Cara Mudah Menghilangkan Stres dan Kecemasan dengan Meditasi Pernapasan

Kesehatan Mental
Ni Putu Sista Santika
21 Feb 2022
meditasi menghilangkan stres
Satu Persen - Menghilangkan Stres dengan Meditasi

Apakah kamu akhir-akhir ini sedang merasa stres dan mengalami kecemasan berlebih? Kalau iya, mungkin kamu bisa mencoba teknik meditasi sederhana yang  berfokus melatih pernapasan. Selain mudah dan murah, aktivitas ini hanya butuh waktu singkat untuk mengembalikan ketenangan dan kedamaian dalam diri.

Faktanya, meditasi telah dipraktikkan selama ribuan tahun yang lalu. Awalnya, praktik meditasi ini bertujuan untuk memperdalam pemahaman tentang kekuatan suci dan mistis dalam kehidupan. Namun kini latihan sederhana ini sangat populer untuk relaksasi dan pengurangan stres lho, Perseners.

Apa manfaat melakukan meditasi? Bagaimana cara melakukannya dengan cepat dan mudah? Kali ini, aku, Sista, Blog Writer Satu Persen, akan mengulas lebih lanjut. Yuk, simak sampai akhir~

Ketahui tingkat stres dalam dirimu: Tes Tingkat Keparahan Stres

Apa itu Meditasi?

apa itu meditasi
Cr: medium.com

Sederhananya, meditasi merupakan cara untuk melatih pikiran. Melalui meditasi, kamu bakal bisa belajar cara melepaskan beban pikiran, meningkatkan ketenangan, mendorong keadaan kesadaran yang tinggi, serta mempertajam tingkat fokus.

Baca juga: Melatih Fokus Agar Hidup Lebih Produktif

Manfaat Meditasi

Meditasi memiliki sejumlah manfaat pada kesejahteraan psikologis seperti mengurangi stres dan membangun perspektif yang lebih sehat.

Menurut penelitian, rutin melaksanakan meditasi dapat memberikan efek yang baik pada kondisi fisiologis dan psikologis. Beberapa efek fisiologis yang dimaksud seperti penurunan laju pernapasan, penurunan denyut jantung, perubahan pola gelombang otak, dan penurunan stres.

Sementara, beberapa manfaat psikologis dari meditasi meliputi keterampilan manajemen stres yang baik, peningkatan kesadaran diri, serta peningkatan kinerja memori otak.

Cara Melakukan Meditasi Pernapasan

Salah satu meditasi yang bisa dilakukan di mana pun, kapan pun, dengan cepat dan mudah adalah melatih kesadaran bernapas. Ini adalah bentuk meditasi “entry level” yang bisa dilakukan oleh siapa pun.

Kesadaran pernapasan yang dilakukan secara rutin akan memberikan kita pembelajaran tentang menerima, berhenti melawan, dan menghargai hal-hal  yang datang dalam hidup.

cara melakukan meditasi pernapasan
Cr: meme-arsenal.com

Meditasi pernapasan hanya membutuhkan posisi yang sesuai di tempat dengan gangguan yang minim. Kamu bisa duduk, berdiri, berjalan, atau di mana pun yang kamu inginkan. Umumnya, orang-orang menganggap posisi duduk adalah yang terbaik.

Kebanyakan orang merasa terbantu untuk mulai fokus dengan latihan pernapasan. Untuk para pemula, kamu bisa lakukan meditasi ini selama 10-15 menit setiap hari. Ditambah  kamu juga bisa melakukan versi yang singkat setiap kali merasa stres di tengah kesibukan.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Stres Menurut Filosofi Teras (Stoicism)

Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

1. Temukan posisi yang santai dan nyaman

temukan posisi yang santai dan nyaman
Cr: memegenerator.net

Cara melakukan meditasi pernapasan yang pertama adalah menemukan posisi yang santai dan nyaman. Pastikan pula menjaga punggung agar tetap tegak, namun tidak terlalu kaku. Lalu, cukup posisikan tangan sesuai keinginan kamu.

Kamu boleh melakukannya dengan mata terbuka atau tertutup. Tapi mungkin dengan mata terpejam akan terasa lebih mudah untuk mempertahankan fokus.

2. Buat tubuh menjadi rileks

Cobalah untuk mulai merasakan sensasi di tubuh saat ini. Biarkan rileks dan rasakan sentuhan dan koneksi dengan lantai atau kursi.

3. Fokus pada aliran napas

Bawa perhatianmu pada sensasi alami napas dalam tubuh. Jangan mencoba menyesuaikan cara bernapas. Tidak masalah jika napas pendek ataupun panjang. Lakukan secara alami. Kamu bisa merasakan napas di tubuh mungkin di dada, tenggorokan, atau di hidung.

Kamu cukup mengamati setiap napas tanpa mencoba menyesuaikannya. Ini dapat membantu kita fokus pada sensasi naik turunnya tempo pernapasan.

Saat melakukannya mungkin kamu akan merasa sedikit terganggu oleh pikiran dan sensasi tubuh. Tidak apa-apa. Cukup perhatikan saja bahwa ini sedang terjadi dan kamu bisa kembali fokus pada pernapasan.

4. Biarkan pikiran berkelana

biarkan pikiran berkelana
Cr: memes.com

Pada saat ini, mungkin kamu akan merasakan pikiran mulai berkelana. Kamu mulai memikirkan hal-hal lain. Jika ini terjadi, tidak masalah karena  hal ini memang dapat berlangsung secara alami.

Anggap saja bahwa pikiran sedang berpetualang. Kemudian secara perlahan arahkan perhatian kembali pada pernapasan. Lakukan hal ini selama 5 - 7 menit.

5. Penutup

Setelah beberapa menit melakukan tahapan di atas, perhatikan seluruh tubuh kembali. Biarkan diri rileks lebih dalam lagi dan kamu bisa mengapresiasi diri sendiri yang telah melakukan hal ini dengan baik.

Itulah beberapa langkah mudah untuk melakukan meditasi sederhana. Kamu bisa terapkan hal tersebut ketika merasa stres maupun dalam kondisi tertekan.

Ceritakan Masalah yang Membuatmu Stres dengan Profesional

Jika beberapa langkah di atas belum dapat membantu secara maksimal, kamu mungkin butuh penanganan lebih lanjut dari tenaga profesional. Jangan ragu untuk konsultasi dengan ahli di bidangnya. Program mentoring dari Satu Persen mungkin bisa membantu mengurangi stres dan kecemasanmu selama ini.

Selain bisa cerita langsung dengan mentor terlatih, kamu juga mendapatkan hasil tes psikotes, tes kesehatan mental, worksheet, dan masih banyak lagi. Cek informasi selengkapnya dengan klik banner di bawah ini.

CTA-Blog-Mentoring-5-5

Sebagai kesimpulan, melakukan meditasi sederhana seperti melatih fokus pada pernapasan juga dapat membantu meringankan beban pikiran. Kamu bisa lakukan setiap pagi, setiap malam, atau bahkan sewaktu-waktu ketika kamu merasa stres.

Selain melatih kesadaran pernapasan, untuk mengatasi stres dan overthinking kamu juga bisa memulai untuk membangun mindset atau pola pikir yang sehat. Kamu bisa tonton video berikut ini supaya lebih sehat mental:

Semoga artikel ini bermanfaat, sampai jumpa di tulisan selanjutnya!

Referensi:

David Gelles. How to Meditate. Retrieved on February 13, 2022 from How to Meditate - Well Guides - The New York Times (nytimes.com)

Diana Winston (2016). A 6-Minute Breathing Meditation to Cultivate Mindfulness. Retrieved on February 13, 2022 from A 6-Minute Breathing Meditation To Cultivate Mindfulness - Mindful

Harvard Medical School (2014). Breath Meditation: A Great Way to Relieve Stress. Retrieved on February 13, 2022 from Breath meditation: A great way to relieve stress - Harvard Health

Kendra Cherry (2020). What is Meditation?. Retrieved on February 13, 2022 from What Is Meditation? (verywellmind.com)

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.