Ulang Tahun Malah Sedih? Mungkin Kamu Mengalami Birthday Depression

Kesehatan Mental
Nadya Anindita
1 Mar 2022
mengenal birthday depression
Satu Persen - Birthday Depression

Halo Perseners, perkenalkan namaku Nadya, salah satu Blog Writer di Satu Persen. Selamat ulang tahun ya untuk kalian bertambah usia di bulan ini!

Ulang tahun merupakan momen yang membahagiakan bagi banyak  orang. Menurut KBBI, berulang tahun memiliki arti merayakan hari lahir. Namun,  bagi sebagian orang, ulang tahun merupakan momen yang tidak perlu dirayakan karena berpotensi menimbulkan kecemasan, kesedihan, bahkan  depresi. Jika itu yang kamu rasakan, maka mungkin kamu mengalami Birthday Depression atau Birthday Blues.

Apa Itu Birthday Depression?

Apa itu Birthday Depression
Source: giphy.com

Birthday depression atau depresi di hari  ulang tahun adalah kondisi di mana kamu merasa tidak senang saat berulang tahun. Biasanya kamu malah akan merasa sedih, cemas, dan kesepian.

Meskipun belum ada penelitian khusus mengenai kaitan antara depresi dan ulang tahun, peristiwa dan perubahan tertentu dalam kehidupan dapat menjadi pemicu stres dan depresi. Salah satunya adalah perubahan usia dan tuntutan yang diberikan pada usia itu.

Baca Juga: Kenali 7 Macam Gangguan Depresi (Deskrips, Gejala dan Cara Mengatasinya)

Mengapa Bisa Mengalami Birthday Depression?

Birthday depression dapat terjadi karena beberapa hal. Salah satunya adalah ekspektasi. Mengenai bagaimana seharusnya ulang tahun dirayakan dan juga apa yang seharusnya sudah dicapai ketika memasuki usia tertentu.

mengapa mengalami birthday depression
Source: PhotoGrid

Ada beberapa kebiasaan yang kerap dilakukan oleh lingkungan sosial sekitar terkait ulang tahun. Misalnya, menikmati perayaan ulang tahun yang meriah dengan banyak tamu undangan, mendapatkan kejutan dan hadiah ulang tahun, ataupun  menerima banyak tag foto dan ucapan di media sosial. Hal itu membuatmu berharap dan menuntut untuk melakukan hal yang sama ketika ulang tahun.

Ketika hal yang terjadi tidak sesuai dengan kebiasaan di sekitar, kamu bisa merasa takut terhadap penolakan dari lingkungan sosial. Hal ini bisa memunculkan  perasaan sedih, kecewa, kesepian, dan kurang berharga.

alasan penyebab birthday depression
Source: Pinterest


Selain itu, ekspektasi dan tuntutan mengenai apa yang seharusnya sudah dilakukan atau didapatkan pada usia tertentu juga memicu stres dan depresi saat ulang tahun. Seperti tuntutan memiliki pekerjaan ataupun pasangan. Perasaan cemas dan insecure yang muncul karena merasa belum mencapai apa yang diharapkan pada usia tersebut, akhirnya membuatmu tidak ingin merayakan ulang tahun.

Tanda-Tanda Birthday Depression

tanda-tanda birthday depression
Source: memegenerator.net

Ada beberapa hal yang mungkin kamu rasakan ketika mengalami depresi saat ulang tahun di mana beberapa diantaranya  seperti gejala depresi secara umum :

  1. Merasa sedih dan tidak bersemangat menjelang hari ulang tahun
  2. Merasa cemas menjelang hari ulang tahun
  3. Kehilangan selera makan dan kesenangan melakukan hal-hal yang dinikmati sebelumnya
  4. Insomnia
  5. Merasa sakit dan nyeri pada tubuh
  6. Kesulitan berkonsentrasi karena terlalu sibuk memikirkan hari bertambahnya usia
  7. Overthinking mengenai pencapaian yang telah kamu dapatkan di usiamu saat ini
  8. Menarik diri dari lingkungan sosial termasuk keluarga dan teman
  9. Menghindari pembahasan mengenai ulang tahun
  10. Kehilangan kepercayaan diri dan memiliki self-esteem rendah
Baca Juga: Kenalan Sama Gejala Gangguan Depresi

Tips Menghadapi Birthday Depression

1.Mengontrol ekspektasi

Cobalah untuk bersikap realistis terhadap harapanmu dalam merayakan ulang tahun dan terhadap pencapaian hidupmu. Tidak perlu membandingkan prosesmu dengan proses orang lain Perseners. Setiap orang memiliki waktunya masing-masing.

2. Menyampaikan apa yang kamu rasakan

Kita memang tidak dapat memaksakan orang lain untuk merayakan ulang tahun sesuai keinginan kita. Namun jika itu memang mengganggumu, kamu berhak kok untuk mengatakannya pada mereka apa yang kamu harapkan. Ucapkan secara asertif menggunakan teknik “I” message seperti “aku merasa sedih kalau ulang tahun tanpa kehadiaran kalian”

3. Konseling

Jika Perseners mengalami tanda-tanda dari birthday depression semakin mengganggu keseharianmu, segera konsultasikan pada psikolog profesional yang ada di Satu Persen ya. Agar kamu mengetahui lebih lanjut apa yang sebenarnya kamu alami dan apa yang sebaiknya kamu lakukan.

CTA-Blog-Post-06-1-16

Kalau Perseners penasaran buat tahu cara mengatasi masalah-masalah di usia 20-an, coba tonton video terkait quarter life crisis berikut ya:

Perseners juga boleh cek tingkat rasa kesepianmu lo, apakah semakin meningkat menjelang ulang tahunmu? Yuk cobain Tes Tingkat Rasa Kesepian ini!

Semoga setelah membaca artikel ini, Perseners dapat memaknai bertambahnya usia dengan lebih baik lagi sehingga dapat merasakan kebahagiaan hari ulang tahun. Sekali lagi selamat ulang tahun untuk kalian, semoga selalu sehat fisik dan mental Perseners. Sampai jumpa di artikel lainnya.

Referensi:

Cadman, Bethany. (2018, February 27). Why are birthdays so hard?. MedicalNewsToday. Retrieved from: https://www.medicalnewstoday.com/articles/321063

Fagan, Abigail. (2018, May 1). This Is Why Birthdays Can Make People Depressed. Vice. Retrieved from: https://www.vice.com/en/article/ywx857/this-is-why-birthdays-can-make-people-depressed

Mandriota, Morgan. (2021, October 27). What Is Birthday Depression?. verywellmind. Retrieved from: https://www.verywellmind.com/birthday-depression-why-some-people-feel-sad-on-their-birthdays-5190225#toc-potential-causes-and-reasons

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.