Bosan Hidup? Lakukan 5 Hal Ini!

Pemahaman Diri
Rebecca Meliani Sembiring
2 Feb 2021

Halo, Perseners! Aku Rebecca, Associate Writer Satu Persen!

Gimana kabarmu nih? Baik? Atau malah biasa-biasa aja? Yup, hampir setahun ngabisin waktu di  rumah mungkin udah mulai ngebuatmu bosan hidup.

Gimana , kamu harus ngelakuin segala hal, mulai dari belajar, kerja, hingga cari hiburan di dalam rumah. Segala rencana liburan menyenangkan yang biasanya kamu jalani, mulai dari nonton konser, pergi ke taman bermain, atau sekadar makan di luar bareng orang terdekat, nggak bisa kamu lakuin.

Ngeliat dinding yang sama berhari-hari, mungkin ngebuat kamu kehilangan makna dari hari-harimu. Segala kegiatan virtual di layar laptop, mulai dari konser virtual hingga tontonan serial favoritmu mungkin udah nggak terlihat semenarik itu sekarang.

Kita emang nggak tau pasti, sampai kapan kita harus ngejalanin hidup terisolasi kaya gini. Meskipun begitu, kamu nggak seharusnya ngerasa hidup kamu hampa karena bosan hidup yang gini-gini terus.

Artikel ini bakal ngebantu kamu buat nemuin alesan rasa bosan hidupmu dan ngasi tau tips atau aktivitas yang bisa kamu coba biar hidupmu ke depan tetep asyik. Penasaran? Yuk, simak!

Sebenarnya, kenapa sih aku ngerasa bosan hidup?

Coba sebutin apa aja aktivitas yang ngebuatmu ngerasa bosan? Nunggu orang yang janjian sama kamu tapi datengnya ngaret? Nonton film yang jalan ceritanya gampang ditebak? Makan makanan yang sama selama seminggu penuh?

Yap, kamu mungkin punya beragam jawaban lain, tapi sebenarnya semuanya itu punya kesamaan lho. Menurut ahli, rasa bosan itu disebabkan oleh tidak adanya stimulasi dari luar diri kamu. Nggak ada hal yang bener-bener baru yang muncul di sekitarmu.

Kamu ngerasa segala hal yang terjadi dalam hidup kamu berjalan dengan repetitif. Nggak ada lagi hal baru yang menarik buatmu. Alhasil, kamu jadi ngerasa nggak bersemangat dan bosan hidup karena tiap hari rasanya sama aja, nggak ada yang spesial.

Beberapa ahli lain berkata bahwa bosan itu disebabkan oleh hilangnya motivasi dalam diri dan aktivitas yang ngelibatin emosi dan daya tarik kamu. Kalo kamu ngerasa bosan, sebenarnya diri kamu sendiri yang nggak termotivasi buat ambil bagian dalam kegiatan-kegiatan lainnya.

Biasanya hal ini disebabin oleh kurangnya konsentrasi atau bahkan hilangnya kepercayaan akan makna hidup. Jadi, sebenarnya, rasa bosan itu bisa muncul dari dalam dan luar diri ya.

Nah, dalam keadaan pandemi kaya sekarang ini, dua faktor yang nyebabin bosan itu ada di sekeliling kita. Karena kamu selalu ngabisin waktu di tempat yang sama, kamu jadi ngerasa segala aktivitas yang kamu lakuin jadi nggak ada bedanya. Nggak ada lagi hal yang menarik.

Ditambah lagi, kamu jadi susah buat ngelakuin aktivitas atau hobi di luar rumah atau berinteraksi dengan orang-orang terdekat, kaya sahabat kamu. Alhasil, diri kamu jadi ngerasa hampa.

Rasa bosan itu potensial banget ngebuat kamu jadi nggak mau ngapa-ngapain. Padahal, waktu terus berjalan, lho. Alhasil, kamu jadi nggak produktif dan malah makin jauh dari tujuan masa depan kamu.

bosan hidup

Nggak hanya itu, rasa bosan juga bisa jadi pemicu kamu buat makan banyak nggak terkontrol. Buat kamu yang lagi mau diet, rasa bosan ini bakal jadi penghambat kamu. Konsumsi nikotin dan alkohol juga bisa meningkat kalo kamu lagi bosan. Nggak sehat banget dong, ya?

Rasa bosan hidup yang baik vs. bosan hidup yang jahat

rasa-bosan-hidup
Photo by mohammed idris djoudi on Unsplash

Meskipun kedengerannya bosan hidup itu adalah hal yang selalu negatif dan kalo bisa harus selalu kita hindari, para ahli sepakat lho bahwa rasa bosan pada tingkat tertentu itu dibutuhin olehmu.

Di era teknologi internet sekarang ini, sebenernya kita jauh lebih punya pilihan dibandingkan orang lain bertahun-tahun lalu untuk ngabisin waktu luang kita.

Misalnya, kalo kamu bosan, kamu bisa searching video hiburan di internet atau main game. Kamu juga bisa komunikasi dengan temen kamu lewat video call.

Alhasil, karena banyak banget sarana ngilangin bosan di sekitar kita, kita jadi ngerasa bahwa bosan itu adalah hal yang nggak boleh ada dalam hidup kita. Padahal, itu salah. Bosan itu adalah bagian dari perasaan yang terjadi alami dalam diri kita.

Rasa mau menghindari bosan kadang justru ngebuat kita ngelakuin sesuatu yang justru malah semakin ningkatin rasa bosan kita. Kita jadi ngabisin waktu berjam-jam akses internet dan nyoba berbagai macam sarana hiburan yang ada, sampai akhirnya kita ngerasa makin hampa.

Akibatnya, kaya kecanduan, kita jadi berusaha untuk ngabisin waktu lebih banyak untuk akses hiburan buat menuhin hasrat kesenangan kamu. Kamu nggak akan pernah ngerasa puas dan jadi ngerasa bosan terus kalo nggak main game atau nonton drama Korea, misalnya.

Baca juga: Cara Lepas dari Adiksi? (Belajar Lepas dari Kecanduan)

Padahal, menurut Russell, seorang ahli psikologi, rasa bosan juga bisa jadi pendorong kita untuk ngelakuin hal yang produktif dan kreatif. Di saat kamu bosan, kamu jadi punya banyak inspirasi untuk mulai ngelakuin suatu hal, misalnya cari kerja sampingan, ngelakuin hobi produktif, atau mulai komunitas bareng temen-temen deket.

Jadi, sebelum kita ngeliat tips dan trik buat terlepas dari rasa bosan hidup, kamu harus sadari dulu nih, sebenernya rasa bosan kamu masuk ke rasa bosan hidup yang baik atau yang buruk.

Kalo rasa bosan hidup kamu baik, kamu bisa jadiin ini langkah awal untuk mulai brainstorming kegiatan produktif menarik yang bisa kamu coba.

Gimana caranya biar nggak bosan hidup?

Kalo kamu ngerasa bosan hidup, inget, jangan buru-buru buka handphone, scroll social media, dan streaming sepuas kamu! Kalo kamu ngebiarin rasa bosan kamu dipenuhi sama hiburan itu, kamu nggak akan pernah ngerasa cukup.

Sebaliknya, kalo kamu mulai ngerasa bosan, coba ambil waktu sejenak buat berdiam diri dan ngeliat ke dalam diri kamu. Kamu bisa coba tips di bawah ini buat keluar dari rasa bosan kamu:

1. Cari tahu alasan kamu bosan hidup

Biasanya emang nggak ada alasan tunggal yang ngebuat kamu ngerasa bosan. Namun, nemuin beberapa alasan di antaranya bisa ngebantu kamu nih buat nentuin hal baru yang bisa kamu coba biar hidup kamu nggak datar-datar aja.

Misalnya, selama pandemi, kamu terus-terusan diam di kamar yang sama dan jadi bosan sama suasananya. Kamu bisa coba dekor ulang nih kamar kamu.

bosan hidup

Dengan pengalaman dekor ulang kamar, kamu bisa nuangin kreativitas kamu buat ngebuat kamar kamu lebih nyaman untuk beraktivitas.

2. Lakuin hal-hal baru biar nggak bosan hidup

Meskipun ngabisin waktu di rumah aja, bukan berarti rutinitas kamu harus itu-itu aja. Banyak lho hal baru yang bisa kamu cobain di rumah.

Mau coba style berpakaian yang baru? Wah, ini saat yang tepat. Karena kamu nggak harus keluar rumah, kamu jadi bisa lebih banyak bereksperimen nih soal model baju sampai gaya rambut.

Kalo berhasil, siapa tau kamu bisa jadi yang paling keren saat pandemi ini berakhir.

Mau mulai bisnis? Ide bagus! Kamu bisa coba dan masarin produk kamu lewat sosial media. Kamu bahkan bisa mulai melukis, olahraga, dan ngelakuin hal seru lainnya.

Ada banyak banget ide baru yang bisa kamu cobain. Jadi, biarin waktu-waktu ini jadi kesempatan kamu buat bereksperimen dalam diri kamu.

3. Lawan bosan hidup dengan membaca

Kata orang, pengalaman itu guru terbaik. Terbatasnya kesempatan buat dapet lebih banyak pengalaman karena harus stay di rumah aja itu bukan alasan untuk nggak berkembang, lho.

Kamu bisa banyak belajar dari pengalaman orang lain, salah satunya dengan baca buku. Nggak hanya dapet insight baru, kegiatan membaca buku sendiri bagus banget lho buat ngejaga kesehatan mental kamu.

Baca buku bisa ningkatin kinerja otak kamu. Kamu jadi lebih mudah buat memahami sesuatu karena otak kamu udah terbiasa untuk ngehubungin satu hal dan lainnya lewat kebiasaan baca buku.

Nggak hanya itu, menurut ahli, baca buku juga bisa ngurangin stresmu lho. Baca buku dalam 30 menit bisa nurunin tekanan darah dan rasa tertekan sama efektifnya seperti yoga dan nonton acara komedi.

Kalo kamu ngerasa nggak bisa tidur di malam hari, buku juga cocok buat ngebantu kamu tidur nyenyak. Banyak banget ya manfaat baca buku? Jadi, jangan lupa baca buku!

4. Ciptakan tantangan untuk dirimu untuk melawan rasa bosan hidup

Salah satu hal yang ngebuat kamu bosan hidup adalah hilangnya makna dari hari-hari yang kamu lewati. Cara terbaik buat ngelawan itu adalah dengan nyiptain tantangan buat dirimu sendiri.

Misalnya, kamu mau mulai kebiasaan baca buku. Kamu bisa buat tantangan buat dirimu untuk baca buku at least 30 menit dalam sehari.

Kalau kamu berhasil, kamu akan dapat reward. Sebaliknya, kalau gagal akan mendapat punishment. Reward dan punishment itu bisa kamu tentuin sendiri.

Dengan ciptain mission buat diri sendiri setiap harinya, selain ngebuat kamu nggak lupa sama tujuan hidup kamu setiap harinya, kamu juga jadi termotivasi untuk menantang diri. Kamu juga akan ngerasa puas banget saat berhasil ngelewatin semuanya.

5. Bersyukur setiap hari agar nggak bosan hidup

Aku yakin, kita semua tahu bahwa bersyukur itu penting banget dalam hidup kita. Namun, seberapa sering kita bener-bener ngelakuin itu? Sering banget kita akhirnya lupa karena terlalu fokus ngelakuin hal-hal lainnya.

Padahal, dengan bersyukur, kamu jadi sadar kalo banyak hal menyenangkan yang udah terjadi dalam hidup kamu yang mungkin kamu lupakan. Sering banget kita terlalu fokus ngeliat hal buruk dalam hidup kita hingga lupa mensyukuri yang baik.

Siapin waktu khusus buat bersyukur, misalnya pada malam hari sebelum tidur. Kalo kamu berhasil ngejalanin tantangan hari itu, bersyukurlah. Kalo kamu masih sehat, bersyukurlah.

Baca juga: Mengubah Perspektif Lewat Rasa Syukur

Dengan bersyukur, kamu nggak hanya belajar menghargai hal-hal terkecil dalam hidup, tapi juga bisa jadi lebih bahagia. Jadi, jangan pernah lupa buat bersyukur ya!

Kalo kamu udah ngelakuin hal-hal di atas, tapi ngerasa nggak bisa keluar dari rasa bosan hidup, aku saranin kamu buat ikut program konseling Satu Persen.

Di program itu, kamu bisa dipertemukan dengan psikolog profesional yang siap dengerin cerita kamu dan kasih saran terbaik. Kamu juga nggak perlu khawatir soal kerahasiaan ceritamu.

Meskipun di rumah aja, kamu juga perlu perhatian soal kesehatan mentalmu. Kalo kamu mau coba saran di atas untuk jadi lebih produktif, aku saranin kamu coba tes online: Tipe Orang Produktif Seperti Apakah Kamu?

Dari sana, kamu bisa dapet info soal tipe produktivitas dan kekuatanmu. Jadi, kamu bisa atur strategi deh buat nentuin kegiatan atau tantangan baru yang ingin kamu coba.

Semoga artikel ini ngebantu kamu lebih baik, setidaknya Satu Persen setiap harinya, menuju #HidupSeutuhnya. See you!

CTA-Konsultasi--1--3

Referensi

Burton, N. (2017, January 20). How to Beat Boredom. Retrieved January 28, 2021, from https://www.psychologytoday.com/us/blog/hide-and-seek/201701/how-beat-boredom

O'Connor, P. (2020, April 20). Boredom Is a Necessary Part of Life. Retrieved January 28, 2021, from https://www.psychologytoday.com/us/blog/philosophy-stirred-not-shaken/202004/boredom-is-necessary-part-life

Rubin, G. (2010, October 14). 6 Tips for Fighting Boredom. Retrieved January 28, 2021, from https://www.psychologytoday.com/intl/blog/the-happiness-project/201010/6-tips-fighting-boredom

Wurtman, J. (2020, October 11). Boredom: More Than a Side Effect of the Pandemic. Retrieved January 28, 2021, from https://www.psychologytoday.com/us/blog/the-antidepressant-diet/202010/boredom-more-side-effect-the-pandemic

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.