Tes MBTI: Gimana Cara Memilih Pekerjaan Sesuai Kepribadian Kita?

Pemahaman Diri
Gabriel Luciana
21 Okt 2021
Cara memilih pekerjaan sesuai kepribadian dengan Tes MBTI
Satu Persen - Tes MBTI: Gimana Cara Memilih Pekerjaan Sesuai Kepribadian Kita?

"Kalau besar nanti, kamu mau jadi apa?"

Perseners, pertanyaan di atas kayaknya udah sering banget ya kita denger waktu masih kecil. Jawaban-jawaban kayak, “Mau jadi dokter!”, “Arsitek!” atau bahkan sekarang banyak anak-anak menjawab, “YouTuber!” langsung keluar tanpa pikir panjang.

Tapi semakin bertambahnya umur, ngerasa ngga sih kalau semakin banyak pertimbangan yang kita pikirkan sebelum jawab pertanyaan itu? Ngga jarang juga pas udah gede, kita ustru nyebut profesi yang beda dengan yang kita jawab waktu kecil.

Nah, Perseners sendiri tim yang mana, nih? Udah yakin sama pilihan kerjamu? Atau masih ragu-ragu? Bagus kalau kamu udah yakin sama pilihanmu, tapi buat kamu yang masih ragu-ragu kayaknya kamu harus mengenal kepribadianmu lebih mendalam, deh.

Kenapa? Karena nyatanya kepribadian bisa memengaruhi pemilihan pekerjaan yang cocok buat kamu, lho. Terus gimana caranya biar kamu bisa lebih mengenal kepribadianmu? Nah, kamu bisa banget cobain sebuah tes psikologi yang namanya Tes Kepribadian MBTI.

Apa itu Tes Kepribadian MBTI? Yuk, baca artikel ini sampai habis biar dapat insight yang berguna buat kamu!

Apa Itu Tes Kepribadian MBTI?

Tes MBTI untuk memilih pekerjaan yang cocok
cr: freepik

The Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) awalnya dikembangin pada 1940-an sama Katharine Cook Briggs dan putrinya, Isabell Briggs Myers berdasarkan tipologi kepribadian yang dibuat sama psikoanalisis Carl Jung. MBTI sendiri adalah penilaian kepribadian berdasarkan pertanyaan tentang preferensi seseorang dalam empat domain.

Terus, apa aja sih empat domain itu? Yuk, simak dulu aja pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

  1. Bagaimana caramu berinteraksi dengan orang lain? Apakah kamu lebih suka berinteraksi sosial bersama banyak orang atau cenderung menghabiskan waktu sendirian dan cuma berinteraksi secara intim dengan sedikit orang?
  2. Apakah kamu orang yang realistis atau lebih mengandalkan intuisi dan interpretasi sendiri?
  3. Kamu lebih suka memutuskan sesuatu dengan logika atau perasaan?
  4. Kamu terbuka terhadap informasi atau lebih suka membuat penilaian sendiri?

Nah, jawaban kamu dari pertanyaan dengan empat domain tersebut bakal diberi skor dan penilaiannya bakal ngehasilin “tipe” psikologis yang diringkas dalam empat huruf. Ada Extraversion (E) atau Introversion (I), Sensing (S) atau Intuition (N), Thinking (T) atau Feeling (F), dan Judging (J) atau Perceiving (P) yang udah dibahas lebih mendalam di artikel Satu Persen tentang MBTI sebelumnya.

Baca juga: Apa Itu MBTI? Mengenal 16 Kepribadian Manusia (Ada Tes Gratis!)

Apa Pekerjaan yang Cocok untuk Kepribadianmu?

Memilih pekerjaan sesuai kepribadian dengan Tes MBTI
cr: unsplash

Ternyata ngga berhenti sampai di empat huruf itu aja lho, Perseners. Hasil dari empat huruf itu bakal digabungin dan menjadi 16 tipe kepribadian. Duh, banyak banget, ya?

Tenang-tenang, kamu cuma bakal dapat satu kepribadian aja kok setiap melakukan tes kepribadian MBTI ini. Jadi, ngga perlu dihapal kayak mau ulangan sejarah. Terus bentuk hasil kepribadiannya kayak gimana? Dalam bentuk rangkaian empat huruf tadi misalnya ISFP atau ENFJ.

Nah, Perseners pasti bertanya-tanya, “Terus kalau aku ISFP aku cocok jadi apa dong?”, “Kalo ESTJ?” dan hasil tes lainnya. Kita bahas nanti dulu, ya. Yang penting nih, sebelumnya kamu harus inget juga kalau hasil tes ini bisa berubah. Bisa aja kamu tes hari ini INFJ, minggu depan tiba-tiba jadi INFP.

"Lah, kok bisa?" Ya, karena pada dasarnya kamu cuma punya satu kepribadian yang dominan tapi kamu juga bisa punya kepribadian lain seiring berkembangnya kamu. Meskipun ada ketidakkonsistenan yang menjadi salah satu kelemahan tes ini, Tes MBTI sendiri udah cukup buat ngegambarin diri kamu.

Ya udah, tanpa berlama-lama lagi langsung aja kita masuk ke pekerjaan yang cocok buat kepribadian tiap-tiap tipe, ya!

1. ISTJ - The Inspector

Tipe kepribadian ISTJ suka sama hal-hal yang stabil dan predictable. Mereka suka bekerja secara mandiri di lingkungan yang terorganisir dan tenang. Pekerjaan yang ideal buat kamu para ISTJ adalah pekerjaan dalam tim kecil yang sebagian besar berkaitan sama fakta dan angka, bukan hal-hal abstrak.

Contoh pekerjaan buat ISTJ adalah: analisis data, dokter gigi, dan akuntan.

2. ISTP - The Crafter

ISTP suka belajar tentang cara kerja penggunaan mesin dan peralatan lainnya. Mereka sangat memperhatikan detail dan responsif terhadap kebutuhan orang lain. Pekerjaan yang cocok buat para ISTP adalah yang melibatkan aktivitas fisik dan pekerjaan dengan hasil yang nyata.

Contoh pekerjaan buat ISTP adalah: arsitek, teknisi, dan ahli mesin.

3. ISFJ - The Protector

Buat kamu para ISFJ, kamu pekerja keras, punya rasa tanggung jawab yang besar sama orang lain, dan mau orang lain tau kalau kamu dapat diandalkan atau dipercaya. Pekerjaan yang cocok buat para ISFJ adalah yang berhubungan dengan mengajar, keperawatan, pekerjaan sosial, kedokteran, dan administrasi seperti guru, perawat, paralegal, dan asisten administratif.

4. ISFP - The Artist

Para ISFP adalah orang yang fleksibel, spontan, dan live in the present moment. Mereka tuh aesthetic banget dan kebanyakan dari mereka punya bakat dalam bidang seni.

Contoh pekerjaan yang cocok buat ISFP adalah: web developer, UX designer, animator, dan interior designer.

5. INFJ - The Advocate

Tipe kepribadian INFJ sangat idealis. Mereka punya kemampuan yang unik yaitu kuat dalam membaca orang dan selektif buat berbagi pikiran dan perasaan.

Contoh pekerjaan yang cocok buat INFJ adalah: psikolog, human resource, penulis, dan advokat.

6. INFP - The Mediator

Mereka para INFP adalah orang-orang yang idealis, kreatif, dan suka menyendiri. Pekerjaan yang baik untuk para INFP adalah pekerjaan yang memberikan banyak kesempatan buat mereka berekspresi dengan kreativitas dan ngga butuh banyak interaksi.

Contoh pekerjaan yang cocok buat INFP adalah: penulis, graphic designer, dan software engineer.

7. INTJ - The Architect

INTJ atau yang dikenal dengan sebutan “The Architect” ini adalah pemecah masalah analitis yang suka bernalar secara logis. INTJ haus sama pengetahuan dan berusaha buat meningkatkan kompetensi mereka. Pekerjaan yang cocok buat INTJ adalah yang melibatkan perencanaan, pemecahan masalah, dan perbaikan sistem seperti software engineer, computer systems analyst, dan ahli logistik.

8. INTP - The Thinker

Para INTP itu filosofis, suka dengan analisis yang logis, sistem, dan desain. Pekerjaan yang cocok buat INTP adalah pekerjaan yang memungkinkan mereka buat merancang solusi untuk suatu masalah yang mereka anggap menarik dan menemukan cara mereka sendiri seperti arsitek, programmer, dan business analyst.

9. ESTP - The Persuader

ESTP bersemangat kalau menghabiskan waktu sama orang lain. Mereka berorientasi pada detail dan lebih menyukai fakta daripada konsep yang ngga jelas atau abstrak. Pekerjaan yang cocok buat ESTP adalah yang berhubungan dengan logika berpikir seperti digital marketer, web developer, data analyst, dan UX researcher.

10. ESTJ - The Director

Tipe kepribadian ESTJ sangat logis dan tegas. Mereka cocok dengan pekerjaan yang memberi kesempatan mereka buat mengambil alih proyek dan memimpin tim seperti manajer, guru, dan polisi.

11. ESFP - The Performer

ESFP bisa berkembang ketika bersama orang-orang yang punya energi sebesar mereka. Mereka bukan orang yang bakal ngehindarin sorotan. Pekerjaan yang cocok banget buat kamu yang ESFP adalah musisi, seniman, aktor/aktris, dan video game developer.

12. ESFJ - The Caregiver

Mereka dengan kepribadian ESFJ memiliki sifat yang setia, mau membantu orang lain, dan berfokus pada komunitas sosial. Pekerjaan yang cocok buat para ESFJ adalah dokter, guru, dan perawat.

13. ENFP - The Champion

Para ENFP adalah orang-orang yang antusias dan kreatif. Mereka cocok dengan pekerjaan yang dapat mengekspresikan kreativitas dan tetap memiliki hubungan koneksi dengan orang lain seperti wirausaha, desainer, public relation, dan social media marketing.

14. ENFJ - The Giver

ENFJ penuh dengan pertimbangan dan cukup idealis tapi punya pengaruh positif terhadap orang lain. Pekerjaan yang cocok buat ENFJ adalah pekerjaan yang people oriented kayak human resources, public relation, event management.

15. ENTP - The Debater

Tipe kepribadian ENTP punya banyak ide-ide besar dan mampu mewujudkannya. Mereka berfokus pada pengembangan solusi masalah teknis dan intelektual yang menarik dan beragam. Pekerjaan yang cocok buat ENTP adalah entrepreneur, fotografer, dan engineer.

16. ENTJ - The Commander

ENTJ terlahir sebagai pemimpin yang ingin menciptakan perubahan. Mereka teliti, cerdas, dan karismatik. Pekerjaan seperti politisi, pembicara publik, dan pengusaha adalah pekerjaan yang cocok buat para ENTJ.

Nah, Perseners kalian sekarang udah tau kan pekerjaan yang cocok buat tipe kepribadian kalian? Kalau kamu pengen coba mengenali kepribadianmu dengan Tes MBTI ini, kamu bisa coba aja nonton video dari YouTube Satu Persen di bawah, ya!

Dan buat kamu yang belum tau tipe kepribadian MBTI-mu apa, tenang aja karena Satu Persen punya Tes Kepribadian MBTI yang bisa kamu akses DI SINI! Jadi, kamu bisa langsung tau apa tipe kepribadian MBTI-mu beserta penjelasannya, deh.

Yuk, langsung aja cobain tesnya dan semoga tes MBTI dari Satu Persen ini bisa ngebantu kamu memilih pekerjaan yang cocok buatmu, ya!

Referensi

Psychology Today Staff. Myers-Briggs. Retrieved on October 2, 2021 from https://www.psychologytoday.com/us/basics/myers-briggs

Springboard. Best Careers for Your MBTI Personality Type. Retrieved on October 2, 2021 from https://www.springboard.com/library/general/mbti-personality-types/

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.