Mood Swing Tanpa Sebab? Yuk Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kesehatan Mental
Dimas Yoga Maha Putra
28 Okt 2021
Mood Swing Tanpa Sebab
Satu Persen - Mood Swing Tanpa Sebab

Halo, Perseners! Gimana kabarnya?

Gue mau nanya nih guys, pernah gak sih lo semua lagi di suatu momen bareng teman-teman, keluarga, ataupun gebetan tiba-tiba mood kalian berubah drastis nih, dari yang happy banget berubah jadi merenung atau diam aja kayak orang kesurupan? Kalau lo semua pernah ngalamin hal kayak gitu, fix berarti lo lagi ngalamin yang namanya gangguan mood, atau kalau bahasa kerennya anak muda jaman sekarang sih, Mood Swing.

Nah, gue mau cerita juga nih Perseners, kalau gue tuh bisa dibilang orangnya sering mood swing banget. Dari yang ketawa tiba-tiba berubah jadi mode limbad, diam seketika dan suasana hati jadi gak karuan.

Tapi meskipun gue orangnya mood swing-an, gue gak mau nih mood swing gue mengubah suasana di sekitar gue jadi gak enak. Jadi, ada beberapa cara yang gue lakukan agar mood swing gue berkurang nih, Perseners dan tentu saja cara tersebut works di gue.

Nah, karena lagi ngomongin tentang mood swing nih, di artikel kali ini gue akan membahas seputaran tentang mood swing, penyebab dan bagaimana cara untuk mengatasinya. Jadi, simak hingga akhir dan jangan lupa buat share ke teman-teman maupun kerabat lo. Selamat membaca!

Tapi sebelumnya, ada pepatah bilang, tak kenal maka tak sayang, semakin kenal tambah sayang. Jadi, kenalin nama gue Dimsyog (acronym dari Dimas Yoga). Di sini gue sebagai Part-time Blog Writer dari Satu Persen. Simak sampai habis, ya!

Baca juga: Mood Swing dan Bipolar: Apa Bedanya?

Mood Swing Itu Apa, Sih?

Mood Swing
Sumber: Memesmonkey.com

Mungkin lo semua udah gak asing lagi dengan istilah mood swing. Apalagi di zaman yang udah canggih kayak gini, lo bisa nemuin kata mood swing di berbagai platform media sosial. Tapi, mungkin ada beberapa dari kalian yang masih asing dengan istilah mood swing ini. Maka dari itu, gue di sini bakal bahas terlebih dahulu nih definisi dari mood swing itu sendiri apa.

So, mood swing adalah suatu perubahan mood atau suasana hati yang terjadi secara tiba-tiba dan tanpa alasan yang jelas. Kondisi ini sangat umum terjadi pada seseorang dan dapat segera ditangani. Perubahan suasana hati atau mood swing adalah normal jika kondisi tersebut gak mengganggu aktivitas sehari-hari lo. Namun, jika perubahan suasana hati yang intens, sering, jangka panjang dan mengganggu aktivitas, ini harus diperhatikan loh, Perseners.

Sebagai contohnya, termasuk perubahan suasana hati atau mood yang berlangsung beberapa hari atau lebih lama, membuat lo bahagia dan sedih yang tak terkendali, impulsif, sangat mudah marah dan gak bisa tidur, atau ketika perubahan suasana hati mengganggu aktivitas sehari-hari dan merusak hubungan dengan orang yang dicintai karena orang dengan perubahan mood swing yang ekstrim dapat mudah tersinggung perasaannya.

Perhatikan juga nih Perseners, jika perubahan suasana hati atau mood swing telah mencapai tingkat yang lebih parah, misalnya menyebabkan perasaan melukai diri sendiri atau ingin mengakhiri hidup. Perubahan suasana hati yang terkait dengan gejala-gejala ini mungkin merupakan tanda yang lebih serius yaitu, gangguan mental.

Lalu, Apa Aja Sih Penyebab Munculnya Mood Swing Tiba-Tiba?

Penyebab seseorang mengalami mood swing itu dipengaruhi beberapa hal, loh. Kalau untuk perempuan pasti lo semua udah tau lah ya, kalau kaum perempuan lagi mood swing pasti karena kedatangan tamu bulanan, tapi ada juga yang mengalami mood swing karena kondisi mentalnya.

Nah, mood swing yang disebabkan karena adanya kondisi mental harus diwaspadai Perseners, karena berbahaya. Berikut beberapa penyebab mood swing secara keseluruhan:

1. Kondisi hormon

Mood Swing - Hormon
Sumber: Memegenerator.net

Remaja, wanita hamil, dan wanita pascamenopause adalah kelompok yang paling mungkin mengalami perubahan suasana hati atau mood swing terkait dengan perubahan hormonal.

Penyebab perubahan suasana hati karena kondisi hormonal yang pertama adalah sindrom pramenstruasi (PMS). Banyak wanita mengalami sindrom pramenstruasi (PMS) beberapa hari sebelum menstruasi. Hal ini dapat menyebabkan gejala seperti kram, sakit kepala, dan perubahan suasana hati atau mood swing.

PMS dapat membuat para remaja wanita merasa sedih atau tertekan tanpa pemicu. Hal ini bisa jadi karena kadar hormon tertentu turun sekitar waktu ini dalam sebulan. Setelah menstruasi, kadar hormon mulai meningkat dan membantu menstabilkan kembali suasana hati.

Penyebab mood swing akibat gangguan hormonal selanjutnya adalah kehamilan. Saat hamil, wanita cenderung menghasilkan lebih banyak hormon dari biasanya dan peningkatan ini dapat memengaruhi suasana hati.

Wanita hamil mungkin lebih sering menangis atau merasa hampa. Suasana hati wanita hamil bisa tiba-tiba berubah dari senang menjadi sedih dan kemudian bahagia lagi. Beberapa wanita menjadi depresi selama kehamilan atau setelah bayi lahir ketika kadar hormon turun dengan cepat.

Menopause juga bisa menjadi penyebab perubahan suasana hati yang dipengaruhi oleh kondisi hormonal. Ketika menopause dimulai, tubuh memproduksi lebih sedikit hormon daripada sebelumnya. Penurunan ini dapat menyebabkan sejumlah gejala, termasuk kesulitan tidur dan perubahan suasana hati. Perubahan gaya hidup, seperti  makan  lebih sehat, tidur lebih banyak, atau berolahraga lebih banyak, dapat membantu meningkatkan mood.

2. Ketidakseimbangan kimia dalam otak

Mood Swing
Sumber: Quickmeme.com

Perubahan suasana hati atau mood swing dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan zat kimia di otak yang mengatur suasana hati. Beberapa contoh zat kimia otak ini adalah serotonin, dopamin, endorfin, dan oksitosin.

Hormon dopamin berhubungan dengan harga diri dan motivasi; Endorfin, yang berperan dalam meredakan gejala depresi, stres, dan kecemasan; Oksitosin untuk membantu menjaga hubungan romantis dan seksual; dan serotonin, yang juga bertindak sebagai neurotransmitter dalam mengatur suasana hati.

Hormon-hormon ini harus dijaga keseimbangannya agar mood selalu baik. Jika tidak, bersiaplah untuk perubahan suasana hati  yang sering mengganggu aktivitas.

3. Adanya penyakit tertentu

Mood Swing
Sumber: Winkgo.com

Menderita penyakit tertentu juga merupakan faktor di balik perkembangan perubahan suasana hati atau mood swing. Beberapa penyakit yang dapat menyebabkan gangguan mood antara lain kerusakan paru-paru, ginjal, atau jantung, penyakit tiroid, dan penyakit otak.

4. Gangguan mental

Mood Swing - Mental Illness
Sumber: Ahseeit.com

Gangguan mental yang umumnya terkait dengan perubahan suasana hati atau mood swing termasuk depresi, gangguan bipolar, gangguan kepribadian ambang, skizofrenia, dan ADHD.

Jika perubahan suasana hati atau mood swing terjadi terlalu sering terutama sampai tingkat yang berlebihan sehingga mengganggu lo dan orang lain, lo harus curiga bahwa lo bisa aja menderita gangguan bipolar. Untuk memastikannya, lo bisa berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater.

Penyebab perubahan suasana hati atau mood swing berikutnya adalah stres. Stres kronis dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan dan membuat lo merasa sedih dan marah. Saat lo stres, lo bisa kehilangan kualitas tidur lo, yang dapat memengaruhi suasana hati lo. Olahraga adalah cara yang bagus untuk menghilangkan stres dan membantu lo merasa lebih baik.

Penyebab perubahan suasana hati akibat gangguan mental berikutnya adalah ADHD. Jika lo memiliki attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) atau hiperaktif, lo mungkin gak memiliki kendali yang baik atas impuls lo. Lo akan cenderung tiba-tiba marah atau frustrasi, bahkan dengan hal-hal kecil seperti antrean panjang atau kemacetan lalu lintas. Orang dengan ADHD lebih cenderung menjadi depresi atau memiliki masalah terkait suasana hati lainnya.

Selain beberapa penyebab yang disebutkan di atas, kecanduan atau penyalahgunaan obat-obatan terlarang dan alkohol dapat menyebabkan perubahan suasana hati juga.

Cobain, Yuk! Tes Sehat Mental - Satu Persen

Kemudian, Bagaimana Cara untuk Mengatasi dan Mencegah Mood Swing?

Jika perubahan emosional ini gak mengganggu kehidupan sehari-hari, perubahan suasana hati biasanya dapat hilang dengan sendirinya tanpa perawatan khusus. Meski begitu, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi dan mencegah perubahan suasana hati tersebut.

Tentu saja, setelah lo mengidentifikasi berbagai penyebab perubahan suasana hati, lo juga harus tahu cara mengobatinya. Agar gak terjadi terus menerus atau berulang dan mengganggu rutinitas harian lo, berikut beberapa cara mengatasi mood swing yang bisa lo lakukan:

1. Menjalani pola hidup sehat

Menerapkan pola hidup sehat dapat mencegah dan mengatasi perubahan suasana hati atau mood swing, terutama yang disebabkan oleh perubahan hormonal atau PMS. Olahraga teratur, cukup tidur, makan makanan yang sehat, dan mengelola stres dapat membantu menjaga suasana hati lo tetap stabil dan tentunya bisa mencegah lo dari mood swing.

2. Membuat Mood Diary

Jika perubahan suasana hati atau mood swing sering dirasakan, setiap kali perubahan suasana hati itu terjadi, catat kapan dan mengapa. Kemudian tuliskan di buku catatan pribadi.

Dengan mengikuti pola-pola ini, faktor-faktor yang memicu perubahan suasana hati dapat lebih mudah diidentifikasi dan dihindari, sehingga lo dapat terhindar dari namanya mood swing.

3. Konsultasi ke psikolog jika mulai kesulitan mengatasinya

Jika lo mengalami perubahan suasana hati yang parah atau sangat sering yang mengganggu aktivitas sehari-hari, lo harus berkonsultasi dengan psikiater atau psikolog. Seorang psikiater atau psikolog dapat membantu menentukan penyebab perubahan suasana hati lo dan menawarkan perawatan yang tepat.

Perubahan suasana hati yang disebabkan oleh gangguan mental sulit diatasi dengan sendirinya. Tanpa perawatan medis, kondisi pasien sering memburuk. Pasien dengan perubahan suasana hati dapat mencari konseling, dan setelah menentukan faktor penyebabnya, dokter akan melakukan perawatan psikoterapi atau farmakologis.

Ingat, hanya psikolog yang dapat mendiagnosis seseorang dengan perubahan suasana hati atau mood swing. Oleh karena itu, hindari self-diagnosis, alias mendiagnosa diri sendiri. Jika lo merasakan gejalanya, cobalah meminta bantuan kepada psikolog. Dengan begitu, lo bisa menemukan cara yang tepat untuk menghadapi gangguan yang lo miliki, sob! Misalnya dengan menggunakan layanan konseling dari Satu Persen.

CTA-Blog-Post-06-1-4

Jika lo masih ragu untuk mengikuti layanan konsultasi, lo dapat mencoba tes gratis dari kita terlebih dahulu. Dengan tes ini, lo akan tahu layanan konsultasi mana yang terbaik untuk masalah lo. Caranya gampang banget, cukup klik aja di sini.

Akhir kata, sebaiknya jangan menjadikan mood swing sebagai penghambat hidup lo. Dia harus diatasi supaya lo bisa lebih menikmati hidup dan #HidupSeutuhnya!

Sekian dulu tulisan dari gue, semoga informasinya bermanfaat, ya! Buat kalian yang lagi mengalami atau sedang berada di fase mood swing, semoga bisa cepat pulih dan gak ngerasa hal - hal kayak gini lagi :) karena gue tau pasti ini berat banget.

Jangan lupa juga buat follow Instagram @satupersenofficial dan Channel YouTube Satu Persen buat dapat informasi menarik tentang kesehatan mental dan pengembangan diri.

Referensi:

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Mood Swing - Alodokter. (n.d.). Retrieved October 15, 2021, from https://www.alodokter.com/mood-swing-tidak-selamanya-normal-kenali-tanda-tandanya

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.