Cara Mengendalikan Emosi Berlebihan Agar Hidup Lebih Seimbang

Pemahaman Diri
Arief Fadillah
17 Des 2021
cara mengendalikan emosi
Satu Persen - Cara Mengendalikan Emosi

Halo, Perseners! Gimana kabarnya, nih? Semoga selalu baik-baik saja, ya. Kenalin, gua Arief, Part-time Blog Writer di Satu Persen.

Gua tau kita belum tentu saling kenal, tapi gua yakin kita sama-sama pernah ngerasain yang namanya emosi. Bener gak? Dan gua juga yakin banyak di antara kalian yang menggunakan kata “emosi” untuk ngasih tau kondisi lo yang lagi marah dan mungkin banyak juga dari kalian yang menilai emosi identik dengan marah.

Di sini gua mau ngebahas tentang emosi dan cara mengendalikannya buat kalian yang belum bisa atau masih susah buat ngendaliin emosi.

Pengertian Emosi

Emosi adalah pola reaksi kita terhadap suatu kejadian tertentu. Jadi, setiap kejadian tertentu yang kita alami pola reaksi yang timbul cenderung juga akan sama. Kalo tiba-tiba kita denger suara yang cukup keras, maka reaksi kita akan kaget dan ini bersifat universal yang berarti reaksi semua orang cenderung sama.

Tapi, yang kita ketahui walaupun semua orang punya emosi dan reaksi yang cukup serupa, bukan berarti perilaku yang timbul akan serupa juga. Kenapa? Karena emosi juga dipengaruhi oleh pengalaman, latar belakang, dan budaya.

Secara keseluruhan, emosi terbagi menjadi dua golongan, yaitu emosi positif dan emosi negatif. Emosi positif adalah emosi yang biasa kita anggap menyenangkan untuk dialami, contohnya senang, bahagia, cinta, dan masih banyak lagi.

Sementara itu, emosi negatif adalah emosi yang biasanya kita alami kalo terjadi sesuatu yang kita anggap gak menyenangkan. Contohnya seperti gelisah, takut, sedih, dan masih banyak lagi. Nah, emosi negatif ini yang biasanya susah banget untuk kita terima atau kita kendalikan. Emosi negatif yang berlebihan dapat merugikan diri sendiri dan bisa juga lingkungan sekitar kita.

Kedua golongan emosi tersebut sangat dibutuhkan dalam kehidupan. Dari semua contohnya, masing-masing pasti pernah lo rasakan, kan?

Mungkin lo sekarang bertanya-tanya, apakah kita membutuhkan emosi negatif? Jelas sangat butuh. Meskipun sangat gak menyenangkan untuk dialami, tapi dengan keberadaan emosi negatif maka kita bisa merasakan betapa menyenangkannya emosi positif. Selain itu, dengan keberadaannya pula kita dapat mengevaluasi diri dan mendorong kita untuk terus tumbuh dan berkembang sebagai manusia.

Baca Juga: Emosi Itu Bukan Marah! (Mari Mengenal Emosi)

Gimana Cara Mengendalikan Emosi?

Emosi dapat membantu kita dalam menentukan keputusan, berinteraksi dengan sesama dan yang paling penting adalah menjaga kesehatan mental. Selain dapat membantu kita dalam menjalani hidup, emosi juga dapat membuat kita merasa lebih tertekan dari sebelumnya apabila emosi tersebut berlebihan terutama emosi negatif yang sedang kita rasakan.

Terus, gimana cara mengendalikan emosi ini sendiri? Berikut cara-cara yang bisa lo coba:

1. Tarik nafas dalam-dalam

Pasti lo pernah dikasih tau sama orang di sekitar lo untuk tarik nafas dalam-dalam entah ketika lo mau mulai olahraga atau memulai suatu aktivitas. Mengatur pola bernafas mungkin terkesan sederhana dan gak akan membuat emosi kita hilang, namun sangat penting dilakukan untuk membantu kita dalam proses mengontrol emosi.

Ketika lo merasa emosi lo memuncak atau mulai menggebu-gebu, lo bisa mulai dengan tarik nafas perlahan-lahan dan tahan selama tiga detik lalu hembuskan secara perlahan juga. Kalo sekiranya belum membaik, lo bisa lakukan ini beberapa kali asalkan tahan nafasnya jangan terlalu lama, ya!

cara mengendalikan emosi
Source: makeameme.org

Mungkin lo bisa juga ngomong dalam hati: “Gua harus tenang” atau random aja misalnya “Paus punya rambut” yang penting lo bisa merasa lebih membaik dari sebelumnya.

2. Mengenali Alasan Emosi Datang

Yang kedua, lo bisa meluangkan waktu sejenak untuk memeriksa diri lo sendiri. Lo bisa cari tau tentang suasana hati lo sendiri karena hal itu bisa membantu lo buat mengelola emosi yang datang.

Apabila lo kedatangan "tamu" dan ternyata tamunya adalah emosi negatif, coba deh lo luangin waktu untuk bertanya kepada diri lo sendiri terlebih dahulu. Kenapa? Kenapa? Dan kenapa lo merasa sulit menerima kedatangannya? Kenapa dia datang? Apa yang akan lo lakukan dengan dia?

Kalo ternyata tamu yang datang adalah kemarahan, lo bisa bertanya kenapa dia datang dan apa yang harus lo lakuin untuk menerima dia sebagai tamu lo dengan sepenuh hati. Jadi, ketika kemarahan datang untuk yang kedua kalinya, maka lo akan terbiasa dengan kedatangannya dan lebih bisa menerima dia sebagai tamu lo untuk sesaat.

3. Mencoba Menerima Emosi

Ketika lo lagi seneng karena dapet kabar baik sampe lo hiperventilasi atau nangis karena terlalu kesel, marah, atau bahkan sampe teriak-teriak, mungkin lo bisa mencoba untuk menerima semua emosi tersebut. Hal ini dapat lo lakuin agar nantinya lo bisa menjadi lebih baik dalam mengelola emosi.

cara mengendalikan emosi
Source: imgflip.com

Menerima semua emosi yang datang dan memengaruhi lo bisa membantu lo merasa lebih nyaman dengan keberadaannya. Mungkin emang awalnya susah untuk dilaksanakan, tapi gua yakin kalo hal ini bisa dilakukan kok. Semakin lo nyaman dengan kedatangannya, maka semakin mudah juga buat lo mengubah emosi negatif menjadi emosi positif.

Sekarang pertanyaannya, emang bisa emosi negatif diubah menjadi positif? Jawabannya adalah bisa banget. Caranya adalah dengan mencoba mengubah sudut pandang dari emosi negatif yang lagi lo rasain.

Kalo lo kesel karena pasangan lo ngilang, daripada lo berpikir dia selingkuh alangkah baiknya lo menganggap HP dia lagi kehabisan baterai. Atau alangkah baiknya lo menganggap kalo dia lagi sibuk siapin lo makanan favorite lo. Coba untuk memikirkan hal positif yang mungkin akan timbul ketika emosi negatif datang dan mulai memengaruhi lo.

Kalau lo mau tau cara berdamai dengan emosi di dalam diri lo, yuk tonton video dari YouTube Satu Persen yang satu ini!

4. Melihat Dampak dari Emosi

Sangat normal untuk lo jadi males beraktivitas karena lagi merasa banyak banget emosi yang lo rasain. Tapi, tau gak sih kalo emosi itu penting banget dalam hidup kita? Emosi yang kita rasakan secara terus-menerus (terutama emosi negatif) gak semuanya membuat hidup kita berantakan atau merugikan kita. Karena dengan adanya emosi, hidup kita bisa jadi lebih menarik, unik, bahkan dapat membuat lo lebih semangat untuk hidup seutuhnya.

Dampak dari emosi dipengaruhi oleh sikap yang lo lakukan dalam menanggapi emosi yang datang tersebut. Jadi, hati-hati dalam mengendalikannya, ya!

Semakin lo bisa menerima kehadirannya menjadi tamu lo, maka semakin kecil juga kemungkinan lo merugikan orang lain dan diri lo sendiri. Karena ketika kita merasakan emosi yang berlebihan, terkadang hal itu bisa menimbulkan perasaan yang biasa kita sebut dengan penyesalan.

Baca Juga: Cara Mengontrol Emosi (Regulasi Emosi Diri Sendiri)

5. Berbicaralah dengan Psikolog

Mungkin banyak di antara lo yang merasa susah banget untuk menerima emosi negatif yang dateng. Tapi, gua yakin banyak juga di antara kalian yang sedang berusaha untuk bisa menerima emosi yang terus berdatangan ke kehidupan kalian. Karena terkadang ada masanya bagi manusia merasa susah untuk menerima emosi negatif yang terus berdatangan.

cara mengendalikan emosi
Source: imgflip.com

Dalam menjalani hidup, pasti kita sebagai manusia pernah merasakan lelah akan semua hal. Bahkan bisa juga kita merasa kalo diri kita sebenarnya gak benar-benar lagi hidup. Kalo lo sekarang sedang merasakannya, inget kalo lo gak sendiri dan masih bisa berbuat baik kepada sesama manusia.

Coba Juga: Tes Sehat Mental

Tapi, kalo lo merasa sulit untuk menangani emosi yang lagi lo rasain sendiri. Misalnya seperti merasa tertekan serta emosi lo udah di luar kendali sehingga hal tersebut mengganggu hidup lo, maka lo bisa coba mencari bantuan dari ahlinya seperti psikolog.

Kebetulan banget, Satu Persen punya layanan konseling dengan psikolog-psikolog yang ahli dan berpengalaman. Lo bisa klik banner di bawah ini untuk informasi lebih detail tentang apa yang akan lo dapetin dan gimana teknisnya, ya!

CTA-Blog-Post-06-1-9

Sooooo, mungkin ini sedikit penjelasan dari gua gimana cara lo bisa mengendalikan emosi. Semoga beberapa cara di atas bisa berguna dan ngebantu lo untuk #HidupSeutuhnya, ya!

Jangan lupa pantau channel YouTube Satu Persen dan Instagram @satupersenofficial buat tau insight menarik lainnya. Gua Arief dari Satu Persen, thank you!

Referensi:

G, Jenni. (2020). Why Am I So Emotional? 11 Possible Reasons & What To Do. mindbodygreen.com.

https://www.mindbodygreen.com/articles/why-am-i-so-emotional

R, Crystal. (2020). How To Become The Boss Of Your Emotions. healthline.com.

https://www.healthline.com/health/how-to-control-your-emotions#name-it

E, Courtney. (2021) What Are Positive And Negative Emotions And Do We Need Both?. positivepsychology.com.

https://positivepsychology.com/positive-negative-emotions/

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.