Merasa Cemas dan Takut sama Hari Senin? (Tips Mengatasi Monday Blues)

Produktivitas
Afifah Iftah Nurul Isnaini
20 Des 2021
Satu Persen - Rasa Cemas dan Takut pada Hari Senin

Hai, Perseners! Apa kabar? Gimana kerjaan di kantor? Semoga aman, ya.

Ada yang ngerasa gak kalo pas weekend waktu rasanya cepet banget berlalu? Gak kerasa kok tau-tau udah senin lagi, ya? Udah harus mulai kerja lagi. Udah bayangin kerjaan yang numpuk jadi bikin gak semangat. Kalo kalian merasa relate sama kondisi ini, bisa jadi kalian mengalami Monday Blues.

Sebelum aku kasih tahu lebih lanjut apa itu Monday Blues, kita kenalan dulu, ya. Kenalin, aku Fifi, Part-time Blog Writer Satu Persen.

Apa Itu Monday Blues?

monday blues - cemas di hari senin - takut hari senin
Cr. shutterstock.com

Monday Blues adalah kondisi di mana kita merasa stres, cemas, dan tidak bersemangat menjelang hari Senin. Menurut psikolog klinis, Deepali Brata, banyak orang menganggap hari Senin sebagai hari yang menegangkan karena kebanyakan dari mereka diberi target mingguan pada hari ini.

Hari Senin merupakan hari pertama untuk memulai weekdays setelah libur selama 2 hari. Menjelang hari Senin, memori kita terdorong untuk mengingat banyaknya pekerjaan yang membosankan dan untuk menuju weekend harus melewati beberapa hari kerja yang terasa panjang.

Ada banyak faktor lain yang menyebabkan Monday Blues. Beberapa yang menjadi faktor umum seperti:

- Tidak puas dengan pekerjaan yang dilakukan

- Tidak bahagia dengan lingkungan kerja, rekan, atau atasan

- Bosan dengan rutinitas yang dijalani

- Pekerjaan yang dilakukan mengganggu kegiatan pribadi (tuntutan kerja tinggi yang membuat sulit beristirahat)

Menurut Beta Kurnia, psikolog klinis, permasalahan sebenarnya bukan terletak pada hari Senin, melainkan apa yang terjadi di hari Senin. Perasaan cemas dan khawatir dapat menurunkan kinerja seseorang dalam berbagai pekerjaan. Monday Blues yang berlarut-larut juga bisa berdampak pada kinerja di hari-hari berikutnya. Karenanya, tentu saja kondisi ini perlu diatasi supaya mampu melakukan pekerjaan secara maksimal.

Tips untuk Mengatasi Monday Blues

1. Cari Tahu Akar Masalahnya

Cr. shutterstock.com

Monday blues bisa menjadi tanda bahwa kamu tidak nyaman dengan pekerjaanmu. Kalau kamu merasa yang kamu kerjakan dari senin sampai jumat membosankan, maka hari Senin menjadi hal yang menegangkan dan mengganggu akhir pekanmu. Tapi, kamu masih harus mencari tahu akar dari permasalahanmu tersebut.

Mengetahui secara jelas faktor pemicu dari masalah yang kamu hadapi bisa membantu untuk mencari solusi. Terpaku pada rasa takut dan cemas tentang situasi mendatang tidak akan membuatmu menjadi lebih baik. Coba kamu cari tahu apa akar masalah yang membuatmu mengalami Monday Blues, seperti:

a. Emosi apa yang sebenarnya kamu rasakan? Sedih, cemas, takut atau stres?

b. Apa yang membuatmu merasakan emosi itu? Lingkungan, atasan, atau tugas-tugas yang kamu kerjakan?

c. Solusi apa yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya?

Ambil kertas dan pulpen, kemudian catat beberapa hal yang bisa membantu kamu menjawab pertanyaan di atas. Solusi yang kamu tulis di kertas tadi dapat membantu lebih siap menghadapi awal hari dengan semangat.

2. Lakukan Kegiatan Menyenangkan Selama Akhir Pekan

Menurut seorang psikolog, Kathryn Ely, akhir pekan merupakan saat yang tepat untuk memanjakan diri. Monday Blues bisa terjadi karena kita tidak memberikan perlakuan istimewa pada tubuh kita di akhir pekan. Jika pada hari biasanya kita tidak punya banyak waktu untuk makan, istirahat, atau olahraga, maka akhir pekan adalah waktu yang tepat.

Akhir pekan menjadi kesempatan untuk membuat hidup kita lebih seimbang. Kita juga bebas melakukan hal-hal menyenangkan sesuai dengan hobi kita di akhir pekan. Olahraga dan makan makanan bergizi saat akhir pekan bisa membuat kita lebih segar pada senin pagi.

3. Keluar dari Urusan Pekerjaan Selama Akhir Pekan

Monday Blues bisa jadi tanda bahwa kamu perlu memiliki batasan yang jelas antara waktu bekerja dan bersantai. Jika saat akhir pekan kamu masih melakukan pekerjaan kantor, maka kamu akan lebih mudah lelah dan tidak memiliki semangat pada hari Senin. Meski tidak mudah untuk benar-benar lepas dari urusan pekerjaan, cara ini perlu kamu coba.

Tapi, jika kamu punya pekerjaan penting yang harus kamu selesaikan pada hari Senin, luangkan waktu 1 atau 2 jam untuk mengerjakannya. Kamu bisa bersantai seharian pada hari Sabtu dan menyelesaikan pekerjaan pada hari Minggu. Dengan cara ini kamu tidak kehilangan waktu istirahatmu dan kamu juga bisa mengurangi beban pekerjaan di hari Senin.

YouTube Satu Persen - Work-Life Balance

4. Hindari Jadwal yang Padat pada Hari Senin

Jika memungkinkan, hindari membuat banyak jadwal rapat atau pekerjaan berat pada hari Senin. Setelah melewati akhir pekan yang santai, kemungkinan kamu akan kewalahan jika memiliki terlalu banyak jadwal pada hari Senin. Buatlah kondisi pekerjaan yang nyaman sebagai bentuk adaptasi pada pekerjaan. Mungkin terdengar remeh menjadikan hari Senin untuk adaptasi. Tapi, hal ini perlu dilakukan supaya kondisi emosi siap bekerja setelah bersantai.

5. Tidur Lebih Awal dan Bangun Pagi

monday blues - cemas dan takut hari senin
Cr. medium.com

Weekend adalah waktu yang tepat untuk kamu bisa bersantai dan bangun tidur semaumu. Sebaliknya, ketika weekdays sebaiknya kamu bangun lebih awal. Bangun pagi memberi manfaat untuk kamu punya waktu luang sebelum berangkat kerja.

Waktu yang tersedia bisa kamu manfaatkan untuk memasak makanan, olahraga, meditasi, dan mempersiapkan diri dengan maksimal. Kamu juga jadi tidak perlu terburu-buru untuk segera berangkat ke kantor. Dengan melakukan berbagai aktivitas di pagi hari, hal ini bisa membuat mood kamu menjadi positif.

Coba Juga: Tes Kualitas Tidur

6. Memakai Baju Favorit

Memakai pakaian favorit bisa meningkatkan mood agar lebih semangat dan percaya diri, lho. Untuk meningkatkan mood kamu di hari Senin, kamu bisa pakai baju terbaikmu dan berdandan supaya penampilanmu lebih maksimal. Gaya berpakaian dan warna pakaian yang sesuai dengan kesukaanmu bisa membuat kamu makin percaya diri dan semangat memulai hari baru.

Nah, beberapa tips di atas bisa kamu terapkan supaya kamu makin siap menghadapi hari Senin. Buat kamu yang merasa masih sulit untuk mengatasi Monday Blues, Satu Persen bisa bantu kamu. Kamu bisa memanfaatkan layanan mentoring yang disediakan Satu Persen dan berkonsultasi dengan para mentor lulusan S1 psikologi yang terlatih. Nantinya, kamu akan dibantu untuk mengatasi semua permasalahan yang kamu punya.

Kamu bisa langsung klik banner di bawah ini buat informasi lengkapnya, ya!

Mentoring-5

Sekian konten untuk tips mengatasi Monday Blues. Sampai jumpa di konten-kontenku selanjutnya dan selamat menjalani #HidupSeutuhnya!

Referensi:

Andrews, L, W. (2012). Are Monday Mornings Really That Awful? Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/minding-the-body/201204/are-monday-mornings-really-awful

Lamothe, C. (2019). How To Beat the (Very Real) Monday Blues. Healthline. https://www.healthline.com/health/monday-blues

Arora, G. (2019). Feeling Monday Blues? Here's What This Psychologist Have To Say About It. Ndtv. https://www.ndtv.com/health/feeling-monday-blues-heres-what-this-psychologist-have-to-say-about-it-2002314

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.