Cara Mengatasi Cemas saat Interview Kerja

Karir
Ocky Jhon
13 Sep 2023

Lo pernah nggak sih ngerasa cemas banget pas mau interview kerja? Ngebayangin diri lo ditanyain banyak hal bikin lo jadi ngerasa gugup. Jadi takut salah ngomong juga karena interview ini bakal jadi penentu lo buat diterima kerja atau nggak.

Nah, terus gimana nih cara ngatasin cemas pas mau interview? Well, buat lo yang lagi ngalamin hal ini, lo bisa baca artikel ini sampai habis. Karena kali ini gue akan ngebahas tips mengatasi cemas biar interview lo berjalan lancar.

Proses mencari pekerjaan itu memang hal yang kompleks dan prosesnya panjang. Ada banyak hal yang harus kita siapin mulai dari CV, portofolio, ikutan psikotes, sampai interview kerja.

Cemas Saat Interview Kerja

Pas interview juga kita ada banyak perintilan lainnya, kaya berkas, penampilan, sampai deskripsi diri. Soalnya di sesi interview lo perlu mempromosikan diri sebaik mungkin biar keterima di perusahaan atau pekerjaan yang lo mau. Banyaknya tekanan itu nggak jarang ngebuat kita jadi ngerasa stres.

Sebagian orang mungkin ngerasa stres beberapa hari sebelum hari H interview atau malah di hari H interview. Hal ini sebenarnya wajar terjadi karena stres itu adalah respon alami kita sebagai manusia yang muncul ketika ada tekanan. Dan ini sebenarnya bisa memotivasi diri kita buat melakukan persiapan yang matang biar keterima. Tapi, kalau output stresnya malah negatif kaya cemas berlebihan, malah jadi nggak baik dan bisa menurunkan performa kita ketika interview.

Sebenarnya, rasa cemas ini bisa muncul karena kita nggak tau situasi apa yang akan terjadi kedepannya. Kita nggak tahu pertanyaan apa aja yang nanti harus kita hadapi dan gimana cara jawab yang baik. Atau mungkin karena kita terlalu fokus mikirin pandangan orang lain terhadap kita. Takut penampilan kurang rapih atau kelihatan aneh di depan HR karena jawaban yang kita keluarkan.

Nah, hal-hal tadi malah ngebuat kita jadi nggak fokus sama persiapan yang seharusnya dilakuin dan nggak bisa lihat kelebihan yang diri sendiri punya.

Kenapa bisa begitu? Karena kecemasan yang kita alami secara intens, (dipikirin terus), ternyata mengganggu kemampuan kita dalam memproses informasi yang dibutuhkan buat menyelesaikan tugas. Kalau kemampuan ini menurun, ya jadinya kinerja kita jadi nggak maksimal, termasuk ketika ngelakuin persiapan buat interview.  

Alhasil, pas diwawancara lo malah jadi  nge-blank, gugup, atau lupa sama jawaban yang udah disiapin. Ya, kalau udah begitu kita malah berisiko kehilangan kesempatan buat diterima.

Terus, gimana cara mengatasi rasa cemas biar pas interview jadi lebih rileks dan lancar?

Sebenarnya, hal basic yang perlu dilakuin adalah coba tanya ke diri sendiri, sebenernya, pikiran-pikiran negatif kaya “jangan-jangan HR nya ketawa lagi dengar jawaban gue” atau “ini pakaian gue aneh ya?” itu realitanya benar apa nggak? Atau  jangan-jangan cuma ada dibayangan kita aja?

Jadi, daripada kita terlalu fokus mikirin hal negatif, lebih baik alihkan perhatian kita ke hal lain. Coba fokus sama apa yang bisa kita kontrol dan kita persiapkan buat interview. Kita nggak bisa mengontrol situasi dan pertanyaan apa aja yang bakalan keluar pas sesi interview, tapi kita bisa mengontrol kecemasan yang kita rasain. Caranya dengan melakukan persiapan yang matang buat meningkatkan peluang lolos saat sesi interview.

Selain itu, lo juga bisa cari tahu pertanyaan-pertanyaan umum yang biasa muncul pas sesi interview apa aja. Kalau udah coba latihan buat menjawab dengan benar, perhatiin juga gestur badan saat diwawancara kaya senyum dan sikap duduk. Lo bisa ngelakuin ini sendiri di rumah pakai cermin atau minta bantuan temen lo. Setiap persiapan yang lo lakuin itu ngebantu banget buat meningkatkan kenyamanan diri atau rasa percaya diri saat interview.

Terus kalau misalnya udah persiapan tapi masih ngerasa deg-degan gimana? Lo bisa coba memvisualisasikan rasa cemas lo dengan  teknik pernapasan 4 2 4.

Caranya lo bisa cari space atau ruangan yang kosong sebelum interview, terus coba atur napas. Tarik 4 hitungan, 2 hitungan tahan, lalu hembuskan dalam 4 hitungan. Cara ini terbukti efektif buat mengurangi ketegangan saraf di sekitar leher akibat stres.

Kesimpulan

Akhir kata, ya wajar kok merasa cemas ketika menjalani proses mencari kerja. Tapi, dengan fokus dan persiapan yang matang kita bisa meningkatkan peluang diterima diperusahaan yang kita inginkan. Coba aja pelan-pelan nggak apa-apa, dengan baca artikel ini aja udah jadi langkah awal buat lo lebih maju, seenggaknya 1% setiap harinya.

Akhir kata, gue  Jhon, thanks.





Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.