7 Fakta Menarik Kepribadian INFJ (Kepribadian Paling Langka di Dunia)

Pemahaman Diri
Fathur Rachman
9 Nov 2021
fakta kepribadian INFJ
Satu Persen - Fakta Menarik Kepribadian INFJ

Hi, Perseners! Gue Fathur, Part-time Blog Writer Satu Persen.

Pernah gak lo ketemu sama satu orang teman yang ketika diajak curhat mereka tau banget tentang inside dan outside diri lo? Sedangkan lo cuman bisa terheran-heran karena teman lo ini bisa ingat segala detail informasi yang lo pernah ceritain.

Apakah ada teman lo yang kayak cerita di atas? Kalau, iya, bisa jadi teman lo itu masuk ke dalam salah satu ciri dari kepribadian seorang INFJ, yaitu seorang yang senang mengamati lingkungan sekitar dan bisa mengingat hal-hal detail yang gak lo sadari.

INFJ meme
Sumber: twitter.com

Maka dari itu, kalau lo ketemu orang-orang yang memiliki salah satu ciri kepribadian INFJ, gue saranin lo harus lebih hati-hati dengan ucapan lo, ya, ketika lagi curhat hehehe :)

Nah, mungkin lo jadi penasaran tentang ciri kepribadian yang satu ini. Oleh karena itu, gue akan jelasin mulai dari pengertian sampai fakta-fakta menarik tentang INFJ ini ya, Perseners!

Apa Itu Kepribadian INFJ?

INFJ adalah tipe kepribadian yang memiliki singkatan Introvert (I), Intuitive (N), Feeling (F), Judging (J). Secara keseluruhan, bisa dibilang seorang dengan kepribadian INFJ cenderung melihat kehidupan dengan penuh arti dan dibarengi oleh imajinasi yang mendalam.

Buat lebih jelasnya, gue akan jabarin setiap ciri dari kepribadian INFJ:

Pertama, sifat Introvert (I) dalam diri INFJ bisa menjadikan lo banyak memikirkan diri sendiri ketimbang memikirkan dunia luar.

Kedua, Intuitive (N) yang membuat seorang INFJ mampu memprediksi masa depannya melalui hal yang sering gak disadari sebelumnya, Perseners!

Ketiga, dalam hal Feeling (F), INFJ terbiasa untuk membuat keputusan berdasarkan perasaan, ketimbang melihatnya secara objektif.

Keempat, Judging (J) atau penilai membuat seorang INFJ membuat keputusan berdasarkan nilai yang penting dan berguna bagi dirinya.

INFJ sendiri dapat lo amati berdasarkan hasil dari Tes Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) yang diperkenalkan oleh Katharine Cook Briggs dan Isabell Briggs Myer.

Nah, untuk lo yang belum tau tipe MBTI-nya apa, lo bisa mengerjakan Tes Kepribadian MBTI yang udah dibuat oleh tim Satu Persen. Bisa jadi lo itu termasuk tipe kepribadian INFJ.

Fakta Menarik Tentang INFJ

1. INFJ sering merasa berbeda dengan orang lain di sekitarnya

Dalam hubungan pertemanan, INFJ merasa berbeda dengan orang yang ada disekitarnya karena sering gak merasa cocok. Bahkan jika INFJ memiliki teman yang banyak, belum tentu mereka menemukan teman yang visi misinya sama dengannya.

Maka, gak salah kalau seorang INFJ lebih mementingkan kualitas pertemanan ketimbang kuantitas pertemanan yang membuat mereka gak berkembang,

Tipe kepribadian ini bisa membuat orang-orang bingung karena INFJ sering tampil berbeda di setiap orang yang ditemuinya. INFJ juga cenderung menunjukan sedikit tentang bagian dari diri aslinya, dan hanya menunjukan bagian dari dirinya yang memungkinkan untuk bisa diterima di depan banyak orang.

2. INFJ sering disalahartikan sebagai seorang ekstrovert

Udah gue sedikit ulas di cerita awal kalau INFJ cenderung sangat tertarik dengan lawan bicaranya ketika ngobrol. Tapi bukan berarti mereka itu bisa dibilang ekstrovert, hanya saja mereka sangat welcome dan hangat ketika menemui seseorang secara pribadi.

Meskipun seorang INFJ senang terlibat dalam kegiatan berkerumun dan kepo dengan sifat lawan bicaranya. Tapi, INFJ tetap lebih membutuhkan waktu sendiri untuk mengembalikan energi yang sudah terkuras sebelumnya.

Sementara jika terlalu lama mereka di luar, akan mengakibatkan mereka menjadi sangat gelisah dan kelelahan. Alhasil, kecemasan pun bisa muncul.

Baca juga: Perbedaan Introvert dan Ekstrovert (Kenali Kelebihan Masing-masing)

3. Kehadirannya INFJ sering membuat orang nyaman

Ketika lo mencoba untuk duduk bersama seorang INFJ, dalam beberapa menit lo akan mudah untuk memberikan rahasia atau mimpi lo kepada dia. Hal ini diakibatkan karena seorang INFJ punya bakat dalam membuat orang merasa nyaman di sampingnya.

INFJ juga terkenal dengan pendengar yang baik ketika lawan bicara sedang berbicara. Maka gak salah kalau seorang INFJ bisa jadi tempat kepercayaan bagi orang yang curhat berbagai masalah yang sedang dihadapinya.

4. INFJ mudah untuk menjauhi seseorang

Sudah gak diragukan kalau seorang INFJ itu terkenal mudah untuk sensitif dan berempati dengan seseorang. Tapi di satu sisi, mudah juga untuk mereka sensitif terhadap hal yang membuat mereka gak nyaman.

Hal yang gak nyaman itu bisa datang kapan aja. Misalnya ketika ada orang yang sering memanfaatkan kebaikan seorang INFJ. Atau misal hal gak nyaman itu datang ketika seorang INFJ sering didominasi oleh orang lain.

Maka dari itu, INFJ dengan mudah untuk menjaga jarak dengan seseorang yang dirasa membawa energi negatif untuk mereka. Caranya bisa dengan mulai berhenti mengikuti orang tersebut di media sosial, atau bertindak seolah-olah mereka gak pernah ketemu.

5. INFJ susah untuk menjadi terkenal

Seorang dengan kerpibadian INFJ senang untuk bergaul dengan orang lain dan mendukung apa yang menjadi tujuan mereka. Tapi di satu sisi, seorang INFJ juga enggan untuk berteman dengan seseorang yang gak menghargai dan gak satu frekuensi dengan visi misinya.

Oleh karena itu, seorang INFJ susah untuk menjadi terkenal karena terlalu setia sama pendiriannya. Alhasil, mereka akan lebih banyak diam ketika dirasa nilai-nilai mereka gak dihormati lagi.

6. INFJ cocok menjadi advokat

Dilansir 16 Personality, INFJ memiliki rasa solidaritas yang kuat untuk membantu seseorang, sekaligus menjadi seorang problem solver. Maka gak salah kalau INFJ sering disebut cocok untuk menjadi seorang advokat, seorang ahli hukum yang suka memberi nasihat.

Kepribadian INFJ memiliki semangat yang cukup tinggi untuk memperjuangkan keyakinannya, terutama dalam halnya membantu seseorang. Tapi dalam prakteknya, INFJ lebih menyukai untuk menjaga perdamaian daripada menantang orang lain.

Cara penyampaian nasihatnya pun biasanya dengan melakukan komunikasi asertif. Maka dari itu, seorang INFJ adalah tempat yang cocok untuk lo menuangkan rasa curhat atas masalah yang lo punya.

Baca juga: Tes MBTI: Gimana Cara Memilih Pekerjaan Sesuai Kepribadian Kita?

7. INFJ berbakat dalam bahasa dan menulis

Dilansir Thought Catalog, tipe kepribadian INFJ memiliki kesulitan untuk menyampaikan emosi dan pandangannya secara verbal. Tapi bukan berarti mereka gak bisa berbicara dan public speaking, ya.

Oleh karena itu, daripada orang lain gak ngerti ketika mereka berbicara, mereka lebih memilih untuk diam dan mengungkapkan emosinya melalui sebuah tulisan. Misalnya seperti novel, diary, ataupun tulisan kreatif seperti artikel popular.

INFJ juga dikatakan jago menulis karena dapat memahami dan meneliti dunia sekitarnya. Maka gak heran kalau mereka bisa mudah menuangkan gagasannya sesuai apa yang mereka sedang rasakan, dan dikombinasikan dengan kreativitas mereka juga.

8. INFJ gak tahan basa-basi

Buat seorang INFJ, obrolan ringan gak hanya membuat energi mereka terkuras banyak, tapi juga hanya memiliki sedikit tujuan yang berarti. Seorang INFJ senang untuk mengobrol sesuatu hal yang memiliki makna dan arti mendalam tentang tujuan mereka di dunia ini.

Dengan demikian, gue bisa bilang kalau tipe kepribadian INFJ banyak menghabiskan waktunya sendirian hanya untuk merenungkan tujuan dan makna yang terjadi pada mereka.

9. INFJ itu visioner dan suka berpetualang

INFJ adalah seorang visioner yang senang melihat masa depan secara terencana hingga memiliki tujuan akhir yang baik. Tapi di satu sisi, mereka sering lupa untuk melihat kenyataan yang dihadapinya saat ini.

Oleh karena itu, buat lo yang memiliki teman seorang INFJ, gak ada salahnya untuk meningkatkan mereka ketika merencanakan masa depannya. Misalnya sekadar memberi tahu agar tetap idealis tapi tetap realistis juga dalam melihat berbagai rencana kedepannya.

Nah, segitu aja fakta-fakta menarik yang gue udah rangkum dari berbagai sumber. Semoga dengan artikel ini, khususnya buat lo atau pacar yang termasuk dalam tipe kepribadian ini, lo bisa banget untuk memahami lebih dalam tentang INFJ.

Dan buat lo yang belum tau tipe kepribadian MBTI-nya apa, tenang aja karena Satu Persen punya Tes Kepribadian MBTI yang bisa lo akses DI BAWAH INI! Jadi, lo bisa langsung tau apa tipe kepribadian MBTI lo beserta penjelasannya, deh.

tes-kepribadian-MBTI

Kalau lo merasa kesulitan dalam mengenali diri sendiri, lo juga bisa mencoba ikut layanan mentoring di Satu Persen. Lo bisa konsultasi ke mentor dan cerita uneg-uneg atau masalah apa pun yang mau lo konsultasiin. Mentor pun akan membantu supaya lo bisa menemukan solusi yang tepat. Langsung klik banner di bawah ini buat informasi lebih lanjut.

Mentoring-5

Akhir kata, gue Fathur dari Satu Persen. Selamat menjalani #HidupSeutuhnya.

Referensi:

Granneman, J. (2017). 21 Signs You’re an INFJ, the Rarest Personality Type. Introvertdear.Com. https://introvertdear.com/news/infj-personality-type-signs/

Raymond, J. (2007). How to know if you’re the rarest personality type. Today.Com. https://www.today.com/health/personality-type-infj-rarest-myers-briggs-combination-t118739

Giardina, A. (2019). 16 Signs You’re An INFJ, The World’s Rarest Personality Type. Thoughtcatalog.Com. https://thoughtcatalog.com/alexandra-giardina/2018/01/16-signs-youre-an-infj-the-worlds-rarest-personality-type/

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.