Kenali Manfaat Positive Self Talk untuk Meningkatkan Percaya Diri

Pemahaman Diri
Afifah Iftah Nurul Isnaini
31 Jan 2022
kenali manfaat positive self talk
Satu Persen - Positive Self Talk

Hai, Perseners! Gimana hari ini? Semoga semua rencana kalian berjalan lancar, ya.

Aku mau tanya, dong. Pernah gak kalian ngomong sama diri sendiri? Ngomongnya dalam hati gitu, gak harus sampe diucapin kaya monolog di sinetron, hehe. Kalo aku pernah banget tanya terus jawab sendiri, bahkan hampir tiap hari.

Mungkin kalian udah gak asing sama aktivitas ini. Yup, ngobrol sama diri sendiri ini biasa disebut juga self talk. Self talk sendiri ada dua jenis, negatif dan positif. Untuk yang negatif, ini biasanya dialog dengan diri sendiri bersifat negatif, seperti meremehkan atau kritik terhadap diri sendiri.

Untuk positive self talk sendiri, hal ini berupa dialog dengan kalimat-kalimat positif buat diri sendiri. Meskipun gak kedengaran di telinga, tapi positive self talk ini punya pengaruh yang besar buat diri sendiri, loh. Di antaranya, bisa memengaruhi kesehatan mental, rasa percaya diri, dan juga motivasi.

Wah, bisa gitu, ya? Oke, di kesempatan kali ini aku, Fifi, Part-time Blog Writer di Satu Persen, bakalan jelasin lebih jauh ke kalian tentang positive self talk. So, baca artikel ini sampai habis, ya.

positive self talk
Cr. Freepik.com
Baca Juga: Seberapa Berpengaruh sih Ucapan Semangat Buat Kamu Yang Lagi Merasa Rendah Diri

Apa itu Positive Self Talk?

Self talk adalah dialog internal dengan diri sendiri yang dilakukan dengan sadar. Self talk bisa dipengaruhi oleh kepribadian. Untuk orang yang punya kepribadian optimis, self talk yang dilakukan cenderung positif dan penuh harapan (positive self talk). Sebaliknya, untuk orang yang pesimis, cenderung bersifat negatif (negative self talk).

Positive self talk bisa berdampak pada kesehatan mental dan mendorong pandangan hidup yang lebih positif. Misalnya, ucapan “Oke, usahaku hari ini udah maksimal. Besok pasti bisa lebih baik” bukan berarti kita sedang membohongi diri sendiri atau tidak realistis. Dengan melakukan positive self talk, kita berusaha untuk menonjolkan sisi positif yang bisa membantu kita terus semangat.

Menurut seorang psikolog, Gregory Jantz, positive self talk merupakan suatu proses yang memungkinkan kita untuk menemukan sisi optimisme, harapan, dan kegembiraan yang tersembunyi dalam situasi apa pun. Penelitian di tahun 2020 yang dilakukan pada tiga pelari 800 meter membuktikan bahwa positive self talk membuat mereka berlari lebih cepat dan merasa lebih kuat secara mental.

Manfaat Positive Self Talk

manfaat positive self talk
Cr. Freepik.com

Positive self talk penting untuk dilakukan karena banyaknya dampak atau efek positif yang dihasilkan. Dari sebuah penelitian, positive self talk terbukti bisa membuat performa atlet lebih baik. Selain itu, terus-menerus mengucapkan kalimat-kalimat positif pada diri sendiri bisa membantu kita melihat sisi positif dari berbagai situasi yang terjadi. Manfaat-manfaat positive self talk meliputi:

1. Membantu mengurangi stres

Orang yang selalu menerapkan positive self talk cenderung memikirkan strategi untuk menyelesaikan masalah. Mereka lebih fokus untuk mencari solusi daripada sebatas fokus pada masalah yang berat. Selain itu, memiliki pemikiran yang positif juga membantu kita untuk lebih tenang dan fokus pada kemampuan diri sendiri.

2. Meningkatkan rasa percaya diri

meningkatkan percaya diri
Cr: Freepik.com

Menerapkan positive self talk membuat kita merasa percaya diri dan yakin dengan kemampuan yang dimiliki. Lantaran, kalimat positif yang kita ucapkan bisa menumbuhkan keyakinan dan semangat untuk mencapai tujuan. Di saat menghadapi situasi sulit sekalipun, kita bisa menemukan solusi terbaik.

3. Menjalin hubungan yang sehat

Berada dekat dengan orang yang punya pemikiran positif, percaya diri, dan semangat bisa ikut menularkan aura positif untuk orang-orang terdekatnya. Kalau kamu adalah orang tersebut, pastinya orang-orang di sekelilingmu bisa nyaman dekat denganmu. Bukan cuma itu, kita juga bisa memilah antara orang yang positif dengan orang yang cenderung negatif karena kamu cenderung peka.

Meskipun kelihatannya simple, tapi melakukan positive self talk ternyata berpengaruh banget buat membentuk sikap kita sehari-hari. Daripada terus-terusan bikin gak percaya diri dengan kalimat-kalimat yang negatif, mending apresiasi dan yakinkan dirimu dengan kalimat yang positif.

Kalo kamu belum terbiasa buat melakukan positive self talk, kamu perlu membiasakan diri. Meski kesannya gampang, tapi untuk orang-orang yang sudah terbiasa melakukan negatif self talk, akan sulit berubah. Ketika menghadapi masalah, secara tidak sadar kalimat yang diucapkan ikutan bersifat negatif.

Baca Juga: Membangun Rasa Percaya Diri Ketika Minder
manfaat positive self talk
Cr. Freepik.com

Cara Membangun Kebiasaan Positive Self Talk

1. Identifikasi kebiasaan negative self talk

Cara pertama yang perlu dilakukan adalah mengidentifikasi kebiasaan negative self talk-mu. Mulai dari kapan atau di momen apa biasanya kita melakukan ini. Untuk orang yang sering melakukan negatif self talk, ini bisa terjadi secara spontan tanpa disadari. Dengan mengidentifikasinya, kamu bisa berjaga-jaga untuk menahan diri agar nggak mengatakan kalimat yang negatif.

2. Ciptakan humor

Ketika lagi terjebak dalam emosi yang bikin banyak pikiran negatif, coba buat selingan humor. Coba buat diri sendiri tertawa dengan nonton video lucu atau dengerin komedian. Paling nggak tertawa bisa meredakan stres dan bikin kita lebih rileks.

3. Cari lingkungan pergaulan yang positif

Karena lingkungan pergaulan juga memberi dampak pada cara kita bertindak, sebaiknya mulai cari teman yang bisa memberi dampak positif. Dengan memiliki teman-teman yang positif, mereka juga bisa membantu kita dalam mencari solusi dari masalah.

4. Berlatih positive self talk

Mulailah untuk berlatih melakukan positive self talk. Jangan mengucapkan kalimat-kalimat yang nggak mungkin diucapkan ke orang lain. Dalam situasi apa pun, beri dirimu sendiri afirmasi yang positif. Alhasil, kita perlahan bisa membangun kebiasaan positive self talk.

Nyatanya, positive self talk ini juga merupakan salah satu bentuk self love, lho. Berapa besar tingkat self love kamu untuk diri sendiri, nih? Yuk cek jawabannya di Tes Self Love ini!

Kalo masih kesulitan untuk mengubah kebiasaan negatifmu, kamu bisa melakukan sesi mentoring di Satu Persen. Di sini, kamu bukan cuma dibantu untuk merubah sudut pandangmu, melainkan kamu juga akan dibantu untuk mencari solusi terbaik yang bisa dilakukan.

CTA-Blog-Mentoring-5-5

Untuk kamu yang masih penasaran tentang topik self talk, kamu bisa juga tonton video di Youtube Satu Persen ini, ya.

Oke, kayaknya cukup dulu hari ini. Semoga kita bisa ketemu di artikel selanjutnya, ya. Aku pamit undur diri dan selamat menjalani #HidupSeutuhnya.

Referensi:

Holland, K. 2020. Positive Self Talk: How Talking To Yourself Is a Good Thing. Healthline. https://www.healthline.com/health/positive-self-talk

Mead, E. 2021. What Is Positive Self Talk? Positive Psychology. https://positivepsychology.com/positive-self-talk/

Mayo Clinic. 2020. Positive Thinking: Stop Negative Self Talk To Reduce Stress. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/stress-management/in-depth/positive-thinking/art-20043950

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.