Fakta Menarik Kepribadian ENTJ: Paling Langka Kedua Setelah INFJ!

Pemahaman Diri
Tunjung Senja Widuri
29 Des 2021
Fakta kepribadian ENTJ (kepribadian paling langka kedua setelah INFJ)
Satu Persen - Fakta Menarik Kepribadian ENTJ

Halo Perseners! Balik lagi sama aku Senja, Part-time Blog Writer di Satu Persen.

Siapa sih yang tidak kenal sama Steve Jobs? Ia dikenal luas sebagai CEO Apple Inc. dan tokoh bisnis asal Amerika Serikat. Steve Jobs dalam kariernya sempat menempati posisi eksekutif di beberapa korporasi besar seperti Pixar Animation Studios dan The Walt Disney Company. Pencapaian-pencapaian Steve Jobs sendiri tidak terlepas dari figurnya sebagai sosok pemimpin yang ambisius. Dan ternyata menurut Tes MBTI, Steve Jobs adalah seorang ENTJ loh, Perseners!

Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) adalah sebuah psikotes yang biasa digunakan untuk mengetahui dan memahami kepribadian seseorang. Kepribadian ENTJ sendiri dikenal sebagai the commander. Hal ini sangat sesuai sama kepribadian Steve Jobs sendiri sebagai pemimpin visioner.

So, di sini aku akan jelasin lebih jauh soal ENTJ. Kalian bisa baca artikel ini sampai selesai buat dapat pemahaman yang baik soal ENTJ ya, Perseners!

Baca juga: Apa Itu MBTI? Mengenal 16 Kepribadian Manusia (Ada Tes Gratis!)
kepribadian ENTJ - Fakta ENTJ
imgflip.com

Apa itu ENTJ?

Menurut Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) ada 16 tipe kepribadian yang dihasilkan berdasarkan kombinasi 8 sifat, yaitu introvert atau extrovert, intuitive atau sensory, thinking atau feeling, dan judging atau perceiving. ENTJ adalah singkatan dari Extrovert, Intuitive, Thinking, dan Judgement. Kombinasi ENTJ juga membuat tipe ini dikenal sebagai ekstrovert berjiwa pemimpin atau sering disebut the commander. Setiap kombinasi ENTJ memiliki ciri masing-masing, yaitu:

1. Extrovert

Ekstrovert berkaitan sama cara seseorang mendapatkan energi. Ciri pribadi yang ekstrovert adalah menyukai ruang bebas dan suka bergaul. Mereka enjoy sama social setting dan fokus sama world outside the self.

2. Intuitive

Intuitive sering disebut sebagai abstract thinker. Intuitive adalah kemampuan untuk memproses suatu data tanpa melalui penalaran logis dan hanya berdasarkan perasaan. Intuitive juga sering digunakan untuk memprediksi masa depan.

3. Thinking

Thinking adalah kemampuan mengambil keputusan berdasarkan penalaran logis dan kekuatan analisis.

4. Judging

Judging adalah tipe kepribadian yang penuh perencanaan. Mereka berfokus pada tujuan dan bertindak sesuai dengan rencana yang sudah disusun. Mereka juga menganggap bahwa prioritas tugas itu sangat penting.

Fakta ENTJ
tumgir.com

Fakta Menarik ENTJ

1. ENTJ adalah kepribadian paling langka kedua setelah INFJ

Dikutip dari 16personalities.com jumlah tipe ENTJ hanya ada 3% dari total populasi di dunia. Banyak yang menganggap kalau sampai jumlah tipe ENTJ terlalu banyak, mereka akan mendominasi tipe kepribadian lain yang lebih sensitif dan pemalu. But, pernyataan ini belum dibuktikan secara akurat, ya!

Baca juga: 7 Fakta Menarik Kepribadian INFJ (Kepribadian Paling Langka di Dunia)

2. Dikenal sebagai pemimpin yang visioner

Seperti yang udah aku jelaskan di atas, tipe ENTJ dikenal sebagai the commander atau sering disebut pemimpin yang visioner. Orang dengan tipe kepribadian ini memiliki karisma dan rasa percaya diri yang tinggi.

Mereka ambisius dan tidak ragu menunjukkan kekuasaannya untuk dapat mencapai tujuan tertentu. ENTJ menerapkan strategi dan visi yang baik dalam usahanya. Namun, terkadang sifatnya yang ambisius membawa dampak yang tidak baik bagi ENTJ. Terkadang, mereka jadi keras kepala, intoleran, dan mudah tidak sabar.

3. Pengambil keputusan yang baik

Tipe ENTJ dikenal memiliki rasionalitas yang baik dalam mengambil keputusan. Mereka dapat menerapkan strategi dan mengambil tindakan yang tepat untuk mencapai hasil maksimal. Tipe ENTJ bersikap terbuka dalam  proses pengambilan keputusan. Sehingga mereka memahami tingkat risiko yang diambil.

4. Mudah bergaul

Sesuai dengan kepribadiannya yang extrovert, tipe ENTJ sangat menyukai interaksi dengan orang lain. Ia percaya diri dan suka berterus terang. Itulah yang menyebabkan ia memiliki relasi yang baik dengan sekitarnya. ENTJ menyukai ilmu pengetahuan. Ia juga tidak sungkan untuk membagikannya kepada orang lain.

5. Orangnya sangat terencana

Tipe ENTJ dikenal sangat terorganisir dalam melakukan perencanaan. Ia suka menyusun rencana jangka panjang berdasarkan tujuan yang ingin dicapai. Tipe ENTJ juga dapat membaca situasi dengan baik. Sehingga rencana yang ia susun tepat sasaran.

Kelebihan dan Kekurangan ENTJ

Berdasarkan karakteristik ENTJ, aku membagi dan mengelompokkan kepribadian ENTJ menjadi dua berdasarkan karakter positif dan negatif. Dilansir dari verywellmind.com, ENTJ memiliki kelebihan dan kekurangan, yaitu:

Kelebihan

  1. Kemampuan menjadi pemimpin
  2. Percaya diri
  3. Terorganisir
  4. Pintar mengambil keputusan
  5. Tegas dan terbuka
  6. Kemampuan komunikasi yang baik

Kekurangan

  1. Tidak sabaran
  2. Keras kepala
  3. Tidak peka
  4. Agresif
  5. Intoleran
Fakta ENTJ
me.me

Karier dan Asmara ENTJ

Karier

Sesuai dengan karakter ENTJ sebagai the commander, ia sangat cocok berprofesi menjadi seorang pemimpin. Ia dapat mengemban tanggung jawab dan menumbuhkan peluang dalam karirnya. Tipe ENTJ menikmati setiap proses dalam perkembangan kariernya. Ia menggunakan kemampuannya untuk menciptakan ide-ide kreatif.

Profesi yang tepat untuk ENTJ adalah profesi yang dapat menggabungkan seluruh potensi yang ia miliki. Beberapa profesi yang cocok diantaranya adalah hakim, eksekutif bisnis, akademisi, pengacara, dan lain-lain.

Asmara

Sesuai dengan kepribadiannya, tipe ENTJ dalam hal romansa kurang lebih juga menerapkan hal yang sama. Ia memiliki rencana dan tujuan untuk dicapai dalam hal asmara. Ia memiliki antusiasme tinggi untuk menyenangkan pasangannya.

Ia dengan senang hati akan mengambil peran dominan dalam hubungan dengan mengambil tanggung jawab yang ada. Ia memiliki komitmen dalam hubungan asmara. Tipe ENTJ tidak suka main-main. Ia menganggap hubungan asmara adalah sesuatu yang penting sehingga perlu diperjuangkan.

Tokoh ENTJ

Berikut adalah tokoh-tokoh besar yang memiliki kepribadian ENTJ, yaitu:

  1. Ratu Elizabeth I (Ratu Inggris)
  2. Margaret Thatcher (Mantan Perdana Menteri Inggris)
  3. Napoleon Bonaparte (Mantan pemimpin militer Prancis)
  4. Steve Jobs (Founder Apple Inc.)
Steve Jobs ENTJ
goalcast.com

Oh iya, Perseners, sekali lagi psikotes seperti Tes MBTI terkadang juga tidak bisa dipercaya keakuratannya. Hal ini disebabkan karena kepribadian ada bersifat dinamis, walaupun ada beberapa ada yang bersifat statis.

Tapi, buat kalian yang masih ingin tau kepribadian kalian berdasarkan hasil Tes MBTI, kalian bisa banget cobain Tes MBTI gratis dari Satu Persen! Langsung cobain Tes MBTI-nya dengan klik link di bawah ini, ya!

Cobain, Yuk Tes Kepribadian MBTI

Selain itu, kalian bisa tonton video dari YouTube Satu Persen di bawah ini buat tau lebih lengkap tentang Tes MBTI, ya!

YouTube Satu Persen - Apa Itu Tes Kepribadian MBTI?

So, itulah penjelasan singkat aku mengenai ENTJ, semoga informasi yang aku berikan bermanfaat ya, Perseners! Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Mentoring-5

Referensi:

https://www.verywellmind.com/entj-personality-type-2795981

https://www.16personalities.com/id/kepribadian-entj

https://www.truity.com/personality-type/ENTJ

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.