5 Rekomendasi Drama Korea dengan Tema Trauma Healing

Kesehatan Mental
Fathur Rachman
16 Nov 2021
Drama Korea Trauma Healing
Satu Persen - Rekomendasi Drama Korea Bertema Trauma Healing

Hi, Perseners! How’s life?

Kenalin, gue Fathur sebagai Blog Writer di Satu Persen.

Di kala pandemi ini gue merasa sangat jenuh jika hanya melakukan aktivitas di dalam rumah secara terus-menerus. Tapi akhir-akhir ini, kejenuhan itu dapat diatasi dengan berbagai cara ampuh versi gue, salah satunya dengan menonton drama korea alias drakoran di Netflix.

Dengan menonton, gue sendiri merasa capek dan jenuh itu bisa hilang secara cepat. Apalagi kalau pemain dari drama korea yang sedang ditonton adalah pemain favorit atau bias gue. Makin seru aja gak, sih?

Gue juga udah banyak nonton drama korea selama pandemi ini, mulai dari drama korea yang ber-genre mengsedih banget, cinta-cintaan, sampai yang ceritanya terbilang traumatis. Nah untuk yang genre terakhir ini, gue rasa akan berhubungan dengan tema kita pada artikel kali ini, yaitu trauma healing.

Untuk lo yang belum tau tentang trauma healing, yuk simak bareng-bareng penjelasannya!

Baca juga: Post-Traumatic Stress Disorder (PTSD): Penjelasan Lengkap!

Apa Itu Trauma Healing?

Menghilangkan bayang-bayang kejadian yang menyebabkan trauma bukanlah hal yang mudah. Tapi ada lho, kiat-kiat untuk menyembuhkannya, yaitu dengan trauma healing.

Trauma healing adalah proses penyembuhan setelah trauma yang dilakukan agar seseorang bisa terus melanjutkan hidup tanpa bayang-bayang kejadian di masa lalu. Hal ini kerap kali terjadi pada usia anak-anak sampai remaja yang diakibatkan oleh pengalaman traumatis tertentu.

Nah berhubung di awal gue menceritakan tentang film dan drama korea, gak afdol kalau gue gak ngasih rekomendasi drama korea tentang trauma healing yang udah gue tonton sebelumnya.

Rekomendasi Drama Korea tentang Trauma Healing

1. Hometown Cha-Cha-Cha

Hometown Cha-Cha-Cha Drama Korea Trauma Healing
Sumber: dramamilk.com

Hometown Cha-Cha-Cha adalah drama komedi asal korea yang tayang pada tahun 2021. Serial ini bercerita tentang seorang dokter gigi perfeksionis, Yoon Hye Jin yang membuka kliniknya sendiri di desa terpencil bernama Gongjin. Kemudian, ia bertemu dengan Doo Sik alias Hong Ban Jang yang memiliki jiwa semangat bekerja (Hustle Culture).

Dari situ, kisah drama antara mereka dan warga Gongjin pun berlanjut. Nah, tapi tau gak sih, kalau serial ini juga membahas tentang trauma healing yang dialami oleh Doo Sik?

Pada episode ketiga, lo akan diberi petunjuk tentang trauma masa lalu Doo Sik dengan melihatkan dirinya mengikuti sesi konsultasi di Seoul. Doo Sik juga aktif meminum resep obat sebagai penenang rasa traumanya.

Dari konsultasinya di episode sembilan, psikiater membantu Doo Sik untuk menghadapi akar ketakutannya selama ini. Psikiater juga mengatakan bahwa terdapat perkembangan positif terhadap trauma yang dialaminya sehingga sedikit demi sedikit Doo Sik bisa menurunkan dosis obatnya.

2. Kill Me, Heal Me

Kill Me, Heal Me Drama Korea Trauma Healing
Sumber: thecinemaholic.com

Kill Me, Heal Me adalah drama bergenre psikologi misteri bertemakan kesehatan mental. Serial drama ini dibintangi oleh Ji Sung (Cha Do Hyun), Hwang Jung Eum (Oh Ri Jin), dan Park Seo Joon (Oh Ri On).

Serial yang berjumlah 20 episode ini membahas tentang Cha Do Hyun yang menderita kepribadian ganda akibat peristiwa traumatis pada masa kecilnya.

Cha Do Hyun akhirnya bertemu Ri Jin yang diminta untuk menjadi dokter pribadinya. Kemudian, Ri Jin mulai melakukan trauma healing dengan cara membantu memecahkan masalah yang dialami Cha Do Hyun satu demi satu, terutama pada pemicu trauma yang berkepanjangannya.

Setelah beberapa episode, diketahui traumanya berasal dari pengaruh kekerasan psikis ketika kecil yang membuat adanya rasa kecewa kepada orang tuanya, takut penolakan, dan sakit hati yang diterimanya.

Menurut American Academy of Child & Adolescent Psychiatry, ada beberapa gejala khusus trauma pada anak. Beberapa di antaranya adalah reaksi emosional yang berlebihan, kehilangan minat pada aktivitas, dan peningkatan kewaspadaan yang utamanya pada pengalaman traumatis.

3. It’s Okay, That's Love

It's Okay, That's Love Drama Korea Trauma Healing
Sumber: jaehakim.com

Drama korea yang satu ini bercerita tentang kisah cinta antara psikiater dan penulis yang diperankan oleh Gong Hyo Jin (Ji Hae Soo) dan Jo In Sung (Jae Yeol). Tapi, kisah drama cinta mereka mengalami berbagai tantangan ketika keduanya diceritakan sama-sama mengalami gangguan mental.

Jae Yeol sendiri mengidap gangguan obsesif-kompulsif (OCD). Sedangkan, Ji Hae Soo mengalami trauma berat di masa kecilnya. Hal ini disebabkan karena dulu ia pernah menyaksikan perselingkuhan ibunya yang membuat ia sulit untuk menjalin hubungan saat dewasa.

Singkat cerita, mereka yang tinggal satu atap itu kemudian saling memiliki perasaan satu sama lain. Yang menariknya, diperlihatkan juga kedua pasangan ini saling menyembuhkan penyakit gangguan mentalnya seiring waktu berjalan.

4. You Are My Spring

You Are My Spring Drama Korea Trauma Healing
Sumber: otakuart.com

Terjebak di masa lalu memang gak mengenakan untuk kita, terutama ketika terjebak pada peristiwa traumatis. Nah, hal ini pula yang menjadi topik utama pada serial You Are My Spring.

Serial ini baru saja tayang pada Agustus tahun 2021 dengan dibintangi aktor ternama seperti Kang Da Jeong (Seo Hyun Jin) dan Ju Yeong Do (Kim Dong Wook).

Kisahnya dalam serial drama ini menceritakan tentang Ju Young Do yang telah mengalami trauma karena gak bisa nyelamatin kakaknya di masa lalu. Tapi, traumanya tersebut gak membuat ia menjadi patah semangat, malah ia semakin ingin bertekad untuk menyelamatkan orang lain yang ia sedang tangani.

Dilansir Soompi, oenulis naskah serial ini yaitu Lee Min Na mengatakan bahwa hadirnya drama korea ini berarti ada sesuatu hal yang hangat dan menyembuhkan di kala musim semi tiba, terutama bertujuan untuk menyembuhkan orang-orang yang memiliki trauma masa lalu. Ia juga mengharapkan dengan adanya film ini, lo bisa semakin menyadari tumbuh sebagai orang dewasa.

Maka dari itu, drama korea ini banyak mengandung pesan positif karena mampu memperlihatkan proses penyembuhan trauma atau trauma healing yang dapat lo pelajari ke depannya.

5. It’s Okay to Not Be Okay

It's Okay to Not Be Okay Drama Korea Trauma Healing
Sumber: ncatregister.com

Siapa sih, yang gak kenal Kim Soo Hyun? Itu lho, aktor yang pernah digadang-gadang memiliki bayaran termahal!

Nah kali ini, ia memainkan peran sebagai Moon Kang Tae (diperankan Kim Soo Hyun) dalam serial It's Okay to Not Be Okay. Sementara lawan mainnya adalah Ko Moon Young (Seo Ye Ji) yang juga sudah memiliki banyak jam terbang.

Pada episode awal, diceritakan trauma masa lalu yang telah dialami oleh masing-masing pemerannya. Salah satunya menceritakan kakak Kang Tae yang memiliki trauma dengan kupu-kupu. Hal ini terjadi karena ia masih mengingat peristiwa pembunuhan ibunya saat dulu yang mana pembunuhnya kebetulan memakai pin kupu-kupu.

Begitu pula Moon Kang Tae yang mengalami trauma juga hingga berdampak pada kondisinya saat ini. Tapi seiring waktu berjalan, ia semakin menyadari bahwa ia perlu bahagia dan mulai melakukan trauma healing dengan cara pelan-pelan menerima keadaan di masa silamnya.

Banyak pesan yang bisa diambil dalam serial It's Okay to Not Be Okay. Salah satunya dengan memberikan pesan bahwa jika lo ingin sembuh dari trauma yang sedang dialami, tentu prosesnya bertahap dan cukup memakan waktu yang lama. Terakhir, drakor ini juga drama ini memberikan pembelajaran cara untuk melatih mengendalikan emosi dan psikologis kita, Perseners!

Bagaimana Cara Kita Menyembuhkan Trauma?

Nah, setelah lo mengetahui kalau banyak banget drama korea yang mengangkat tema trauma healing, tentu belum lengkap kalau lo belum tahu cara menyembuhkan trauma yang dialami.

Menurut American Psychological Association, salah satu cara menyembuhkan trauma adalah dengan bersandar kepada orang yang lo percayai. Hal ini bisa ngebantu lo untuk saling mendiskusikan peristiwa traumatis yang sedang dialami.

Kalau lo merasa kurang mendapat jawaban dari orang terdekat lo, mungkin lo bisa memulai untuk menanyakan jawabannya kepada tenaga ahli profesional seperti psikolog.

Satu Persen punya solusinya! Lo bisa ikut konseling buat ngebahas lebih dalam tentang peristiwa traumatis yang lo sedang atau telah alami dengan psikolog dari Satu Persen yang bisa lo akses di bawah ini!

CTA-Blog-Post-06-1-13

Akhir kata, gue Fathur Rachman dari Satu Persen. Selamat menjalani #HidupSeutuhnya.

Referensi:

American Psychological Association. (2017). How to cope with traumatic stress. https://www.apa.org/topics/trauma/stress

Babbel, S. (2011). The Lingering Trauma of Child Abuse. Psychologytoday.Com. https://www.psychologytoday.com/intl/blog/somatic-psychology/201104/the-lingering-trauma-child-abuse

Hong, C. (2021). Seo Hyun Jin And Kim Dong Wook Share Why They Chose Their New Drama, Thoughts On “Rom-Com Queen” Title, And More. Soompi.Com. https://www.soompi.com/article/1478025wpp/seo-hyun-jin-and-kim-dong-wook-share-why-they-chose-their-new-drama-thoughts-on-rom-com-queen-title-and-more

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.