Self-Care: Penting untuk Dirimu

Pemahaman Diri
Ade Chandra Gita Kusuma
18 Agt 2020
pentingnya self care apa itu self care

Kebanyakan orang masih melakukan self-care ketika mereka memiliki waktu yang cukup panjang saja bahkan ada yang jarang melakukan self-care karena tidak memiliki waktu yang cukup. Padahal self-care bisa dilakukan dengan waktu singkat, tetapi kebanyakan dari mereka tidak mau untuk melakukannya. Self-care sendiri menurut Orem (2001) adalah kegiatan untuk menyeimbangkan hidup dengan memenuhi kebutuhan dalam mempertahankan kehidupan, kesehatan, dan kesejahteraan hidup yang dilakukan individu itu sendiri.

Sederhananya adalah self-care itu kegiatan yang bisa menambah dan meningkatkan energi di dalam dirimu supaya dapat berfungsi dengan baik secara fisik dan mental. Memperhatikan self-care dengan baik dapat meningkatkan produktivitas dan kebahagiaan dirimu karena self-care itu bagian dari self-love. Self-care ini juga memiliki keterkaitan dengan apa yang kamu konsumsi sehari-hari di dalam hidup dan bagaimana dirimu bisa merespon segala kebutuhan dengan tepat seperti waktu istirahatmu apakah sudah cukup, pola makan yang kamu jalani benar apa gak, dan apakah kamu saat ini berada di lingkungan pertemanan yang benar atau salah.

Pentingnya Self-Care

Meskipun terlihat sepele, self-care sendiri penting untuk dilakukan karena self-care dapat membantu kamu untuk lebih menghargai diri kamu sendiri setelah berjam-jam berkegiatan, dengan melakukan segala aktivitas yang dapat meningkatkan kebahagiaan dan kenyamanan diri sendiri. Self-care juga mampu mengurangi segala macam penyakit mental seperti depresi, stress atau kecemasan berlebih yang jika diabaikan akan semakin mempercepat laju hidupmu. Satu Persen disini siap membantu kamu dalam menghadapi segala macam penyakit mental melalui  layanan online konseling dan mentoring yang langsung ditangani oleh ahlinya.

Aspek Self-Care Sesuai Area Kehidupan

Agar kamu mudah menerapkan self care dalam diri maka kamu semua perlu mengetahui lima aspek self-care sesuai areanya.

1. Self-care spiritual

Melibatkan apa pun yang membantu kamu menjalin koneksi dengan alam semesta juga penting seperti, meditasi, menikmati alam atau berdoa. Gaya hidup yang melibatkan sisi spIritual seperti agama umumnya termasuk gaya hidup yang sehat.

2. Self-care sosial

Menjaga hubungan dengan keluarga dan teman sekitar dengan cara berkomunikasi adalah hal penting. Jika kamu tak bisa bertemu maka luangkan waktu untuk menelpon atau saling mengirim pesan.

3. Self-care fisik

Memperhatikan tubuh dengan cara merawatnya adalah salah satu cara agar tubuh dapat berfungsi optimal. Merawat dan menjaga tubuh bisa dimulai dengan mengkonsumsi makanan sehat, pola istirahat cukup, dan sempatkan untuk berolahraga.

4. Self-care mental

Cara kamu semua berpikir sangat berpengaruh pada kesehatan psikologismu, hal tersebut tidak boleh diabaikan karena kesehatan mental diantaranya adalah dengan selalu berpikiran positif.

5. Self-care emosional

Memiliki kemampuan untuk mengontrol diri dari emosi amarah, kesedihan, dan rasa tidak nyaman merupakan keterampilan diri yang harus kamu semua miliki.

Masih belum tau jenis self-care kamu? Yuk, cobain tes di bawah ini!

Cara Meningkatkan Self-Care

Rutinitas yang padat membuat kamu sering lupa meluangkan waktu untuk kebutuhan self-care, sehingga tak jarang dapat menyebabkan menurunnya produktivitas dan kesehatan diri sendiri. Berikut cara meningkatkan self-care agar tercipta keseimbangan di dalam hidup.

1. Perhatikan lingkungan sekitar

Perhatikan lingkungan tempat tinggalmu sekarang mulai dari kebersihan hingga orang disekitarnya. Tempat tinggal merupakan cerminan diri, biasakan untuk selalu menjaga kebersihan di dalamnya agar suasana berat diluar rumah bisa terobati dengan suasana nyaman di dalam rumah. Perhatikan orang disekitar lingkunganmu, bertemanlah dengan siapa saja tetapi jauhi orang-orang toxic dan tidak suportif bagimu karena itu akan menurunkan tingkat self-care mu.

2. Menjaga komunikasi dengan orang terdekat

Bagi kamu yang saat ini sedang merantau cobalah untuk sering menjaga komunikasi dengan orang terdekat yaitu keluargamu terlebih orang tuamu dan teman-teman dekatmu karena merekalah yang senantiasa selalu memberi dukungan saat kamu sedang tak baik-baik saja.

3. Manajemen stress

Mulailah untuk bisa mengontrol diri dengan melakukan manajemen stres. Hal ini akan sangat penting untuk meningkatkan self-care dalam dirimu. Manajemen stres ini bisa dilakukan dengan cara menuliskan segala keresahan atau kesedihan dalam dirimu, menangis, mendengarkan lagu, bercerita dengan orang yang tepat, dan melakukan kegiatan yang kamu sukai. Terakhir yaitu jangan lupa untuk selalu berdoa dan bersyukur.

4. Memenuhi keseimbangan fisik

Keseimbangan fisik disini seperti memperhatikan makanan yang kamu konsumsi, perhatikan waktu istirahatmu usahakan cukup dengan mengurangi begadang jika tidak perlu, dan imbangi kesibukanmu dengan berolahraga. Hal itu akan sangat mempengaruhi kehidupamu.

5. Meluangkan waktu untuk sendiri

Coba kamu mulai sekarang luangkan waktu untuk melakukan semuanya sendiri bisa dimulai dengan membaca buku, menonton film favoritmu, berolahrga, jalan-jalan, dan lainnya tanpa mengajak teman-temanmu kemudian rasakan ketenangannya. Kamu tidak perlu menghabiskan waktu untuk perdebatan dan persetujuan karena kamu bisa lakukan semuanya sendiri, kontrol penuh ada pada dirimu. Hal ini salah satu cara agar kamu lebih bisa mengenal dan mencintai dirimu sendiri.

Mengenal Perbedaan Self-Care dan Self-Love

Self-care dan self-love sendiri tidaklah sama karena mereka menggambarkan situasi yang berbeda tetapi mereka saling berhubungan satu sama lain. Jika kamu masih belum paham, berikut adalah penjelasannya

1. Self-care

Mengarah pada tindakan merawat diri baik fisik dan mental, hal itu dibutuhkan untuk meningkatkan kenyamanan dalam diri bisa dilakukan seperti mendengarkan lagu, membaca buku, dan lainnya. Self-care juga bisa diartikan sebagai kesadaran diri yang dibutuhkan agar bisa terus berkembang dengan cara membuat diri merasa bahagia dan santai.

2. Self-love

Mengarah pada proses penerimaan diri sendiri, menerima segala kekurangan dan kelebihan diri. Penerimaan diri sendiri dengan cara berterima kasih pada diri sendiri atas apa yang berhasil kamu lakukan dan bersyukur atas segala nikmat yang kamu semua rasakan. Pada akhirnya baik self care dan self-love sendiri adalah bicara tentang menghargai diri sendiri dengan lebih mengenal, menghabiskan waktu, dan terus menerus mencintai diri sendiri lebih dari mencintai orang lain. Karena dengan begitu, hidup yang berat akan terasa lebih ringan saat dijalani, semoga kamu semua bisa mencoba menerapkannya mulai saat ini.

Setiap manusia diberikan waktu yang sama dalam hidupnya sehari yaitu 24 jam maka luangkanlah sedikit waktumu untuk lebih merawat dan mencintai diri agar hidupmu bisa jadi jauh lebih bahagia dan terhindar dari berbagai macam penyakit mental. Karena sejatinya semua orang memiliki waktu tapi gak semua orang mau mengorbankan atau meluangkan sedikit waktunya untuk lebih menghargai dan membahagiakan dirinya sendiri, kebanyakan dari mereka sibuk melihat mengurusi permasalahan orang lain dibanding dirinya sendiri. Apakah kamu masuk kedalam salah satunya?

Akhir kata untuk membantu kamu dalam mengenal lebih dalam lagi self-care, kamu bisa langsung tonton video Satu Persen terkait pentingnya mencintai dan merawat diri. Jangan lupa buat terus pantengin informasi dari kita dengan follow instagram Satu Persen di @satupersenofficial. Aku harap artikel ini bisa bermanfaat dan lewat membaca artikel ini bisa membuat kamu berkembang menjadi lebih baik, seenggaknya Satu Persen setiap harinya. Thanks!

Konseling Psikolog Satu Persen

Referensi

Orem, DE. 2001. Nursing Concept of Practice. The C.V. Mosby Company. St Louis

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.