Love Language: Memahami Words of Affirmation Buat Para Pejuang LDR

Hubungan
Tunjung Senja Widuri
29 Okt 2021
Words of Affirmation - Long Distance Relationship (LDR)
Satu Persen - Memahami Words of Affirmation Buat Para Pejuang LDR

Halo Perseners, gimana kabarnya? Semoga kalian sehat selalu, ya!

Perseners, ada yang pernah mengalami putus cinta karena Long Distance Relationship (LDR), gak? Patah hati setelah putus cinta rasanya emang sakit banget, ya! Saking sakitnya, terkadang sampai tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata.

Kalau Cita Citata bilang mah, “Sakitnya tuh di sini di dalam hatiku, sakitnya tuh di sini pas kena hatiku.”

Sebenernya apa sih, yang menyebabkan kandasnya hubungan LDR? Sebagian besar orang menjawab bahwa komunikasi menjadi penyebab utamanya. Banyak pasangan LDR mengaku tidak dihargai oleh pasangannya. Mereka ngerasa pasangannya gak perhatian dan susah buat ngertiin satu sama lain.

Belum lagi kalau ada miskomunikasi antar pasangan. Biasanya buntutnya bisa panjang kalau salah satu tidak bisa mengomunikasikan dengan baik. Pasangan bisa kehilangan rasa kepercayaan satu sama lain. Intinya, jarak bisa mengurangi intensitas dalam komunikasi dan berdampak pada keharmonisan pasangan.

So, kalian harus paham kalau komunikasi itu penting banget Perseners buat menjalani hubungan LDR. Lalu, komunikasi seperti apa yang membuat hubungan LDR bisa harmonis? Jawabannya adalah words of affirmation.

Intinya, menurut Gary Chapman ada 5 bentuk love language, yaitu words of affirmation, quality time, receiving gift, acts of service, dan physical touch. Dan menurutku, words of affirmation adalah salah satu bentuk love language yang penting buat dipahami oleh pasangan yang melakukan LDR.

Nah, kali ini aku mau bakal bahas soal words of affirmation. Apa sih sebenarnya words of affirmation itu?

long distance relationship
Sumber: @ldr_Indonesia

Perseners udah pernah baca buku 5 love language karya Gary Chapman, belum? Kalau belum, kalian bisa kepoin juga artikel love language Satu Persen di bawah ini buat penjelasannya, ya!

Baca juga: 5 Bahasa Cinta: Mengenal Arti Love Language dan Cara Mengetahuinya

Definisi Words of Affirmation

Words of affirmation adalah ungkapan atau ekspresi cinta melalui pujian, motivasi, dan apresiasi kepada orang yang kalian sayangi. Pasangan LDR yang terpisah oleh ruang apalagi waktu perlu memiliki hubungan harmonis yang dibangun melalui words of affirmation.

Kata-kata dapat menjadi suara Perseners untuk mengungkapkan isi hati kalian kepada pasangan. Words of affirmation dapat menjadi obat saat kalian tidak bisa memberikan bentuk love language lain seperti quality time, receiving gift, acts of service, dan physical touch kepada pasangan.

Words have power
Sumber: unsplash.com

Cara Mengungkapkan Words of Affirmation

Aku udah merangkum beberapa poin yang bisa kalian lakuin buat ungkapin words of affirmation. Apa aja itu?

1. Jadilah diri sendiri

Hal pertama yang perlu Perseners lakukan adalah menemukan words of affirmation versi diri kalian sendiri. Perseners dapat menyusun kata-kata terindah dan mengekspresikan itu kepada pasangan. Sesekali Perseners juga bisa mengadopsi kata-kata dari penulis atau pujangga kesukaan kalian untuk merepresentasikan diri kalian sebagai sosok yang Perseners mau. Ini bisa ngebuat words of affirmation terasa lebih spesial.

2. Beri perhatian

Tunjukan perhatian kalian kepada pasangan. Biarkan pasangan menyadari bahwa kalian adalah sosok yang pengertian. Pahami perasaannya terutama saat pasangan sedang merasa sedih.

3. Mengapresiasi pasangan

Hargai pasangan dengan mengapresiasi setiap hal kecil yang dia lakukan. Hal kecil seperti memberikan pujian buat makanan yang pasangan kalian buat, secara gak langsung mampu memotivasi pasangan ke arah yang lebih positif. Dampaknya pun, hubungan kalian dan pasangan akan semakin harmonis, Perseners!

4. Jangan segan untuk mengatakan sayang

Jangan bosan buat ucapain kata-kata sayang, walaupun kata-kata sayang udah sering banget diucapkan. Kalian bisa menemukan cara baru untuk komunikasikan itu ke pasangan. Buat pasangan kalian ngerasa kalau dia itu disayang dan dicintai setiap harinya.

5. Beri motivasi

Motivasi itu penting banget buat mendorong dan mendukung pasangan. Contohnya, saat pasangan kalian sedang dalam kondisi yang tidak baik, solusinya adalah memberi motivasi agar ia bisa semangat buat menghadapi kondisinya. Bantu pasangan kalian untuk melihat nilai-nilai baik di dalam dirinya.

6. Pahami media komunikasi

Oh iya, media untuk menyampaikan words of affirmation juga menjadi faktor yang harus diperhatikan. Media yang Perseners pilih juga dapat mengurangi kesalahpahaman komunikasi saat LDR. Semisal emang kalian lagi butuh diskusi serius sama pasangan, hindari diskusi via pesan chat. Karena biasanya hal itu lebih rawan menimbulkan kesalahpahaman entah karena pesan delay, salah ketik, atau gak ada intonasi suara yang keluar.

Komunikasi Itu Penting

Seperti yang sudah aku jelaskan di awal, secara umum inti dari sebuah hubungan itu adalah komunikasi. Komunikasi membangun kepercayaan dan membuat pasangan kalian memahami satu sama lain meskipun lagi LDR.

Komunikasi antar pasangan itu lingkupnya luas banget. Words of affirmation adalah salah satu bentuk komunikasi itu. Komunikasi ngebantu kita untuk menghargai perbedaan, menghindari konflik, dan kesalahpahaman.

Komunikasi yang baik juga gak dihitung dari seberapa sering kamu menghubungi pasangan kalian. Sama halnya dengan words of affirmation yang tidak dapat diukur dari frekuensi kamu memuji pasangan. Hal terpenting adalah memperhatikan kualitas saat kalian berkomunikasi karena komunikasi adalah kunci sukses untuk menjalin hubungan.

Kalau masih bingung dengan tipe love language kalian! Perseners dapat mengikuti tes online di bawah ini ya!

Coba juga: Tes Love Language: Temukan Tipe Bahasa Cintamu

Jadi, gimana Perseners? Apakah penjelasan aku mengenai words of affirmation mudah dipahami? Semoga bisa ngebantu kalian buat yang lagi kesulitan menjalani hubungan LDR, ya!

Kalo Perseners merasa kesulitan buat ngungkapin words of affirmation ke pasangan, kalian bisa mulai buat ngobrolin lewat mentoring Satu Persen. Kalian bisa ceritain secara lebih jujur bahasa cinta yang ingin Perseners ungkapin ataupun belajar gimana cara berkomunikasi yang lebih baik ke pasangan kalan bersama mentor-mentor yang terlatih.

So, sekian dulu dari aku, ya. Aku Senja, Part-time Blog Writer Satu Persen pamit undur diri.  Sampai jumpa lagi!

Referensi:

Chapman, G. D. 1995. The five love languages: How to express heartfelt commitment to your mate. Chicago: Northfield Pub.

https://www.verywellmind.com/words-of-affirmation-4783539

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.