Night Eating Syndrome: Gangguan Suka Makan Tengah Malam

Kesehatan Mental
Audra Levana Adelia
18 Jan 2022
night eating syndrome: gangguan suka makan tengah malam
Satu Persen - Night Eating Syndrome

Makan adalah kegiatan yang sehari-hari yang kita lakukan, bahkan merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan agar kita tetap fit dan nutrisi dalam tubuh kita tetap terjaga.

Walaupun begitu, bagi sebagian orang ternyata makan merupakan suatu hobi yang sangat mereka senangi, terutama apabila mereka bisa makan makanan yang sangat disukai oleh mereka.

Biasanya orang yang memiliki hobi makan pasti suka banget melakukan mukbang, yaitu makan banyak makanan dengan porsi yang cukup besar.

Baca juga: Emotional Eating: Makan Banyak karena Dorongan Faktor Psikologis

Namun, kebiasaan makan orang itu ternyata berbeda-beda, loh. Ada pula orang yang lebih menyukai makan dengan porsi kecil atau kadang disebut sebagai ngemil.

Biasanya kegiatan ngemil ini mereka lakukan untuk menemani mereka saat melakukan sesuatu, seperti saat mengerjakan tugas, baca buku, nonton film atau pekerjaan lainnya.

Gak jarang kita temui biasanya orang akan ngemil atau makan banyak pada malam hari bahkan hingga tengah malam, entah karena memang lapar atau hanya karena ingin aja.

Hayo Perseners, pada ngaku siapa aja nih yang suka makan tengah malam?

suka makan tengah malam
Cr: imgflip.com

Walaupun terlihat biasa aja, sebenarnya kebiasaan makan tengah malam bukanlah hal yang baik loh.

Seseorang yang suka makan banyak pada saat malam hari cenderung akan mengalami kondisi gangguan suka makan tengah malam yang disebut sebagai Night Eating Syndrome (NES).

Kamu pasti mulai bertanya-tanya sebenarnya apa itu Night Eating Syndrome (NES)? Apakah hanya tentang kebiasaan makan tengah malam aja?

Dan bagaimana cara menghindari kebiasaan makan tengah malam agar terhindar dari Night Eating Syndrome (NES)?

Di sini, aku, Audra, Part-time Blog Writer Satu Persen bakal menjelaskan kepada kamu tentang apa itu sebenarnya Night Eating Syndrome (NES) agar kamu lebih paham tentang gangguan suka makan tengah malam ini.

Let’s check it out!

Baca Juga: Menghilangkan Rasa Malas Melalui Menonton Video Motivasi

Apa itu Night Eating Syndrome (NES)?

night eating syndrome
Cr: pritikin.com

Secara umum, Night Eating Syndrome (NES) atau gangguan suka makan tengah malam ini merupakan suatu gangguan dimana seseorang mengalami kondisi suka makan yang berlebihan pada saat tengah malam.

Berbeda dengan Binge Eating Disorder yaitu gangguan makan berlebihan dengan porsi yang banyak dalam satu waktu sekaligus, orang yang mengalami gangguan Night Eating Syndrome cenderung makan dengan porsi yang lebih kecil.

Namun pada gangguan Night Eating Syndrome ini, mereka biasanya akan makan berkali-kali pada malam hari. Hal ini karena mereka percaya bahwa itu akan membantu mereka tidur dengan lebih nyenyak.

Orang dengan kondisi ini gak bisa mengontrol pola makan mereka di saat malam hari, karena baru merasakan lapar pada saat tertentu aja. Bahkan gak jarang, mereka akan terbangun karena lapar.

Gejala paling umum seseorang mengalami Night Eating Syndrome adalah makan banyak saat pada saat tengah malam, kira-kira dari jam 10 malam hingga 6 pagi.

makan tengah malam
Cr. Pinterest

Selain itu, mereka juga biasanya gak merasakan lapar dari pagi hingga sore hari. Hal ini karena nafsu makan mereka baru mulai menggebu-gebu pada saat waktu malam hari aja.

Mereka yang mengalami gejala gangguan makan tengah malam ini juga gak jarang mengalami kesulitan tidur sehingga membuat mereka stres dan cenderung makan terus menerus.

Lalu, apakah kebiasaan suka makan banyak atau ngemil pada malam hari berarti seseorang pasti mengalami Night Eating Syndrome?

Jawabannya adalah nope!

Walaupun sekilas kebiasaan banyak makan tengah malam ini cukup umum pada banyak orang, tapi belum tentu mereka pasti mengalami Night Eating Syndrome.

Harus dilakukan suatu diagnosis secara khusus oleh ahli dengan melihat gejala-gejala spesifik yang menunjukkan seseorang benar-benar mengalami gangguan ini.

Tips Menghentikan Kebiasaan Makan Tengah Malam

1.Buat jadwal makan yang teratur

Salah satu hal yang membuat kita punya kebiasaan banyak makan tengah malam adalah pola makan sehat yang kurang teratur, di mana kita makan sesuka hati tanpa memperhatikan waktu dan kebutuhan tubuh kita sendiri.

Maka dari itu, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat jadwal makan teratur. Kamu bisa memulai dengan menentukan kapan waktu untuk sarapan, makan siang, dan makan malam.

Makan dengan jadwal yang teratur akan membantu kamu dalam mengontrol nafsu makan, sehingga dapat mengurangi nafsu makan kamu di malam hari.

Selain itu, pola makan yang terakhir ini juga baik untuk menjaga gula darah dan berat badan tetap stabil.

2. Terapkan mindful eating

tips menghentian kebiasaan makan tengah malam
Cr. Freepik

Secara sederhana, mindful eating merupakan kegiatan makan dengan penuh perhatian. Kita memberikan perhatian kita secara penuh selama kita makan.

Dengan menerapkan mindful eating, kamu gak akan mudah tergoda untuk makan secara terus menerus pada saat malam hari.

Hal ini karena kamu pasti akan memastikan terlebih dahulu apakah kamu benar-benar lapar atau hanya sekedar keinginan semata.

Kamu akan lebih terbantu karena mindful eating bisa mengontrol kebiasaan banyak makan tengah malam.

Baca juga : Mindful Eating: Kebiasaan Menghargai Makanan Agar Hidup Lebih Sehat

3. Pilih menu makanan yang berprotein tinggi

Makanan dengan protein yang tinggi bisa membantu untuk mengurangi rasa lapar, loh. Makanya gak heran, mereka yang lagi diet pasti memilih makanan seperti ini.

Makanan dengan protein tinggi akan membuat kamu merasakan kenyang lebih lama, sehingga hasrat untuk banyak makan tengah malam akan menurun.

Kamu bisa memilih dan mengolah makanan berprotein tinggi sesuai dengan keinginan kamu agar kamu tetap bisa tetap bisa menikmatinya. Dan jangan lupa untuk sesuaikan dengan kebutuhan tubuh kamu, ya!

Coba kamu inget-inget lagi selama ini kamu udah makan dengan makanan yang punya protein belum? Kamu bisa coba cek kualitas makan kamu lewat tes ini.

Untuk menerapkan tips-tips di atas, pasti gak akan mudah untuk dilakukan sendirian. Makanya, kamu bisa coba mengomunikasikan masalahmu melalui layanan mentoring dari Satu Persen.

Pastinya, kamu gak akan kesulitan lagi karena akan dibantu dan dibimbing secara langsung oleh mentor yang udah berpengalaman. Langsung aja klik banner di bawah ini, ya!

CTA-Blog-Mentoring-5-5

Buat referensi tambahan, kamu bisa banget nonton video YouTube Satu Persen di bawah ini:

Akhir kata, sekian dari aku. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa membantu kamu semakin semangat saat belajar agar bisa menjalani #HidupSeutuhnya.

Sampai jumpa di tulisanku selanjutnya!

Referensi:

Martin, D. S. (2021). What is Night Eating Syndrome?. Retrieved on January 10, 2021 from What Is Night Eating Syndrome? (webmd.com)

Mullheim, L. (2021). Night Eating Syndrome: Signs, Symptoms, and Treatment of the Condition. Retrieved on January 9, 2021 from What Is Night Eating Syndrome? (verywellmind.com)

University of Michigan Health. (2020). Night Eating Syndrome. Retrieved on January 10, 2021 from Night Eating Syndrome | Michigan Medicine (uofmhealth.org)

(Gambar)Pritikin. Do You Eat Too Much at Night? Learn How To Stop. Retrieved on January 9, 2021 from "I eat too much at night." How To Stop. | Pritikin Weight-Loss Resort

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.