Apa itu Love Hate Relationship? Kenali Tanda-Tandanya!

Hubungan
Fathur Rachman
3 Feb 2022
love hate relationship
Satu Persen - Love Hate Relationship

Apakah kamu pernah menonton serial kartun Tom and Jerry?

Kartun ini menceritakan kisah kucing dan tikus yang hobinya berantem satu sama lain. Tapi terkadang, mereka juga bekerja sama untuk melakukan sesuatu yang membuat hubungan terlihat harmonis.

Karakter Tom dan Jerry memang hanya dibuat fiktif belaka, tapi ternyata banyak lho sepasang kekasih yang tingkah lakunya mirip mereka. Misalnya, bertengkar karena suatu hal, tapi saling memaafkan setelahnya. Lalu, melakukannya kembali di lain waktu secara terus-menerus.

tom dan jerry
Sumber: 5minvideo.id

Pada dasarnya. seseorang yang memiliki pasangan pasti pernah merasakan pasang surutnya hubungan. Kesalahpahaman dan pertengkaran akan selalu hadir, meski seberapapun harmonisnya hubungan tersebut.

Namun, tentunya semua permasalahan ada jalan keluarnya, bukan? Pertengkaran dapat dinilai baik jika hasilnya menjadikan hubungan itu lebih dewasa. Sebaliknya, akan berdampak buruk kalau membuahkan dendam yang membuat hubungan menjadi ngga sehat.

Nah, buat yang belum tau, hubungan seperti cerita di atas itu bisa dinamakan love hate relationship. Kali ini, aku Fathur, Part-time Blog Writer Satu Persen akan membahas pengertian love hate relationship dan tanda-tanda yang sering muncul dalam hubungan tersebut.

Buat kamu yang penasaran apa itu hubungan love hate relationship, kamu bisa baca terus hingga akhir tulisan ini. Yuk, bareng-bareng simak lebih lanjut!

Apa itu Love Hate Relationship?

“You love them; you hate them. You fight, you makeup. And repeat it all over, again and again.”

Ucapan di atas juga serupa dengan konsep yang ditawarkan oleh hubungan love hate relationship. Melansir Momjunction, love hate relationship adalah kondisi hubungan yang membuat kedua pasangan ngga konsisten dalam menunjukan perasaan rasa cintanya. Mereka terkadang akan memberikan rasa cinta dan kasih sayang yang kuat, tapi membenci pasangannya sendiri dalam beberapa waktu.

Pasangan yang menjalin love hate relationship cenderung mudah berkata kasar tanpa sebab. Di satu sisi, mereka juga sering terpikir untuk mengakhiri hubungan, tapi pada akhirnya melanjutkan hubungan tersebut karena ngga mau berpisah. Kamu juga akan dicirikan sebagai pasangan yang lebih emosional dalam menangani masalah.

Baca juga: Mengatasi Kesalahan dalam Hidup Agar Bisa Move On

Tanda-tanda Terjebak Dalam Love Hate Relationship

tanda-tanda love hate relationship
Sumber: medium.com

Sebelumnya, aku udah kasih beberapa ciri paling umum yang terjadi dalam hubungan love hate relationship. Tujuannya adalah agar kamu memiliki kemampuan untuk bisa mengatasi pertengkaran tersebut. Berikut aku akan memberikan tanda-tanda lain yang harus kamu cepat identifikasi dan atasi.

1.Ngga tahan dengan sifat pasangan

Selalu saja ada kekurangan dan kelebihan yang mungkin bermakna positif dari pasangan. Tapi berbeda pada hubungan love hate relationship, terkadang ada beberapa sifat yang membuat kita terganggu. Misalnya, ketika pasanganmu memiliki sifat yang egois, tempramen, ataupun pemalas. Sifat-sifat seperti itu bisa menjadi percikan dalam hubungan love hate relationship.

Dalam hubungan love hate relationship, seseorang akan melihat hal tersebut sebagai hal yang normal. Alih-alih memperbaiki sifatnya, mereka cenderung lebih senang mempertahankan hubungannya dengan cara berkomitmen tapi mengulangi kembali kesalahannya.

2. Emosi yang naik turun

emosi yang naik turun
Sumber: twitter.com

Tanda paling umum dari hubungan love hate relationship adalah emosi yang ngga stabil. Hal ini bisa terjadi ketika pasanganmu sulit menentukan pilihan yang ia mau dari pasangannya. Dalam satu waktu, bisa saja pasanganmu sangat sayang sama kamu, tapi beberapa hari kemudian ia meragukan kasih sayangnya karena beberapa kekurangan yang ada dalam dirimu.

Syarat agar kamu bisa terhindar dari kondisi seperti ini adalah dengan memahami tujuan dan ekspektasi yang kamu inginkan dari pasanganmu. Jangan tinggalkan pasanganmu karena satu atau dua kondisi yang kamu ngga suka. Coba pikirkan bagaimana menahan emosi diri sendiri untuk dapat berpikir jangka panjang.

3. Jarang berkomunikasi dengan intens

Dalam hal ini, tanda love hate relationship selanjutnya bisa dilihat dari kurangnya komunikasi antara satu sama lain. Di satu sisi, hubungan ini cenderung membuat pasangan saling tetap bertahan meskipun mereka jarang mengobrol. Padahal, komunikasi merupakan aspek terpenting dalam suatu hubungan. Dengan komunikasi, kamu akan lebih terbuka untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan pasangan.

Oleh karenanya, cobalah mulai untuk mendiskusikan keseriusanmu terhadap hubungan yang sedang dijalani bersama pasangan. Sebaliknya, jika kamu kurang intens melakukan komunikasi, maka kamu dan pasangan akan saling menjauh.

Baca juga: Cara Menjadi Pendengar yang Baik (Kemampuan Mendengarkan Aktif)

4. Kelelahan yang berlebih

kelelahan yang berlebih
Sumber: pikiranrakyat.com

Salah satu tanda love hate relationship adalah ketika beban emosional terlalu banyak masuk ke dalam dirimu. Segala beban ini bisa muncul dari sifat pasangan yang terus-menerus ngga memperlihatkan sifat baiknya.

Selain itu, tanda lainnya ketika pasanganmu sering ngga menyelesaikan masalah yang seharusnya bisa diselesaikan dengan berdiskusi. Akibatnya, kamu menyimpan sendiri permasalahan tersebut sehingga berpotensi memengaruhi kesehatan mental akibat overthinking tentang hubungan ini. Otomatis, kamu bisa kelelahan ketika semua beban menumpuk padamu.

5. Hubungan ngga memiliki arah tujuan

Sepasang kekasih sudah seharusnya memiliki tujuan yang jelas. Tujuan berhubungan itu penting karena kamu bisa tahu tahap selanjutnya dari hubungan ini. Apakah hanya masuk ke jenjang serius atau main-main saja? Lebih baik diskusikan hal ini dari awal agar kedepannya memiliki masa depan yang terencana.

Sebaliknya, jika kamu ngga punya bayangan dan kebutuhan yang jelas dalam sebuah hubungan, maka kamu akan terjebak dalam hubungan love hate relationship. Hal ini bisa membuat kamu bingung dengan pasangan sehingga kamu enggan  ingin melepasnya karena takut kehilangan sosoknya.

Mentoring Satu Persen Siap Membantu Kamu!

mentoring satu persen
Sumber: imgflip.com

Hubungan yang sehat adalah ketika kamu bisa menjadi diri sendiri dan menerima kekurangan pasanganmu. Tapi dalam hubungan love hate relationship, kamu cenderung melakukan hal itu dengan setengah hati. Hal ini bisa disebabkan karena kamu kurang mengenal diri sendiri (self-awareness) atau takut karena salah memilih keputusan yang kurang tepat.

Mentoring Satu Persen punya jawabannya! Melalui mentoring, kamu bisa cerita dengan berbagai mentor terlatih di Satu Persen dan bareng-bareng cari solusi dari masalah yang lagi kamu hadapi. Kamu tinggal KLIK banner di bawah ya!

CTA-Blog-Mentoring-5-5

Oh, ya. Kamu juga bisa melakukan tes online mengenai kualitas hubungan romantis. Melalui tes online, kamu bisa melihat seberapa jauh kemesraan antara kamu dan pasanganmu. Yuk, coba langsung Tes Relationship Quality!

Sekian dari aku, Perseners. Sampai ketemu di artikel selanjutnya!

Referensi:

Gupta, S. (2021). What Is a Love-Hate Relationship? Verywellmind.Com. https://www.verywellmind.com/what-is-a-love-hate-relationship-5207379

Setiyowati, E. (n.d.). 10 Tanda Kamu Terjebak dalam Love-Hate Relationship. 2021. https://www.popbela.com/relationship/dating/esti-setiyowati/tanda-kamu-terjebak-dalam-love-hate-relationship/8

Lagudu, S. (2021). 10 Signs You Are In A Love-Hate Relationship. Momjunction.Com. https://www.momjunction.com/articles/love-hate-relationship_00494833/

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.