7 Rekomendasi Film Self-Love untuk Belajar Mencintai Diri Sendiri

Lain-lain
Fathur Rachman
20 Jan 2022
rekomendasi film self-love
Satu Persen - 7 Rekomendasi Film Self-Love

Hi, Perseners! How’s life?

Siapa di sini yang mengisi waktu liburannya dengan menonton film?

Menonton film di saat liburan udah menjadi kegiatan utama bagi sebagian masyarakat. Ditambah, banyak platform streaming online yang udah menyediakan berbagai genre film dengan biaya registrasi yang ngga mahal. Tapi pertanyaannya, kamu harus nonton apa setelah berlangganan?

Kalau kamu bingung, sekarang udah banyak situs yang menyediakan rekomendasi film dengan berbagai macam kategori. Misalnya, situs database terkenal seperti IMDB atau Rotten Tomatoes yang udah membuat daftar film paling populer selama satu dekade ini.

Sehubung dengan tema kita kali ini, aku Fathur, Part-time Blog Writer Satu Persen, akan menambahkan referensi rekomendasi film buat kalian. Tapi, bukan rekomendasi film dengan rating tertinggi, melainkan daftar film self-love atau mencintai diri sendiri.

film self-love
Sumber: imgflip.com

Simpelnya, self-love merupakan cara untuk mencintai diri sendiri dengan cara menerima segala kondisi yang ada di dalam diri kita. Dalam tahapan self-love, akan melibatkan aspek menyadari diri sendiri (self awareness), menghargai diri sendiri (self-worth, percaya diri (self esteem), peduli dengan diri sendiri (selfcare).

Yuk langsung simak kumpulan rekomendasi film self-love berikut!

7 Rekomendasi Film Self-love

Singkatnya, self-love mengajarkan kamu untuk lebih mencintai diri sendiri. Bukan berarti kamu membeli segala kebutuhan yang kamu inginkan, melainkan agar memperlakukan diri sendiri dengan baik. Nah, berikut daftar film self-love yang siap mengajarkan cara mencintai diri sendiri dan menemani liburanmu, Perseners!

1.Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (2019)

nanti kita cerita tentang hari ini
Sumber: Acitrapratiwi.co (NKCTHI Film)

Film garapan Angga Dwimas Sasongko ini bercerita tentang trauma keluarga di masa lalu yang belum tertuntaskan. Belum lagi, setiap peran dalam anggota keluarga ini memiliki masalahnya masing-masing, dari masalah percintaan hingga pekerjaan.

Di satu sisi, kamu akan disuguhkan dengan kilas balik cerita mereka di masa lalu. Dengan kata lain, dengan alur cerita maju mundur ini membuat kamu dapat melihat proses perenungan kehidupan setiap anggotanya.

NKCTHI, film self-love ini mengharuskan kamu untuk mengenali dan menerima diri secara sadar. Setelahnya, kamu bisa melihat mereka bisa mengontrol sepenuhnya emosi masing-masing. Sehingga, di akhir film diperlihatkan gimana mereka bisa merasa berharga telah hidup di dunia ini.

Baca juga: Cara Keluar dari Hubungan Tanpa Status

2. Little Forest (2018)

little forest
Sumber: Cloverblossomsblog.com

Film self-love yang ringan ini diadaptasi berdasarkan manga series dengan judul yang sama. Secara garis besar, film ini menceritakan seorang perempuan (dibintangi Kim Tae Ri) yang memutuskan untuk pergi ke Kota Seoul demi mengundi nasib. Hal ini dilakukan demi merealisasikan cita-citanya dahulu kala.

Tapi, ternyata tinggal di kota ngga selamanya berjalan baik. Ia merasa banyak tantangan yang harus dilaluinya. Salah satu alasannya adalah sulitnya untuk mencari makan. Oleh karenanya, ia kembali hidup di desa untuk keluar dari kepenatannya.

Ketika ia kembali ke desa, pekerjaannya hanyalah memasak, bercocok tanam atau berkumpul dengan sahabatnya. Ia baru menyadari untuk belajar menemukan dan mencintai dirinya di tengah kenyamanan suasana pedesaan. Hal ini sesuai dengan tahapan terakhir dari self-love (mencintai diri sendiri), yaitu self care. Little Forest menjelaskan bahwa kita perlu melakukan kegiatan favorit demi menjaga kesehatanmu di masa depan.

3. To The Bone (2017)

to the bone
Sumber: nerdsite.id

Menurut National Association for Self-Esteem, gangguan makan adalah salah satu faktor yang berpotensi membuat seseorang kurang mencintai diri sendiri. Tapi, kurangnya mencintai diri sendiri karena gangguan makan bukan faktor makanan itu saja, melainkan persepsi tentang masalah yang dihadapi.

Hal ini serupa dengan film self-love yang berjudul To The Bone. Film yang dibintangi Lily Collins (Ellen) ini mengangkat penyakit anoreksia atau dikenal penyakit mental mengenai penolakan ekstrem pada kenaikan berat badan.

Dalam film self-love ini, kamu akan melihat Ellen didorong untuk lebih mencintai tubuhnya sendiri. Film ini memperlihatkan cara mencintai diri sendiri (self-love) dengan menekankan bahwa gangguan makan ngga hanya merampas penampilan orang, tapi juga akan kehilangan kehidupan. Melalui sosok Ellen, ia menyadarkan bahwa perempuan di luar sana memiliki hak terhadap kehidupannya sendiri.

4. Imperfect (2019)

imperfect
Sumber: imdb.com

Film self-love ini merupakan hasil adaptasi novel Imperfect: A Journey to Self-Acceptance karya Meira Anastasia. Dengan mengusung tema mencintai diri sendiri (self-love) dan body shaming, film ini bercerita tentang perjuangan Rara (Jessica Milla) yang menghadapi standar kecantikan perempuan di Indonesia.

Dari film Imperfect, kamu belajar bahwa kebahagiaan bisa ditemukan bila kamu bisa mencintai diri sendiri. Selain itu, film self-love ini memberikan gambaran bahwa ngga ada yang sempurna di dunia ini. Lantas, yang perlu dilakukan adalah meningkatkan rasa percaya diri dan merawat diri sebaik-baiknya.

5. Legally Blonde (2001)

legally blonde
Sumber: denofgeek.com

Film self-love yang dibintangi oleh Reese Witherspoon (Elle Woods) menceritakan tentang perempuan berambut blonde yang diidentikan sebagai seorang yang nggaserius dan bodoh. Tapi, film ini menantang stigma tersebut. Ia mampu membuktikannya dengan bersekolah di Universitas Harvard.

Dari film self-love ini, kamu bisa melihat Elle Woods yang mampu bangkit dari cacian sekitarnya. Caranya dengan membangkitkan percaya diri (self esteem) dengan segala kemampuannya. Kemudian, kamu juga bisa mempelajari bahwa setiap pencapaian yang diperoleh harus dihargai, karena semua dilihat dari proses kemajuan, bukan kesempurnaan.

Baca juga: Pentingnya Self-Love dalam Pernikahan

6. Brave (2012)

brave
Sumber: rotoscopers.com

Rekomendasi film self-love berikutnya ditujukan bagi kamu yang senang menonton film animasi, yaitu Brave. Film ini merupakan keluaran Walt Disney Pictures dan Pixar Animation Studios. Berlatar kerajaan, film ini menceritakan seorang putri muda bernama Merida (Kelly Macdonald) yang ingin bebas dari tradisi perjodohan oleh orang tuanya.

Dalam film self-love ini, Merida mampu memahami dirinya sendiri sehingga Ia mampu mengambil keputusan sesuai yang diinginkannya. Lalu, ia juga memiliki rasa percaya diri tinggi dengan membuktikan kemampuan memanah yang dimilikinya. Maka dari itu, film ini memperlihatkan bahwa karakter Merida adalah gambaran dari sosok putri yang mandiri.

7. The Holiday (2006)

the holiday
Sumber: filmaffinity.com

Sesuai dengan namanya, film self-love ini bertemakan tentang liburan akhir tahun. Film yang bergenre romance comedy ini bercerita tentang dua perempuan yang saling bertukar tempat tinggal. Dalam film ini, Iris Simpkins (Kate Winslet) diceritakan belum bisa move on dari mantannya, sedangkan Amanda Woods (Cameron Diaz) yang baru putus dengan pacarnya.

Mereka saling bertukar pesan hingga menyetujui untuk bertukar rumah selama dua minggu lamanya. Dengan cara itu, mereka akhirnya bisa saling menemukan kehidupan baru. Lalu, mereka juga jadi mengetahui kebutuhan apa saja yang selama ini mereka ngga bisa dapatkan di kota asalnya.

Film The Holiday memperlihatkan kita salah satu aspek dari mencintai diri sendiri (self-love), yaitu merawat diri. Tujuannya adalah untuk mempertahankan kehidupan, kesehatan, dan kesejahteraan hidup yang dilakukan kedua pemain ini. Dengan kata lain, mereka mampu mencintai diri sendiri dengan cara berlibur.

Bagaimana Belajar Mencintai Diri Sendiri?

Nah, segitu dulu rekomendasi film self-love dari aku. Kamu bisa mengambil pelajaran mengenai self-love dari setiap film yang telah kamu tonton. Tapi, jika kamu masih kebingungan mengenali aspek mencintai diri sendiri yang dimiliki, kamu bisa melakukan Tes Self-Love dari Satu Persen terlebih dahulu. Tenang, kok! Kamu tinggal menjawab beberapa pertanyaan saja.

Selain itu, buat kamu yang masih belum bisa mengenmbangkan cara mencintai diri sendiri, Satu Persen punya mentoring yang akan membantu kamu untuk memecahkan masalah mengenai proses pengembangan diri kamu. Kamu tinggal KLIK banner di bawah untuk dapat penjelasan lebih lanjut.

CTA-Blog-Mentoring-5-5

Akhir kata, aku Fathur dari Satu Persen mengucapkan selamat menjalani #Hidupseutuhnya

Referensi:

Paul, M. (2021). A 6-Step Process For Learning How To Actually Love Yourself. Mindbodygreen.Com. https://www.mindbodygreen.com/0-15295/how-do-you-actually-learn-to-love-yourself.html

Chandra, A. (2020). Self-Love: Menghargai Diri Sendiri, Kalau Bukan Kamu Siapa Lagi? Satupersen.Net. https://satupersen.net/blog/self-love-menghargai-diri-sendiri-kalau-bukan-kamu-siapa-lagi

Adelia. (2021). Review Sinopsis Film Brave, Keberanian Putri Merida Menentang Tradisi. Wekepo.Com. https://wekepo.com/barat/review-sinopsis-film-brave/

Tika, A. (2021). [REVIEW] FILM KOREA LITTLE FOREST - PELARIAN DARI PENATNYA HIDUP. Tikbookholic.Com. https://www.tikbookholic.com/2021/06/review-film-korea-little-forest.html

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.