Pengertian Love Language Quality Time: Gak Cuma Habisin Waktu Berdua?

Hubungan
Afifah Iftah Nurul Isnaini
6 Jan 2022
Satu Persen - Pengertian Love Language Quality Time

Halo, Perseners! Balik lagi sama aku, Fifi, Part-time Blog Writer Satu Persen.

Bahasan soal cinta emang selalu jadi topik yang menyenangkan. Entah bagi yang udah punya pasangan ataupun yang masih dalam proses pencarian. Kali ini aku mau bahas soal cinta, spesifiknya bahasan soal salah satu tipe love language, yaitu quality time (waktu yang berkualitas).

Nah, mungkin kalian udah tau apa itu love language. Singkatnya sih, love language adalah cara kamu buat mengungkapkan perasaan sayang ke pasangan atau orang terdekat. Dan salah satu dari tipe love language ini adalah quality time. Kalo masih ada yang berpikir: "Lah, punya waktu yang berkualitas bareng pasangan bukannya emang penting buat siapa aja?”

Iya, bener. Punya waktu yang berkualitas bareng pasangan emang penting dilakukan buat menumbuhkan rasa cinta dan kualitas hubungan. Mereka yang punya bahasa cinta words of affirmation (kata-kata penegasan), physical touch (sentuhan), receiving gifts (menerima hadiah), atau acts of service (tindakan melayani) tentu perlu juga buat punya waktu yang berkualitas bareng pasangan. Lalu, apa bedanya menghabiskan waktu yang berkualitas antara pasangan tipe ini dengan pasangan tipe lain?

Aku bakal bantu jelasin lewat artikel ini. Jadi, simak sampai akhir, ya!

Cr. Pixabay.com
Baca juga: 5 Bahasa Cinta: Mengenal Arti Love Language Dan Cara Mengetahuinya

Mengenal Quality Time dalam Love Language

Quality time adalah cara mengekspresikan perasaan sayang kepada pasangan dengan menghabiskan waktu bersama mereka. Bagi seseorang yang memiliki bahasa cinta ini, menghabiskan waktu yang dimaksud bukan hanya sekadar duduk berdua dalam satu ruang yang sama. Tapi, menghabiskan waktu dilakukan tanpa gangguan dengan dunia luar dan terfokus pada pasangan.

Bagi mereka yang punya bahasa cinta ini, kehadiran pasangan lebih penting daripada kata cinta yang dikirim lewat WA atau hadiah lainnya. Kalo kamu juga merasakan hal yang sama, kemungkinan kamu punya bahasa cinta quality time. Berikut tanda kalo kamu punya bahasa cinta quality time:

- Kamu merasa kesepian kalau tidak ada waktu dengan pasangan

- Punya waktu berdua menurutmu jauh lebih penting daripada kata-kata, hadiah, atau lainnya

- Kencan atau pertemuan yang batal membuat kamu kesal

- Kamu bisa marah atau merasa hubunganmu sudah berubah ketika pasanganmu tidak ada waktu bertemu

- Kamu benar-benar membuat jadwal yang jelas antara waktu bekerja dengan waktu buat pasanganmu

- Distraksi atau gangguan yang terjadi selama bareng pasanganmu bisa membuat kamu marah.

Cara memberitahu pasangan kalo kita mencintai mereka bisa dilakukan dengan berbagai hal. Gak hanya lewat kata-kata, hadiah, atau sentuhan. Kamu juga bisa menunjukkan rasa cinta dengan melakukan quality time.

Tapi, menghabiskan waktu bersama aja gak cukup buat nunjukin seberapa besar cintamu. Kamu harus memberikan kesan ke pasangan bahwa kamu menikmati waktu bareng mereka dan buat mereka merasa berharga.

Baca juga: Love Language: Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Physical Touch

Cara Mengungkapkan Cinta Melalui Quality Time

1. Waktu berkualitas setiap harinya

cara mengungkapkan cinta melalui love language quality time
Cr. Pinterest.com

Membiasakan buat memulai dan menutup hari dengan melakukan kegiatan bareng pasangan bisa bikin hubungan makin erat. Sesederhana minum kopi atau sarapan pagi bisa kamu manfaatkan buat saling berbagi cerita. Ketika malam hari, kamu bisa memanfaatkan waktu sebelum tidur buat mengobrol.

Intinya, kamu bisa fokus pada kualitas komunikasi, bukan pada kuantitas. Meski waktu yang singkat, tapi ini bisa membuat hubunganmu dan pasangan semakin erat. Mungkin ada waktu-waktu tertentu di mana kamu gak bisa melakukan rutinitas ini. Tapi, penting buat bisa meluangkan waktu bersama dalam sehari, apalagi kalo kamu atau pasanganmu punya bahasa cinta yang sama.

2.  Buat kontak mata

Ada yang dibilang kalo: “Mata itu gak bisa bohong.” Pernyataan ini emang bener. Ketika kamu gak tertarik dengan pembicaraan seseorang dan punya banyak pikiran, kamu akan sulit buat membuat kontak mata. Kamu mungkin akan mencoba curi-curi pandang dengan sekelilingmu buat mencari sesuatu yang lebih menarik.

Begitu juga saat kamu sedang menghabiskan waktu bareng pasanganmu. Kontak mata yang kamu buat bisa menimbulkan perasaan bahagia dan membuat pasanganmu merasa diperhatikan. Buat seseorang yang punya tipe bahasa cinta ini, sekadar dipandang pas lagi cerita aja udah bisa bikin hati berbunga-bunga.

3.  Menerapkan active listening

love language quality time
Cr. istockphoto

Active listening merupakan salah satu bentuk cinta yang bisa kamu lakukan buat pasangan dengan tipe quality time. Tapi, kemampuan ini bukan sesuatu yang mudah buat dilakukan. Adakalanya kita tanpa sadar justru memikirkan pendapat versi kita sendiri tentang cerita yang kita dengar. Padahal, seringkali orang yang sedang bercerita hanya butuh dipahami dan empati, tanpa menuntut perubahan atas situasi yang mereka alami.

Kalo kamu masih bingung tentang cara melakukan active listening, berikut ini mungkin bisa kamu terapkan:

- Fokus pada cerita yang kamu dengar

- Tegaskan kembali cerita dari pasanganmu (ini buat menunjukkan bahwa kamu memahami cerita mereka)

- Bayangkan kalau kamu ada di situasi yang sama

- Kalo pasanganmu gak minta kamu kasih saran, artinya kamu cukup mendengarkan

4.  Batasi kemungkinan sistraksi

Siapa sih, yang gak sebel kalo lagi curhat malah ditinggal main ponsel? Apalagi kalo responnya cuma, “Iya," "Terus?" dan "Oh,” aja?

Bagi seseorang yang punya bahasa cinta qaulity time, perilaku tersebut bisa benar-benar menyakiti perasaan mereka. Mungkin, kamu melakukan ini tanpa sengaja atau karena ada hal yang penting, tapi bagi pasanganmu ini masalah yang serius.

Karenanya, buat mengantisipasi kejadian ini, kamu sebaiknya menjauhkan ponsel ketika lagi bareng pasanganmu.

5.  Buat rencana quality time bersama

Buat rencana bareng pasangan bisa jadi hal yang seru. Walaupun sekadar jogging berdua, makan di luar, atau nonton film. Buat mengantisipasi konflik internal, usahakan buat selalu menepati agenda yang direncanakan.

Nah, ternyata emang buat mereka yang punya bahasa cinta ini, kehadiran pasangan itu penting banget. Lebih dari sekadar kata-kata cinta, hadiah, sentuhan, atau tindakan-tindakan lain. Perseners, udah tau kan gimana cara nunjukin cinta lewat quality time?

Buat tahu bahasa cinta kita atau pasangan itu penting, lho. Tentunya, supaya rasa cinta kita bisa tersampaikan ke pasangan kita. Kalo kamu ngerasa bingung buat nentuin bahasa cintamu, Satu Persen ada solusinya. Satu Persen menyediakan Tes Love Language supaya kamu bisa tau bahasa cintamu. Dan kamu gak perlu khawatir, karena tes online ini pakai Bahasa Indonesia yang mudah buat dipahami dan tentunya gratis.

Klik DI SINI buat cobain tesnya, ya!

Selain itu, kalo kamu merasa kesusahan buat menunjukkan rasa cintamu terhadap pasangan. Kamu bisa juga coba berkonsultasi dengan mentor Satu Persen melalui layanan mentoring. Nantinya, mentor berpengalaman bakalan membantumu menemukan bahasa cinta yang tepat buatmu dan mengekspresikannya. Klik banner di bawah buat cari tau informasi lebih lanjut tentang layanannya, ya!

Mentoring-5

Oke, sekian dulu ya konten dari aku. Kalau kamu mau tau lebih banyak tentang love language, kamu bisa coba tonton video dari YouTube Satu Persen di bawah ini, ya!

YouTube Satu Persen - Mengenal Bahasa Cinta

Aku, Fifi, pamit undur diri dan selamat menjalani #HidupSeutuhnya!

Referensi:

Gordon, S. (2020). How the Quality Time Love Language Impacts Your Relationship. Verywellmind. https://www.verywellmind.com/quality-time-love-language-4783540

Regan, S. (2020). What It Means To Have Quality Time As A Love Language + How To Show Love This Way. Mindbodygreen. https://www.mindbodygreen.com/articles/quality-time-as-love-language-meaning-tk-dating-tips

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.