Bosan sama Pasangan? Ini Cara Bertahan Melewati 5 Stages Of Love

Hubungan
Arief Fadillah
2 Jan 2022
bosan sama pasangan - bertahan melewati 5 stages of love
Satu Persen - Bosan sama Pasangan?

Halo, Perseners. How’s life? Semoga baik-baik saja dan hati-hati di jalan karena akhir-akhir ini angin kenceng banget. Perkenalkan gua Arief, Blog Writer di Satu Persen.

Perseners, menurut kalian apa sih cinta itu? Apa sih sayang itu? Gua yakin pasti lo pernah merasakan yang namanya cinta, tapi kenapa ya mencintai itu adalah hal yang sangat tidak sederhana? Karena tanpa angin dan tanpa hujan, lo bisa suka sama orang dengan cara yang unik dan gak ketebak. Entah karena dari cara dia ngeliat lo, cara dia nyapa lo, atau karena dia emang lucu. Pokoknya macem-macem, deh.

Tapi, kenapa, ya? Terkadang pada pelaksanaanya, menjalin hubungan tidak seperti yang ada di film atau dongeng yang terlihat begitu mudah. Sering kali pada kenyataannya menjalin hubungan itu justru jauh lebih rumit. Kali ini gua mau membahas tentang love stage dan bagaimana cara mengatasi rasa bosan dalam hubungan.

Baca Juga: Empty Love: Berada di Sebuah Hubungan Tanpa Adanya Rasa

5 Stages of Love (5 Tahap dalam Hubungan Percintaan)

Love Stage #1 - The Passionate Beginning

Tahap pertama adalah tahap yang gua yakin paling disukai dan diinget sama semua orang. Karena pada tahap ini, lo bertemu dan tertarik dengan seseorang. Dan mungkin lo tertarik bukan pada pandangan pertama, tetapi ngeliat dia bikin lo berandai-andai ditemani oleh dia selama menjalani hidup.

Ketika lagi jatuh cinta, lo bisa berubah menjadi apa yang calon pasangan lo inginkan. Lo bisa berubah menjadi toples untuk menampung seluruh hal tentang dia. Bahkan jadi air yang dibutuhkan oleh tanaman agar dapat tetap hidup dan berkembang.

Love Stage #2 - Things Start To Get Serious

Tahap kedua adalah tahap di mana lo mempersiapkan mental dan keberanian untuk menjalin hubungan yang lebih serius. Lo mulai mengajak calon pasangan lo ke tempat yang menyenangkan dan romantis dan menggunakan pakaian yang lebih bagus dari biasanya. Karena pada tahap ini, lo akan mengungkapkan perasaan lo kepada orang yang menurut lo tepat.

Pada tahap kedua ini, biasanya hidup lo akan terasa berubah karena semuanya jadi menyenangkan dan semua masalah yang alamin akan terasa lebih ringan dari sebelumnya. Hal tersebut dikarenakan adanya dukungan dari pasangan lo.

i love you meme - bosan sama pasangan
Source: troll.me

Love Stage #3 - Disillusionment

Dengan berjalannya waktu, akan ada masa untuk lo merasa kecewa dengan pasangan atau hubungan lo. Dan terkadang pada tahap ini, lo akan khawatir kalau semua hal baik akan terabaikan karena mungkin lo merasa kurang dihargai dan tidak dicintai.

Ada 2 kemungkinan yang akan terjadi ketika lo lagi di tahap ini, yaitu:

1. Bertahan. Beberapa orang memilih untuk melakukan kemungkinan ini ketika dikecewakan untuk yang pertama atau bahkan lebih. Segala cara bakal dilakukan untuk mempertahankan hubungan mereka. Hal ini dikarenakan mereka masih berharap hubungan mereka yang tidak sehat bisa berubah menjadi hubungan yang sehat.

2. Mengakhiri hubungan. Terkadang meskipun bertahan sudah dilakukan, tapi belum tentu juga hubungan bisa segera membaik. Maka, kemungkinan yang akan terjadi adalah salah satu pihak memilih untuk mengakhiri hubungan tersebut. Hal ini dikarenakan bertahan di hubungan yang tidak sehat tentu akan sangat melelahkan.

Baca Juga: Memperbaiki Toxic Relationship? Emang Bisa?

Love Stage #4 - Real Love

Kalo lo berhasil untuk melewati tahap ketiga, kebanyakan orang akan merasakan bentuk cinta yang lebih dalam dari sebelumnya. Hal ini dikarenakan lo berhasil bertahan dan berusaha memperbaiki hubungan, meskipun lo udah dikecewakan. Karenanya, lo dapat menerima kekurangan dan ketidaksempurnaan hubungan lo atau pasangan lo.

Buat bisa mencapai tahap ini bukanlah bergantung sama suatu kebetulan aja. Lo harus bisa belajar memaafkan dan menerima pasangan lo dengan sepenuh hati. Ketika lo berhasil melewati tahap 3 dalam suatu hubungan, maka lo akan tau cara mengatasi apabila terjadi kekecewaan yang muncul kembali.

Love Stage #5 - You Start Making A Difference Together

Mereka yang bisa bertahan sampai tahap ini adalah pasangan yang mungkin telah bersama selama beberapa tahun atau bahkan dekade. Meski begitu, mereka masih berpegangan tangan sambil menatap satu sama lain dengan manis. Pada titik ini, lo benar-benar bersatu sebagai pasangan. Lo tau bagaimana cara melengkapi setiap kekurangan dalam hubungan lo.

Ketika lo menerima dan melengkapi kekurangan pasangan lo, maka kekurangan dari lo juga akan dilengkapi oleh pasangan lo. Dengan bekerja sama untuk saling melengkapi satu sama lain, maka lo bisa mencapai tujuan yang akan lo tuju bersama-sama.

YouTube Satu Persen - Rahasia Hubungan Langgeng

Dari 5 tahap dalam hubungan percintaan di atas, kira-kira kalian lagi berada di tahap yang mana nih, Perseners?

Tips Mengatasi Rasa Bosan dengan Pasangan

Menjalin suatu hubungan memang tidak semudah yang dipikirkan. Pada awalnya, segala sesuatu tentang pasangan lo akan terlihat asik dan menarik. Semua candaannya terasa lebih lucu, dan lo gak akan denger suara piring pecah ketika dia lagi ngomong sambil menatap lo.

Kalo keinget masa-masa itu, semua terasa indah, ya. Tapi, ketika bulan dan tahun berlalu, terus kesibukan dan kewajiban mulai meningkat secara perlahan, semua perasaan itu bisa aja mulai memudar dan terasa biasa saja. Hal ini dikarenakan mungkin lo mulai berasumsi kalo lo udah tau semua tentang pasangan lo. Pada akhirnya, hal tersebut membuat lo jadi merasa bosan.

Merasa bosan dalam suatu hubungan sangatlah wajar. Setiap orang mempunyai ekspektasi yang berbeda-beda dan biasanya lo akan merasa bosan ketika ekspektasi lo tersebut gak terpenuhi. Tapi, tenang aja, ya. Gua punya 5 tips untuk melewati rasa bosan dalam hubungan.

Yuk, langsung cek tips-nya di bawah ini!

1. Memuji

have a good day meme - cara mengatasi  osan sama pasangan
Source: memegenerator.net

Siapa sih yang gak seneng kalo dipuji? Dari beberapa cara, memuji adalah salah satu tindakan yang sangat sederhana. Namun, memuji juga sangat berarti bagi pasangan lo apabila lo melakukannya dengan tulus. Lo bisa coba memperhatikan setiap kegiatan atau perubahan pasangan lo.

Misalnya, mungkin dia abis mengubah gaya rambut atau sekedar menguncir rambutnya. Tapi, cobalah untuk memuji hal-hal tersebut.

2. Pergi bersama

Mengajak pasangan lo pergi adalah salah satu cara yang efektif untuk melewati rasa bosan dalam hubungan. Membuat list tempat yang seru untuk lo kunjungi bareng pasangan lo mungkin hal pertama yang bisa lo lakukan sebelum lo menentukan mau ke mana.

Lo bisa ajak pasangan lo ke tempat pertama kali kalian ketemu atau tempat-tempat lain yang gak kalah seru di sekitar kalian. Dan mungkin, lo bisa juga mengajak pasangan lo buat bermain dan berkenalan sama teman-teman lo.

3. Mencari kegiatan baru

Bosan dalam hubungan bisa terjadi karena hal yang lo lakukan dengan pasangan cuma itu-itu aja. Sama halnya dengan lo membaca buku yang sama setiap harinya, maka akan ada waktu di mana lo merasa bosan dan mencari buku baru untuk dibaca.

Lo bisa mencoba mengajak pasangan lo untuk melakukan hal baru yang belum pernah kalian lakukan sebelumnya. Misalnya seperti masak bareng, olahraga bareng, atau bahkan kegiatan yang menantang adrenalin kalian.

cara mengatasi bosan sama pasangan
Source: memegenerator.net

4. Meluangkan waktu untuk sendiri

Beberapa pasangan mungkin lebih suka buat selalu bersama-sama, tapi akan ada saatnya lo merasa bosan sama hubungan lo karena mungkin lo terlalu sering menghabiskan waktu bersama. Ketika lo lagi berada di posisi ini, maka ada baiknya lo coba untuk meluangkan waktu untuk sendiri.

Coba untuk melakukan kegiatan yang berkualitas untuk mengisi hari lo tanpa pasangan. Namun, bukan berarti lo menghilang dari kehidupannya, ya. Melainkan, lo bisa mengisi waktu lo bersama keluarga atau main sama temen lo.

5. Berbicaralah dengan Psikolog

Dalam menjalin hubungan kasih sayang, mungkin lo menganggap kalo hubungan kalian adalah urusan pribadi. Kalian gak membutuhkan bantuan orang lain apabila terjadi masalah di dalam hubungan tersebut. Bercerita kepada teman dekat mungkin salah satu pilihan lo untuk mencari jalan keluar, tapi terkadang hal itu bisa jadi justru akan memperburuk suasana.

Mungkin lo berpikir kalau berbicara sama psikolog hanya dilakukan oleh pasangan yang udah menikah aja. Padahal, nyatanya pasangan yang belum menikah pun bisa melakukan konseling dengan psikolog, lho. Jadi, kalo lo merasa sering banget bosen tiap kali menjalin hubungan, lo bisa banget coba berkonsultasi dengan ahli seperti psikolog.

Buat lo yang udah menikah maupun belom, gua harap hubungan lo selalu baik-baik aja dan terbantu oleh artikel ini. Tapi, kalo lo masih merasa cepat bosen sama pasangan lo, atau merasa ada yang janggal dengan hubungan lo. Mungkin udah waktunya untuk lo mencari bantuan dari ahlinya. Satu Persen punya nih, layanan konseling pasangan untuk lo yang kesulitan dalam menjalani hubungan romantis.

Jangan takut untuk mencoba layanan ini ya, karena psikolog Satu Persen itu sudah terbukti berpengalaman dan ahli di bidangnya. Lo bisa klik banner di bawah ini untuk informasi lebih detailnya, ya!

CTA-Blog-Post-06-1

Jadi, mungkin ini sedikit penjelasan dari gua tentang gimana cara lo bisa melewati rasa bosan agar bertahan melalui Stages of Love. Semoga beberapa cara di atas bisa berguna dan ngebantu lo untuk #HidupSeutuhnya, ya!

Jangan lupa pantau channel YouTube Satu Persen dan Instagram @satupersenofficial buat tau insight menarik lainnya. Gua Arief dari Satu Persen, thank you!

Referensi:

L, Gary. (2021) How To Beat Relationship Boredom. Psychologytoday.com https://www.psychologytoday.com/us/blog/the-psychology-relationships/202109/how-beat-relationship-boredom

C, Sarah (2021) How To Last Through The 5 Stages Of Love. Betterhelp.com https://www.betterhelp.com/advice/love/how-to-last-through-the-5-stages-of-love/

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.