Pentingnya Hobi untuk Menggali Potensi Diri

Pemahaman Diri
Dyah Ayu Annisa
1 Sep 2020

Ngomongin soal hobi, biasanya merujuk pada aktivitas yang kita suka lakukan saat senggang. Nah kalian biasanya ngapain nih? Setiap orang pastilah mempunyai hobi sendiri-sendiri, bisa seperti memasak, bermain sepak bola, membaca, menonton, fotografi, berkebun, olahraga, dan masih banyak lagi. Biasanya hobi dilakukan untuk memberikan rasa senang dan mengusir stres setelah melakukan aktivitas sehari-hari yang pelik. Bisa dibilang hobi cukup mempunyai peran penting dalam keseharian kita.

Selain itu hobi juga memiliki banyak manfaat loh, salah satunya untuk mengembangin skill dan menggali potensi kita lebih dalam. Terkadang kita menemukan bakat terpendam kita yang tidak kita sadari melalui hobi. Misalnya kamu punya hobi nonton dan setelah nonton kamu ceritain ke temen-temen-mu tentang cerita yang kamu tonton itu, nah bisa jadi kamu punya hobi jadi story-teller atau mengarang cerita. Mau tau manfaat hobi apa aja? Nah di artikel ini Satu Persen akan membahas banyak manfaat mempunyai hobi dan pentingnya hobi. Stay tuned ya.

Manfaat Hobi

Hobi membuat kita keluar sejenak dari aktivitas sehari-hari dengan melakukan hal yang kita senangi. Melakukan hobi sudah terbukti dapat meredakan stres loh guys. Berbagai jenis hobi juga memberikan manfaat yang berbeda juga, yuk simak penjelasan berikut.

  • Manfaat fisik

Contohnya hobi fisik seperti hiking, camping, berenang, yoga, atau bela diri. Hobi fisik memiliki manfaat fisiologis karena dapat meningkatkan detak jantung dan fungsi otak. Selain itu memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah, menurunkan berat badan, mengembangkan masa otot, memperkuat tulang, dan meningkatkan energi.

  • Manfaat mental dan emosional

Melakukan hobi yang bisa mengasah mental dan emosional seperti berkebun, mendengarkan musik, melukis, memasak, fotografi, dapat meningkatkan kesehatan mental dan kesehatan emosional kamu loh. Selain itu hobi jenis ini juga bisa mengurangi stres dan membuat pikiran rileks dari masalah sehari-hari. Tingkat penghargaan terhadap diri sendiri juga meningkat saat kita berhasil menyelesaikan tugas tertentu.

  • Manfaat sosial dan interpersonal

Melakukan hobi juga bagus untuk bersosialisasi dan menambah teman baru, selain itu lingkungan baru ini memungkinkan menjadi support system baru untukmu. Bertemu orang baru juga membuka perspektif kamu tentang dunia, dan bertemu dengan orang mempunyai minat yang sama dengan kamu.

  • Melatih kreativitas

Hobi-hobi seperti melukis, kaligrafi, merajut, membuat perhiasan tentu dapat mengembangkan sisi kreativitas kamu. Hobi kreatif ini dapat membantu otak untuk lebih kreatif untuk melakukan pekerjaan dibidang apapun.

  • Mengembangkan diri

Melakukan hobi seperti volunteering, meditasi, membuat jurnal, menyelesaikan teka-teki silang juga bisa meningkatkan rasa percaya diri, harga diri, dan meningkatkan kualitas hidup loh guys. Tentunya kompetensi bidang kamu akan semakin terasah. Misalnya kamu hobi ikut kegiatan relawan, kemampuan sosialisasi dan public speaking-mu juga bisa meningkat karena kamu terus bertemu dengan orang baru.

Sepenting apakah punya hobi?

Setelah membahas manfaat hobi di berbagai aspek, sekarang kita akan membahas kalau memiliki hobi itu pentingnya banget loh guys. Hobi bukan sekedar aktivitas yang kita lakukan di waktu senggang aja, terus sepenting apa sih hobi itu?

Pertama, hobi penting karena membuat kita mengatur waktu untuk work-life balance. Terkadang kamu tidak sadar kalau kamu overworked, dari pagi sampai malam ngerjain kerjaan terus sampai kadang kurang mengistirahatkan pikiran. Nah disini hobi mempunyai peran penting untuk membagi waktumu. Karena kamu punya hobi, pasti kamu akan menyisihkan waktumu untuk melakukan hobi itu dan saat kamu melakukan hobi otomatis kamu juga mengistirahatkan otakmu dari beban kerjaan yang menumpuk. Membuat pikiran keluar sejenak dari realita hidup yang menjemukan. Sehingga kamu akan lebih fresh ketika kembali bekerja.

Kedua, melakukan hobi membuatmu keluar dari aktivitas pasif selama bekerja. Banyak orang yang terjebak dalam aktivitas yang monoton secara pasif (tidak banyak membuat badan bergerak atau melakukan pekerjaan yang berulang). Saat melakukan hobi tentu akan merubah aktivitas pasif menjadi aktif. Seperti kamu hobi berjalan-jalan saat ada waktu luang akan membuat tubuhmu beraktivitas secara aktif tentunya.

Selanjutnya, hobi penting untuk membuka jaringan pertemanan. Saat bekerja/kuliah kamu akan bertemu dengan orang yang itu-itu aja bukan? Dan bisa jadi orang yang sering kita temui itu orang yang tidak kita sukai. Nah punya hobi dan ikut join ke komunitas yang sama dapat membentuk ikatan baru dan menambah jaringan pertemanan. Menurut penelitian, menjalin hubungan sosial merupakan kunci dari kebahagiaan dan membuat hidup lebih bermakna. Ikut dalam komunitas yang mempunyai hobi yang sama juga berpotensi menciptakan ikatan baru yang berharga.

Last but not least, hobi membuatmu semakin menarik. Hobi terkadang dapat menjadi pembuka dalam menjalin hubungan baru. Misalnya kamu seorang mahasiswa baru, kemudian kamu kenalanan dengan mahasiswa baru lain. Lalu kalian mengobrol dan ternyata punya hobi yang sama, terus kalian jadi teman baik deh karena mempunyai satu hal yang menarik satu sama lain. Selain itu jika kamu mempunyai hobi yang unik tentu menjadi daya tarik tersendiri darimu, dan orang-orang pasti ingin kamu menceritakan lebih lanjut tentang hobi itu.

Cara bijak memilih hobi

Sekarang kamu udah paham manfaat dan pentingnya hobi kan. Nah di segmen terakhir ini Satu Persen akan membahas sedikit tentang cara memilih hobi. Kenapa ini penting? Karena hobi yang baik yang sesuai dengan minat kamu tentunya akan dapat menggali potensi terpendam di dirimu dan meningkatkan skill mu.

Tips ini buat kamu yang tertarik untuk mencurahkan waktu dan energimu dengan melakukan hobi tapi belum memilikinya.  Pertama kamu harus memikirkan apa yang kamu sukai, hal apa yang menarik minatmu, dan hal apa yang ingin kamu kuasai. Jika belum punya hobi, hal sepele seperti  memilih hobi bisa jadi hal yang sangat berat. Nah, kamu bisa pertimbangkan pertanyaan-pertanyaan berikut.

  1. Apakah kamu suka persaingan?
  2. Kamu lebih suka melakukan sesuatu sendiri atau dengan orang lain?
  3. Apakah ada keterampilan tertentu yang ingin kamu kembangkan?
  4. Apakah aktivitas fisik-mu sehari-hari tercukupi?
  5. Hal apa yang suka kamu lakukan di masa kecil?
  6. Berapa banyak waktu ada untuk melakukan hobi barumu?
  7. Apakah kamu ingin hobi yang menantang atau yang mengubahmu?
  8. Berapa banyak uang yang kamu investasikan untuk hobi barumu?
  9. Manfaat apa yang ingin kamu peroleh dari hobi?
  10. Tipe orang seperti apa yang kamu suka berinteraksi?

Coba deh buat pertimbangin pertanyaan diatas dan pikirkan benar-benar apa jawabannya. Misalnya pertanyaan pertama tentang persaingan. Kalau kamu suka persaingan kamu bisa memilih hobi yang membutuhkan lawan, misalnya sepak bola, catur, tenis, dll. Hal ini juga menunjukkan bahwa kamu orang yang cukup kompetitif dalam kesehariannya.

Kalau masih merasa bingung mau pilih hobi apa atau kamu ngerasa work-life balance kamu udah kacau sehingga gak bisa lagi ngelakuin hobi kesukaanmu. Kamu bisa curhat dan konsultasikan masalahmu dengan para mentor Satu Persen dengan ikut online mentoring. Disini kamu akan dipandu mentor untuk lebih mengenal dirimu dan cara terbaik untuk menyelesaikan masalahmu. Udah banyak kok testimoni dari para mentee Satu Persen, jadi jangan khawatir, karena kamu pasti dapat manfaat nyata.

Jangan lupa juga juga baca artikel menarik lainnya di blog Satu Persen, dan follow instagram Satu Persen @satupersenofficial untuk dapat info-info diskon mentoring dan kelas online. Terus cek YouTube Channel Satu Persen karena disana gudangnya informasi tentang kesehatan mental, self development, bahkan nasihat hubungan asmara dan pertemanan. Cukup sekian dari aku, see you on the next article.

Referensi

Kettering University Online. (2019). Why Hobbies Are Importan. Retrieved from https://online.kettering.edu/news/2019/04/15/why-hobbies-are-important

Kurtz, Jaime L. (2015). Six Reasons to Get a Hobby. Psychology Today. Retrieved from https://www.psychologytoday.com/us/blog/happy-trails/201509/six-reasons-get-hobby

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.