Kakeibo: Seni Mengatur Keuangan Ala Orang Jepang

Keuangan
Tiffani Amalia
3 Feb 2022
kakeibo - seni mengatur keuangan ala orang Jepang
Satu Persen - Kakeibo: Seni Mengatur Keuangan


Halo Perseners! Aku Tiffani, Part-time Blog Writer di Satu Persen.

Perseners, kalian pernah gak ngalamin kebingungan ke mana larinya saldo rekening kalian? Isi e-wallet dua hari lalu, tapi hari ini udah abis ga tau ke mana. Kamu ga sadar udah check out baju baru di e-commerce, beli kopi kekinian tiap hari, dan jajan cemilan berdalih self-reward.

Kemajuan teknologi memudahkan kita dalam bertransaksi. Kita jadi sering gak mindful akan pengeluaran yang kita lakukan nih, Perseners. Kemudahan transaksi menggunakan mobile banking dan e-wallet memudahkan kita untuk memesan dan mendapatkan barang.

Kalau kamu punya keinginan untuk bisa lebih hemat dan bijak dalam mengelola keuangan, selamat kamu mampir di halaman yang tepat! Kali ini aku akan membahas tentang metode mengatur keuangan dari Jepang yang disebut dengan Kakeibo. Yuk, cari tahu selengkapnya!

Apa itu Kakeibo?

apa itu kakeibo
Source: monstera from Pexels

Metode Kakeibo dikenalkan pertama kali oleh seorang jurnalis Jepang bernama Hani Motoko pada tahun 1904 di majalah perempuan. Lalu di tahun 2018, seorang penulis bernama Fumiko Chiba mempopulerkan metode ini dalam buku ‘Kakeibo: The Art of Saving Money’.  Kakeibo sendiri secara harfiah artinya “buku kas rumah tangga”. Sederhananya, Kakeibo adalah metode untuk mengatur keuangan dengan menuliskan semua transaksi yang dilakukan.

Kakeibo juga menjadi filosofi orang Jepang dalam menabung dan mengatur keuangan. Prinsip utama Kakeibo adalah mindful dalam menggunakan uang. Kakeibo sendiri mencerminkan keyakinan budaya Jepang akan pentingnya menabung. Oleh sebab itu, sejak kecil anak-anak sudah diajarkan untuk menabung.

Manfaat Kakeibo

manfaat kakeibo
Source: MemeZila

Emang apa sih manfaatnya metode Kakeibo? Sebelum kita cari tau gimana metode Kakeibo lebih detil, berikut aku rangkum alasan kenapa kamu perlu menggunakan metode ini.

1.Lebih teratur

Kakeibo membuat kamu lebih teratur karena metode ini mencatat serta memantau keuangan kamu secara teratur sehingga lebih sistematis dan memudahkan untuk dibaca.

2. Mengontrol keuangan

Metode ini memungkinkan kamu untuk mengontrol pengeluaran kamu dan mengelompokkannya berdasarkan kepentingan.

3. Menabung lebih efektif

Kamu bisa lebih banyak menabung karena Kakeibo membantu kamu mengidentifikasi pengeluaran yang tidak perlu dilakukan.

4. Lebih disiplin

Kamu bisa lebih disiplin dan stick ke budget yang sudah ditentukan.

5. Merasa lebih aman dan percaya diri

Kakeibo memungkinkan kamu melacak setiap pengeluaran sehingga  kamu merasa  lebih aman dan gak was-was uangmu lari ke mana.

Bagaimana Cara Menggunakan Kakeibo?

cara menggunakan kakeibo
Source: Memes

Lalu bagaimana cara mengatur keuangan ala Kakeibo?

1.Siapkan catatan untuk pembukuan

Kakeibo selalu menggunakan buku catatan fisik dan pulpen untuk melakukan pembukuan. Kamu bisa menggunakan jurnal atau catatan kecil. Namun, sebetulnya prinsip ini juga bisa diterapkan menggunakan spreadsheet di laptop kamu. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi pengatur keuangan di handphone-mu.

2. Kategorikan pengeluaranmu

Kakeibo memungkinkan kita untuk mencatat dan membagi pengeluaran  ke dalam 4 kategori, yaitu: kebutuhan, keinginan, hiburan, dan biaya tak  terduga.

  • Pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan yang penting seperti bahan makanan, kebutuhan rumah tangga, tagihan listrik dan telepon, biaya pendidikan, serta  ongkos transportasi.
  • Pengeluaran opsional termasuk belanja, membeli hadiah, membeli makeup, dan lain-lain.
  • Pengeluaran untuk hiburan di antaranya berlangganan streaming film, tiket konser, atau membeli komik.
  • Pengeluaran tambahan dan biaya tak terduga. Misalnya, biaya rumah sakit, membeli gadget baru, atau membeli perlengkapan rumah.

3. Tentukan budget bulananmu

Tuliskan pemasukan dan pengeluaran tetap kamu di setiap awal bulan. Jangan tuliskan pemasukan yang tidak tentu seperti hadiah dari pacar atau bonus dari kantor. Kamu harus memastikan bahwa total pengeluaranmu tidak boleh melebihi  pemasukan. Kamu harus menentukan anggaran untuk setiap kategori pengeluaran.

Buatlah tabel yang terdiri dari tiga kolom berisi tanggal, pos pemasukan/ pengeluaran, dan nominalnya. Kamu bisa membuat masing-masing satu tabel untuk pemasukan dan satu tabel untuk pengeluaran. Setelah itu, kamu bisa menjumlahkan nominalnya di akhir baris.

Contohnya, pemasukan tetapmu setiap bulan dari orang tua sebesar 3 juta. Lalu kamu juga mendapatkan gaji part-time sebagai barista sebesar 500.000. Maka total pemasukan tetap kamu adalah 3,5 juta.

Sementara,  pengeluaran tetap kamu untuk membayar sewa kos 1 juta dan biaya makan sehari-sehari selama sebulan adalah 1,5 juta, serta  biaya transportasi 500.000. Oleh karena itu, anggaran pengeluaranmu adalah 3 juta/bulan. Kamu bisa membuat contoh tabel budgeting seperti tabel di bawah ini ya.

contoh tabel kakeibo
Source: Kakeibo: The Japanese Art of Mindful Spending via Amazon

4. Tentukan tujuanmu

Metode Kakeibo juga membantu mencapai tujuan keuanganmu. Apakah keuanganmu bisa ditabung  demi membeli gadget baru, menyiapkan dana darurat atau menyiapkan biaya S2 kamu? Buat tujuan spesifik dan sertakan pula nominal yang ingin dicapai. Tidak direkomendasikan untuk membuat tujuan yang general seperti ingin foya-foya tapi tetap kaya~~

Lalu, kamu bisa menuliskan  solusi yang bisa  dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Misalnya, mengurangi beli kopi di cafe atau mengurangi check out  flash sale di e-commerce.. Tips dariku, buatlah beberapa pos keuangan, misalnya memiliki 3 rekening tabungan untuk menerima pendapatan , mengambil uang cash, dan belanja online.

tujuan keuangan jangka pendek dan jangka panjang
Source: Kakeibo: The Japanese Art of Mindful Spending via Amazon

Kalau kamu berencana menabung, kamu bisa menentukan perkiraan jumlah tabungan dengan mengurangi pemasukan dan pengeluaran tetap. Seperti contoh di atas, kamu bisa menabung 500 ribu setiap bulan. Saranku, setelah kamu mendapatkan pemasukan, segera tabung uangmu terlebih dahulu ke pos tabungan. Hal ini lebih efektif dibandingkan dengan  menyisihkan uang di akhir bulan.

Baca juga: Gaya Hidup Konsumtif: Gimana Sih Cara Biar Gak Boros?

5. Lacak pengeluaran mingguan

Ini adalah komponen Kakeibo yang penting, yaitu melacak pengeluaran mingguan. Hal ini bertujuan agar pengeluaranmu sesuai dengan anggaran yang ditetapkan.

Selain itu, kamu juga bisa merefleksikan alasan melakukan transaksi tertentu. Jangan-jangan kamu membeli sesuatu cuma karena FOMO (Fear of Missing Out) atau takut ketinggalan tren.

Baca juga: Cara Mengatasi FOMO atau Fear of Missing Out, Kenali Penyebab FOMO

Setiap malam kamu bisa mencatat semua pengeluaran. Tips dari Kakeibo, yaitu simpanlah nota dan struk belanjamu agar bisa dicek di lain waktu. Kalau kamu tidak bisa melakukan pencatatan ini setiap hari, cukup lakukan seminggu dua kali atau minimal seminggu sekali. Kamu bisa menggunakan tabel seperti contoh di bawah ya.

lacak pengeluaran mingguan
Source: Kakebo: The Japanese Art of Mindful Spending via Amazon

Gimana Perseners, apakah kamu tertarik mencoba metode Kakeibo?

Mungkin metode ini rumit karena mengharuskan kamu untuk tetap konsisten dalam mengelola uang. Tapi percaya deh, ke depannya hal ini akan memudahkan hidupmu. Kamu jadi bisa lebih mindful akan setiap transaksi yang dilakukan dan gak bingung ke mana larinya uangmu. Kalau kamu ingin belajar gimana untuk konsisten dalam melakukan suatu hal, kamu juga bisa tonton video Satu Persen berikut ini.

Metode Kakeibo memungkinkan kamu untuk mencapai tujuan finansialmu, Perseners. Namun, setiap tujuan pasti memerlukan aksi agar tujuan tersebut bisa tercapai. Kalau kamu ingin tahu seberapa termotivasi kamu dalam mencapai tujuan, kamu bisa coba Tes Motivasi Satu Persen.

Kalau saat ini kamu merasa diri sendiri suka belanja secara berlebih yang bersifat merugikan, coba konsultasikan pada tenaga profesional. Kamu dapat mencoba mengetahui penyebabmu berperilaku seperti itu dan bagaimana mengatasinya melalui Konseling dengan psikolog Satu Persen. Klik banner di bawah ini untuk informasi selengkapnya ya!

CTA-Blog-Post-06-1-16

Baik, sekian tulisanku kali ini. Semoga Perseners dapat menerapkan metode Kakeibo di atas untuk mencapai tujuan finansialmu. Aku doakan Perseners juga bisa konsisten menjalankannya agar bisa lebih sejahtera dan bisa #HidupSeutuhnya.

Sampai bertemu di artikel selanjutnya!

Referensi:

Bergen, A (2021). Kakeibo: The Japanese Budget Method Explained. Retrieved January 24th from https://www.moneyunder30.com/kakeibo-the-japanese-budget-method-explained

Danford, N. (2018). Kakeibo: The Japanese Art of Mindful Spending. Harper Collins Publisher.

Motoko, H. (2017). Kakeibo: The Japanese Art of Saving Money: Discover the Path to Balance and Calm. Short Books Ltd.

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.