7 Cara Mengatasi Bad Mood Agar Suasana Hati Tetap Baik

Kesehatan Mental
Anggreliani Utami
15 Jan 2022
cara mengatasi bad mood
Satu Persen - 7 Cara Mengatasi Bad Mood

Dalam hidup, kita sering kali dihadapi dengan hal-hal yang nggak terduga. Belum lama ini aku mengalami hal yang membuatku berpikir kayak gini.

Hari itu aku menjalani rutinitasku seperti biasa, yakni aku bangun pagi, rapi-rapi, kemudian bersiap-siap untuk berangkat kerja. Tapi, ada satu momen yang seketika membuatku merasa menjadi orang paling sial di dunia.

Sepatuku yang entah dari mana menginjak kotoran dan baunya itu sukses menghancurkan mood-ku. Nggak cuma itu, dengan perasaan berkecamuk mau ngedumel, tiba-tiba aku mendapatkan pesan yang mengatakan bahwa dua rekan kerjaku sakit, sehingga mau nggak mau aku harus mengerjakan pekerjaan mereka.

bad mood
Source: Getillustration.com

Udah sepatu nggak nyaman untuk dipakai, ditambah lagi aku harus kerja 2x lebih ekstra dari biasanya. Kejadian-kejadian ini membuat mood yang telah kubangun sebaik mungkin pagi itu benar-benar jatuh ke titik terendah. Rasanya seakan-akan aku mau marah sama semua orang.

Nah, Perseners pasti juga pernah kan mengalami kejadian serupa yang bikin bad mood seperti aku? Kira-kira gimana ya cara mengatasi bad mood?

Setiap orang pasti pernah merasa kesal, sedih, atau mudah tersinggung saat sedang dalam mood yang buruk. Bad mood adalah perasaan yang lazim dirasakan oleh semua orang, tetapi bagi sebagian orang bad mood bisa menjadi masalah nyata. Nah, kabar baiknya ada hal-hal yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi bad mood, lho.

Baca Juga: Apa Itu Moody dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Nah, aku, Anggi, Part-time Blog Writer Satu Persen dan di blog ini aku akan kasih beberapa cara mengatasi bad mood yang buruk. Jadi, langsung aja kita simak ulasannya!

7 Cara Mengatasi Bad Mood

1.Tersenyum

Yup, tersenyum adalah cara mengatasi bad mood yang paling mudah untuk dilakukan. Sebuah penelitian yang dilakukan di University of South Australia menemukan bahwa ketika kamu tersenyum atau pura-pura tersenyum, ini akan menstimulasi amygdala (bagian otak yang berhubungan dengan emosi, perilaku, dan memori) untuk melepaskan neurotransmitter sehingga meningkatkan perasaan positif secara emosional.

cara mengatasi bad mood
Source: hitc.com

Atau dalam bahasa yang lebih sederhana, tersenyum dapat mengelabui otak kamu untuk merasakan kebahagiaan. Nah, ini karena otak kita nggak bisa membedakan mana senyum yang palsu atau asli. Jadi, saat kamu bad mood, coba deh tersenyum walaupun rasanya berat di hati, siapa tau mood kamu akan membaik.

2. Mendengarkan musik

Siapa di sini yang kalau lagi sedih, galau, atau bahagia, pasti ditemani musik? Nah, ternyata musik juga bisa loh kamu manfaatkan sebagai cara mengatasi bad mood yang serius. Udah nggak diragukan lagi, musik memiliki kemampuan untuk mengubah suasana hati.

mendengarkan musik
Source: We Heart It

Kalau lagi sedih trus kita dengerin lagu slow dan melow, pasti bisa bikin mewek. Terutama pas bad mood, lagu-lagu upbeat yang membuat kepalamu otomatis bergoyang bisa menjadi solusinya. Bahkan musik telah digunakan di banyak rumah sakit untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk stres, lho.

3. Tertawa

Tertawa terbukti dapat meningkatkan hormon dopamin, yaitu zat kimia yang meningkatkan mood. Saat dopamin meningkat, sistem respon stres kita akan menurun dan menghasilkan perasaan tenang dan bahagia. Jadi, apabila pengin tahu cara mengatasi bad mood lainnya, kamu bisa mencari video-video lucu melalui handphone-mu dan tertawalah sebanyak mungkin.

4. Bicara dengan orang terdekat

Berinteraksi dengan orang lain juga dapat menjadi cara mengatasi bad mood lainnya yang ampuh. Ini akan meningkatkan suasana hatimu agar menjadi lebih baik. Bicarakan masalah, kekhawatiran, atau kejadian yang membuat mood-mu jelek dengan teman, sahabat, atau keluarga. Dengan begitu, kamu akan merasa sedikit lega, bahkan mungkin kamu juga bisa mendapatkan solusi akan masalah yang kamu alami.

Bahkan jika kamu nggak ingin membicarakan perasaanmu, menghabiskan waktu bersama orang lain, seperti berolahraga atau memasak, akan membantu meningkatkan suasana hati kamu juga.

5. Ubah pandangan dan cara berpikir

Cara kita berpikir memengaruhi perasaan kita. Kamu bisa aja merasa bad mood karena melihat temanmu lebih keren sebab bisa memiliki segala hal yang kamu inginkan, atau mungkin kamu merasa bad mood karena barang yang kamu beli di toko online tidak sesuai dengan yang kamu harapkan.

Maka dari itu, salah satu cara mengatasi bad mood yang cepat dan sederhana adalah dengan merubah ekspektasi dan berhenti membandingkan diri dengan orang lain. Alih-alih melihat apa yang nggak kamu miliki, lihatlah semua yang kamu miliki. Jangan pula menggantungkan kebahagiaan pada orang lain dengan berekspektasi yang tinggi.

6. Tingkatkan kualitas tidur

tingkatkan kualitas tidur
Source: imgflip.com

The Sainsbury's Living Well Index menemukan bahwa kualitas tidur adalah indikator utama untuk hidup dengan baik. Suasana hati yang buruk bisa membuat kita merasa lelah. Namun, kelelahan juga bisa berdampak buruk pada suasana hati kita. Maka dari itu, istirahat yang cukup adalah cara mengatasi bad mood akibat kelelahan.

Buat kalian yang pengin tahu udah cukup tidur atau belum, coba ikuti Tes Kualitas Tidur ini. Mungkin hasilnya bisa menentukan jangka waktu tidur yang memengaruhi bad mood, nih.

7. Menonton video kucing

Sebuah survei terhadap hampir 7.000 orang menemukan bahwa orang merasa lebih energik dan positif setelah menonton video kucing. Bahkan, kesenangan yang mereka dapatkan dari video itu lebih besar daripada rasa bersalah karena menunda-nunda. Oh, ya! Video hewan lain seperti anjing juga bisa, lho!

Apakah aku hanya bad mood, atau aku depresi?

bad mood atau depresi
Source: en.dopl3r.com

Banyak orang berpikir bahwa depresi hanya sekedar merasa sedih. Namun, sebenarnya depresi juga meliputi perasaan moody, tidak sabaran, marah, atau se-simple tidak peduli dengan apa pun.

Depresi adalah suasana hati yang terus-menerus rendah atau mudah tersinggung yang berlangsung selama dua minggu atau lebih,” kata Emily Bray, seorang psikiater dari Portsmouth Regional Hospital di Portsmouth, New Hampshire. “Terlepas dari apa yang sedang terjadi dalam hidup kamu, dengan depresi, kamu cenderung merasa tidak mood. Faktanya, kamu mungkin tidak dapat menikmati hal-hal yang dulu kamu anggap menyenangkan dan menarik.”

Baca Juga: Kenalan sama Gejala Gangguan Depresi

Di sisi lain, jika kamu dalam suasana hati yang buruk, emosi kamu bisa berubah dari menit ke menit, jam ke jam, kata Dr. Bray. Kamu mungkin menangis, sulit bangun dari tempat tidur, merasa lelah atau tidak dapat berkonsentrasi—gejala yang juga menyertai depresi. Namun, kamu lebih mungkin merasakan dorongan emosional jika sesuatu yang baik terjadi. Jika kamu berpartisipasi dalam aktivitas yang menurut kamu menarik, kamu mungkin melupakan kekhawatiranmu.

Maka dari itu, apabila bad mood yang kamu rasakan menghalangi diri sendiri dalam menjalani kehidupan sehari-hari, atau berurusan dengan orang lain, artinya ini lebih dari sekedar suasana hati yang buruk. Oleh sebab itu, kamu perlu memberi tahu seseorang.

Nah, kamu bisa coba bicarakan perasaan tidak bahagia, stres, atau masalah-masalah lainnya dengan terapis. Salah satunya, kamu bisa coba konseling dengan psikolog-psikolog profesional yang ada di Satu Persen.

Melalui layanan konseling Satu Persen kamu bisa melakukan konsultasi one-on-one dengan psikolog Satu Persen yang dapat membantu kamu menghadapi masalah-masalahmu. Nggak cuma itu, kamu juga akan mendapatkan tes-tes untuk mengenal diri kamu lebih dalam seperti Tes Kesehatan Mental, Kepribadian, dan Minat Karir.

Nah, untuk informasi lebih lengkapnya, kamu bisa klik gambar di bawah ini:

CTA-Blog-Post-06-1-16

Selain itu, kamu juga boleh banget nonton video Youtube Satu Persen berikut ini. Nanti kamu bakal bisa belajar penyebab dan solusi mengatasi sikap moody.


Oke, aku harap melalui artikel ini kamu bisa memahami cara mengatasi bad mood untuk menjaga suasana hatimu lebih baik, dan juga berkembang ke arah yang lebih baik, setidaknya Satu Persen setiap harinya! So, aku Anggi, Part-time Blog Writer Satu Persen, sampai jumpa di tulisanku berikutnya!!

Referensi:

Millard, Elizabeth. (2020). Forcing a Smile May Improve Your Mood, Study Suggests. Verywell Mind. Retrieved, January 04, 2022, from https://www.verywellmind.com/news-science-shows-smiling-really-does-make-us-feel-better-5075811

Hayes, Rose. (2018). How to Tell if Your Bad Mood Is Actually Depression. Share Care. Retrieved, at January 04, 2022, from https://www.sharecare.com/mental-health-behavior/anxiety-depression/how-tell-bad-mood-depression

Heins. Kathleen M. (2015). How to Tell If It’s a Bad Mood or Depression. Retrieved, at January 04, 2022, from https://www.everydayhealth.com/news/how-tell-its-bad-mood-depression/

Burton, Neel. (2017). 10 Simple Ways to Improve Your Mood When You're Feeling Down. Retrieved, at January 04, 2022, from https://www.psychologytoday.com/us/blog/hide-and-seek/201701/10-simple-ways-improve-your-mood-when-youre-feeling-down

Schupak, Amanda. (2015). 13 Things You Can Do To Improve Your Mood In 30 Seconds Or Less. Retrieved, at January 04, 2022, from https://www.self.com/story/13-things-you-can-do-to-improve-your-mood-in-30-seconds-or-less

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.