Susah Move On? Pahami Arti dan Cara Move On dari Gebetan

Hubungan
Restu Lestari Wulan Utami
27 Jan 2022
cara move on
Satu Persen - Cara Move On

Halo, Perseners!

Aku Restu, Part-time Blog Writer di Satu Persen. Apa kabar? Semoga sehat selalu ya.

Kamu lagi punya gebetan? Rasanya selalu bahagia dan semangat kalau ketemu gebetan, apalagi bisa menghabiskan waktu bersama, bener ngga?

Buat kamu yang memiliki suatu hubungan lebih dari sekadar teman, rasanya pasti membahagiakan. Namun, jika hubunganmu dengan doi ngga ada progress, dan hanya jalan di tempat aja, mungkin ini bikin  kamu merasa sedih dan kecewa.

Misalnya, ketika kamu udah terlanjur mengungkapkan perasaan tapi doi ngga memiliki perasaan yang sama buat kamu. Ngga bisa memiliki padahal setiap hari kamu ketemu doi. Setiap ada doi, akhirnya malah ingin menghindar.

Ngga bisa move on memang bikin galau. Ketika kamu memutuskan memulai hubungan baru pun kamu masih sering memikirkan gebetan. Tapi sebenarnya kamu bisa loh move on dari gebetan meskipun tetap ketemu doi setiap hari, Perseners. Langsung aja kepoin artikel ini sampai akhir ya!

Apa sih Arti Move On?

Arti move on bukan berarti melupakan.  Dalam hubungan percintaan, arti move on ialah menerima kenyataan bahwa hubungan kamu dan orang yang cinta ngga berakhir sesuai yang kamu inginkan sehingga kamu bangkit dari keterpurukan dengan pasangan di masa lalu. Dengan begitu, seseorang dapat melanjutkan hidup dengan baik tanpa terpaku kenangan masa lalu.

Artinya, kamu ngga perlu melupakan pasangan di masa lalu. Poin pentingnya adalah kamu bangkit dari keterpurukan atas kisahmu dan doi yang ngga bisa berakhir bersama. Sekarang udah paham ya arti move on itu apa.

apa arti move on
Cr: Awwmemes.com

Cara Move on Dari Gebetan

1.Jangan menyangkal perasaan

Selama ini, mungkin kamu kerap menyangkal bahwa kamu menyukai seseorang. Kamu takut cintamu ngga berbalas karena sosok yang kamu cintai ternyata udah menikah, punya pacar, teman dekat, rekan kerja, atau mungkin tetangga sebelah rumah? Kamu merasa bahwa sosok tersebut mustahil banget buat kamu miliki.

Jika kamu benar-benar ingin tahu cara move on, tahap pertama adalah dengan ngga menyangkal bahwa kamu memang menaruh perasaan pada sosok tersebut. Menyukai seseorang adalah hal normal.

Nah, kalo kamu juga penasaran terkait bahasa kasih sayang yang tepat sama pasangan, coba ikuti Tes Love Language ini. Semoga kamu bisa menemukan metode interaksi yang cocok buat kalian berdua, ya.

2.Lakukan kegiatan yang kamu suka

Proses move on ngga terjadi secara instan, ngga mudah, dan butuh waktu. Kamu ngga perlu buru-buru menghilangkan perasaanmu pada gebetan. Daripada kamu galau terus gara-gara cinta yang bertepuk sebelah tangan, akan lebih keren kalau kamu mengisi waktu luang dengan melakukan kegiatan yang kamu suka, Perseners. Do what you love!

Kegiatan yang kamu suka bisa meningkatkan rasa percaya diri dan rasa cinta kepada diri sendiri (self-love) serta memperbaiki mood. Kamu pun ngga perlu galau-galau lagi. Misalnya dengan bermain ke alam, datang ke bazaar, belajar masak, menjaga jam tidur supaya tetap teratur, atau melakukan yoga.

Kalau kamu memilih upgrade skill dengan mengikuti bootcamp, kelas online, ataupun workshop, justru lebih baik. Siapa tahu upgrade skill-mu justru akan membantu perjalanan kariermu di masa depan. Bermanfaat dan kamu pun akan semakin bangga pada dirimu sendiri.

lakukan kegiatan favorit
Cr: MEME
Baca juga: Move On: Proses yang Tidak Mudah tapi Pasti

3. Nilailah gebetan secara realistis

Ketika kamu menyukai gebetan, kamu akan memandangnya sebagai sosok yang ideal, idaman, dan penuh hal-hal baik. Apalagi jika kamu belum mengenal sosok tersebut dengan baik, kamu ngga akan melihat hal-hal buruk dari gebetanmu.

Namun, pada dasarnya setiap manusia pasti memiliki kekurangan, kok. Mungkin selama ini kamu ngga melihat kekurangannya karena terlalu fokus dengan hal-hal baik yang sangat kamu banggakan.

4. Jika merasa sulit, ceritakan.

Apabila kamu merasa susah menangani perasaanmu, kamu bisa bercerita kepada orang lain. Kalau kamu takut rahasiamu ngga akan aman , maka pilihlah seseorang yang benar-benar dapat kamu percaya.

Jika kamu telah menjalin hubungan baru, tapi kamu masih belum bisa move on, coba katakan sejujurnya kepada pasanganmu. Ceritakan bahwa kamu benar-benar ingin move on dan tidak bermaksud stuck dengan perasaanmu  untuk mantan gebetan Sebenarnya kamu udah berusaha keras menghilangkan perasaan suka pada mantan gebetanmu.

Jangan sampai pasanganmu salah paham karena kamu ngga memberi penjelasan apa-apa, yaaa.

5. Hindari stalk media sosial

Saat kamu memiliki gebetan, mungkin bawaannya pengen tau terus doi lagi ngapain. Padahal, kalau selalu melihat akun media sosial doi, kamu akan ingat terus sama doi sehingga makin susah move on deh:(

Kamu boleh loh melakukan unfollow pada akun media sosial doi. Kalau ngga mau unfollow, kamu bisa pakai fitur block supaya ngga bisa melihat update story atau feed-nya.

hindari stalk media sosial
Cr: Pinterest

6. Tanamkan pikiran bahwa kamu berharga

Kalau kamu berpikir bahwa kamu merasa  ngga berharga, ngga pantas buat dicintai karena cinta ke doi ngga berbalas, ingat-ingat lagi bahwa kamu berharga. Hormati dan sayangi dirimu. Kamu adalah orang pertama yang harus mencintai dan menghormati dirimu, sebelum orang lain yang melakukannya.

Buat kamu yang merasa dunia seakan udah berakhir karena cintamu bertepuk sebelah tangan, coba amati sekitarmu. Pasti ada hal-hal yang justru bisa kamu syukuri; teman yang baik, orang tua yang sabar, hewan peliharaan yang lucu, atau masih bisa makan sehari tiga kali.

Baca juga: Belum Jadian Udah Patah Hati: Cara Move On dari Mantan Gebetan

Proses move on memang ngga gampang tapi kamu pasti bisa melakukannya. Kalau masih belum bisa, coba tonton video YouTube Satu Persen ini, ya.

Penolakan gebetan mungkin membuat kamu merasa ngga berharga sehingga kamu memiliki negative self-talk. Jika kamu merasa kesepian sampai hopeless berkepanjangan, maka kamu wajib banget mencari bantuan ya, Perseners.

Khususnya, ketika masih merasa galau ngga bisa move on dan butuh masukan lainnya, aku sarankan kamu berkonsultasi dengan mentor. Kamu bisa memilih layanan Mentoring di Satu Persen. Para mentor bakal membantu kamu keluar dari masalahmu.

CTA-Blog-Mentoring-5-5

Aku Restu, pamit undur diri. Terima kasih udah membaca tulisanku. Semoga artikel ini membuat kamu berkembang setidaknya satu persen setiap hari.

Referensi:

Kellog, K. (2020, February 20). How to Get Over a Crush: 9 Helpful Tips for Moving On. https://www.teenvogue.com/story/how-to-get-over-a-crush

Raypole, C. (2020, January 01). How to Get Over a Crush — Even If You Have To See Them Every Day. https://www.healthline.com/health/how-to-get-over-a-crush

Schwartz, M. (2011, June 06). What Do We Mean by "Moving On"?. https://www.psychologytoday.com/intl/blog/shift-mind/201106/what-do-we-mean-moving

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.