Motivasi Belajar Penting Gak Sih? (Cara Meningkatkan Semangat Belajar)

Pemahaman Diri
Audra Levana Adelia
9 Jan 2022
motivasi belajar dan cara meningkatkan semangat belajar
Satu Persen - Pentingnya Motivasi Belajar dan Cara Meningkatkan Semangat Belajar

Pada dasarnya belajar gak hanya terbatas pada pembelajaran di sekolah aja. Belajar bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun. Bahkan di kehidupan kita sangat identik dengan belajar, karena sebenarnya belajar itu selamanya, loh.

Tapi, memang gak bisa kita pungkiri kalau mendengar kata ‘belajar’ pasti otak kita langsung ingat pada sekolah. Karena memang itulah hal utama yang kita lakukan selama masa sekolah dari TK hingga kita kuliah.

Padahal hal-hal kecil seperti belajar cara membuka toples dan belajar cara memakai baju tanpa kita sadari sebenarnya juga proses pembelajaran loh, Perseners. Pasti kamu baru kepikiran, kan? Hehehe.

Bahkan setelah menyelesaikan pendidikan akademik pun, kita masih akan terus belajar, belajar dan belajar. Kamu akan belajar skill baru di tempat kerja, belajar hal-hal baru dari lingkungan sekitar ataupun bahkan dari orang-orang terdekat kamu.

Sekali lagi, “Belajar itu selamanya.”

Dalam belajar, motivasi memiliki peran yang sangat penting, loh. Karena di saat kamu memiliki motivasi untuk melakukan sesuatu, kamu pasti akan melakukan dengan sungguh-sungguh.

Begitu pun dengan belajar, kalau kamu memiliki motivasi yang kuat untuk belajar, kamu pasti memiliki semangat belajar yang kuat pula. Sehingga kamu akan belajar dengan sungguh-sungguh.

Sebaliknya, kalau kamu gak memiliki motivasi untuk belajar, pasti kamu akan kesulitan untuk belajar dengan sungguh-sungguh.

motivasi belajar - meningkatkan semangat belajar
cr: HumorNama

Makanya, motivasi sangatlah penting dan harus dimiliki dalam proses belajar. Karena motivasi bisa meningkatkan semangat belajar seseorang, bahkan di saat seseorang itu merasakan lelah dan jenuh.

Tapi, pasti kamu masih bertanya-tanya sebenarnya motivasi itu apa, sih? Kok bisa menumbuhkan semangat belajar seseorang? Terus, gimana cara meningkatkan semangat belajar?

Di sini, aku, Audra, Part-time Blog Writer Satu Persen bakal menjelaskan kepada kamu tentang motivasi dalam belajar dan juga bakal kasih tips-tips menarik untuk meningkatkan semangat belajar.

Let’s check it out!

Baca Juga: Menghilangkan Rasa Malas Melalui Menonton Video Motivasi

Apa itu Motivasi?

apa itu motivasi - motivasi belajar - semangat belajar
cr: freepik

Secara umum, motivasi adalah proses yang memulai, membimbing dan mempertahankan perilaku seseorang agar mencapai suatu tujuan tertentu. Intinya, hal yang mendorong kita mencapai suatu tujuan.

Motivasi merupakan kekuatan yang dalam diri kita, yang memicu kita untuk bertindak. Jadi, bisa dibilang motivasi adalah kunci utama kita melakukan sesuatu.

Adanya motivasi sendiri dipengaruhi oleh dua hal, kebutuhan dan keinginan. Apabila kita merasa butuh untuk melakukan satu hal, pasti kita akan muncul motivasi dalam diri untuk bertindak. Begitu pun juga saat kita menginginkan sesuatu.

Hal-hal kecil seperti mengambil makanan di meja makan misalnya, sebenarnya merupakan kegiatan yang kamu lakukan karena didasarkan oleh motivasi, loh. Dalam hal ini, berarti motivasinya adalah kamu lapar (kebutuhan) atau kamu ingin makan (keinginan).

Kenapa Motivasi itu Penting dalam Meningkatkan Semangat Belajar?

Belajar adalah tindakan yang kita lakukan hampir setiap hari, dari hal kecil hingga hal-hal yang besar sekalipun. Bahkan saat kamu membaca ini pun, kamu sedang belajar hal-hal baru, bukan?

Dalam belajar, motivasi memiliki peran yang sangat penting dalam membangkitkan semangat belajar. Kenapa begitu?

Hal ini karena kalau kamu termotivasi, kamu pasti belajar jauh lebih baik dan lebih bersungguh-sungguh. Sehingga kamu akan memahami dan mengingat lebih banyak dari apa yang kamu pelajari.

Terutama saat motivasi belajar dari berasal dari keinginan dalam diri. Semangat belajar yang muncul pasti akan menggebu-gebu. Dan alhasil, kamu akan belajar dengan tekun dan mencapai tujuan yang diinginkan.

Cara Meningkatkan Semangat Belajar

1. Memantapkan motivasi kamu untuk belajar

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, motivasi dan belajar memiliki kaitan yang sangat erat. Maka dari itu, dalam hal meningkatkan semangat belajar, kamu harus memantapkan dahulu motivasi kamu untuk belajar.

Kamu bisa memulai dengan menentukan tujuan kamu terlebih dahulu, yaitu tujuan apa yang sebenarnya kamu ingin capai dengan mempelajari hal tersebut.

Dalam menentukannya, you must set a clear goal. Karena kalau kamu menentukan tujuan yang jelas dan terfokus, kamu akan tahu cara untuk mencapainya. Dan di situlah motivasi kamu akan akan tercipta.

2. Terapkan growth mindset

Secara sederhana, growth mindset merupakan suatu pemikiran yang dimiliki seseorang yang yakin bahwa kemampuan yang dia miliki dapat terus berkembang seiring berjalannya waktu.

Apabila kamu menerapkan growth mindset saat belajar, pasti semangat belajar kamu pun akan terus berkembang. Karena kamu sudah yakin pada diri sendiri bahwa dengan belajar sedikit demi sedikit, kamu pun akan terus berkembang sedikit demi sedikit.

Sama seperti yang Satu Persen yakini selama ini, bahwa setiap orang, termasuk pula diri kamu, berhak untuk berkembang setidaknya 1% setiap harinya.

Baca juga : Growth Mindset: Kepribadian Itu Ternyata Bisa Diubah

3. Take a break

Rasa jenuh dan lelah pasti akan menghampiri kamu saat sedang belajar, sesuka apapun kamu terhadap apa yang kamu pelajari saat itu. Ingat, kamu gak harus selalu menekankan diri untuk belajar terus menerus tanpa henti.

Kamu punya hak untuk take a break, untuk istirahat sejenak biar pikiran kamu fresh lagi. Tapi waktu untuk istirahat harus kamu sesuaikan dengan kebutuhan, jangan sampai kamu malah kebablasan istirahat terus menerus ya!

Kalau rasa jenuh dan lelah sudah hilang serta pikiran telah fresh kembali, semangat belajar kamu akan kembali lagi dan kamu pun bisa melanjutkan aktivitas belajar pun dengan hati yang senang.

4. Beri reward kepada diri setelah belajar

Salah satu yang bisa menumbuhkan semangat belajar adalah dengan memberikan reward atau hadiah kepada dirimu sendiri. Hal ini biasanya disebut sebagai istilah self-reward, yaitu bentuk apresiasi diri atas hal yang telah kamu lakukan atau kamu capai.

Saat kamu berniat memberikan hadiah kepada diri sendiri saat setelah kamu belajar nanti, mungkin gak kamu sadari pasti kamu akan lebih semangat belajar. Hal ini karena diri kamu jadi terpicu untuk mendapatkan ‘sesuatu’ yang kamu inginkan.

Bentuk apresiasi diri kamu gak harus selalu berbentuk, loh. Waktu istirahat ataupun me time bisa juga sebagai bentuk reward atas kerja keras kamu setelah belajar.

Eits, tapi jangan jadikan self-reward sebagai tameng kamu dalam melakukan pemborosan untuk mengikuti gengsi, ya!

motivasi belajar - self reward
cr: imgflip

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan semangat belajar! Kalau kamu masih bingung dan kesulitan untuk menerapkannya, kamu bisa banget ikutan layanan mentoring dari Satu Persen.

Kamu akan dibantu oleh mentor sesuai dengan kebutuhan kamu, jadi gak perlu khawatir bakal kebingungan lagi, deh! Langsung aja klik banner di bawah ini, ya!

CTA-Blog-Mentoring-5-5

Buat referensi tambahan dalam mengatasi rasa malas belajar dan membangkitkan motivasi semangat belajar, kamu bisa banget nonton video YouTube Satu Persen di bawah ini:

YouTube Satu Persen - Motivasi Belajar Anti Mager 2022

Akhir kata, sekian dari aku. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa membantu kamu semakin semangat saat belajar agar bisa menjalani #HidupSeutuhnya.

Sampai jumpa di tulisanku selanjutnya!

Referensi:

Carminanti, L. (2021). Emotions, Emotion Management and Emotional Intelligence in the Workplace: Healthcare Professionals' Experience in Emotionally-Charged Situations. Retrieved on December 15, 2021 from Frontiers | Emotions, Emotion Management and Emotional Intelligence in the Workplace: Healthcare Professionals' Experience in Emotionally-Charged Situations | Sociology (frontiersin.org)

Cherry, K. (2020). What is Motivation?. Retrieved on December 28, 2021 from What Is Motivation? (verywellmind.com)

Murayana, Kou. (2018). The science of motivation: Multidisciplinary approaches advance research on the nature and effects of motivation. Retrieved on December 29, 2021 from The science of motivation (apa.org)

Psychology Today (2019). Growth Mindset. Retrieved on December 29, 2021 from Growth Mindset | Psychology Today

Sieck, W. (2021). 7 Ways to Improve Your Motivation to Study (Backed by Science). Retrieved on December 29, 2021 from 7 Ways to Improve Your Motivation to Study (Backed by Science) - Global Cognition

Souders, B. (2021). What is Motivation? A Psychologist Explains. Retrieved from December 28, 2021 from What is Motivation? A Psychologist Explains. - PositivePsychology.com


Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.