Mengenal Kemampuan Diri Agar Hidup Lebih Percaya Diri

Pemahaman Diri
Ade Chandra Gita Kusuma
26 Sep 2020

Pernah gak kamu merasa kurang percaya diri akibat kamu tidak yakin dengan kemampuan diri mu sendiri, selalu membanding-bandingkan diri dengan orang lain, merasa diri tidak mampu, dan segala suara-suara negatif selalu bermunculan dikepala mu ketika hendak ingin mengerjakan sesuatu. Selalu khawatir apa yang dikerjakan tidak akan berhasil dan memuaskan, padahal sebenarnya kamu memiliki kemampuan dalam diri mu tetapi kalah oleh suara negatif yang terlanjur meracuni kepalamu sendiri, pernah?

Suara-suara negatif yang berputar-putar dikepalamu ini sering muncul bisa jadi diakibatkan oleh suara di masa kecil atau bahkan pada lingkungan mu yang toxic seperti, teman yang selalu merendahkan dirimu, guru di sekolahanmu yang mungkin tidak pernah supportif, atau bahkan itu suara orang tua yang sering marah-marah dirumah. Setiap orang memiliki latar belakang yang berbeda-beda, kamu tidak bisa memilih dilahirkan di kondisi seperti apa tapi kamu bisa memilih masa depanmu ingin seperti apa, karena aku yakin setiap manusia memiliki kemampuannya masing-masing, aku harap kamu juga yakin akan kemampuanmu.


Artikel kali ini aku akan membahas tetang mengenal kemampuan diri sendiri agar hidupmu jadi lebih percaya diri, mengenal ciri-ciri kamu tidak percaya akan kemampuanmu sendiri hingga cara untuk mengetahui kemampuan diri. Maka dari itu, simak terus penjelasannya hingga akhir jangan lupa untuk share kesemua teman-temanmu agar disituasi seperti saat ini kamu dan mereka bisa mendapatkan insight nya secara menyeluruh.

Mengenal Self Doubt : Tidak Percaya Pada Kemampuan Diri Sendiri

Suara-suara negatif yang bermunculan setiap kamu hendak melakukan sesuatu seperti ini kerap membuatmu menjadi ragu dan tidak percaya diri akan kemampuan dirimu sendiri. Hal ini sering disebut dengan istilah Self Doubt yang menurut pijar psikologi adalah perasaan ragu akan kemampuan serta tidak merasa yakin pada diri sendiri yang terjadi di bawah alam sadar kita. Dalam situasi tertentu, perasaan ragu akan diri sendiri yang berlebihan dapat mengakibatkan hilangnya rasa percaya diri, ketakutan yang berlebihan akan kegagalan yang membuatmu akhirnya  semakin tenggelam dalam lautan keputusasaan dan melarikan diri dari tanggung jawab adalah solusi andalan.

Self doubt dapat terjadi akibat dua faktor yaitu inner voice negatif lalu perasaan dan sikap yang “tidak cukup baik” yang dilakukan oleh diri sendiri berikut penjelasannya:


1. Inner voice negatif

Setiap orang pasti memiliki suara-suara yang muncul di dalam dirinya (inner voice) yang dimana terkadang suara ini dapat bermakna positif tapi tak jarang juga bermakna negatif. Suara yang bersifat negatif ini memiliki ragam bentuk yang berbeda-beda dapat berupa ingatan yang membawa kita pada kesalahan, kesedihan, dan kekecewaan di masa lalu. Kata-kata yang mengingatkan kita pada kegalalan setiap kita ingin melakukan sesuatu, dan kritik-kritik yang sifatnya destruktif. Semakin sering suara-suara ini muncul dikepala mu maka kamu akan terus meragukan diri mu, hal ini bisa berimbas pada keyakinan kamu dalam memandang masa depan menjadi semakin khawatir serta takut dan bisa membuat potensi yang sebenarnya kamu miliki menjadi hilang karena kamu tidak cukup kuat untuk berjuang akibat keragu-raguan.

2. Perasaan dan sikap yang “tidak cukup baik”

Keragu-raguan ini dapat menenggelamkan mu kedalam lautan ketidakpercayaan diri, kamu akan sering merasa selalu kurang beruntung, kurang pintar, kurang memiliki peluang, dan perasaan kurang baik lainnya. Hal ini bisa membuat hidupmu tertekan sehingga kamu akan terus menerus meragukan kapasitas dan kemampuan dirimu sendiri. Masalah tersebut akan mengakibatkan hilangnya semangat dalam menggapai mimpi-mimpi mu sampai kamu berkesimpulan bahwa dirimu tidak mampu dan kompeten dalam melakukan sesuatu, bukan karena kamu tidak cukup baik tetapi karena pikiran mu terus memaksa mu untuk berpikir seperti itu. Padahal bisa jadi potensi dan kemampuan dirimu bisa membuatmu menjadi jauh lebih percaya diri, dimana hal itu yang nantinya bisa melawan pikiran serta sikap yang tidak cukup baik diawal tadi.

Mengapa Penting Percaya Akan Kemampuan Diri Sendiri?

Menurut aku pribadi percaya diri (self confidence) merupakan kemampuan terhadap penilaian diri sendiri sehingga mampu melakukan segala sesuatu dengan baik, hal ini didasari oleh ekspektasi pada pencapaian diri sendiri berdasarkan evaluasi terdahulu. Percaya akan kemampuan diri sendiri merupakan hal yang perlu kamu miliki agar bisa mempunyai rasa percaya diri yang tinggi. Berikut kenapa kamu harus percaya akan kemampuan dirimu sendiri:

1. Meningkatkan kemampuan diri sendiri

Ketika kamu percaya akan kemampuan dirimu sendiri, maka kamu akan semakin percaya diri dan akan menggunakan kemampuan tersebut berulang-ulang. Hal ini akan semakin meningkatkan kemampuan mu seiring berjalannya waktu. Dampak positif ini akan semakin memudahkan mu untuk mendapatkan pekerjaan impian atau memudahkan mu untuk menggapai segala mimpi-mimpi mu selama ini.

2. Hidup jadi jauh lebih mudah dan bahagia

Ketika kamu percaya akan kemampuan dirimu sendiri, maka kamu akan semakin percaya diri dalam melakukan segala sesuatu. Hal ini akan membuat hidup mu jadi jauh terasa mudah dan pastinya kamu akan semakin bahagia. Segala rasa takut dan kekhawatiran mu akan sesuatu yang belum tentu terjadi pun bisa kamu minimalisir dengan percaya akan kemampuan dirimu. Maka penting untuk percaya akan kemampuan diri mu sendiri.

3. Mempunyai modal awal untuk masa depan cerah

Ketika kamu bisa meningkatkan kemampuan dirimu seiring berjalannya waktu kemudian kamu bisa menjalani hidup mu dengan penuh rasa bahagia, maka inilah modal awal mu untuk bisa memiliki masa depan yang cerah. Kemampuan mu kelak bisa kamu pergunakan untuk menggapai segala impian mu dan rasa bahagia bisa semakin memudahkan jalan mu untuk menggapai itu semua.

Catatan yang perlu kamu ingat adalah menjadi seoarang yang percaya akan kemampuan diri sendiri bukan malah menjadikan kamu orang yang egois dan tidak mau mendengarkan pendapat orang lain. Justru karena kamu percaya akan kemampuan dirimu membuat mu menjadi pribadi yang lebih “open minded” dan disukai banyak orang bukan malah sebaliknya.

Mengenal dan Menemukan Potensi Diri

1. Bulatkan tekad dan niat diawal

Keputusan mu untuk mulai berubah adalah salah satu sinyal kamu akan semakin terus bertumbuh menjadi pribadi yang semakin tangguh. Berubah kearah yang lebih baik dengan didasari niat dan kemauan diri sendiri adalah langkah yang harus kamu tempuh sedari awal. Agar pondasi mu diawal kuat sehingga ketika mengalami kesulitan kamu tidak gampang untuk menyerah. Langkah yang kamu bisa tempuh bisa dimulai dengan membaca buku, mendengarkan podcast, mengikuti beragam pelatihan dan seminar serta melakukan berbagai macam kegiatan yang bisa semakin menambah wawasan dan melatih cara berpikir mu menjadi “growth mindset”.

2. Fokus pada diri sendiri

STOP! Melakukan self comparison atau membanding-bandingkan diri dengan orang lain, karena kamu akan hanya membuang waktumu yang sebenernya bisa kamu lakukan untuk memperkaya dirimu sendiri baik dari segi materi maupun wawasan. Fokus dengan kemampuan diri sendiri, cobalah lebih kenali dirimu sendiri dan cintai dirimu sendiri, karena itu akan membantu mu untuk mengetahui apa yang menjadi kelemahan dan kekuatan mu.

3. Buat to do list pencapaian

CATAT! Biasakan mulai mencatat apa yang ingin kamu kerjakan, apa yang menjadi kelemahan serta kekuatan mu, apa pencapaian yang ingin kamu raih, bagaimana cara meraihnya dan lain sebagainya mulailah dengan mencatat. Mencatat dapat membantu kamu untuk mengetahui progress kamu dalam menuju goals kamu sudah sejauh apa dan apa saja yang kamu sudah lakukan, apakah itu bisa semakin mendekatkan mu atau malah semakin menjauhkan mu pada goals mu diawal.

4. Kelilingi dirimu dengan orang yang supportif

Bertemanlah dengan siapa saja, tapi dekat dan akrab lah dengan mereka yang selalu mendukung mu ketika ide mu kadang susah untuk diterima orang-orang. Karena dengan mengelilingi hidupmu dengan orang yang supportif akan semakin memudahkan kamu untuk bisa mengetahui potensi yang sebenarnya kamu miliki sehingga nantinya kamu dapat mewujudkan segala impian dan tujuan kamu di dalam hidup.

5. Jangan egois

Berhentilah menjadi seseorang yang keras kepala dan hanya ingin menang sendiri, cobalah mulai untuk mengenal diri sendiri. Lebih banyak mendengarkan bukan berarti kamu tidak memiliki tujuan mu sendiri tetapi dengan mendengarkan masukan dari orang-orang, kamu dapat melihat suatu masalah dengan berbagai sudut pandang yang lebih luas dan dapat menyelesaikannya dengan jadi jauh lebih mudah. Kamu bisa menjadi orang yang lebih terbuka dan lebih bisa kritis dalam berpikir serta mengambil sebuah keputusan. Tulisan ini bukan hanya buat mu saja tetapi juga buat ku yang kadang masih suka keras kepala dan tidak mau kalah.

Mulai ubah kebiasaan mu tidak percaya akan kemampuan diri sendiri dengan percaya dan yakin akan kemampuan dirimu sendiri agar hidupmu bisa jadi jauh lebih berkembang setiap harinya. Jika kamu masih belum mengetahui caranya, kamu bisa langsung ikutan layanan online konseling dan mentoring dari Satu Persen. Disana kamu bisa bertanya seputar cara meningkatkan kemampuan diri atau bagaimana agar bisa lebih percaya akan kemampuan diri sendiri langsung oleh ahlinya.

Akhir kata aku mau mengingatkan, jika bukan kamu yang percaya akan kemampuan dirimu sendiri maka siapa yang akan percaya? Karena cuma diri kamu sendiri lah yang bisa kamu kontrol. Untuk membantu kamu mengenal lebih dalam lagi terkait percaya akan kemampuan diri sendiri, kamu bisa langsung tonton video Satu Persen disini. Jangan lupa buat terus pantengin informasi dari kita dengan follow instagram Satu Persen di @satupersenofficial. Aku harap artikel ini bisa bermanfaat dan lewat membaca artikel ini bisa membuat kamu berkembang menjadi lebih baik, seenggaknya Satu Persen setiap harinya, Thanks!

Referensi

https://pijarpsikologi.org/self-doubt-tentang-tidak-adanya-kepercayaan-dan-keyakinan-terhadap-kemampuan-diri-sendiri/


Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.