Cara Menjadi Konsisten dalam Mencapai Tujuan Hidup (Tips Orang Sukses)

Pemahaman Diri
Ni Putu Sista Santika
9 Feb 2022
cara menjadi konsisten
Satu Persen - Cara Menjadi Konsisten

Banyak motivator di luar sana yang mengatakan bahwa ‘Konsisten adalah kunci kesuksesan’. Sebenarnya, apa sih maksud dari kalimat tersebut?

Definisi sukses bagi setiap orang pada umumnya bersifat relatif. Untuk menjadi ‘sukses’, hal ini biasanya berkaitan dengan merealisasikan tujuan hidup yang ingin dicapai. Misalnya, keinginan untuk memiliki keuangan yang stabil, ingin segera berkeluarga, atau meningkatkan keterampilan dan hobi.

Apa pun yang ingin kita capai, semuanya berawal dari seberapa besar konsistensi yang kita bangun. Jadi, ada benarnya kalau para motivator sering menyebutkan konsistensi adalah kunci ajaib dalam hidup.

Apa pentingnya konsistensi dalam hidup? Gimana caranya jadi orang yang konsisten? Kali ini, aku, Sista, Blog Writer Satu Persen akan membagikan tipsnya. Simak sampai akhir ya!

Apa itu Konsisten?

Menurut KBBI, konsisten artinya tetap atau tidak berubah-ubah. Konsistensi adalah ketetapan dalam bertindak. Dengan kata lain, konsistensi adalah suatu hal yang dilakukan secara berulang-ulang.

Konsistensi berarti fokus pada tugas yang ada pada saat ini, lalu mengulangi tindakan yang sama hingga menjadi kebiasaan. Maka dari itu, konsistensi berhubungan erat dengan komitmen atau janji yang kita buat untuk diri sendiri dalam mencapai sesuatu.

apa itu konsisten
Cr: memecreator.net

Kenapa kita sulit jadi orang yang konsisten? Kebanyakan orang merasa sulit untuk tetap konsisten karena banyaknya gangguan (distraksi) yang membuat kita tidak fokus dan kurang disiplin dalam menjalankan sesuatu untuk hasil jangka panjang.

Baca juga: Cara Melatih Fokus Agar Hidup Lebih Produktif

Kita tahu bahwa manusia cenderung ingin sesuatu yang instan dan biasanya kurang menghargai proses. Konsistensi bukan tentang mendapatkan hasil yang cepat, melainkan bagaimana mempertahankan kemajuan secara bertahap dalam periode waktu tertentu.

Melatih sifat konsisten dalam diri sendiri memang terasa sulit. Namun, konsistensi akan membantu kita untuk memudahkan mencapai tujuan dalam hidup. Oleh sebab itu,  konsistensi adalah suatu hal yang penting untuk kita pelajari.


Bukan tentang apa yang kita lakukan sesekali yang membentuk hidup kita, tetapi apa yang kita lakukan secara konsisten - Anthony Robbins

6 Cara Menjadi Orang yang Konsisten

Berikut adalah 6 cara untuk membantu kamu menjadi konsisten dalam hal apa pun:

1. Buat reminder (pengingat)

buat reminder
Cr. memecrunch.com

Ketika membangun sebuah kebiasaan baru, sering kali kita lupa untuk melaksanakan aktivitas tersebut. Buatlah pengingat pada area yang terlihat olehmu seperti di sekitar rumah, ruang kerja, atau kamar tidur. Tips supaya lebih efisien kamu bisa buat pengingat di smartphone atau laptop. Hal ini dapat membantumu untuk tetap menjalankan aktivitas yang dijalani secara rutin tanpa terlupa.

2. Self-Reward

self-reward
Cr. makeameme.org

Berikan hadiah kepada diri sendiri ketika kamu berhasil menyelesaikan suatu hal tertentu. Biasanya, perilaku yang dihargai memiliki peluang yang tinggi untuk diulang.

Misalnya, kamu berhasil konsisten dalam satu minggu untuk olahraga pagi. Mungkin kamu bisa menghadiahi diri sendiri dengan membeli set pakaian olahraga yang bagus atau cukup dengan beristirahat penuh selama weekend.

Lakukan apa pun yang membuatmu senang untuk ‘membayar’ usaha yang sudah kamu lakukan sebelumnya. Hal ini juga bisa menjadi motivasi untuk terus melanjutkan apa yang sedang kamu jalani.

Baca juga: Motivasi Hidup: Bagaimana Cara Memotivasi Diri Sendiri?

3. Evaluasi tiap kesalahan

evaluasi tiap kesalahan
Cr. memegenerator.net

Konsistensi tidak sama dengan kesempurnaan. Tentu bakal ada kesalahan, distraksi, dan gangguan dari faktor eksternal yang tidak bisa kita kendalikan. Hal inilah yang sering membuat seseorang gagal menjadi konsisten.

Misalnya, kamu berupaya  untuk menjadi konsisten dalam membaca buku minimal 30 menit sehari. Namun, hari ini kamu merasa lelah dan tidak memiliki banyak waktu untuk membaca buku.

Kamu bisa evaluasi dengan membuat target yang sekiranya bisa kamu lakukan, khususnya ketika sedang sibuk. Mungkin kamu bisa mengubah target menjadi ‘membaca buku minimal satu atau dua lembar sehari’. Ini akan membantumu untuk terbiasa menjadi konsisten.

4. Perbarui motivasi

perbarui motivasi
Cr: imgflip

Sebagai pemula, belajar menjadi orang yang konsisten cenderung membosankan karena perlu melakukan aktivitas yang sama secara berulang-ulang. Kita mungkin merasa lelah dan tidak bersemangat lagi di minggu selanjutnya. Saat kamu merasa seperti ini, cobalah untuk mencari sumber motivasi baru.

Misalnya, kamu ingin konsisten untuk makan makanan sehat di rumah. Ketika kamu tidak bersemangat untuk memasak, pilihlah salad atau jus daripada makanan cepat saji. ‘Keluar’ dari rutinitas untuk sementara waktu akan mengurangi rasa bosan kita. Mungkin kamu bisa berikan jatah dua minggu sekali untuk mengonsumsi makanan sehat di luar rumah sebagai motivasi baru.

Ketahui tingkat motivasi diri kamu di sini: Tes Self-Motivation

5. Fokus pada proses, bukan tujuan

fokus pada proses
Cr. memecreator.net

Jika kita terlalu fokus pada tujuan, maka tujuan tersebut akan terasa semakin jauh untuk dicapai. Oleh karena itu, cobalah untuk fokus pada proses dan konsistensi yang sedang dibangun.

Tinjau kembali apakah tujuan kamu dapat dicapai dalam satu bulan, satu tahun, atau rentang waktu yang lebih lama, sama sekali tidak menjadi masalah. Setiap orang punya waktu yang berbeda-beda untuk mencapai tujuannya.

Jangan biarkan tujuan yang besar membuatmu kewalahan mencapainya. Tanamkan mindset bahwa kamu tidak sedang berlomba menuju tenggat waktu untuk mencapai impianmu. Jadi, kejar tujuan secara konsisten dengan kecepatan waktu sendiri.

Baca juga: Time Management: Cara Mengatur Waktu dengan Metode ALPEN Agar Produktif

Pengin Belajar Menjadi Konsisten Bareng Mentor?

Sebagai kesimpulan, konsisten dalam menjalankan rutinitas yang baik akan membantumu mencapai tujuan hidup. Konsistensi juga cenderung menjadi faktor umum di semua bidang. Maka dari itu, nggak heran kalo konsistensi adalah salah satu faktor yang membawa kamu menaiki anak tangga mencapai kesuksesan.

Nah, jika kamu sudah melakukan semua hal di atas dan masih belum maksimal mengembangkan konsistensi dalam hidup, coba konsultasikan dengan tenaga profesional untuk mendapatkan arahan yang lebih sistematis secara langsung.

Jangan ragu untuk mengkonsultasikan permasalahan yang sedang kamu hadapi dengan mentor profesional. Mungkin kamu bisa ikuti program Mentoring dari Satu Persen untuk mendapatkan arahan lebih lanjut dari profesional di bidangnya. Ini akan membantu kamu merasa lebih lega dan #HidupSeutuhnya.

CTA-Blog-Mentoring-5-5

Kalau kamu tertarik dengan pembahasan ini, kamu mungkin suka video berikut:

Sekian dari aku, semoga bermanfaat! Sampai jumpa di tulisan berikutnya~

Referensi:

Julianna (2021). How to Stay Consistent In Life and Meet Your Goals. Retrieved on January 30, 2022 from How to Stay Consistent In Life and Meet Your Goals - The Simplicity Habit

Katina Tarver (2021). Why Consistency Is Key To Success. Retrieved on January 30, 2022 from Understand Why Consistency is The Key To Success | TheMindFool

Nitin Shah (2019). Consistency is the Key to Success: 6 Simple actionable tips to develop consistency. Retrieved on January 30, 2022 from Consistency is the Key to Success: 6 Simple actionable tips to develop consistency - ICHARS (instituteofclinicalhypnosis.com

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.