7 Fakta ENFP, Kepribadian Ekstrovert yang Paling Introvert

Pemahaman Diri
Fathur Rachman
21 Feb 2022
fakta-fakta enfp
Satu Persen - Fakta ENFP

Pernah ngga kamu menemukan teman yang memiliki imajinasi tinggi ketika sedang mengobrol? Seakan-akan mereka terus mencari cara untuk mengeksplorasi pandangannya terhadap suatu hal. Nah, kalau kamu memiliki teman dengan sifat seperti itu, kemungkinan temanmu termasuk dalam ciri kepribadian ENFP.

ENFP adalah akronim dari Extraverted (E), Intuitive (N), Feeling (F), dan Perceiving (P). Melansir 16 Personality, ENFP adalah kepribadian yang memiliki jiwa bebas dan terbuka. Mereka juga cenderung dinilai sebagai orang yang menjalani hidup dengan semangat optimis.

fakta enfp
Sumber: Pinterest.com

Maka, ngga salah kalau tipe kepribadian ini cocok untuk bekerja di ranah sosial yang berhubungan dengan banyak orang. Misalnya, menjadi juru kampanye atau sebagai pembawa cerita dalam suatu acara. Ditambah, sifat ENFP yang ramah kepada sesama membuat mereka mampu disenangi banyak orang di sekitarnya.

Banyak artis yang diprediksi berkepribadian ENFP, seperti Robert Downey Jr, Robin Williams, Quentin Tarantino, RM BTS, dan Sandra Bullock. Terbilang banyak, bukan?

Nah, jika kamu mau tau lebih lanjut tenang ENFP, maka aku Fathur, Blog Writer Satu Persen mau jelasin beberapa fakta menarik dari kepribadian ENFP yang perlu kamu ketahui. Simak yuk lebih lanjut!

Baca juga: 7 Fakta Menarik Kepribadian INFJ

7 Fakta Menarik Kepribadian ENFP

1.Tidak mengekspresikan pendapat yang ekstrim

Apakah kamu cenderung menghindari membuat pernyataan ekstrim saat berbicara dengan orang? Jika iya, berarti kamu besar kemungkinan adalah seorang ENFP. Kepribadian ENFP membuat seseorang akan menjaga selalu pikirannya tetap terbuka, daripada membuat berbagai pernyataan yang menyinggung.

Hal ini akan menjadi pertimbangan karena kepribadian ini berpikir bahwa kita bisa terbukti salah kapan saja kalau memberikan gagasan yang menyinggung. Selain itu kamu menolak keyakinan terhadap orang lain.

2. Memiliki banyak sekali ide kreatif

memiliki banyak ide kreatif
Sumber: memegenerator.net

Jika ditanya kepribadian apa yang paling kreatif, maka jawabannya adalah ENFP. Kepribadian ini suka dengan tantangan yang mengharuskan mereka mengeluarkan berbagai ide terbaiknya. Alhasil, ENFP cenderung memecahkan suatu masalah dengan pendekatan yang terkesan imajinatif dan unik.

Misalnya, ketika kamu diminta untuk menjawab “Bagaimana perasaanmu hari ini?” Seorang ENFP akan menjawab dengan lebih kreatif, seperti dengan mengibaratkan sesuatu atau menceritakan satu demi satu apa yang dilaluinya.

3. Memiliki lingkaran sosial yang sangat besar

Seberapa mudah kamu berteman dengan seseorang? Nah, kalau kamu memiliki kepribadian ENFP, sudah dipastikan kamu mudah untuk berteman. Hal ini bisa kamu lakukan karena terdapat sifat ekstrovert (E). Maka, ENFP akan semakin berkembang ketika bergaul dengan semua orang yang ditemui.

ENFP memiliki keterampilan komunikasi yang sangat baik. Terlebih, kepribadian ini biasanya akan bisa menyesuaikan komunikasi dengan segala umur juga. Tapi menariknya, ENFP juga senang berinteraksi dengan teman yang memiliki topik percakapan yang unik. Dengan kemampuan ngobrol tentang hal-hal menarik, hal ini bikin ENFP jadi dikenali banyak orang.

Baca juga: Merasa Kesepian? Kenali Penyebab Sulit Dapat Teman

4. Orang yang persuasif

orang yang persuasif
Sumber: personalitymax.com

Menjadi orang yang mampu didengar bisa menjadi pertanda kamu memiliki kepribadian ENFP. Intuisi dan pengetahuan yang dimiliki seorang ENFP membuat orang mudah yakin dengan ucapannya.

ENFP mudah mempersuasif atau mengajak orang-orang di sekitarnya untuk empati. Hal ini bikin kamu akan menjadi anggota penting dalam sebuah kegiatan acara. Karena kamu mampu menyerahkan sesuatu dengan mudah dan jelas dimengerti orang-orang.

5. Bosan melakukan hal yang berulang

ENFP gemar mencari berbagai hal baru ketika dirinya sedang bosan. Maka, aktivitas seperti pekerjaan kantor akan terlihat membosankan bagi seorang ENFP. Biasanya, para ENFP akan mengambil waktu rehat dari rutinitas tersebut untuk berlibur atau mencari kegiatan seru lainnya sebagai distraksi dari rasa bosan mereka.

Seorang ENFP akan melihat banyak sisi dari dirinya berdasarkan situasi yang sedang dialami. Jadi, ngga heran kalau ENFP selalu bertentangan dengan dirinya. Maka dari itu, solusi untuk seorang ENFP adalah meningkatkan konsistensinya terhadap suatu hal agar bisa nyaman dengan kegiatan yang sifatnya repetitif.

6. Ekstrovert yang paling introvert

ekstrovert paling introvert
Sumber: personalitymax.com

Meskipun ENFP itu seorang yg extrovert, tapi para ENFP sangat suka menghabiskan waktu sendiri untuk memikirkan banyak hal. ENFP senang untuk mencari berbagai makna hidup yang lebih dalam. Tujuannya adalah untuk memutuskan apakah maknanya sesuai dengan nilai yang mereka buat.

Kegiatan menyendiri tersebut entah membaca buku, menonton serial baru atau bahkan memulai hobi baru. Bahkan terkadang ENFP bisa ngga keluar rumah berhari-hari untuk menekuni hobi barunya. Maka dari itu, ENFP bisa disebut sangat sadar sosial, tapi di satu sisi sifat individualismenya sangat besar.

7. Memiliki rasa penasaran yang tinggi

ENFP memiliki keinginan untuk bisa memahami orang lain. Di satu sisi juga, ENFP juga gak puas dengan informasi yang diterima. Maka dari itu, kepribadian ini ngga mau hanya mendapatkan hal-hal yang dangkal.

ENFP akan mencoba untuk melampaui pengetahuan yang ia ingin ketahui. Keingintahuan alami akan membuat seorang ENFP banyak mempertanyakan banyak hal. Sementara itu, ENFP juga sering menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mendalam dan berarti untuk dirinya sampai semua pertanyaan terjawab semua.

Baca juga: Cara Menjadi Pendengar yang Baik (Kemampuan Mendengarkan Aktif)

Yuk Ketahui Potensi Kepribadian ENFP dengan Mentor Satu Persen

Salah satu cara untuk mengenal dirimu lebih jauh adalah dengan mengetahui MBTI yang dimiliki. Kamu bisa amati kepribadianmu dari Tes Myers-Briggs Type Indicator (MBTI).

Akan tetapi, tes kepribadian MBTI ini sebenarnya gak bisa jadi patokan untuk kita melihat seseorang sebagai seorang manusia yang utuh. Tes MBTI hanya bisa menggambarkan kepribadian manusia secara umum saja. Yuk coba Tes MBTI dari Satu Persen ini!

Nah, kalo kamu masih kesulitan memaksimalkan potensi kepribadian ENFP ini, coba ikut layanan mentoring di Satu Persen. Mentor bakal membantu kamu mengenal diri lebih dalam supaya bisa menemukan solusi yang tepat. Langsung klik banner di bawah ini buat informasi lebih lanjut.

CTA-Blog-Mentoring-5-5

Selain itu, ada juga video dari YouTube Satu Persen buat kalian yang mungkin masih suka insecure dengan kemampuan diri sendiri. Khususnya, ketika sering menemukan stereotipe tentang skill yang berkaitan dengan kepribadian tertentu. Padahal, setiap orang bisa tetap belajar hal-hal baru selama ada kemauan. Yuk simak solusinya berikut ini!

Akhir kata, aku Fathur dari Satu Persen mengucapkan selamat menjalani #Hidupseutuhnya!

Referensi:

Cherry, K. (n.d.). ENFP: The Champion (Extraverted, Intuitive, Feeling, Perceiving). Verywellmind.Com. https://www.verywellmind.com/enfp-an-overview-of-the-champion-personality-type-2795980

Priebe, H. (2018). 7 Things You Should Know Before You Date An ENFP. Thoughtcatalog.Com. https://thoughtcatalog.com/heidi-priebe/2014/11/7-things-you-should-know-before-you-date-an-enfp/

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.