FODO: Gimana Cara Mengatasi Rasa Takut Bikin Orang Lain Kecewa?

Pemahaman Diri
Gabriel Luciana
14 Des 2021
FODO - takut bikin orang lain kecewa
Satu Persen - Cara Mengatasi Rasa Takut Bikin Orang Lain Kecewa

Perseners, mungkin kamu udah gak asing lagi sama istilah FOMO atau Fear of Missing Out, tapi pernah gak sih denger istilah FODO? Emang sih FODO gak sepopuler FOMO, tapi istilah ini sama pentingnya buat kamu ketahui. Dan mungkin sebenarnya sering juga kamu alami dalam kehidupan sehari-hari.

Sebenarnya kedua istilah ini punya konsep yang hampir sama. Kalau FOMO, orang bakal ngorbanin apapun demi gak ketinggalan informasi. Tapi kalau FODO, orang bakal ngorbanin apapun demi gak bikin orang lain kecewa. Biasanya sih mereka adalah orang-orang yang susah banget buat bilang “Gak” ke orang lain.

Mau nolak, tapi takut dianya kecewa. Eh, ujung-ujungnya jadi beban dan dampaknya kesehatan mental pun jadi terganggu. Iya sih, niatnya baik gak mau bikin orang lain kecewa. Tapi, gimana dengan dirimu sendiri?

Di artikel kali ini aku bakal bahas soal FODO (Fear of Disappointing Others) lebih mendalam dan gimana caranya biar kamu bisa lepas dari rasa takut bikin orang kecewa. Tapi sebelumnya kenalin aku Gaby, Part-time Blog Writer di Satu Persen.

Apa itu FODO? Dan Kenapa FODO Bisa Jadi Bahaya?

FODO dan kenapa takut bikin orang lain kecewa bisa bahaya
cr: unsplash

FODO atau Fear of Disappointing Others adalah rasa takut mengecewakan orang lain. Rasa takut ini bisa berdampak pada kesehatan mental kita dan bikin kita jadi stres. Kok bisa? Polanya adalah kita stres karena gak bisa bilang “Gak” dan kita gak bisa bilang “Gak” karena kita takut seseorang bakal ngerasa kecewa sama kita. Akhirnya kita mengorbankan apapun demi gak bikin orang lain kecewa.

Nah, yang jadi masalah di sini adalah hal yang kita dikorbankan. Misalnya kamu saat ini lagi ikut organisasi dan kepanitiaan di kampus, belum lagi ada kegiatan sukarela di akhir pekan. Terus ada temenmu yang nawarin kamu buat jadi panitia di acaranya.

Karena gak enak nolak dan gak pengen bikin dia kecewa, kamu pun terima tawarannya. Tapi kamu malah jadi tersiksa karena terlalu banyak yang harus kamu pikirkan dan kerjakan sampai-sampai kamu gak punya waktu buat istirahat. Akhirnya kamu jadi kewalahan, kecapekan, dan berujung stres. Kesehatan fisik dan mentalmu yang justru kamu korbankan.

Baca juga: People Pleaser: Sifat Gak Enakan Bisa Bahaya buat Kesehatan Mental?

Cara Mengatasi Rasa Takut Bikin Orang Lain Kecewa

Cara Mengatasi Rasa Takut Bikin Orang Lain Kecewa - FODO
cr: freepik

Terus, gimana dong caranya biar kita bisa mengatasi rasa takut bikin orang kecewa ini? Sebenernya cuma ada satu cara buat mengatasi hal ini. Mungkin kedengarannya klise, tapi faktanya memang begitu. Caranya adalah kamu harus menghadapinya, berkali-kali, dan rela.

Maksudnya gimana, tuh? Jadi, kamu harus berani menghadapi rasa takut itu, rela memaparkan diri kamu terhadap ketakutan itu sendiri, dan dilakukan secara berkali-kali. Karena dengan mendekati hal-hal yang kita takuti, kita bakal belajar buat berhenti merasa takut.

Artinya kalau kamu mau mengatasi rasa takut berlebihan tentang mengecewakan orang lain, kamu harus rela melakukan hal yang mungkin buat orang lain kecewa. Misalnya, kamu menolak buat jadi panitia di acara temenmu dan jelasin kalau kamu udah ada banyak kegiatan. Toleransi rasa takutmu tersebut dan sampaikan alasanmu dengan jelas.

Kedengarannya gampang, ya? Tapi, gimana cara ngelakuinnya?

1. Pertimbangkan 'biaya' FODO kamu

Salah satu cara buat bisa menghadapi rasa takut bikin orang lain kecewa adalah dengan mengingatkan diri kamu sendiri tentang biaya dan konsekuensi kalau kamu masih sering gak enakan. Maksudnya? Misalnya nih, kamu pengen mengakhiri hubunganmu sama pacarmu karena gak merasa kalau hubungan ini bakal berjalan lancar. Kamu jadi stres karena kamu pengen putus tapi gak kamu lakuin karena ngerasa gak enak.

Nah, sekarang coba kamu pikirin berapa banyak waktu dan energi yang terbuang buat menjalani hubungan yang gak berjalan baik ini? Padahal waktu dan energi itu bisa kamu pakai atau investasikan ke hubungan yang tepat buat kamu.

2. Ingat kalau kamu gak bertanggung jawab atas emosi orang lain

Kamu gak bisa dianggap bertanggung jawab sama hal yang gak bisa kamu kendalikan. Perasaan atau emosi orang lain bisa kamu kontrol secara langsung gak? Gak bisa, kan?

Apa yang kita rasakan itu adalah hasil dari cara kita berpikir. Jadi, kalau orang lain merasa kecewa itu tanggung jawab mereka, bukan kamu. Tapi, kamu tetap punya tanggung jawab buat bertindak baik karena tindakan kamu bisa kamu kendalikan. So, kamu bertanggung jawab atas tindakanmu, bukan perasaan orang lain.

3. Gunakan empati terbalik buat membangun kepercayaan diri

Sadar gak sih Perseners, kalau seringkali tuh kita lembut sama orang lain tapi keras sama diri sendiri? Nah, ini dia ironisnya FODO. Kamu mungkin bakal punya standar ganda dalam hal diri kamu dan orang lain.

Terus apa hubungannya dan gimana cara biar bisa lepas dari FODO? Kamu cuma perlu menerapkan standar yang sama dengan yang udah kamu terapkan ke orang lain kepada diri kamu sendiri.

Caranya adalah dengan sedikit latihan yang disebut dengan empati terbalik. Kalau biasanya kita membangun empati dengan menempatkan posisi kita pada orang lain, sekarang coba posisikan diri kamu pada posisi kamu sendiri saat kamu pernah mengalami sesuatu yang mirip dengan apa yang kamu takuti bakal dialami oleh orang lain.

Contohnya nih, kamu takut memberikan kritik atau feedback ke sahabatmu karena takut ngecewain mereka. Coba pikirkan lagi pas sahabatmu ini punya keberanian dengan jujur kepada kamu dan memberi kritikan ke kamu. Dengan memikirkan skenario ini, kamu bakal punya dorongan dan kepercayaan diri buat mengambil tindakan.

Buat kamu yang masih kesusahan buat nolak keinginan orang lain, yuk tonton juga video dari YouTube Satu Persen di bawah ini!

YouTube Satu Persen - Indonesian Life School

Nah, itu tadi penjelasan soal FODO (Fear of Disappointing Others) atau ketakutan mengecewakan orangn lain dan gimana cara mengatasinya.

Buat kamu yang merasa ketakutanmu udah mulai mengganggu kesehatan mentalmu, Satu Persen menyediakan layanan konseling dengan psikolog yang bisa bantu kamu mengatasi masalah KLINIS dan memberikan diagnosa setelah konsultasi. Kamu bisa langsung aja akses layanan konseling dengan klik banner di bawah ini! Kalau kamu masih ragu apakah layanan ini tepat untuk kamu atau gak, kamu bisa mencoba tes konsultasi dulu ya.

CTA-Blog-Post-06-1-7

Akhir kata aku cuma mau bilang kalau dirimu sama berharganya dengan orang lain. Fighting!

Referensi:

Wignall, N. (2021, October 10). How to Get Over Fear of Disappointing Others (FODO). Retrieved on December 6, 2021 from https://nickwignall.com/fear-of-disappointing-others/?ck_subscriber_id=1175694104

Simons, T. (2020, July 11). How to Stop Being Afraid of Disappointing Others: And why FODO is more dangerous than FOMO. Retrieved on December 6, 2021 from https://taylorsimons.medium.com/how-to-stop-being-afraid-of-disappointing-others-75945c412a83


Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.