5 Metode Psikoterapi Ampuh untuk Menangani Gangguan Mental, Simak!

Kesehatan Mental
Tunjung Senja Widuri
7 Feb 2022
5 metode psikoterapi
Satu Persen - Metode Psikoterapi

Halo Perseners, balik lagi sama aku Senja, Part-time Blog Writer di Satu Persen.

Perseners, pasti udah paham betul bahwa orang yang mengalami gangguan mental perlu melakukan pengobatan secara serius kepada psikolog. Hal itu karena gangguan psikologis dapat memengaruhi aspek  fisik maupun mental terhadap orang yang mengalaminya. Salah satu metode yang biasa dilakukan oleh psikolog untuk mengobati masalah psikologis adalah psikoterapi.

So, kali ini aku mau bahas mengenai metode psikoterapi secara lebih mendalam. Kalian bisa baca artikel ini untuk dapat pemahaman yang lebih baik soal metode psikoterapi, ya!

metode psikoterapi
Cr. Pinterest.com

Apa itu Metode Psikoterapi?

Psikoterapi merupakan jenis metode terapi kesehatan mental yang biasa dilakukan menggunakan teknik verbal atau ucapan. Menurut American Psychological Association (APA), metode psikoterapi melibatkan komunikasi antara terapis dengan pasien yang bertujuan untuk membantu pasien tersebut. Psikoterapi membantu pasien untuk mengatasi masalah psikologis seperti, gangguan kecemasan, gangguan kepribadian, kecanduan, dampak trauma, dan masalah psikologis lainnya.

Metode psikoterapi memang banyak menggunakan teknik verbal dalam metode penyembuhan pasien. Namun, tidak menutup kemungkinan psikoterapi digunakan bersamaan dengan kombinasi obat-obatan. Hal itu dilakukan dengan menyesuaikan kondisi atau masalah psikologis pasien. Selain itu, terdapat beberapa tipe metode psikoterapi yang bisa dilakukan oleh terapis, berikut akan aku jelaskan di bawah ini:

1.Terapi individu

Terapi yang dilakukan secara individu antara terapis dan pasien dalam jangka waktu tertentu dengan tujuan kesembuhan pasien.

2. Terapi pasangan

Terapi yang dilakukan oleh terapis untuk membantu dua orang yang memiliki hubungan dengan masalah tertentu. Terapi bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan hubungan dua orang tersebut.

3. Terapi keluarga

Terapi yang berfokus pada peningkatan peran anggota keluarga agar dapat menyelesaikan permasalahan di dalam keluarga. Terapi meningkatkan komunikasi dan menciptakan keharmonisan dalam keluarga

4. Terapi kelompok

Terapi yang bertujuan untuk menyembuhkan beberapa individu dalam suatu kelompok dalam waktu yang bersamaan. Setiap orang di dalam kelompok memiliki tujuan yang sama sehingga anggota kelompok memiliki ikatan yang kuat untuk saling mendukung satu sama lain.

apa itu metode psikoterapi
Cr. imgur.com
Baca juga: Mengenal Art Therapy: Seni Baik bagi Kesehatan Mental?

5 Metode Psikoterapi

Terdapat variasi metode psikoterapi yang dapat digunakan. Hal ini tergantung dengan preferensi pasien, masalah pasien, dan latar belakang terapis sendiri dalam mengobati pasien. Berikut beberapa metode psikoterapi yang biasa dilakukan:

1.Terapi Perilaku (Behavioral Therapy)

Behavioral therapy adalah terapi yang berfokus pada tingkah laku. Secara rinci, terapi ini berusaha untuk mengidentifikasi dan mengubah perilaku tidak baik yang berpotensi dapat merusak diri pasien.

Terapi perilaku percaya bahwa perilaku seseorang berkaitan erat dengan masalah psikologis yang dialaminya. Oleh sebab itu, terapi perilaku berfokus pada masalah yang ada baru kemudian mendorong pasien untuk mengubah perilaku berdasarkan masalah yang sudah diketahui.

2. Terapi Perilaku Kognitif (Cognitive Behavioral Therapy)

Terapi perilaku kognitif atau CBT adalah metode psikoterapi yang membantu pasien untuk memahami pikiran dan perasaan yang mempengaruhi perilaku pasien. CBT melibatkan teknik kognitif dan perilaku untuk mengubah pikiran dan perilaku negatif pasien.

Terapi ini dapat membantu pasien untuk mengubah pola pikir yang menjadi kunci permasalahan perilaku pasien. CBT dapat digunakan untuk mengobati berbagai kondisi termasuk fobia, kecanduan, depresi, kecemasan, dan lain-lain.

terapi perilaku kognitif
Cr. memegenerator.net

3. Terapi Kognitif (Cognitive Therapy)

Terapi kognitif adalah metode psikoterapi yang didasarkan pada konsep cara berpikir seseorang yang kemudian memengaruhi perasaan emosional. Terapi kognitif berfokus pada gagasan bahwa pikiran berpengaruh kuat pada kesehatan mental. Semisal, jika kalian cenderung melihat sesuatu dari sisi negatif saja, dampaknya adalah kalian juga akan memiliki suasana hati dan pandangan yang buruk terhadap sesuatu.

terapi kognitif
Cr. imgflip.com

4. Terapi Humanistik (Humanistic Therapy)

Terapi humanistik adalah metode psikoterapi yang berfokus membantu orang untuk memaksimalkan potensi mereka dan menekankan pentingnya eksplorasi diri, kehendak bebas, dan aktualisasi diri. Secara singkat, terapi humanistik membantu seseorang untuk mencari kepuasan dan arti kehidupan.

Terapi humanistik percaya bahwa setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam memaknai hidup. Prinsip dan pandangan yang dimiliki dapat menuntun pasien untuk mengambil tindakan yang tepat untuk kesembuhan pasien itu sendiri. Hal yang perlu diingat adalah ketika pasien melakukan eksplorasi dan mengembangkan potensi diri,  ia harus berada dalam pengawasan terapis.

5. Terapi Psikoanalitik (Psychoanalytic Therapy)

Terapi ini didasarkan pada teori psikoanalisis Sigmund Freud yang melakukan pendekatan kepada pikiran alam bawah sadar pasien. Terapi ini berfokus pada alam bawah sadar yang akan memengaruhi pikiran, perasaan, dan perilaku pasien.

Terapi psikoanalitik akan mengajak pasien bernostalgia dengan pengalaman  dari masa lalu yang berpengaruh pada masalah psikologis yang dialami pasien. Hal ini karena menurut Freud, alam bawah sadar seringkali menjadi penyebab utama gangguan psikologis atau tekanan yang dialami seseorang.

Baca juga: Masalah Kesehatan Mental di Indonesia

Konsultasikan Langsung ke Psikolog Untuk Penanganan yang Tepat!

Seperti yang udah aku jelasin tadi bahwa orang yang mengalami gangguan psikologis perlu melakukan pengobatan serius kepada psikolog. Ditambah, metode psikoterapi juga hanya dapat dilakukan oleh psikolog atau terapis. Jadi, semisal Perseners merasa memiliki kecenderungan yang mengarah pada masalah psikologis, sebaiknya konsultasikan langsung ke psikolog atau ahlinya, ya!

konsultasi ke psikolog
Cr.vox.com

Nah, Satu Persen di sini hadir menyediakan layanan konsultasi yang tepat untuk kalian. Melalui layanan konseling, kalian akan dibimbing untuk berdamai dengan masalah psikologis kalian. Hal ini karena selama konseling, nantinya kalian akan diberi asesmen mendalam untuk mendapatkan diagnosis dan langkah penanganan yang tepat dalam memulihkan kondisi kalian.

CTA-Blog-Post-06-1-16

Untuk tahu kondisi kesehatan mental kalian, yuk kepoin Tes Sehat Mental Satu Persen di sini, ya! Terakhir, aku mau pesen buat Perseners untuk selalu jaga kesehatan mental kalian. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Buat kalian yang masih bingung kenapa kita perlu banget melakukan konseling, coba tonton Youtube Satu Persen di bawah ini ya!

Referensi:

What is Psychotherapy?. https://www.psychiatry.org/patients-families/psychotherapy. Diakses 27 Januari 2022.

What Is Psychotherapy?.https://www.verywellmind.com/psychotherapy-4157172 Diakses 27 Januari 2022.

Psychotherapy. https://www.webmd.com/mental-health/mental-health-psychotherapy. Diakses 27 Januari 2022.

Behavioral Therapy. https://www.healthline.com/health/behavioral-therapy#:~:text=Behavioral%20therapy%20is%20an%20umbrella,unhealthy%20behaviors%20can%20be%20changed. Diakses 27 Januari 2022.

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.