7 Fakta Menarik Kepribadian ISTJ: Introvert Paling Banyak di Dunia

Pemahaman Diri
Tunjung Senja Widuri
18 Jan 2022
Fakta Menarik Kepribadian ISTJ
Satu Persen - 7 Fakta Menarik Kepribadian ISTJ

Halo, Perseners! Balik lagi sama aku Senja, Part-time Blog Writer di Satu Persen.

Ada banyak cara untuk dapat mengenal diri sendiri secara lebih dalam, salah satunya melalui psikotes atau tes kepribadian. Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) adalah salah satu  psikotes yang dirancang buat menentukan kepribadian seseorang. MBTI sebenarnya tes yang dibuat berdasar pada teori Carl Jung dalam bukunya yang berjudul “Psychological Types”. Ada 16 tipe kepribadian yang mengacu sama empat domain, yaitu Introvert (I) – Ekstrovert (E), Sensing (S) – Intuition (N), Thinking (T) – Feeling (F), dan Judging (J) – Perceiving (P).

Salah satu kepribadian yang bakal aku bahas kali ini adalah ISTJ atau yang biasa dikenal sebagai ahli logistik. Tahu gak Perseners? Kalau di dunia ini jumlah kepribadian ISTJ menempati posisi sebagai kepribadian yang paling banyak dimiliki, loh! Tipe kepribadian ini juga dikenal sebagai perencana yang baik.

So, buat lebih jelasnya kalian bisa baca artikel ini sampai habis buat dapat pemahaman yang baik soal ISTJ ya, Perseners!

kepribadian ISTJ
Cr. Pinterest.com

Apa itu ISTJ?

Kepribadian ISTJ dikenal sebagai pribadi yang tertib dan teratur dalam menjalani semua sisi kehidupannya, seperti dalam hal pekerjaan, keluarga, asmara, dan lain-lainnya. ISTJ adalah tipe kepribadian yang berasal dari gabungan 4 domain, yaitu Introvert, Sensing, Thinking, Judging. Setiap domain memiliki karakter yang akan aku bahas di bawah ini:

a. Intovert (I): Tipe kepribadian di mana seseorang merasa lebih berenergi saat sendiri. Introvert menyukai kondisi tenang dan intim. Ia menyukai interaksi dengan sedikit orang namun berkualitas.

b. Sensing (S): Tipe kepribadian yang cenderung realistis terhadap sekitar. Tipe sensing memandang dunia berdasarkan apa yang terlihat oleh mata. Ia lebih praktis dan rasional dalam memandang dunia.

c. Thinking (T): Tipe kepribadian yang logis dalam mengambil keputusan.Tipe thinking juga menggunakan kekuatan analisis berpikir dan konsisten dalam setiap keputusan.

d. Judging (J): Tipe kepribadian judging sangat teguh pada pendiriannya. Ia tidak mudah berkompromi untuk hal-hal yang tidak sesuai dengan pendiriannya.

Setiap kepribadian itu unik dan istimewa, begitu juga dengan ISTJ. Kepribadian ISTJ memiliki beberapa fakta menarik yang tidak dimiliki oleh tipe kepribadian lain. So, aku bakal jelasin fakta menarik kepribadian ISTJ di bawah ini, ya!

istj
Cr. imgflip.com
Baca juga: Fakta Menarik Kepribadian INFP: Sering Dianggap Baik, Tapi Juga Aneh?

7 Fakta Menarik Kepribadian ISTJ

1.Kepribadian Paling Banyak di Dunia

Bisa dibilang tipe kepribadian ISTJ ini paling sering ditemui di masyarakat. Melansir dari 16personalities.com, sebanyak 13 % dari keseluruhan populasi di dunia memiliki kepribadian ISTJ.

2. Dikenal Sebagai Ahli Logistik

Melansir dari 16personalities.com, kepribadian ISTJ dikenal sebagai ahli logistik. Ahli logistik dalam bidang pekerjaan adalah orang yang bertanggung jawab dalam menganalisis dan mengkoordinasikan fungsi logistik. Ia dikenal sebagai pribadi penuh dedikasi dan integritas. Ia juga memiliki standar dalam pekerjaannya.

3. Perencana yang Baik

Tipe kepribadian ISTJ percaya bahwa tujuan tanpa perencanaan yang matang hanyalah sebuah harapan. Hal itu yang menyebabkan kepribadian ISTJ dikenal sebagai seorang perencana yang baik. Ia merencanakan segala sesuatu dengan hati-hati dan detail. Ia juga percaya bahwa sesuatu yang dilakukan secara terorganisir dan teratur akan menghasilkan sesuatu yang baik di akhir.

Namun, tipe kepribadian ini membenci kekacauan. Contoh, ketika pekerjaan tiba-tiba tidak berjalan semestinya, ia akan bertanya-tanya mengapa semua tidak berjalan sesuai rencana. Kekacauan paling serius bagi kepribadian ISTJ adalah bencana, meski begitu ia tetap realistis. Ia tidak akan berdiam diri terlalu lama. Ia tetap mengusahakan untuk memperbaiki pekerjaan dengan baik.

4. Setia

Tipe kepribadian ISTJ ini memiliki keistimewaan setia dalam menjalin suatu hubungan, baik terhadap pasangan, keluarga, atau sahabat. Ia menjunjung tinggi komitmen dan memprioritaskan hubungan di atas segalanya. Menurut ISTJ, hubungan adalah suatu ikatan kuat antara manusia yang membuat tantangan hidup menjadi mudah dicapai karena kekuatan yang dimiliki akan berlipat ganda.

5. Menjunjung Tinggi Suatu Tradisi

Tipe kepribadian ISTJ menjunjung tinggi tradisi dan aturan. Ia taat pada suatu aturan yang berlaku, sehingga kecil kemungkinan untuk ia melanggar aturan tersebut. Menurut ISTJ, tradisi adalah sesuatu yang harus dipegang teguh dalam diri seseorang. Hal tersebut menjadi suatu tanda bagaimana tingkat loyalitas kita terhadap suatu aturan.

6. Realistis

Tipe kepribadian ISTJ ini juga dikenal realistis.  Ia tidak terlalu berimajinasi dengan sesuatu yang tidak sesuai dengan fakta. Ia memiliki pemahaman yang baik tentang realitas suatu keadaan sehingga ISTJ mengerti bahwa ada sesuatu yang kadang tidak berjalan semestinya. Justru realitas memberikan pemahaman pada tipe kepribadian ISTJ untuk bertindak sesuai dengan fakta. Hal ini sesuai dengan tipe kepribadiannya sebagai seorang sensing dan thinking.

7. Fokus pada masa kini

Tipe kepribadian ISTJ ini menyadari bahwa tujuan hidup bisa dicapai jika kita hidup di hari ini. Ia tidak hidup di masa lalu atau masa depan. Wayne Dyer juga pernah mengatakan untuk “stop acting as if life is a rehearsal, live this day as if it were your last, the past is over and gone the future is not guaranteed.”

fakta menarik ISTJ
Cr. Piscart.com
Baca juga: Fakta Menarik Kepribadian ENTJ: Paling Langka Kedua Setelah INFJ!

Itulah kumpulan fakta menarik kepribadian ISTJ. Oiya, sebelum menutup artikel ini kalian bisa banget ikutan Tes MBTI buat lebih memahami tipe kepribadian kalian lebih baik lagi. Hal terpenting yang perlu Perseners ingat adalah setiap manusia pasti berubah. Mereka mengalami peristiwa demi peristiwa yang membuatnya selalu mengevaluasi diri.

kepribadian ISTJ
Cr. quotesgram.com

Akan tetapi, tes kepribadian MBTI ini sebenarnya gak bisa jadi patokan untuk kita melihat seseorang sebagai seorang manusia yang utuh. Tes MBTI hanya bisa menggambarkan kepribadian manusia secara umum saja.

Kalau emang masih ngerasa kesulitan buat menggali kepribadian kalian, Perseners bisa juga ikutan layanan mentoring di Satu Persen. Satu Persen di sini akan ngebantu kalian buat mengenali jati diri kalian. Mentor Satu Persen bakal ngasih dukungan secara penuh untuk kalian.

So, tunggu apa lagi? Kalian bisa klik banner di bawah ini untuk cari informasi lebih jauh soal mentoring, ya!

CTA-Blog-Mentoring-5-5

Kalau masih pengen cari tahu seputar kepribadian manusia, kalian juga bisa nonton Youtube Satu Persen tentang kepribadian berikut.

Sampai di sini dulu ya, Perseners! Aku harap artikel tentang kepribadian ISTJ ini bisa membantu kalian buat capai hidup sepenuhnya, paling gak satu persen tiap harinya. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Referensi:

Cherry, Kendra. ISTJ: The Inspector (Introverted, Sensing, Thinking, Judging). https://www.verywellmind.com/istj-introversion-sensing-thinking-judgment-2795992. Diakses 12 Januari 2022.

Kepribadian “Ahli Logistik”. https://www.16personalities.com/id/kepribadian-istj. Diakses 12 Januari 2022.

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.