Manfaat Journaling: Belajar Mengenal Diri Sendiri Lewat Tulisan

Pemahaman Diri
Audra Levana Adelia
30 Jan 2022
mengenal manfaat journaling
Satu Persen - Manfaat Journaling

“Orang yang paling mengerti diri kamu itu adalah dirimu sendiri.”

Perseners pasti udah gak asing lagi dengan kutipan di atas, kan? Kalau misalnya kamu sedang bingung akan pilihanmu, pasti gak jarang orang-orang akan bilang hal yang sama ke kamu.

Hal ini karena pada dasarnya, yang paling paham dan mengenal diri sendiri bukanlah orang lain. Bukan teman atau pacar apalagi strangers yang cuman tahu kita lewat cerita-cerita orang aja, melainkan diri kita sendiri.

Namun, kenyataannya gak semudah itu.

Dalam hal mengerti dan mengenal diri sendiri, ternyata bukan hal yang gampang. Sebenarnya, kamu perlu banyak effort dan cara yang tepat untuk melakukannya.

Perjalanan setiap orang untuk mengenal diri sendiri itu berbeda-beda, baik dari segi waktu maupun cara yang digunakan. Dan gak jarang, harus berganti-ganti cara sampai mereka menemukan cara yang tepat untuk diri mereka.

Baca juga: Sudahkah Aku Mengenal Diriku Sendiri?

Salah satu cara yang digunakan oleh banyak orang adalah menulis tentang seluruh perasaan dan pikiran atau dikenal dengan istilah journaling.

journaling
Cr. makeameme

Selain itu, orang yang melakukan journaling biasanya menuliskan segala sesuatu tentang diri dan kehidupannya sehari-hari dalam sebuah buku khusus.

Walaupun sekilas terlihat sama, diari dan journaling memiliki perbedaan loh.

Isi dari diari hanya berfokus pada kejadian sehari-hari yang dialami seseorang aja, sedangkan journaling berisi tentang kejadian yang dialami, hal yang sedang dirasakan, ide-ide dan masih banyak lagi sesuai dengan kebutuhan.

Dengan cakupan isi yang lebih luas, kamu bisa sesuaikan manfaat journaling dengan keinginan dan kebutuhan diri. Makanya, menulis jurnal bisa jadi pilihan tepat untuk kamu yang ingin mengenal diri kamu lebih dalam loh.

Tapi pasti kamu mungkin akan bertanya-tanya, sebenarnya apa itu journaling dan apa aja sih manfaat journaling? Dan bagaimana cara memulai menulis jurnal untuk belajar mengenal diri sendiri lebih baik?

Di sini, aku, Audra, Part-time Blog Writer Satu Persen bakal menjelaskan kepada kamu lebih dalam tentang pengertian dan manfaat journaling, agar kamu lebih mengerti lebih dalam untuk memulai melakukannya.

Let’s check it out!

Apa itu Journaling?

apa itu journaling
Cr. pixabay

Gampangnya, pengertian journaling adalah kegiatan menuliskan segala pemikiran dan perasaan seseorang dalam sebuah catatan khusus yang disebut sebagai jurnal.

Dalam jurnal, kamu bisa menuliskan apapun yang kamu alami, pikirkan dan rasakan sesuka hati kamu tanpa perlu peduli apa yang orang lain pikirkan.

Kamu bisa secara bebas berkreasi ingin menuliskan apa, bahkan sangat mungkin kamu menuliskan goals serta rencana hidup maupun karir kamu di masa depan dalam jurnal tersebut.

Maka dari itu, gak heran menulis jurnal bisa jadi media yang tepat untuk mengenal diri kamu sendiri. Hal ini karena isi dari jurnal itu sendiri adalah segala sesuatu tentang kamu dan hal-hal yang berhubungan dengan kamu.

Walaupun secara umum biasanya dilakukan dengan cara menuliskan dalam sebuah buku, tapi kamu juga bisa menuliskannya secara digital loh. Baik itu lewat handphone, laptop maupun komputer.

Selain itu, menulis jurnal gak harus selalu berisi runtunan kata-kata aja. Kamu bisa menggambar dan mewarnai isinya sesuai keinginan apabila kamu ingin jurnal kamu jauh lebih berwarna gak membosankan.

Salah satu metode yang terkenal dalam menulis jurnal adalah bullet journaling atau disebut juga ‘bujo’, yaitu jurnal yang isinya jadwal kegiatan sehari-hari. Namun, juga bisa kamu pakai untuk tracking kebiasaan yang sedang kamu latih.

Manfaat Journaling

Gak hanya sebagai media untuk mengenal diri kamu sendiri, terdapat beragam manfaat journaling yang akan kamu dapatkan kalau kamu rutin melakukannya loh.

manfaat journaling
Cr. Freepik

1.Mengurangi kecemasan

Dilansir oleh WebMD, sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang mencurahkan perasaannya melalui tulisan mengalami peningkatan kebahagiaan dan cenderung merasa depresinya berkurang.

Di sinilah salah satu manfaat journaling yang berguna, yakni kamu bisa mengeluarkan segala yang kamu pikirkan. Beban yang kamu rasakan sudah tercurahkan dalam sebuah tulisan, sehingga rasa cemas menjadi berkurang.

2. Meningkatkan self-awareness

self-awareness
Cr. makeameme

Secara singkat, self-awareness mengenal diri sendiri adalah pemahaman diri kamu tentang diri sendiri. Kamu jadi lebih paham tentang bagaimana melihat diri kamu yang sebenarnya.

Manfaat journaling selanjutnya akan mengajarkan kamu secara perlahan untuk mulai menyadari hal-hal tentang diri sendiri yang mungkin belum pernah kamu perhatikan sebelumnya.

Baca juga: Self Awareness: Mengatasi Rasa Tertinggal dari Orang Lain

3. Mengelola hidup lebih terstruktur

Dalam menulis jurnal, pada dasarnya memang tidak memiliki struktur tertentu secara pasti, tapi manfaat journaling ini bisa membuat hidup kamu jadi lebih rapi dan teratur loh.

Dari mulai hal yang kamu rasakan dan pikirkan hingga jadwal-jadwal penting ada di dalam jurnal kamu. Jadi, kamu gak bakal mudah lupa dan kesulitan mengatur hal-hal lainya.

Tips Memulai Journaling

1.Biasakan untuk menulis setiap hari

Menulis jurnal pada dasarnya emang gak semudah itu, terutama buat kamu yang memang sebelumnya gak terbiasa untuk menulis.

Nah, agar journaling kamu bisa berjalan secara konsisten, kamu wajib banget untuk coba mulai menulis setidaknya sekali setiap harinya. Dengan menerapkan tips journaling ini, kamu akan terbiasa untuk menulis jurnal dengan rutin.

Untuk memudahkan kamu membiasakan diri, kamu bisa mulai dengan buat jadwal journaling setiap hari dan setting alarm agar kamu gak lupa untuk menulis jurnal.

tips memulai journaling
Cr. pinterest

2. Hias jurnal sesuka hati

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kamu bisa kreasikan jurnal kamu sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kamu, begitu pun juga untuk menghiaskan.

Sesuatu yang dihias secara menarik cenderung akan membuat kita lebih tertarik dan penasaran, sama halnya dengan jurnal.

Apabila kamu menghias jurnal dengan hiasan-hiasan kesukaanmu, dijamin pasti kamu akan lebih senang dan rajin untuk melakukan journaling.

journaling
Cr. Canon Georgia

3. Nikmati proses journaling

Menulis jurnal memang gak mudah, karena perlu adaptasi yang panjang. Ditambah kamu juga perlu komitmen yang penuh untuk melakukannya.

Menulis jurnal adalah sebuah proses memahami dan mengenal diri sendiri dan prosesnya gak akan instan. Makanya, kamu perlu menikmati proses journaling hingga akhir.

Kalau kamu enjoy selama menjalani prosesnya, sesulit apapun itu pasti kamu bisa melawan dan melakukannya dengan baik.

Tips-tips journaling di atas memang terlihat gampang untuk dilakukan, tapi untuk menerapkannya pasti gak segampang itu.

Coba deh ikutan layanan mentoring dari Satu Persen, kamu akan dibimbing langsung untuk memahami manfaat journaling lebih dalam sekaligus menerapkan tips-tipsnya oleh seorang mentor berpengalaman. Langsung aja klik banner di bawah ini, ya!

CTA-Blog-Mentoring-5-5

Kamu juga bisa mencoba tes konsultasi dulu supaya semakin yakin apakah mentoring adalah layanan yang tepat untuk kamu. Buat referensi tambahan, kamu bisa banget nonton video YouTube Satu Persen di bawah ini:

Akhir kata, sekian dari aku. Semoga artikel tentang manfaat journaling untuk mengenal diri sendiri ini bisa bermanfaat dan bisa membantu kamu agar bisa menjalani #HidupSeutuhnya.

Sampai jumpa di tulisanku selanjutnya!

Referensi:

Brennan, D. (2021). Mental Health Benefits of Journaling. Retrieved on January 17, 2022 from How Journaling Can Help Ease Anxiety and Encourage Healing (webmd.com)

Feldman, D. B. (2020). The Power of Journaling. Retrieved on January 17, 2022 from The Power of Journaling | Psychology Today

Holloway, S. (2021). Diary vs. Journal: What's the Difference?. Retrieved on January 17, 2022 from Diary vs. Journal: What's the Difference? - FeltMagnet

Jennifer. (2021). 11 LIFE-CHANGING JOURNALING TIPS FOR BEGINNERS. Retrieved on January 18, 2020 from 11 Life-Changing Journaling Tips For Beginners - Simply + Fiercely

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.