapapun. Karena selain manfaatnya yang banyak banget, cara buat mengasah skill yang satu ini juga banyak.

Buat awalan, gue saranin lo ikut tes online dari Satu Persen. Kalo lo masih nggak pede, cemas, dan jantung berdegup kencang tiap kali bicara di depan banyak orang, at least lo bisa cari tahu cara ngatasinnya.

Tes online ini gratis dan gak perlu waktu yang lama buat dapet resultnya. So, cobain yuk tes nya. Lo bisa klik di sini.

Skill public speaking bisa dengan mudah diasah kalo kita sendiri punya kepercayaan diri yang cukup.

Menurut seorang ahli psikologi bernama Hambly (1992), kepercayaan diri diartiin sebagai keyakinan terhadap diri sendiri, sehingga mampu menagani segala situasi dengan tenang.

Berkaca dari definisi kepercayaan diri hambly, hal mendasar yang kita persiapin dalam public speaking adalah membangun kesadaran diri dalam berpikir postif. Di sini, Berpikir postif bakal membantu kita dalam bersikap tenang dan berkonsentrasi terhadap pesan yang sedang kita sampaikan.

Baca Juga: Kepercayaan Diri, Mengapa Penting Untuk Dimiliki

Bangun kepercayaan diri dan berusaha berpikir positif emang nggak gampang. Dilansir dari Psychology Today, ada beberapa cara yang perlu lo tau buat ningkatin kepercayaan diri:

  1. Pelajari cara mengontrol tubuh agar selalu tenang
  2. Kasih tantangan ke diri sendiri tentang berbicara di depan umum
  3. Persiapkan segala hal dengan matang (teks dan poin yang mau dibicarakan)
  4. Latih lebih banyak kesempatan berbicara, seperti diskusi dalam kelompok
  5. Sebelum mulai bicara, perbanyak asumsi positif. Kurangi overthinking
Baca Juga: Public Speaking: Kenapa Itu Penting dan Bagaimana Cara Melatihnya?
Photo by Priska Jordan on Pinterest

“No one is you and that is your power”

Kunci utama: Pede.

Menurut gue, setiap orang punya kapasitasnya masing-masing. Dalam public speaking, lo nggak harus selalu serius dan perfect dalam menyampaikan segala hal.

Buat mulai belajar public speaking, lo perlu kenal keunikan dan kelebihan yang ada di dalam diri lo. Misal, lo suka bercanda dan ngejokes. Dari situ, lo bisa mulai public speaking dengan cara nyaman lo sendiri. Siapa tau bisa jadi keunikan kan?

Banyak juga kok, komika dan penyiar radio yang namanya bisa naik karena mereka punya ciri khas.

Dari apa yang udah gue paparin diatas, udah makin jelas kan, keunggulan dari Public speaking ? Next, berikut 5 alasan kenapa lo harus menguasai skill public speaking:

1. Terlatih Berpikir Cerdas dan Kreatif

Semakin seringnya lo ambil kesempatan buat berbicara di depan umum, semakin sering pula lo nulis materi tentang apa yang mau lo omongin nanti. Di tahap ini, lo perlu mikir keras dan berusaha ngeluarin ide-ide yang kreatif.

Mulai dari analisis audiens, bahasa yang dipakai, contoh kasus supaya pesan mudah dicerna, dan kalimat penutup.

Guys, sampe situ aja masih belom cukup. Buat meminimalisir kesalahan waktu bicara di depan umum, lo harus muter otak “Gimana caranya bikin audiens paham alur pembicaraan dan menikmatinya”

Kalo lo udah terbiasa menghadapi hal tersebut, dengan sendirinya otak bakal terlatih berpikir secara kreatif.

2. Bangun Koneksi Sosial Baru

Poin yang satu ini sih, favorit gue.

Katakanlah kalo lo punya banyak koneksi, lo bakal lebih mudah memperluas karir dan bisnis.

“Loh, hubungannya apa koneksi sama public speaking?”

Karena, semakin lo sering ngomong dengan tingkat percaya diri yang tinggi di depan banyak orang, semakin banyak pula orang yang bakal notice keberadaan lo.

Baca Juga: Sifat Malu dan Cara Meningkatkan Percaya Diri

3. Peningkatan Karir

Nah, kayak yang udah gue bilang sebelumnya. Public speaking termasuk kedalam soft skill dasar yang banyak dicari perusahaan buat rekrut pegawainya.

Sebenernya semua poin ini bersangkutan guys. Kalo lo punya skill public speaking, cara berpikir lo cenderung lebih terlatih dan cekatan. Selain itu, lo bakal terbiasa menjadi vokal dalam suatu kelompok. Hal ini nih,  yang dibutuhin waktu rapat.

Terakhir, guys…

Keterampilan berbicara kadang bisa bantu lo dalam wawancara kerja.

Toh, lo udah terbiasa tenang dan yakin kan.

4. Membantu meningkatkan kemampuan leadership

“Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang dapat berkomunikasi dengan cara yang berbeda-beda, sesuai dengan orang yang diajak berbicara.”

Coba deh, perhatiin manajer atau ketua organisasi disekitar lo. Kadang, leader yang baik itu bisa menempatkan dirinya dimanapun dia berada.

Caranya berkomuniksi sama lo bakal beda dengan caranya berkomunikasi sama orang lain. Hal ini karena dia udah tau karakteristik masing-masing anggota timnya. Jadi, dia bakal berkomunikasi sesuai dengan masing-masing karakter itu, sehingga semua orang cenderung lebih enak beribicara dengannya.

5. Lebih mudah meyakinkan orang lain dalam promosi produk

Di poin terakhir ini, skill public speaking berguna banget buat bantu lo mempresentasikan suatu project dan promosi produk.

Hal ini karena, orang yang menguasai skill ini bakal mudah mempengaruhi orang lain. Selain punya pemikiran yang kreatif, mereka punya vokal dan intonasi suara yang bisa mengunci fokus audiens.

Sekali lagi, skill public speaking penting banget buat dikembangin. Tenang, gausah overthinking dan insecure kalo kalian masih panik buat bicara di depan umum. Because confidence takes time.

Kalo kalian pengen menguasai public speaking tapi rasanya susah dan masih bingung buat mulai darimana. Ask for help.Gue saranin kalian bicarain hal ini sama orang yang berpengalaman, salah satunya dengan ikut mentoring di Satu Persen. Di sini kalian bakal dapet worksheet, dan banyak benefit dari lulusan psikologi langsung.

Masalah kerahasiaan udah pasti aman kok, guys. So, jangan takut buat berkembang dan jadi pribadi yang lebih bernilai ya. Yuk, coba ikut mentoring di Satu Persen.

CTA-Blog--5--2

Last, gue mau bilang terima kasih karena udah baca artikel ini sampe abis. Semoga bisa membantu ya!

Jangan lupa buat bersyukur hari ini ^^

Referensi:

Cuncic, A. (2020, May 26). How to Improve Your Public Speaking Skills. Retrieved from verywellmind: https://www.verywellmind.com/public-speaking-skills-3024308

Genard, G. (2019, March 17). The 5 Best Reasons Why Public Speaking Is Important. Retrieved from The Genard Method: https://www.genardmethod.com/blog/the-5-best-reasons-why-public-speaking-is-important

Spencer, L. (2020, August 6). 24 Quick Ways to Overcome Your Fear of Public Speaking. Retrieved from Evanto tuts: https://business.tutsplus.com/tutorials/overcome-your-fear-of-public-speaking--cms-31188

Dwi, Y. (2019, December 4). Meningkatkan Rasa Percaya Diri Ketika Melakukan Public Speaking. Retrieved from Menara Ilmu Public Speaking Sekolah Vokasi UGM: https://publicspeaking.sv.ugm.ac.id/2019/12/04/meningkatkan-rasa-percaya-diri-ketika-melakukan-public-speaking/

Tsaousides, T. (2017, November 28). How to Conquer the Fear of Public Speaking. Retrieved from Psychology Today: https://www.psychologytoday.com/us/blog/smashing-the-brainblocks/201711/how-conquer-the-fear-public-speaking







Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.