Semangat Hidup dan Cara Meningkatkannya

Pemahaman Diri
Fathan Akbar
31 Jul 2020

Setiap dari kamu bisa dibilang memiliki pengalaman yang kurang menyenangkan tersendiri selama menjalani hidup. Entah itu karena direndahkan oleh orang lain, kehilangan pekerjaan, ditinggal oleh orang tersayang dalam hidup. Tak jarang itu semua berdampak kepada dirimu dalam berkehidupan. Salah satunya melalui kehilangan semangat hidup yang mungkin kamu alami sehari-harinya.

Misalnya, kamu baru saja mengalami patah hati yang hebat akibat diputusin sama pacar. Selayaknya orang patah hati, kamu merasa galau gak karuan dalam beraktivitas sehari-hari. Dari situ, kamu pun berpikir, “Duh, kayaknya aku gak bisa deh hidup tanpa dia”, “Habisnya dia udah jadi diary hidup yang tak tergantikan aku selama ini”. Akibatnya, kamu jadi merasa kehilangan semangat dalam menjalani hidup deh!

Sebenarnya, wajar aja kok ketika kamu merasa kayak begitu, sebab hidup bisa dibilang selalu ada naik turunnya. Tetapi, tentunya itu gak bisa kamu biarin begitu saja, karena dapat mengganggu berbagai aspek kehidupan lainnya. Maka dari itu, aku bakal mencoba ngebantu kamu buat meningkatkan semangat hidupmu yang hilang itu lewat tulisan ini. Penasaran? Yuk simak sampai habis!

Mengenal Kehilangan Semangat Hidup

Nah, secara umum, kehilangan semangat hidup dapat diartikan sebagai kondisi dimana kamu mengalami penurunan gairah dan motivasi dalam menjalani hidup. Mulai dari gak bersemangat berangkat kuliah, mengerjakan pekerjaan, sampai bangun di pagi hari yang kamu alami. Ini salah satunya disebabkan oleh peristiwa kurang menyenangkan yang pernah kamu alami. Hal itulah yang seringkali mungkin membuat lo kehilangan semangat sob!

Perlu kamu ingat, penyebab kehilangan semangat hidup merupakan sesuatu yang relatif bagi setiap orang. Hal itu disebabkan oleh pengalaman hidup berbeda-berbeda yang setiap kamu alami. Ada yang karena habis diputusin sama pacar, kehilangan pekerjaan, mengalami sakit berat, dan lain-lain. Semua itu lah yang mungkin membentuk perasaan lesu yang lo miliki saat ini.

Dari situ, kehilangan semangat hidup dapat berdampak negatif bagi diri lo dalam sehari-harinya. Ketika kehilangan itu, kamu jadi cenderung memiliki mood yang kurang baik, sehingga jadi malas melakukan sesuatu. Hal itu salah satunya menurunkan produktivitas diri kamu dalam melakukan suatu pekerjaan. Alhasil, kehilangan semangat dapat membuat tanggung jawab yang lo miliki terbengkalai deh!

Maka dari itu, semangat hidup bisa dibilang menjadi sesuatu yang penting buat kamu miliki.

Melalui itu, kamu bisa jadi lebih percaya diri dan optimis dalam mencapai suatu hal. Selain itu, semangat juga dapat meningkatkan taraf kebahagiaan kamu dalam berkehidupan. Dengan begitu, memiliki semangat dapat membuat hidup kamu lebih baik sob!

Cara Mengatasi Kehilangan Semangat Hidup

Mungkin kamu bakal bertanya, “Terus gimana dong cara buat mengatasi kehilangan semangat dalam hidup?”, “Soalnya aku udah gak tau lagi harus kayak gimana”. Emang sih, mungkin ini berat bagi diri kamu buat menghadapinya. Tetapi, kamu bisa kok mengatasi kehilangan semangat hidup melalui hal berikut ini:

1. Kenali Dirimu Lebih Lanjut

Seringkali mungkin alasan kenapa kamu kehilangan semangat hidup karena gak tahu apa yang diinginkan dalam hidup. Mulai dari perihal pendidikan, pekerjaan, sampai keimanan yang lo hadapi. Oleh sebab itu, kamu bisa mencoba mengenali dirimu lebih lanjut guna mengetahui apa yang sebenarnya diinginkan dalam hidup. Dengan begitu, ini bisa mengatasi perasaan kehilangan semangat yang kamu alami deh!

Misalnya, kamu baru saja ditolak saat melamar pekerjaan di suatu perusahaan. Dari situ, kamu jadi putus asa buat mencari pekerjaan lain, yang membuatmu kehilangan semangat. Nah, kamu bisa mencoba mengenali dirimu lebih lanjut, seperti mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dirimu miliki. Harapannya, mengenali diri lebih lanjut bisa membantumu menghadapi kehilangan semangat hidup sob!

2. Tentukan Tujuan Hidupmu yang Jelas

Terdapat alasan yang mungkin membuat kamu kehilangan semangat hidup, yaitu kurang jelasnya tujuan yang diciptakan. Mulai dari tujuan yang kurang rinci, sampai gak tau apa alasan dibalik tujuan tersebut. Oleh sebab itu, kamu perlu menentukan tujuan hidup yang jelas, guna membantumu mencapai tujuan yang ada. Dengan begitu, ini bisa membantumu menghadapi kehilangan semangat hidup deh!

Misalnya, kamu punya tujuan hidup untuk menjadi peternak lele yang sukses. Nah, kamu bisa memikirkan untuk apa kamu menentukan tujuan hidup lo itu. Mulai dari ingin menjadi orang kaya raya, membahagiakan orang tua, sampai menjadi pribadi yang bahagia.. Harapannya, tujuan hidup yang jelas dapat membantu kamu dalam menghadapi kehilangan semangat hidup sob!

Bagi kamu yang masih bingung untuk menemukan tujuan hidup, bisa banget baca artikel aku tentang “Tujuan hidup, dan memahami dan merencanakannya”.

Ingat, kehilangan semangat merupakan sesuatu yang wajar untuk kamu alami. Oleh sebab itu, cobalah jujur kepada diri sendiri mengenai apapun yang lagi kamu rasakan. Semoga tulisan ini bisa membantu kamu dalam menghadapi kehilangan semangat hidup ya sob!

Kalo kamu merasa bingung dalam menghadapi kehilangan semangat, santai aja, kamu bisa ikut mentoring Satu Persen. Di dalamnya kamu bisa menceritakan kesulitan kamu tersebut bersama mentor-mentor yang terlatih. Jangan lupa buat terus pantengin informasi dari kita dengan follow instagram Satu Persen di @satupersenofficial. Selain itu, kamu juga bisa nonton video YouTube Satu Persen tentang “Membangkitkan Semangat Hidup: Video Motivasi Mengubah Konsep Diri (Self Concept)” di bawah ini. Aku harap lewat membaca artikel ini ini bisa membuat kamu berkembang menjadi lebih baik, seenggaknya Satu Persen setiap harinya. Aku Fathan dari Satu Persen, thanks!

Referensi

Life Coach Spotter.com. (2020). How To Find Yourself Again When You're Feeling Lost. Retrieved by https://www.lifecoachspotter.com/how-to-find-yourself-when-feeling-lost/

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.