Mengenal Love Bombing, Salah Satu Tanda Cinta yang Manipulatif

Hubungan
Fathur Rachman
2 Mar 2022
mengenal love bombing
Satu Persen - Love Bombing

Semua orang pastinya menyukai gestur romantis ketika menjalin hubungan. Terutama ketika masa PDKT, tentu seseorang berusaha untuk memberikan hal romantis demi membuat orang lain jatuh cinta kepadanya. Kalau kata orang-orang sering disebut “bucin”, alias budak cinta yang rela berkorban untuk pasangannya. Seakan-akan, ini membuat seseorang terlihat sebagai prioritas dalam kehidupannya.

Mungkin kedengarannya romantis, tapi kamu juga perlu waspada terhadap mereka yang memakai kesempatan PDKT ini untuk memanipulasi rasa kasih sayang. Nah, fenomena ini juga dikenal dengan atau love bombing. Tujuannya adalah untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Makin penasaran soal apa itu love bombing? Okay,  aku Fathur Rachman, sebagai Part-time Blog Writer Satu Persen akan menjelaskan pengertian dan berbagai tanda yang bisa kamu pahami terkait love bombing. Simak terus ya, Perseners!

Apa itu Love Bombing?

apa itu love bombing?
Sumber: meme-arsenal.com

Love Bombing adalah suatu bentuk manipulasi emosional yang dilakukan untuk mendapatkan kontrol atas diri seseorang. Contohnya, menghujani perhatian yang berlebih sehingga pasangan merasa di nomor satukan. Dengan begitu, seseorang akan merasa bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhannya.

Pada awalnya, segala sesuatu akan tampak sempurna, bahkan mungkin terlalu sempurna. Bisa dibilang teknik awal dari love bombing merupakan strategi terselubung yang dibutuhkan dalam menjalin hubungan yang romantis. Pasalnya, teknik ini mampu memberikan kebutuhan dan keinginan sang pasangan.

Namun, love bombing akan hancur ketika tahu bahwa pelaku memiliki tujuan lain di balik itu. Kamu bisa saja hampir ngga mengenali pelaku love bombing ini karena sikapnya jelas sangat berbeda dengan apa yang diberikan pada awal hubungan.

Sementara, korban love bombing juga berpotensi terjebak dalam kekangan secara psikologis. Bahkan, sampai mengurangi komitmen dalam berhubungan. Misalnya, terjadi perselingkuhan atau tarik ulur hubungan yang sering kita sebut “di-ghosting”.

Maka dari itu, kita harus mengenali sejak dini tanda-tanda yang harus diperhatikan dari pelaku love bombing ketika PDKT. Berikut berbagai tandanya yang perlu kamu ketahui, Perseners!

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Rasa Cemburu Berlebihan Agar Hubungan Langgeng

5 Tanda Love Bombing yang Manipulatif

1. Memiliki kepribadian narsistik

tanda love bombing
Sumber: satupersen.net

Menurut jurnal yang terbit pada tahun 2016, seseorang yang melakukan love bombing cenderung memiliki kepribadian narsistik. Seorang narsistik akan meningkatkan egonya untuk hal yang mereka inginkan. Kepribadian ini juga selalu ingin mengamankan eksistensi mereka agar hadir setiap saat  di kehidupan pasangan .

Dengan melakukan love bombing, mereka berharap bahwa perlakuan kasih sayangnya akan terbalaskan. Jadi, hal yang diinginkan seorang narsistik adalah penegasan akan kekaguman dari  orang lain, seperti dicintai dan didengar lebih baik. Akan tetapi, ujungnya hanya mementingkan kepentingan diri sendiri.

2. Memberikan pujian yang berlebih

memberi pujian yang berlebih
Sumber: memegenerator.net

Siapa sih yang ngga senang ketika dipuji? Apalagi kalau dipuji oleh orang yang kita sukai, tentu bakal bikin hati berbunga-bunga, bukan?

Pujian memang baik untuk kita, tapi pelaku love bombing menganggap pujian sebagai harga yang bisa ditawarkan. Mereka berpikiran bahwa pujian yang banyak pada pasangan akan membuat mereka merasa berkewajiban untuk membalas aksi tersebut.

Nyatanya, pujian dalam love bombing lama-kelamaan akan melemahkan aspek psikologis seseorang. Kemudian, pujian tanpa akhir itu seakan berubah menjadi apa yang mereka inginkan dan butuhkan. Ketika seseorang telah diberi pujian, otomatis  mereka menyetujui segala bentuk perintah dari pasangan. Di tahap ini, seseorang bisa saja membuat pasangannya jadi ngga enakan karena sekadar ucapan manis.

3. Menyalahkan kebiasaan pasangan

menyalahkan kebiasaan pasangan
Sumber: shutterstock.com

Tanda love bombing selanjutnya adalah membuat seseorang menjadi merasa bersalah dan kebingungan. Pelaku love bombing meyakini bahwa pasangannya itu harus bertanggung jawab atas semua perilaku buruk mereka.

Alih-alih membantu pasangan keluar dari masalah, mereka lebih memilih untuk menyalahkan kebiasaan dan kesalahannya. Padahal, pasangan yang ideal sebaiknya bisa memberikan semangat dan kepercayaan yang membangun.

Pelaku love bombing cenderung menganggap bahwa orang lain memiliki kondisi yang sama dengan mereka. Padahal, mereka juga perlu juga melihat kondisi mental pasangan yang sedang mengomentari. Dengan begitu, pasangan akan senang untuk dipahami lawan bicaranya.

Baca juga: Mengenal Guilt Trip, Salah Satu Bentuk Manipulasi dalam Hubungan Toxic

4. Mengatakan apa yang hanya ingin didengar

mengatakan hal yang ingin didengar
Sumber: memegenerator.net

Tanda lain dari love bombing ialah sering memanipulasikan kebenaran. Mereka awalnya akan selalu memihak dan menyetujui apapun yang pasangan ucapkan. Bahkan, mereka akan mencari cara untuk mengatakan hal yang hanya ingin didengar oleh pasangannya. Misalnya, perilaku memutar balikan fakta atau berbohong.

Pelaku love bombing juga cukup cermat untuk mengetahui hal-hal kesukaan pasangan. Alhasil, mereka bisa mendapatkan perhatian dan tanggapan pasangannya dengan penuh perhatian.

Namun, perlakuan tersebut akan hilang seiring waktu berjalan. Pelaku love bombing bisa berubah menjadi seorang yang berbeda, terutama ketika mereka telah memperlihatkan karakter aslinya. Hal inilah yang akan membuat sebuah hubungan semakin terjerumus menjadi toxic relationship.

5. Menjadi posesif

menjadi posesif
Sumber: socialdaft.com

Tanda terakhir dari hubungan yang diterpa love bombing adalah posesif terhadap pasangan. Pelaku love bombing merasa punya hak sepenuhnya terhadap kehidupan pasangan sendiri. Mereka berharap banyak agar pasangan selalu ada di sampingnya di mana dan kapan saja.

Jika hal tersebut ngga terpenuhi, maka pelaku love bombing merasa kecewa hingga berpotensi  melakukan tindakan agresif terhadap pasangannya. Lalu, mereka bakal mencoba untuk memanipulasi hubungan dengan mengatakan bahwa pasangan ngga menghargai usaha yang diberikan.

Korban love bombing pun bisa merasa takut dengan ancaman tersebut sehingga tunduk melakukan apa yang mereka mau. Tujuannya hanya satu, yaitu agar hubungan yang dijalankan baik-baik saja tanpa ada perdebatan.

Atasi Perilaku Love Bombing dengan Bimbingan Mentor Satu Persen

atasi perilaku love bombing
Sumber: twitter.com

Yang perlu kamu ingat bahwa love bombing dapat berjalan secara cepat dan intens. Mereka akan berupaya semaksimal mungkin agar mendapatkan apa yang mereka inginkan. Bukan untuk keberlangsungan dua individu yang menjalankan sebuah hubungan.

Perilaku love bombing memang sulit untuk diidentifikasi. Oleh sebab itu, kamu bisa coba memakai kumpulan tips di atas untuk mengetahui tanda-tanda dari seorang love bombing. Namun, jika dirasa kurang efektif, maka aku sarankan kamu untuk melakukan mentoring dari Satu Persen.

Melalui mentoring Satu Persen, kamu bisa curhat mengenai apapun tentang hubunganmu. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan hasil tes psikotes, tes kesehatan mental, worksheet, dan masih banyak lagi.

Yuk, langsung aja KLIK banner di bawah untuk info lebih lanjut!

CTA-Blog-Mentoring-5-5

Kalau kamu suka pembahasan ini, mungkin kamu juga suka satu video berikut: Video ini akan mempermudah untuk membantu memahami cara mendapatkan pasangan yang tepat.

Oiya, kamu juga jangan lupa untuk mengikuti tes dari Satu Persen tentang love language. Akhir kata, aku Fathur dari Satu Persen pamit undur diri. Selamat menjalani #Hidupseutuhnya.

Referensi:

Ishak, R. (2022). RELATIONSHIP TIPS 8 Signs Your Relationship Is Really Just a String of Manipulative Love Bombs. Wellandgood.Com. https://www.wellandgood.com/love-bomb/

Strutzenberg, C. (2016). Love-Bombing : A Narcissistic Approach to Relationship Formation. Human Development, Family Sciences and Rural Sociology Undergraduate Honors Theses, 1, 1–40. https://scholarworks.uark.edu/hdfsrsuht/1/

Moore, A. (2021). What Is Love-Bombing? 12 Signs To Spot It In A New Partner. Mindybodygreen.Com. https://www.mindbodygreen.com/articles/love-bombing

Lamie, L. (n.d.). Everything You Need to Know About Love Bombing and Why It’s So Dangerous. Cosmopolitan.Com. https://www.cosmopolitan.com/sex-love/a26988344/love-bombing-signs-definition/

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.