Mengenal Metode Butterfly Hug yang Ampuh Menjaga Kestabilan Emosi

Kesehatan Mental
Tunjung Senja Widuri
25 Jan 2022
mengenal metode butterfly hug
Satu Persen - Metode Butterfly Hug

Halo Perseners, balik lagi sama aku Senja, Part-time Blog Writer Satu Persen.

Kalian pasti udah tidak asing lagi sama drama Korea populer It’s Okay to Not Be Okay. Serial yang dibintangi sama Kim Soo-hyun dan Seo Yea-ji ini dikenal karena mengangkat isu seputar kesehatan mental. Secara singkat, serial ini mengajarkan tentang arti menyembuhkan luka di masa lalu atau trauma healing.

Di  salah satu episode, ketika Seo Yea-ji diceritakan merasa marah, kesal, dan bahkan ingin melukai orang lain, Kim Soo-hyun mencoba menenangkannya dengan metode butterfly hug. Metode tersebut dilakukan dengan cara memeluk diri sendiri sambil menyilangkan dua tangan pada pundak, dan menepuk-nepuknya. Alhasil, hal itu terbukti bisa meredam amarahnya Seo Yea-ji.

Apa sih sebenarnya metode butterfly hug itu? Apakah metode ini benar-benar ampuh untuk menjaga kestabilan emosi? So, kalian bisa baca artikel ini sampai tuntas buat dapat pemahaman yang baik soal metode ini, ya!

butterfly hug
Cr. liputan6.com

Apa itu Butterfly Hug?

Butterfly hug (pelukan kupu-kupu) adalah metode terapi yang digunakan untuk menjaga kestabilan emosi. Butterfly hug pertama kali  dikenalkan oleh Lucina Artigas dan Ignacio Jarero saat menolong para korban yang selamat dari bencana alam di Meksiko tahun 1998. Metode ini terbukti efektif memulihkan perasaan negatif dan traumatis yang dialami para korban yang selamat. Metode ini kemudian menjadi cukup populer dan banyak digunakan sebagai cara untuk mengurangi perasaan negatif pada diri seseorang.

Selain itu, metode butterfly hug ini didasari pada gerakan kepakan sayap kupu-kupu yang ternyata bermanfaat untuk tubuh. ​​Fuye Ongko, Associate Psychologist, di Yayasan Pulih menjelaskan gerakan mendekapkan tangan dengan mengaitkan ibu jari berbentuk sayap kupu-kupu bisa meningkatkan kadar oksigen dalam darah. Metode ini juga membantu merelaksasi otot tubuh yang perlahan dapat membuat diri kita merasa tenang. Singkatnya, metode ini berfokus pada pengaturan pikiran dan tubuh supaya lebih rileks.

apa itu butterfly hug?
Cr. knowyourmeme.com
Baca juga: Cara Mengontrol Emosi (Regulasi Emosi Diri Sendiri)

Manfaat Butterfly Hug

Secara umum, metode butterfly hug memiliki efek untuk mengendalikan dan meminimalisir emosi. Nah, secara khusus, metode ini memiliki manfaat di antaranya:

1.Mengatasi kecemasan

Kecemasan adalah rasa takut dan khawatir secara berlebihan terhadap situasi tertentu. Tanda-tanda fisiologis yang biasa muncul adalah jantung berdebar kencang, napas cepat, dan keluar keringat. Metode butterfly hug dapat meminimalisir kecemasan karena metode ini dapat mengatur pikiran dan tubuh untuk menciptakan perasaan tenang.

manfaat butterfly hug
Cr. dmfmemes

2. Membuat perasaan jauh lebih baik

Manfaat metode butterfly hug yang jelas dirasakan adalah berubahnya mood ke arah yang lebih baik. Hal ini disebabkan metode butterfly hug yang mampu menyeimbangkan senyawa kimia dalam otak yang mengatur suasana hati serta hormon endorfin (penghilang rasa stres) yang dihasilkan oleh tubuh.

3. Meningkatkan rasa percaya diri

Manfaat metode butterfly hug yang positif lainnya, yakni meningkatkan rasa percaya diri. Metode ini bisa menghilangkan self low esteem dan menimbulkan perasaan yakin buat mengaktualisasi diri sendiri dengan tujuan mencapai kematangan pribadi.

4. Memulihkan trauma

Lebih kompleksnya, metode butterfly hug bisa memulihkan trauma. Seperti yang kita tahu, trauma adalah kondisi psikologis yang membuat penderitanya teringat akan peristiwa buruk di masa lalu. Parahnya, juga dapat berefek pada gangguan kecemasan, depresi, hingga Post Traumatic Syndrome Disorder (PTSD.

Metode ini secara konsisten dan perlahan akan mengendalikan ketakutan akan masa lalu dengan menghilangkan rasa cemas, meningkatkan kepercayaan diri, dan merubah perasaan jauh lebih tenang.

memulihkan trauma
Cr. meme-arsenal.com
Baca juga: Kecemasan, Wajar Gak Ya? Yuk Kenalan!

Cara Melakukan Butterfly Hug

cara melakukan butterfly hug
Cr. The Story Elves

Butterfly hug sebenarnya adalah metode stimulasi yang dapat dilakukan secara mandiri. Metode ini tidak butuh alat atau ruangan khusus untuk melakukannya. Jadi, kalian bisa ikutin langkah-langkah berikut ini dengan sangat mudah!

  1. Pilih posisi yang nyaman untuk melakukan butterfly hug.
  2. Silangkan kedua tangan di depan dada dengan posisi ujung jemari berada di pundak.
  3. Atur napas dan tepuk-tepuk pundak menggunakan tangan kanan dan kiri secara bergantian.
  4. Lakukan gerakan seperti sayap kupu-kupu selama beberapa menit sampai kalian merasa tenang.
  5. Sambil melakukan gerakan ini, kalian bisa mengatakan ucapan positif untuk memotivasi diri sendiri, seperti “aku akan baik-baik saja”, “terima kasih karena sudah sepenuhnya berjuang”, “kamu pasti bisa”, dan lain-lain.

Metode butterfly hug dapat dilakukan kapan saja. Kalian bisa melakukan metode ini apabila merasa mengalami ketidakstabilan emosi, kecemasan, atau ketidakpercayaan diri. Hal tersebut akan membuat Perseners jauh lebih tenang dan stabil.

Baca juga: ​​Trauma Healing: Memulihkan Emosi dari Ketakutan di Masa Lalu

Lakukan Sesi Konsultasi Buat Hasil yang Lebih Baik

Meskipun metode butterfly hug ini efektif untuk dilakukan, lebih baik apabila mengkonsultasikan lebih lanjut kepada ahlinya, Perseners. Melalui konsultasi, kalian akan dibantu oleh psikolog untuk menilai keadaan psikologis kalian secara lebih baik. Hal ini karena psikolog akan melakukan rangkaian prosedur yang jelas untuk mendiagnosis keluhan kalian.

Nah, kabar baiknya, Satu Persen menyediakan layanan konsultasi yang tepat buat kalian. Soalnya, konsultasi bareng Satu Persen akan dilayani sama psikolog terlatih yang ahli dalam bidangnya. Melalui konsultasi, Perseners akan dibimbing buat berdamai sama diri sendiri.

Oiya, kalian bisa kepoin layanan Satu Persen terkait harga dan alur konseling dengan klik banner di bawah ini!

CTA-Blog-Post-06-1-16

Selain itu, kalian juga bisa coba ikut Tes Overthinking berikut, ya. Mungkin ini yang menjadi salah satu pemicu kecemasan kalian. Kalo lebih suka belajar lewat video, yok tonton ini buat atasi rasa cemas sama overthinking!

Satu Persen di sini hadir untuk memberikan kebaikan paling tidak satu persen tiap harinya. So, sekian dulu dari aku. Semoga artikel ini bisa membantu kalian, ya! Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Referensi:

The Butterfly Hug. ​​https://wildtreewellness.com/butterfly-hug/. Diakses 19 Januari 2022.

Nariswari, Sekar Langit . Butterfly Hug, Metode Menyenangkan Tenangkan Hati yang Gundah. https://lifestyle.kompas.com/read/2021/06/29/200105020/butterfly-hug-metode-menyenangkan-tenangkan-hati-yang-gundah?page=all. Diakses 19 Januari 2022.

Artigas L and, Jarero I. The Butterfly Hug Method for Bilateral Stimulation. J EMDR Pract Res [Internet]. 2014;3(4). Availablefrom:https://emdrresearchfoundation.org/toolkit/butterfly-hug.pdf.

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.