Stres Ganggu Kesehatan Fisikmu? Hubungan Stres dan Kesehatan Fisik

Kesehatan Mental
Gabriel Luciana
9 Nov 2021
stres ganggu kesehatan fisik
Satu Persen - Stres Ganggu Kesehatan Fisikmu?

Kamu lagi ngerasa stres?

Perseners, coba deh, ambil waktu lima menit aja buat mikir apa yang sedang kamu alami dan rasain selama sebulan terakhir ini. Apa akhir-akhir ini kamu sering ngerasa kesal atau marah? Apa kamu ngerasa kesulitan dalam menghadapi masalah dan ngga bisa mengatasinya? Apa kamu lagi ngerasa tertekan belakangan ini?

Mungkin kamu lagi banyak kerjaan, dikejar-kejar deadline, mesti ngerjain PR yang soalnya ngalah-ngalahin olimpiade susahnya, lagi patah hati, ada masalah keluarga, atau masalah keuangan. Masalah itu bikin kamu jadi ngalamin yang namanya stres.

Nah, Perseners, pernah ngga sih kamu jadi sakit perut atau pusing saat lagi ngerasa stres? Misalnya kamu ngerasa panik dan stres sampai mules pas kamu lagi mau presentasi di depan kelas? Ternyata stres yang berlebihan bisa bikin kesehatan fisikmu juga ikut terganggu.

Lho, kok bisa? Apa hubungannya?

Di artikel kali ini, aku bakal bahas hubungan stres dan kesehatan fisikmu! So, baca sampai habis ya artikel ini biar bisa tau juga cara mengatasi stres.

Tapi sebelum masuk ke isi artikel, kenalin, aku Gaby, Part-time Blog Writer Satu Persen.

Apa Itu Stres?

Stres adalah bentuk respons tubuh kita terhadap tekanan baik mental maupun emosional. Tekanan disebabkan oleh situasi atau kejadian yang berubah, berbeda, atau baru, dan gak terduga sehingga membuat kita merasa terancam dan kehilangan kendali atas situasi yang dialami.

Sebenarnya stres bisa berdampak positif dan berguna buat kita. Stres bisa bikin kita lebih aware atau peka sama hal yang terjadi di sekitar kita. Jadi, kita bisa lebih waspada dan fokus.

Misalnya rasa stres pas mau sidang skripsi bisa bikin kita jadi lebih fokus dan serius buat mempersiapkan bahan. Biar apa? Biar pas sidang nanti kita jadi lebih siap dan lebih menguasai bahan.

Terlalu banyak stres malah bisa menyebabkan efek negatif. Normalnya, hormon stres kita bakal balik dengan cepat kalau peristiwa yang bikin kita stres udah selesai. Tapi, rasa stres yang berlebihan bisa bikin kita jadi kewalahan dan gak mampu mengatasinya. Stres berkepanjangan juga bisa memengaruhi kesehatan fisik dan mental kita.

stress meme
cr: make a meme

Hubungan Stres dan Kesehatan Fisik

Stres berat yang berkepanjangan udah masuk pada stres kronis. Stres ini bisa menimbulkan beberapa efek ke tubuh. Bahkan penelitian menunjukkan kalau stres juga bisa menyebabkan atau memperburuk gejala atau penyakit tertentu dan mengganggu sistem tubuh kita.

Nah, di bagian ini aku bakal coba bahas tentang sistem tubuh apa aja yang terkena dampak dari stres.

1. Sistem saraf pusat dan endokrin

Sistem saraf pusat punya tanggung jawab buat ngerespons stres kamu. Di otak kamu ada yang namanya hipotalamus. Nah, hipotalamus ini bakal ngasih tau kelenjar adrenal (kelenjar yang berfungsi buat ngelepas hormon) buat melepaskan hormon stres adrenalin dan kortisol.

Hormon-hormon ini yang bikin detak jantung kamu jadi meningkat dan mengirim darah biar mengalir deras ke area yang membutuhkan. Misalnya otot, jantung, dan organ penting lainnya. Jadi, itu sebabnya kalau kamu lagi stres biasanya kamu jadi deg-degan.

2. Sistem pernapasan dan kardiovaskular

Perseners, tau ngga sih kalau hormon stres memengaruhi sistem pernapasan kamu? Jadi, selama kamu ngerasa stres, kamu bakal bernapas lebih cepat. Ini dilakukan biar darah yang kaya akan oksigen bisa menyebar ke seluruh tubuhmu dengan cepat. Hal ini bikin kamu yang punya masalah pernapasan seperti asma jadi makin susah buat bernapas.

Terus, kalau kamu lagi stres, jantung juga bakal memompa lebih cepat. Akibatnya, stres kronis bisa buat jantung kamu bekerja terlalu keras dan lama. Nah, selain itu hormon stres juga bisa bikin pembuluh darah menyempit dan oksigen jadi lebih banyak teralihkan ke otot.

Ini bikin tekanan darah kamu meningkat. Saat tekanan darah kamu meningkat, risiko untuk mengalami stroke dan serangan jantung juga ikut meningkat.

3. Sistem pencernaan

Ketika lagi stres, Perseners pernah ngga sih ngerasa sakit perut, mual, pengen muntah, dan diare atau sembelit? Efek dari terlalu banyak hormon yang dilepaskan, pernapasan cepat, peningkatan detak jantung juga bisa mengganggu sistem pencernaan kamu. Kamu mungkin merasa mules pas stres. Kenapa? Karena terjadi peningkatan asam lambung.

Selain itu, di bawah tekanan, hati kamu bakal menghasilkan gula darah ekstra (glukosa) buat memberi kamu dorongan energi. Tapi kalau kamu udah mengalami stres kronis, tubuh kamu gak bisa mengikuti lonjakan glukosa ekstra ini. Akibatnya risiko terkena diabetes tipe 2 jadi meningkat.

4. Sistem otot

Stres membuat otot kamu jadi tegang. Sebenarnya ini adalah cara tubuh buat melindungi diri dari cedera saat kamu mengalami stres. Biasanya saat kamu udah gak stres, ototmu bakal kembali rileks.

Tapi kalau kamu terus-menerus di bawah tekanan, ototmu jadi gak punya kesempatan buat beristirahat. Nah, ini bakal berdampak ke banyak aspek seperti sakit kepala, nyeri tubuh, khususnya di bagian punggung dan bahu.

5. Seksualitas dan sistem reproduksi

Ternyata stres juga berpengaruh terhadap sistem reproduksi. Stres kronis pada pria bisa menurunkan kadar testosteron. Ini berakibat pada terganggunya produksi sperma dan meningkatnya risiko infeksi pada organ reproduksi seperti prostat dan testis.

Bagi perempuan, stres berkelanjutan bisa bikin siklus menstruasi jadi gak teratur dan lebih sakit. Stres kronis juga bisa memperbesar gejala fisik menopause.

6. Sistem kekebalan

Kalau sistem kekebalan tubuh kita kuat pastinya kita bakal terhindar dari penyakit. Tapi, hormon stres yang berlebihan bisa melemahkan sistem kekebalan tubuhmu. Makanya, orang yang lagi stres kronis lebih rentan terhadap penyakit virus seperti flu dan pilek. Selain itu, stres bisa bikin kamu lebih lama buat sembuh dari penyakit yang kamu alami.

Baca juga: Gangguan Psikosomatik: Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasinya

Cara Mengatasi Stres yang Ganggu Kesehatan Fisikmu

ilustrasi stres
cr: freepik

Nah, Perseners pasti gak mau kan, mengalami penyakit-penyakit yang disebutin di atas? Tenang, Satu Persen udah siapin juga cara mengatasi stres biar kesehatan fisikmu tetap terjaga. Apa aja tuh? Langsung aja baca penjelasan berikut!

1. Kenali apa yang bikin kamu stres

Coba luangkan waktu sejenak buat berpikir apa sih yang bikin kamu ngerasa stres? Di mana kamu ngerasa stres? Setelah tau alasan dan tempat kamu ngerasa stres, kamu bisa coba menghindari situasi yang memicu stres kamu semakin berat.

Misalnya kamu stres sama lingkungan kerja yang hectic banget, mungkin kamu bisa ambil cuti dulu buat refreshing dan menjernihkan pikiran sebelum kembali fokus sama pekerjaanmu.

2. Jangan memaksakan diri

Seringkali yang bikin kita stres berat adalah memaksakan diri mengerjakan banyak hal sendiri. Coba sesuaikan pekerjaan dengan kebutuhan dan waktumu. Bikin daftar prioritas apa yang harus kamu kerjakan lebih dulu.

Dan sadari kalau gak semua hal yang kamu pengen bisa terwujud. Terima kenyataan kalau suatu saat nanti ada hal yang gak bisa kamu dapatkan.

3. Cari teman dekat untuk jadi tempat curhat

Support system emang berguna banget buat kamu yang lagi mengalami stres. Coba bangun relasi dengan teman di sekolah dan rekan kerja. Kamu juga bisa ikut komunitas atau kegiatan sukarelawan buat dapat relasi baru.

Gak apa-apa lho, buat mulai dengan small talk dulu. Teman dekat juga awalnya asing. Pas udah deket, mereka bisa jadi tempat kamu buat ceritain masalah yang bikin kamu stres.

Baca juga: Bingung Mau Curhat ke Siapa

4. Luangkan waktu buat me time

Jangan lupa luangin waktu buat me time. Kamu bisa mulai dengan olahraga 15-20 menit sehari, jalan keliling komplek, meditasi atau ngelakuin teknik relaksasi biar pikiranmu jadi lebih tenang. Terkadang, kamu butuh waktu buat menikmati waktu sendiri.

5. Tidur berkualitas

Kalau yang ini juga gak kalah penting sama tips-tips sebelumnya. Kamu harus tidur cukup setidaknya 7-9 jam. Kurangi konsumsi kafein dan melihat layar handphone sebelum tidur. Kamu juga bisa menyiapkan daftar to-do-list yang harus kamu kerjakan esok hari. Ini bisa bikin tidurmu lebih nyenyak karena gak perlu mikirin lagi tugas apa yang harus dikerjain besok.

Selain cara-cara di atas, Perseners bisa juga nih, coba nonton video dari Satu Persen tentang pengelolaan stres. Yuk, langsung tonton videonya di bawah ini!

Perseners, mungkin di antara kalian ada yang bingung, "Sebenarnya aku udah masuk stres tahap kronis belum, ya?" atau "Seberapa tinggi tingkat stres ku?" Nah, kalau kalian masih pada bingung, aku saranin sih buat ikut Tes Tingkat Keparahan Stres: Mengenal Diri Lebih Dalam dari Satu Persen. Jadi, kamu gak bingung-bingung lagi, nih.

Kalau ternyata hasil tes kamu menunjukkan tingkat stresmu tinggi, jangan langsung panik juga ya, Perseners. Satu Persen punya layanan konseling dengan psikolog yang bisa langsung kamu akses dengan klik banner di bawah ini!

CTA-Blog-Post-06-1-8

Akhir kata aku cuma mau bilang, jaga kesehatan mental dan fisikmu! Fighting!

Referensi:


Marks, H. (2021, August 19). Stress Symptoms. Retrieved on October 24, 2021 from https://www.webmd.com/balance/stress-management/stress-symptoms-effects_of-stress-on-the-body

Pietrangelo, A. (2020, March 29). The Effects of Stress on Your Body. Retrieved on October 24, 2021 from https://www.healthline.com/health/stress/effects-on-body

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.