Gimana Cara PDKT yang Benar? (Mengenal Prinsip Mindful Dating)

Hubungan
Fathur Rachman
28 Des 2021
cara pdkt yang benar - mindful dating
Satu Persen - Cara PDKT yang Benar (Mindful Dating)

Hi, Perseners! How’s Life?

Kenalin aku Fathur, Part-time Blog Writer di Satu Persen.

Perseners pernah ngga merasakan susahnya bisa dekat dengan orang yang kamu sukai ketika PDKT?

Ngga papa, Perseners! Hal ini wajar, kok, dialami oleh semua orang yang sedang menjalani PDKT. Setiap orang pasti ingin PDKT-nya berjalan mulus, terutama ketika kencan pertama tiba. Kamu pasti akan memikirkan tentang kencan ideal pertamamu karena ngga mau membuat kesalahan sedikit pun. Hanya saja kamu sering grogi karena ngga tau harus gimana ngejalanin hal itu.

Tapi, jangan khawatir dengan agenda PDKT yang kamu sedang jalani. Karena sebenarnya, kamu bisa mempersiapkannya terlebih dahulu. Ada pepatah bilang kalau kadang seseorang gagal melakukan sesuatu bukan karena ngga memiliki potensi, tapi karena kurangnya persiapan akan hal itu.

tips pdkt - mindful dating
Sumber: twitter.com

Untuk menjawab itu, solusi yang aku berikan adalah dengan melakukan mindful dating ketika sedang PDKT. Dengan cara ini, kamu ngga usah cemas lagi ketika menjalani hubungan. Karena mindful dating menawarkan cara agar kamu bisa memiliki strategi untuk memilih pasangan yang benar dan tepat.

Nah, biar lebih tau tentang prinsip dan cara PDKT menggunakan mindful dating, kamu bisa baca sampai akhir artikel ini, ya! Sebelum itu, juga kamu bisa tengok video YouTube Satu Persen tentang cara meningkatkan kepercayaan diri di depan gebetanmu di bawah ini!

Apa itu Mindful Dating?

PDKT adalah rangkaian proses yang dilakukan seseorang untuk mencoba mendekati gebetannya. Prosesnya pun berbeda di setiap orangnya. Ada yang sebentar dan ada yang harus menunggu beberapa tahun terlebih dahulu untuk mendapatkan hatinya.

Nah, kali ini aku mau merekomendasikan cara PDKT dengan prinsip mindful dating. Kalau kamu membedah arti Mindful dating, kamu akan mendapatkan kata mindful yang artinya sadar dan dating yang memiliki arti kencan. Lantas, apa pengertian mindful dating?

Mindful dating adalah proses menjalani kencan secara sadar agar kamu bisa memperhatikan apakah pasanganmu benar-benar cocok untukmu. Hal yang kamu bisa perhatikan adalah dengan cara mengenali cara komunikasi, emosi hingga pasanganmu.

Jadi, kamu akan menilai sendiri apakah semua hal yang telah kamu perhatikan sudah sesuai dengan kriteriamu atau belum? Hal ini semua tentu hanya kamu yang bisa menentukan yang mana yang baik dan benar menurutmu. Selain itu, kamu juga bisa mengamati secara konsisten kebiasaan pasanganmu dari hari ke harinya.

Baca juga: Cara Mengatasi Kesalahan dalam Hidup Agar Bisa Cepat Move On

Prinsip Mindful Dating

Tips PDKT - Mindful Dating
Sumber: twitter.com

Dalam penerapannya, kamu harus mengetahui beberapa prinsip mengenai mindful dating agar kamu lebih terbantu untuk bisa mengamati pasanganmu. Berikut beberapa di antaranya yang telah aku rangkum untuk Perseners!

1. Tujuan berkencan yaitu untuk menikmati kencannya

Setiap orang yang melakukan PDKT pastinya akan mengalami pengalaman kencannya masing-masing. Tapi gimana, sih, idealnya kencan menurut prinsip mindful dating yang baik dan benar?

Mindful dating mengajarkan kamu untuk bisa menikmati waktu yang dihabiskan berdua dengan ngga sia-sia. Caranya, kamu perlu menetapkan tujuan sebelum pergi berdua dengan gebetan. Apakah kamu pergi hanya sekadar untuk bermain santai. Atau mungkin kamu pergi kencan karena kamu ingin mengobrol serius tentang masa depan kamu dengan dirinya.

Hal tersebut akan membantu kamu lebih sadar dan aktif untuk bisa menumbuhkan suasana menyenangkan di setiap kencanmu. Kamu juga akan mendapatkan hasil yang memuaskan jika kamu menikmati setiap obrolan yang kamu telah ekspektasikan sebelumnya. Selain itu, kamu juga akan lebih siap menerima penolakan dari gebetanmu jika ternyata ada hal yang berbeda dengan pandanganmu.

2. Kamu perlu mengenal diri kamu luar dalam

Ingat, Perseners! Kencan itu harus membuat senang kedua belah pihak. Gebetanmu pasti senang jika kamu bisa leluasa bercerita tentang diri kamu ketika sedang PDKT, begitu juga kamu kepadanya. Hal ini akan bisa terlaksanakan jika kamu bisa mengenal diri kamu sendiri terlebih dahulu.

Cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencatat berbagai aspek unik yang ada hidupmu. Kamu bisa mulai dengan membuat beberapa pertanyaan seperti hal apa yang membuat kamu senang? Love language kamu seperti apa? Film atau buku favorit kamu apa? Dan masih banyak lagi tentunya, Perseners!

Coba Juga: Tes Love Language

Dengan hal ini, aku bakal jamin kalau kamu pun nantinya akan mendapatkan kepercayaan diri ketika bercerita tentang dirimu. Gebetanmu pun akan mudah untuk memahami kamu apa adanya.

3. Memberikan batasan

Menerapkan batasan dalam kencamu merupakan salah satu perhatian yang harus kamu lakukan dalam melaksankan mindful dating. Jika kamu ngga memiliki batasan khusus dalam menilai gebetan, kamu akan kecewa jika ada ekspektasimu yang ngga terpenuhi.

Cara pertama untuk dapat menetapkan batasan adalah dengan ngga terlalu akrab secara emosional maupun fisik dengan gebetanmu, sebelum kamu memutuskan apakah gebetanmu cocok atau ngga dengan dirimu. Jadi, kamu ngga tergesa-gesa dan lebih menyadari respons seperti apa yang dikeluarkan oleh gebetanmu.

Untuk menunjang hal tersebut, kamu bisa melakukanya dengan cara bercerita sesuai kebutuhanmu. Misalnya berbicara masalahmu, tentang harapan, dan rencana Anda untuk masa depan. Setelahnya, kamu juga perlu memberikan ruang kepada gebetanmu untuk bercerita dan memandang setiap obrolan secara netral.

4. Pilih dengan bijak

Menentukan pilihan memang bukan hal yang mudah. Tapi, dengan pilihan yang bijak itu akan membentuk kamu di masa depan. Begitu pula dengan prinsip mindful dating yang membuat kamu untuk menentukan standar sebagai hasil dari pilihanmu.

Mindful dating membuat kamu untuk ngga tertuju pada satu orang saja. Kamu perlu terus mencari dan mencari demi menemukan seseorang yang ngebuat kamu nyaman. Tapi, jika kamu hanya diam pada satu orang. Jadinya, kamu hanya akan terima nasib saja, bukan memilih atas standar yang kamu telah buat sebelumnya.

5. Kamu harus siap dengan perpisahan

Jika ada pertemuan, pastinya ada perpisahan juga. Mindful dating mengajarkan kamu untuk bisa menerima perpisahan yang telah menolak kita. Tentu jatuhnya akan menyakitkan hatimu, tapi hal itu adalah keputusan terbaik kamu agar mendapat pasangan yang lebih baik.

It’s okay jika kamu belum menemukan yang pas ketika sudah melakukan kencan. Pasalnya, standar yang paling penting adalah gebetanmu apakah mau dengan dirimu saat ini? Begitu juga sebaliknya. Maka, dari itu kamu ngga boleh memaksakan standarmu ke dalam standar gebetan kamu.

Kenapa Susah Menerapkan Mindful Dating?

susah pdkt mindful dating
Sumber: twitter.com

Banyak hal yang membuat kamu sulit untuk bisa menerapkan beberapa poin yang sudah dijabarkan sebelumnya. Pertama yang bisa diidentifikasi karena kamu terlalu banyak pikiran hingga membuat overthinking. Hal ini ngga baik jika dilakukan secara berlebihan ya, Perseners!

Selain itu, kamu masih sulit untuk takut dengan namanya perpisahan dan penolakan atas ekspektasi terhadap gebetanmu. Terakhir, kamu juga belum bisa mengetahui bagaimana dirimu sebenarnya. Mulai dari tujuan kamu ingin kencan, hingga apa yang membuat senang dirimu ketika melakukan PDKT melalui mindful dating.

Kalo kamu merasa bingung dalam memahami dirimu, santai aja, kamu bisa ikut mentoring Satu Persen. Di dalamnya, kamu bisa menceritakan kesulitan yang dialami bersama berbagai mentor yang terlatih. Kamu bisa ikut mentoring dengan klik gambar di bawah ini.

Mentoring-5

Akhir kata, aku Fathur dari Satu Persen. Selamat menjalani #HidupSeutuhnya!

Referensi:

Cuncic, A. (2021). What Is Mindful Dating? Verywellmind.Com. https://www.verywellmind.com/mindful-dating-4177839

Harjono, A. (2021). 5 Tips Mengenali Diri Sendiri untuk Hidup Lebih Baik. Satupersen.Net. https://satupersen.net/blog/tips-mengenali-diri-sendiri

Sharpe, R. (2020). Mindful Dating: 10 Tips for Dating Mindfully in 2022. Declutterthemind.Com. https://declutterthemind.com/blog/mindful-dating/

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.