Hari Gini Ngobrol Masih Sering Miskom? (Tips Komunikasi Efektif)

Pemahaman Diri
Audra Levana Adelia
5 Jan 2022

Perseners pernah gak sih bertanya-tanya, apakah manusia bisa hidup sendirian tanpa manusia lainnya? Atau bisa gak ya, aku hidup sendiri tanpa bantuan dari teman-teman atau bahkan keluarga sendiri?

Faktanya, kita gak bisa hidup sendirian tanpa orang lain, loh.

Dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, kita sebagai seorang manusia pasti berhubungan dengan manusia lainnya. Kita gak bisa sepenuhnya hidup sendirian tanpa bantuan dari orang lain. Pasti pada satu titik, bakalan ada campur tangan manusia lainnya sedikit apapun itu.

Hal inilah mengapa seorang filsuf asal Yunani, Aristoteles, mengatakan bahwa pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial. Bahwa kodratnya seorang adalah untuk bermasyarakat dan saling berinteraksi antara satu sama lain.

Saat kita berinteraksi dengan orang lain, di situlah terciptanya suatu komunikasi. Sederhananya, komunikasi adalah kegiatan menyampaikan ide, perasaan, atau informasi kepada orang lain ataupun sebaliknya.

Contoh gampang dari komunikasi sendiri adalah saat kamu lagi ngobrol sama teman kamu. Karena lewat hal tersebut, terjadi pertukaran informasi dari kamu ke teman kamu dan begitupun sebaliknya.

komunikasi efektif - ngobrol anti miskom
cr: freepik

Tapi, komunikasi itu gak selalu terjadi secara langsung, melainkan terkadang juga terjadi secara gak langsung. Alias, bisa dilakukan melalui lisan maupun tulisan.

Sayangnya mau bagaimanapun bentuk komunikasi yang dilakukan, komunikasi gak akan berjalan dengan lancar kalau gak dilakukan secara efektif.

Pasti kamu langsung bertanya-tanya, gimana sih memangnya komunikasi yang efektif itu? Apa aja yang diperhatikan agar komunikasi dengan orang lain bisa berjalan secara efektif?  

Di sini, aku, Audra, Part-time Blog Writer Satu Persen bakal menjelaskan lebih dalam tentang komunikasi efektif biar kamu bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Let’s check it out!

Baca Juga: Komunikasi Asertif: Tips Bicara Tegas Tanpa Terkesan Menghakimi

Apa itu Komunikasi Efektif?

apa itu komunikasi efektif
cr: soject

Gampangnya, komunikasi efektif adalah komunikasi yang terjadi di mana pemberi informasi dan penerima informasi memiliki paham yang sama terhadap informasi yang disampaikan.

Jadi, komunikasi efektif pada dasarnya gak hanya sekedar tentang saling bertukar informasi aja. Tapi, tentang memahami emosi dan niat di balik informasi yang disampaikan.

Apabila kita dalam berkomunikasi bisa memahami isi, emosi dan niat dari informasi yang disampaikan, maka kita akan terhindar dari adanya kesalahpahaman. Dan di situlah pentingnya komunikasi efektif, kita jadi bisa memahami satu sama lain.

Contoh komunikasi efektif secara sederhana adalah saat dosen menjelaskan materi kuliah kepada mahasiswanya. Apabila mahasiswa bisa memahami seluruh materi yang dijelaskan oleh si dosen, maka terciptakan komunikasi yang efektif.

Hal ini karena dosen sebagai pemberi informasi bisa memberikan informasi kepada mahasiswa sebagai penerima informasi dengan jelas dan dapat dipahami.

komunikasi efektif - ngobrol anti miskom
cr: universitystudent.org

Pada dasarnya, komunikasi efektif itu bisa diterapkan dimana saja loh, baik di rumah, sekolah, tempat kerja ataupun di lingkup pertemanan. Namun, penerapannya gak semudah kita membalikkan telapak tangan.

Maka dari itu, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar mencapai komunikasi yang efektif dengan orang lain!

Tips Melakukan Komunikasi yang Efektif

1. Pahami siapa penerima informasimu

Dalam menerapkan komunikasi efektif, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memahami siapa penerima informasi dari informasi yang akan kamu sampaikan. Atau gampangnya, pahami siapa lawan bicaramu.

Berkomunikasi dengan satu orang dan orang lainnya bisa sangat berbeda, loh. Maka dari itu, gak bisa kamu generalisasi. Kamu harus paham siapa penerima informasinya, dan terapkan cara yang sesuai agar dapat dipahami oleh mereka.

Contohnya, saat kamu menyampaikan informasi kepada teman kamu. Belum tentu jika kamu sampaikan hal yang sama dengan cara yang sama, informasi yang kamu sampaikan akan dipahami juga oleh adik kamu yang masih kecil.

2. Gunakan bahasa yang mudah dipahami

Terkadang, masalah utama dalam komunikasi yang tidak efektif adalah bahasa yang digunakan terlalu bertele-tele. Hal ini menyebabkan informasinya jadi tidak mudah buat dipahami. Bahkan, bisa juga terjadi kesalahpahaman antara pemberi informasi dan penerima informasi.

Maka dari itu, penting banget untuk memakai bahasa yang simpel dan mudah dipahami oleh lawan bicara kamu dalam berkomunikasi.

Dengan memakai bahasa yang mudah dipahami, informasi yang akan kamu sampaikan akan lebih mudah dicerna oleh lawan bicara kamu. Alhasil, hal ini bakalan menciptakan suatu komunikasi yang efektif.

2. Belajar untuk menjadi pendengar

Dalam komunikasi efektif, menjadi pendengar sangatlah penting. Karena menjadi pendengar yang baik tidak hanya bermanfaat bagi penerima informasi aja, loh. Tapi, juga akan berguna bagi si pemberi informasi.

komunikasi efektif - pendengar yang baik
cr: memegenerator

Hal ini karena saat kamu terbiasa menjadi seorang pendengar, kamu akan tahu bagaimana proses mencerna informasi yang baik dan tepat. Kamu jadi paham dan tahu cara seperti apa yang tepat untuk menyampaikan sebuah informasi.

Baca Juga: Public Speaking: Kenapa Itu Penting dan Bagaimana Melatihnya?

Walaupun terlihat gampang, tapi untuk menerapkan tips-tips di atas pasti bakal sulit banget dilakukan sendirian. Kamu mungkin butuh "teman" untuk bisa membantu dalam mempraktikkan komunikasi efektif dalam kehidupan sehari-hari.

Coba Juga: Tes Kecemasan Public Speaking

Dengan ditemani oleh seorang mentor melalui layaran mentoring dari Satu Persen, kamu pasti bisa gak bakal kesusahan untuk mempraktekkannya nanti. Langsung aja klik banner di bawah ini, ya!

Mentoring-5

Buat referensi tambahan, kamu bisa banget nonton video YouTube Satu Persen di bawah ini untuk bisa memahami komunikasi efektif lebih dalam lagi.

Akhir kata, sekian dari aku. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa membantu kamu menerapkan komunikasi efektif kedepannya agar bisa menjalani #HidupSeutuhnya.

Sampai jumpa di tulisanku selanjutnya!

Referensi:

Khemesh, S. (2017). EFFECTIVE COMMUNICATION TECHNIQUES. Retrieved on December 27, 2021 from

https://www.researchgate.net/publication/331745017_EFFECTIVE_COMMUNICATION_TECHNIQUES  

Mager, D. (2017). The 4 Primary Principles of Communication. Retrieved on December 26, 2021 from The 4 Primary Principles of Communication | Psychology Today

Robinson, L., Segal, J. & Smith, M. (2020). Effective Communication. Retrieved on December 27, 2021 from Effective Communication - HelpGuide.org

Referensi Gambar:

Soject. (2021). 12 Barriers to Effective Communication | The Skill You Need. Retrieved on December 28, 2021 from 12 Barriers to Effective Communication | The Skill You Need - Soject

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.