Introvert dan Segala Fakta yang Membuatnya Menjadi Keren

Hubungan
Ade Chandra Gita Kusuma
6 Okt 2020

Apakah kamu lebih menyukai suasana lingkungan yang tenang, lebih menyukai berpikir dalam kesendirian, dan melakukan segala hal yang bisa membuatmu jauh lebih produktif saat sedang sendiri atau malah sebaliknya kamu menyukai berkumpul dengan banyak orang yang kamu kenal dekat maupun tidak, lebih menyukai keramaian, dan merasa bosan ketika sedang sendirian? Nah pertanyaan diatas erat kaitannya dalam menentukan tipe kepribadian seseoarang, dimana tipe yang lebih menyukai kesendirian kerap identik dengan istilah “introvert“ dan tipe yang menyukai keramaian sering diistilahkan dengan tipe “ekstrovert“ apakah benar seperti itu?

Seseorang yang memiliki kepribadian introvert sering dianggap rendah oleh kebanyakan orang karena terjadinya miskonsepsi terhadap banyak orang yang masih memandang sosok introvert sebagai orang yang tidak bisa bergaul, pemalu, tidak memiliki banyak teman, aneh, dan masih banyak lagi. Padahal itu semua tidak sepenuhnya benar, dimana sebenarnya seorang introvert memiki beragam kelebihan yang membuatnya menjadi sosok yang sangat keren. Artikel kali ini aku akan membahas seputaran fakta tentang introvert, apa saja kelebihannya dan segala fakta yang membuat seoarang introvert itu menjadi keren.

Apa Itu Introvert ?

Mungkin masih banyak dari kamu yang masih miskonsepsi akan arti dari suatu kepribadian introvert maupun ekstrovert. Introvert dan ekstrovert dalam dunia psikologi modern pertama kali diperkenalkan oleh Carl Gustav Jung yang kerap dipanggil Carl Jung pada tahun 1920 dalam big five theory of personality, Carl Jung melihat perbedaan utama dalam segi kepribadian yaitu dari sumber energi yang diperoleh dan cara suatu individu mengekspresikannya.

Seorang introvert dicirikan sebagai sosok yang senang menikmati waktu ketika sedang sendiri bukan berarti mereka orang yang anti sosial atau tidak bisa bergaul melainkan seorang introvert akan mendapatkan sumber energinya ketika ia sedang sendiri. Seorang introvert akan merasa energi dalam tubuhnya terisi kembali ketika misalnya ia berada di dalam rumah atau kamar sendirian dan melakukan berbagai macam kegiatan yang mereka sukai seperti menonton film, membaca buku, mendengarkan lagu dan lain sebagainya maka energinya akan terisi kembali setelah seharian ia habiskan mungkin untuk bekerja atau melakukan aktifitas lainnya.

Kesendirian yang seorang introvert rasakan bukanlah ia yang mengisolasi diri dan mengurung dirinya di sebuah tempat terasing atau terpencil jauh dari orang-orang. Kesendirian yang seoarang introvert rasakan sesuai dengan buku yang di tulis oleh Kethledge dan Erwin 2017 berjudul lead yourself first yaitu sebuah keadaan dimana pikiran kita terbebas dari pemikiran orang lain. Kesendirian inilah yang sangat dibutuhkan oleh seorang introvert, dimana dengan kesendirian ia dapat merefleksikan diri  dan lebih mengenal buah pikiran mereka sendiri

Apakah dengan begitu membenarkan bahwa seorang introvert sulit untuk bergaul dan memiliki teman? Faktanya tidak demikian, seoarang introvert juga memiliki teman tetapi yang membedakannya dengan ekstrovert adalah introvert lebih memilih untuk berkumpul dan menghabiskan waktunya dengan teman yang ia anggap dekat saja dengannya. Seorang introvert lebih nyaman memiliki lingkup pertemanan yang kecil tetapi dekat dan juga hangat dengannya. Introvert akan mudah tidak nyaman ketika dihadapkan dengan pertemuan yang melibatkan banyak orang yang ia tidak kenal seperti acara pernikahan, konser, dan keramaian lainnya, energi introvert akan dengan cepat terkuras sehingga tak jarang ia akan meminta ijin untuk bisa pulang lebih awal, apakah kamu memiliki teman seperti itu atau malah kamu orang yang seperti itu?

Kepribadian introvert dan ekstrovert ini menurut Psychology Today merupakan kepribadian yang tidak mutlak dimiliki oleh seorang individu. Hal ini karena setiap orang memiliki karakteristiknya masing-masing yang membuat kepribadian di dalam dirinya dapat cenderung lebih dominan ke arah introvert maupun ekstrovert tetapi jarang yang mutlak 100% ke salah satunya. Umumnya seseorang yang kepribadiannya dominan introvert tetap memiliki kadar ekstrovert di dalam dirinya walaupun itu persentasenya sedikit dan relatif kecil. Penilaian kepribadian dari Psychology Today dapat kamu coba dengan mengikuti link berikut ini personality extroversion introversion test tetapi untuk mengetahui hasil detailnya kamu harus membayarnya. Jika ingin mendapatkan yang gratis kamu bisa mencoba tes kepribadian berbahasa Indonesia dari Satu Persen di sini.

Fakta dan Kelebihan Introvert

Dibalik sosok penyendiri dan pendiamnya seorang introvert serta berbagai penilaian negatif orang terhadapnya, tetapi faktanya mereka memiliki segudang kelebihan dan banyak sekali keuntungan di dalam hidupnya, dimana itu yang membuatnya menjadi keren. Berikut kelebihan yang dimiliki seoarang introvert:

1. Bahagia dengan kesendirian

Sosok introvert lebih banyak menghabiskan waktunya sendiri, walau terkesan aneh tetapi memiliki kemampuan untuk mengenal dan memahami diri sendiri merupakan kelebihan yang tidak semua orang miliki. Kelebihan untuk mampu mengenali diri sendiri, dapat membuatmu mengetahui segala kelebihan dan kelemahan di dalam dirimu sehingga itu bisa memudahkan mu untuk menjadi jauh lebih berkembang setiap harinya. Dengan kesendirian pula kamu tidak perlu bergantung pada teman maupun pasangan ketika hendak berpergian atau melakukan sesuatu hal, tidak perlu diawali dengan persetujuan apalagi perdebatan terlebih dahulu yang kadang menghabiskan waktu dan tenaga. Hal ini akan semakin mengefisienkan waktu mu dalam melakukan suatu pekerjaan.

2. Pendengar yang baik

Walaupun banyak dari seoarang introvert yang memiliki sifat keras kepala karena merasa apa yang ia pikirkan lah yang paling benar tetapi di balik itu semua introvert sebenarnya lebih cenderung pendiam dan lebih suka memperhatikan lingkungan sekitarnya, ia lebih senang mendengarkan orang yang bercerita padanya dan memahami perasaan serta pikiran lawan bicaranya. Sosok introvert memiliki rasa empati yang tinggi sehingga tak heran banyak orang yang menjadikan sosok introvert sebagai tempat curhat dan sosok yang dapat diandalkan untuk meminta saran dalam menyelesaikan suatu permasalahan.

3. Sosok yang kreatif

Seorang introvert memiliki dunia mereka sendiri, ia lebih nyaman berada di dalam kesendirian yang menyebabkan banyaknya ide dan imajinasi yang dilahirkan di kala sedang sendirian. Maka tak jarang ide dan imajinasi tersebut dapat melahirkan sebuah karya yang sangat membanggakan. Banyak tokoh penting juga yang menghasilkan sebuah karya didalam kesendiriannya, contohnya saja penulis ternama Pramoedya Ananta Toer yang menghasilakan empat karya sastra tetralogi di dalam kesendiriannya di kala pengasingannya di pulau Buru dan masih banyak lagi sosok inspiratif lainnya yang menghasilkan karya di kala kesendiriannya.

4. Memiliki ketenangan

Seorang introvert cenderung memiliki ketenangan di dalam melakukan sesuatu, karena kelebihannya mengenal diri sendiri ia tak mudah terdistraksi oleh faktor eksternal di luar dirinya. Memiliki ketenangan merupakan buah dari kesendirian yang mereka gemari, dengan kesendirian pula ia dapat memiliki keseimbangan emosi sehingga  membuat seorang introvert cenderung sedikit memiliki musuh dan konflik dengan orang lain.

5. Pandai menilai sesuatu

Memiliki dunia mereka sendiri membuat introvert lebih banyak berpikir dan mendengar daripada berbicara, di situasi yang asing dimana banyak orang yang tak mereka kenali sosok introvert cenderung terlihat diam saja padahal ia menghabiskan waktunya untuk berpikir dan menganalisis sesuatu di sekitarnya. Hal inilah yang membuatnya kerap memiliki intuisi dan naluri yang kuat dalam mengambil sebuah keputusan, menilai seseorang ataupun lingkungan sekitarnya. Pandai menilai sesuatu bukan berarti mereka yang paling benar atau paling tahu segalanya melainkan dengan cara begitu mereka lebih banyak memiliki sudut pandang baru dalam menyikapi sesuatu permasalahan. Sehingga tak jarang seorang introvert dapat menerapkan dan memiliki growth mindset.

Catatan yang perlu kamu ketahui adalah introvert bukan alasan yang membenarkan ketika kamu memiliki sifat pemalu, susah untuk berinteraksi dengan orang baru atau berbicara di depan banyak orang. Hal itu merupakan kelemahan mu yang perlu kamu akui dalam dirimu sendiri, tenang saja tak perlu malu justru dengan menerima segala kelemahan diri kamu dapat berkembang setiap harinya. Jika kamu sulit untuk bisa berkembang sendiri, kamu bisa mengikuti berbagai webinar inspiratif yang difasilitasi secara langsung oleh psikolog, mentor, dan co-founder Satu Persen.

Webinar Pengembangan Diri Satu Persen

Akhir kata aku mau mengingatkan bahwa baik kamu introvert ataupun ekstrovert peluang kamu untuk bisa sukses dalam menjalani hidup dan memperoleh kebahagian sama besarnya. Jadi jangan berkecil hati, jadikan kekurangan mu sebagai cara mu untuk bisa terus bekembang. Aku harap artikel ini bisa bermanfaat dan lewat membaca artikel ini bisa membuat kamu berkembang menjadi lebih baik, seenggaknya Satu Persen setiap harinya. Thanks!

Referensi

https://www.psychologytoday.com/us/tests/personality/extroversion-introversion-test

https://positivepsychology.com/big-five-personality-theory/

Kethledge R.M, dan Erwin M.S. 2017. Lead Yourself First: Inspiring Leadership Through Solitude. Bloomsbury Publishing USA.

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.