Manfaat Hobi: Bisa Bantu Tingkatkan Kesehatan Mental?

Pemahaman Diri
Angeline Harjono
1 Jan 2022
Manfaat hobi bagi kesehatan mental
Satu Persen - Manfaat Hobi bagi Kesehatan Mental

Halo, Perseners! How are you? Balik lagi sama gue, Angel sebagai Blog Writer di Satu Persen.

Omong-omong soal di rumah aja selama pandemi, apa sih yang sering lo lakukan buat ngisi waktu luang? Mungkin lo bakal jawab seputar kegiatan di luar tanggung jawab belajar atau kerja, ya. Misalnya, nonton, memasak, atau membaca.

Tapi, apakah ini yang disebut dengan hobi? Pada dasarnya, hobi merujuk pada kegiatan yang lo sering lakukan dan nikmati untuk menghabiskan waktu kosong. Ditambah hobi cenderung membutuhkan komitmen dan melibatkan action yang bisa menghasilkan hal baru.

Memangnya hobi itu masih penting di zaman gini? Justru, manfaat hobi itu jelas semakin penting, lho. Kok bisa?

Sebuah penelitian di tahun 2020 menemukan bahwa hobi punya dampak yang positif terhadap orang dewasa. Khususnya, dalam menangani kasus depresi. Lantaran, manfaat hobi terbukti bisa membuat seseorang lebih santai, semangat, sampai mudah terinspirasi.

Gimana kalau gue kerja terus tiap hari?” Kendati rutinitas kerja tampak penuh, bukan berarti lo sama sekali nggak punya waktu istirahat. Cukup dengan pembagian waktu yang tepat dan lo juga bisa menikmati manfaat hobi kesukaan sebebas-bebasnya.

Di sisi lain, mungkin beberapa dari kalian masih bingung menentukan hobi yang tepat. Nggak hanya soal kurangnya waktu dalam meng-explore hal-hal baru, tapi ada kala kata-kata orang lain bisa menghambat pemilihan hobi ini. Contohnya seperti cuitan berikut ini, nih.

manfaat hobi bagi kesehatan mental
Source: Twitter.com/@mfrrsw

Apa berarti orang dewasa hanya boleh pilih jenis-jenis hobi tertentu? Faktanya, tiap orang memiliki kepribadian yang berbeda, termasuk kelebihan dan kekurangan. Jadi, pemilihan hobi itu pun sebenarnya bebas sesuai dengan kapasitas dan preferensi lo. Asal jangan merugikan diri sendiri atau orang lain juga, ya.

Nah, siap menemukan hobi ala lo sendiri? Di blog kali ini, gue bakal bahas seputar manfaat hobi dalam meningkatkan kesehatan mental, cara meluangkan waktu untuk melakukan hobi, sekaligus cara menemukan hobi yang tepat. Langsung simak sampai akhir, ya!

Apa Saja Manfaat Hobi untuk Meningkatkan Kesehatan Mental?

Manfaat hobi bagi kesehatan mental
Source: Cheezburger.com

1. Meningkatkan rasa percaya diri

Saat berhasil menemukan hobi pilihan, lo cenderung bakal menikmati dan mengembangkannya secara berkala. Dalam kata lain, lo jadi memiliki keterampilan dan pengetahuan spesial yang unik dari biasanya. Inilah salah satu manfaat hobi yang bisa meningkatkan rasa percaya diri sekaligus harga diri.

Melalui suatu hobi, lo juga bisa menemukan jati diri kembali. Pasalnya, hobi mampu memicu ketertarikan lo, mengembangkan talenta lo, dan menggambarkan kelebihan lo. So, selalu ingat kalau lo juga berharga di antara jutaan individu lainnya, ya.

2. Mengurangi stres

Di sela-sela keseharian yang sibuk, manfaat hobi bisa berperan sebagai solusi istirahat yang tepat. Bahkan, sebuah studi menunjukkan kegiatan pada waktu senggang mampu meningkatkan kesehatan mental. Mulai dari menurunkan tekanan darah sampai mengurangi hormon pemicu rasa stres.

Nah, setiap mulai ngerasa lelah atau stres, coba salurkan perasaan ini lewat hobi kesukaan. Nanti lo bakal bisa recharge untuk melanjutkan pekerjaan berikutnya, deh. Yuk coba, Perseners!

Cobain, Yuk: Tes Tingkat Stres

3. Menjadi sumber kebahagiaan

Menghabiskan waktu dengan hobi kesukaan? Tentu, nggak ada orang yang keberatan, dong. Terlebih, kalau hobi ini bisa menjadi sumber kebahagiaan untuk diri sendiri.

Selain itu, manfaat hobi pun mampu memenuhi kebutuhan akan hidup yang penuh makna. Terutama, ketika lo berhasil memaksimalkan tingkat kreativitas dan pengaturan diri sesuai keinginan. Otomatis, lo bisa semangat kembali melanjutkan rutinitas, nih.

4. Membangun hubungan baru

Terakhir, manfaat hobi juga bisa menjadi jembatan untuk membangun hubungan baru. Nggak hanya lo sendiri, mungkin ada banyak individu lainnya yang juga menikmati hobi pilihan lo. Kalian boleh banget saling follow atau berkoneksi bareng.

Baca Juga: Pentingnya Hobi untuk Menggali Potensi Diri

Cara Menemukan Hobi yang Tepat

Manfaat hobi bagi kesehatan mental
Source: iFunny.com.

1. Ingat kembali masa kanak-kanak

Sebagai langkah awal yang praktis, coba ingat kembali masa kanak-kanak. Apa yang dulu lo suka lakukan sewaktu kecil? Ada kemungkinan lo masih punya rasa ketertarikan yang sama kayak dulu.

Faktanya, semua orang memiliki waktu luang lebih banyak saat kecil. Di masa itulah, kita bisa berjelajah lebih sering untuk menemukan hobi yang tepat. Oleh sebab itu, lo bisa langsung bernostalgia kembali demi menentukan pilihan hobi yang pas.

2. Coba lakukan beberapa pilihan hobi tertentu

You’ll never know until you try. Kalau masih bingung, coba kumpulkan dan lakukan beberapa pilihan hobi tertentu. Selagi melakukannya, mungkin lo bakal penasaran dengan salah satu pilihan.

Jangan lupa untuk mengevaluasi respons yang muncul pada diri sendiri. Apabila kurang cocok, lo bisa mencoba jenis hobi berikutnya. Terus lakukan sampai menemukan yang tepat, ya.

3. Sesuaikan dengan preferensi pribadi

Coba pikirkan: "Apa yang terakhir kali bikin lo senang melakukannya tanpa peduli waktu?" Setelah itu, telusuri bagian mana yang terkesan unik dan spesial buat lo. Ini bisa menjadi bahan pertimbangan untuk pilihan hobi yang sempurna, nih.

Misalnya, lo sering main game di waktu senggang. Bukan berarti itu mentah-mentah pilihan hobi yang tepat. Mungkin sebenarnya lo menikmati proses perkembangan diri setelah berhasil naik level. Jadi, lo bisa mudah menyesuaikan hasil pemilihan dengan preferensi pribadi.

4. Berjelajah mencari hobi baru dengan orang lain

Apabila lo malas sendirian, boleh banget berjelajah hobi baru dengan orang lain. Terutama, orang terdekat seperti keluarga atau sahabat. Tanpa perlu merasa canggung, justru kalian bisa semakin dekat lewat belajar bareng-bareng, ya.

Perseners, kalau lo sendiri masih bingung dengan pencarian hobi lo atau sekadar kesusahan buat bagi waktu antara kerja dan ngelakuin hobi, lo bisa ikut mentoring di Satu Persen, nih. Secara 1-on-1, lo bisa mengisi worksheet, mengikuti tes kepribadian atau minat dan karier, sekaligus menerima insight tambahan bareng mentor profesional. Langsung klik banner di bawah ini, ya!

Mentoring-5

Nah, kalian juga bisa nonton video milik Satu Persen berikut, ya. Di sini, lo bisa belajar lebih dalam cara mendapatkan hidup penuh makna lewat hobi kesukaan. Yuk, tonton videonya di bawah ini!

YouTube Satu Persen - Cara Jadi Lebih Sehat Mental 

Biar makin mantap dengan pembagian waktu kerja dan hobi, gue juga udah merangkum penjelasan singkat di bagian berikutnya. Semoga bermanfaat buat kamu, ya.

Bagaimana Meluangkan Waktu untuk Melakukan Hobi?

Hobi bagi kesehatan mental
Source: imgflip.com

Pada dasarnya, lo hanya perlu menetapkan jadwal yang tepat agar bisa memaksimalkan waktu luang untuk melakukan hobi. Laura Vanderkam, seorang penulis dan pembicara tentang work-life balance, merekomendasikan untuk membuat jadwal rutinitas per minggu. Ada kemungkinan lo bisa menemukan waktu yang sebenarnya masih tersisih dan tersimpan.

Sebagai contoh, lo bekerja selama 40 jam per minggu dan tidur selama 8 jam tiap hari. Apabila dikurangi dari total 168 jam pada tiap minggu, berarti lo masih memiliki sisa 72 jam. Coba manfaatkan sisa waktu ini untuk melakukan hobi kesukaan selama beberapa jam.

Setelah beberapa bulan, lo bisa melakukan evaluasi terhadap proses rutinitas yang baru ini. Agar lebih rinci, lo juga bisa mencatat periode waktu yang dihabiskan untuk tiap kegiatan. Alhasil, lo jadi  bisa memantau seluruh hasil rutinitas lebih maksimal dan seimbang, deh.

Baca Juga: Strategi Jitu Atur Waktu: Tips Time Management

Itu dia seputar manfaat hobi serta cara menemukan pilihan yang tepat. Ditambah cara membagi waktu kerja dan hobi. Sampai jumpa di tulisan selanjutnya!

Referensi:

7SummitPathways. (2021). Why Hobbies Are Good For Your Mental Health. 7SummitPathways.com. https://7summitpathways.com/blog/hobbies-and-mental-health/

Komar, M. dan Wylde, K. (2021). 11 Foolproof Ways to Find A New Hobby. Bustle.com. https://www.bustle.com/wellness/how-to-find-hobby-adult

Parker-Pope, T. How to Find A Hobby. Nytimes.com. https://www.nytimes.com/guides/smarterliving/how-to-find-a-hobby

Stokes, V. (2021). Hobbies and Mental Health - How to Benefit From Free Time. Harleytherapy.co.uk. https://www.harleytherapy.co.uk/counselling/hobbies-and-mental-health.htm

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.