Mengenal Zeigarnik Effect, Kebiasaan Mengingat Pekerjaan yang Belum Usai

Produktivitas
Anggreliani Utami
8 Feb 2022
mengenal zeigarnik effect
Satu Persen - Zeigarnik Effect

Pernah nggak sih saat ada tugas yang belum selesai, kamu jadi sulit tidur atau melakukan aktivitas lain? Rasanya kayak hidup kamu jadi nggak tenang karena terus-terusan kepikiran sama tugas ini.

Atau mungkin kamu pernah keinget terus sama drama Korea yang lagi kamu tonton? Setiap episodenya berakhir, mungkin kamu otomatis menyesali keputusanmu karena nonton sebelum serialnya tamat.

zeigarnik effect
Source: To Doist

Nah, apabila kamu mengalami salah satu dari dua contoh di atas, itu artinya kamu pernah merasakan apa yang dikenal dengan Zeigarnik Effect. Ini adalah kondisi dimana seseorang sulit untuk mengabaikan pekerjaan yang belum selesai.

Di blog kali ini, aku Anggi sebagai Part-time Blog Writer Satu Persen, akan membahas lebih dalam tentang definisi Zeigarnik effect hingga manfaatnya bagi produktivitas. Maka dari itu, simak terus ya ulasannya!

Apa itu Zeigarnik Effect?

Zeigarnik effect adalah kecenderungan seseorang untuk mengingat tugas yang belum tuntas dibandingkan yang sudah. Seperti yang disebutkan di atas, kamu mungkin akan lebih mengingat jalan cerita drakor yang belum tamat, PR yang belum selesai dikerjakan, atau mungkin materi UAS yang belum diuji. Nah, itu semua terjadi karena efek Zeigarnik.

Bluma Zeigarnik
Source: The Science of Psychotherapy

Efek ini pertama kali diteliti pada tahun 1920-an oleh seorang psikolog bernama Bluma Wulfovna Zeigarnik. Suatu hari, ia mengamati pelayan restoran yang mampu mengingat setiap detail pesanan pelanggan dengan baik. Namun, menariknya bahwa pelayan tersebut ternyata hanya bisa mengingat pesanan saat belum disajikan atau dibayar. Sebaliknya, ia akan langsung lupa ketika pesanan telah selesai.

Penyebab Munculnya Zeigarnik Effect

penyebab munculnya zeigarnik effect
Source:99 Memes

Dilansir Good Therapy, ketegangan kognitif akibat tugas yang belum selesai menyebabkan munculnya Zeigarnik effect. Ketegangan kognitif ini dapat meningkatkan keinginan otak untuk segera menyelesaikan pekerjaan yang telah dimulai. Demikian, saat tugas selesai, otak akan merasa lega dan menurunkan tegangan.

Salah satu penelitian yang dilakukan Bluma Zeigarnik menemukan bahwa gangguan selama proses pengerjaan tugas yang membutuhkan fokus sebenarnya dapat meningkatkan kemampuan seseorang dalam mengingat tugasnya setelah itu. Namun, berhasil atau tidaknya metode ini pada seseorang bergantung pada beberapa faktor seperti motivasi individu, tingkat kepercayaan diri, tingkat kelelahan, dan waktu interupsi yang dialami.

Baca Juga: Burnout: Ini Tanda-Tanda Kamu Mengalami Kelelahan Emosional

Manfaat Zeigarnik Effect terhadap Produktivitas

Pekerjaan yang belum selesai kadang memunculkan pikiran-pikiran mengganggu yang biasa kita kenal dengan pikiran intrusif. Tapi sebenarnya apabila disikapi dengan baik, Zeigarnik effect bisa bikin kamu jadi lebih produktif, lho.

Gimana caranya? Nah, berikut ini beberapa manfaat efek Zeigarnik untuk produktivitas:

1.Mengatasi Procrastination

Kamu seorang deadliner yang suka menunda pekerjaan? Jika iya, Zeigarnik effect bisa bantu kamu mengatasi kebiasaan menunda-nunda atau procrastination.

Walaupun cukup mengganggu, perasaan cemas dan nggak nyaman yang disebabkan oleh Zeigarnik effect dapat mendorong kamu untuk mulai mengerjakan tugas yang belum selesai hingga tuntas. Secara nggak langsung, ini bisa memberikan dampak positif dalam meningkatkan produktivitas kamu.

Coba Juga: Tes Tingkat Prokrastinasi: Stop Menunda Pekerjaan!

2. Membentuk Kebiasaan Belajar yang Efektif

membentuk kebiasaan belajar yang efektif
Source: Meme Generator

Siapa di sini yang kalau ada ujian pakai sistem kebut semalam? Kalo kamu salah satunya, mending segera ubah metode belajar ini, deh!  Menurut Zeigarnik effect, adanya interupsi atau gangguan saat mengerjakan tugas justru dapat membuat kita semakin mengingat tugas ini.

Dalam hal ini, alih-alih menjejali otak kamu dengan berbagai macam materi ujian dalam waktu semalam. Akan lebih baik jika kamu belajar secara bertahap. Atur jadwal belajar kamu dengan memasukkan waktu istirahat dimana kamu fokus mengerjakan hal lain di luar belajar.

Saat beristirahat, otak kamu akan berusaha mengingat materi-materi yang sebelumnya terganggu. Dengan begitu, ini akan semakin meningkatkan daya ingat kamu.

3. Menjaga Kesehatan Mental

Perasaan cemas dan pikiran intrusif yang ditimbulkan Zeigarnik effect emang mengganggu banget. Perasaan ini bisa bikin hidupmu seakan-akan nggak tenang selama ada tugas yang belum kelar.

Tapi sebenarnya kalau disiasati dengan baik, efek ini bisa memberikan manfaat yang positif bagi kesehatan mental, lho. Salah satunya bisa menimbulkan rasa puas dan percaya diri saat berhasil menyelesaikan suatu tugas. Terlebih, Zeigarnik effect juga bisa mencegah stres karena procrastination.

Baca Juga: Belajar Mengelola Stres Untuk Hidup Lebih Bahagia


Itulah beberapa hal positif dari Zeigarnik effect bagi produktivitas manusia. Apakah Zeigarnik effect memberikan kamu dampak negatif atau positif, ini tergantung dari cara kamu menanggapinya. Tapi apabila efek cemas dan takut yang disebabkan oleh Zeigarnik effect ini  membuat aktivitas sehari-hari kamu jadi nggak nyaman, sebaiknya segera konsultasikan dengan tenaga profesional.

Yuk Konsultasikan Masalahmu dengan Psikolog!

Nah,  kamu bisa coba konsultasi dengan para psikolog di Satu Persen. Dengan psikolog di Satu Persen, kamu bisa ceritakan masalah-masalah yang kamu hadapi, baik itu karena sulit untuk lebih produktif atau karena Zeigarnik effect ini. Nantinya, kamu juga akan mendapat berbagai macam tes seperti tes kesehatan mental, kepribadian, atau minat karier.

Untuk informasi lengkapnya kamu bisa klik gambar di bawah ini:

CTA-Blog-Post-06-1-16

Selain itu, kamu juga bisa coba tonton video YouTube Satu Persen di bawah ini untuk tahu cara lain supaya bisa hidup produktif dan sehat mental.

Nah, sekian dulu dari aku Anggi, Part-time Blog Writer di Satu Persen. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Sources:

Good Therapy. (2016). Zeigarnik Effect. Retrieved, 31 January 2022, from https://www.goodtherapy.org/blog/psychpedia/zeigarnik-effect

Nickerson, Charlotte. (2021). What Is the Zeigarnik Effect? Definition and Examples. Simply Psychology.  Retrieved, 31 January 2022, from https://www.simplypsychology.org/zeigarnik-effect.html

Psychologist World. (n, d). Retrieved, 31 January 2022, from https://www.psychologistworld.com/memory/zeigarnik-effect-interruptions-memory

Vinney, Cynthia. (2019). What Is the Zeigarnik Effect? Definition and Examples. Thought Co. Retrieved, 31 January 2022, from https://www.thoughtco.com/zeigarnik-effect-4771725

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.