Cara Biar Semangat Lagi Setelah Libur

Produktivitas
Ocky Jhon
18 Sep 2023

Inget gak sih perasaan lo di hari Senin pagi? Apalagi kalau hari seninnya tuh habis long weekend, apa yang lo rasain? Ngerasa mager buat ngelakuin sesuatu, pengen rebahan aja atau ngerasa liburannya masih kurang?

Tenang aja. Lo gak sendirian kok kalo ngalamin itu, gue juga pernah ngalamin abis libur lama yang harusnya otak gue fresh setelah liburan kenapa malah kelar liburan malah masih kebawa juga pikiran liburannya.

Yang idealnya kita jadi semakin semangat beraktivitas abis liburan eh malah jadi serba mageran, ngerasa masih kayak ada yang kurang aja gitu.

Kenapa ya kita bisa kayak gitu setelah liburan?

Pengennya sih habis liburan atau weekend itu di hari seninnya udah bisa semangat lagi, nggak uring-uringan, capek, atau sedih gitu, tapi gimana ya caranya?

Sebenernya ada banyak alasan kenapa kita bisa ngerasain yang kayak gitu tadi, ngerasa gak semangat pas kelar liburan dan kembali ke kehidupan normal kita.

Tapi kali ini gue bakal ngenalin lo sama satu istilah yang dikenalin sama Till Ronnenberg seorang peneliti asal Jerman yang namanya Social jet lag.

Jadi simpelnya nih, social jet lag ini sebenarnya sebelas dua belas sama fenomena jet lag kalo orang pergi ke zona waktu baru gitu deh. Kalau lo pindah ke zona waktu baru yang beda banget, contohnya ke Amerika Serikat, badan lo itu masih kebawa jam Indonesia yang bedanya itu sampai 12 jam. Jadi pas matahari di Amerika Serikat tinggi, badan tuh mau tepar karena di Indonesia udah malem.

Social jet lag konsepnya juga begitu. Jadi, Till Ronnenberg ini nemu kalau kebanyakan orang tuh punya jam tidur yang beda di hari kerja dan weekend. Biasanya sih, mereka tidur lebih malam kalau weekend. Dan inilah yang akhirnya ngebuat kita ngerasa kalau kayaknya tuh, ngejalanin Hari Senin kayaknya capek banget habis weekend.

Oke, gue coba bahas lebih lanjut ya.

Biasanya nih, pas masih hari kerja lo bakal tidur sesuai jadwal tidur lo gitu, ya biar besok paginya lo bangun lebih fresh dan ngelakuin aktivitas harian lo kayak berangkat kerja atau sekolah itu tepat waktu gitu.

Beda ceritanya pas weekend atau libur. Lo yang tahu besoknya gak harus ngejalanin rutinitas harian lo itu, akhirnya lebih milih buat tidurnya agak lebih malem deh, trus besoknya lo jadi bangun lebih siang gitu.

Nah, Ketika lo mengubah pola tidur dan bangun lo kayak biasanya ini secara gak sadar ritme alami tubuh lo juga akan berubah gitu.

Makanya gak heran, lo yang pas libur bangun siang dan tubuh lo udah beradaptasi dengan itu ketika besoknya harus kembali kerja ya bakal susah gitu lepas dari kasur lo di pagi hari. Ujung-ujungnya lo bakal ngerasa gak semangat karena bisanya pas libur jam segitu lo masih tidur, eh sekarang pas dah balik normal harus bangun pagi lagi kayak biasanya.

Biasanya hal kayak gini tuh sering dialamin sama remaja tapi ya gak jarang orang dewasa juga ngalamin ini juga kok.

Nah social jet lag ini bukan cuma mempengaruhi semangat kita tapi juga bisa berdampak ke hal lain gitu.

Pertama, social jet lag ini berdampak langsung loh sama keadaan fisik kita. Yang paling keliatan ya terkait masalah tidur gitu. Kayak yang tadi, pola tidur lo berubah otomatis ritme alami dalam tubuh lo juga berubah.

Terus social jet lag ini juga bisa berujung ke obesitas gitu, karena dengan pola tidur lo yang lebih lama dari biasanya itu bisa membuat lo gak terlalu bergerak secara aktif, mau ngelakuin sesuatu lebih males dan pengennya tidur aja gitu.

Selain itu ya, ada juga kemungkinan semakin besar social jet lag yang orang rasain ya bakal berimbas ke perilakunya dia gitu, kayak jadi perokok atau mengonsumsi kafein yang lumayan tinggi per harinya.

Hal kayak gini terjadi ya karena pola tidur kita berubah kan, yang terbiasa bangun siang dipaksa nih bangun pagi, biasanya usaha yang mereka lakuin buat melek itu ya dengan ngerokok atau minum kopi.

Social Jet Lag Juga Berdampak ke Kesehatan Mental

Contoh dampaknya ya sesimple mungkin diantara kita ada nih di minggu malam kemarin udah kayak udah ngerasa negatif banget gitu ngebayangin kalo besok udah senin. Kayak di otak kita tuh “aduh besok senin, kerja lagi hadeh”. Ngerasa berat aja gitu seakan-akan mau ketemu hari senin,

Nah saat kita ngerasa gitu mungkin saja kita lagi di fase Holiday blues gitu.

Tapi sih, biasanya holiday blues kayak gini dialami sama orang-orang dengan pola pikir tertentu aja. Kayak orang yang cenderung berpikir segala sesuatu yang dia jalani bakal salah dan sulit gitu, makanya pas dihadapi besok udah gak libur dan haru balik ke rutinitas normal itu sulit baget bagi orang ini.

Alih-alih liburan buat dia ngerasa fresh, dia malah akan merasa lebih tertekan gitu setelah liburannya kelar. So, kalau lo ngerasain beginian, tenang aja lo nggak sendirian dan waktu buat pelan-pelan upgrade diri lo masih ada kok.

Cara Kembali Semangat Setelah Liburan Kerja

Makanya kita masuk ke pertanyaan terbesarnya: terus gimana dong cara kita biar semangat lagi setelah liburan atau “gimana sih biar senin depan gue gak ngerasa kayak gini lagi” gitu?

Oke, karena tadi kita udah tahu nih kalo pola tidur ini tuh berpengaruh banget kan. Jadi hal yang paling simpel yang bisa kita lakuin pertama adalah tetap jaga pola tidur kita selama weekend gitu.

Tetap tidur kayak waktu hari-hari biasa lo dan tetap bangun di waktu yang biasa juga. Dengan ngelatih kebiasaan sesimpel gini, lo bisa tidur lebih cukup dan tentunya bangun lebih segar juga.  

Loh, tapikan gue mau liburan itu ya mau ngelakuin banyak hal yang gak bisa gue lakuin pas hari biasa, kalo tidurnya tetep sama ya apa bedanya coba gue liburan dengan enggak?

Eits, tenang dulu. Lo bisa sekalian nerapin tips yang kedua yaitu do Sunday on Saturday.

Nah dengan lo tidur di jam normal di hari jumat, lo bisa bangun lebih awal di hari sabtunya kan. Disini lo bisa lakuin semua hal yang lo pengen lakuin pas liburan atau hari minggunya karena waktu yang lo punya banyak.

Jadinya pas hari minggu lo bisa ngelakuin hal lain yang bikin lo happy dan liburan lo akan lebih menyenangkan gitu.

Coba bayangin kalo lo tidur telat di hari jumat ya mungkin lo gak bisa ngelakuin semua hal yang lo mau gitu karena bangunnya kesiangan gitu.

Nah kalo tadi kan tips pas weekend nya nih, sekarang pas di hari minggu malem atau senin deh. Alih-alih lo berpikir kayak “duh senin lagi, cepet banget sih liburnya, besok berat lagi huft”, lo bisa aja ganti fokusnya ke “ya ampun enak banget liburanku kemarin, bisa jalan sama pacar atau ketemu temen”.

Dengan lo mengubah fokus lo jadi lebih mengapresiasi gimana lo menghabiskan waktu weekend lo, sehingga ada perasaan positif yang lo rasakan pula. Ketika fokus lo juga dialihkan kayak demikian, yang mungkin awalnya lo terpaku banget nih kalo “besok senin dan itu berat” bisa jadi “gue gak sabar deh ketemu weekend lagi”.

Pemikiran simpel tadi bisa buat lo lebih enjoy gitu ngejalanin hari Senin lo.

Selain itu selama weekday lo juga bisa banget nyelipin kegiatan yang menyenangkan atau mungkin me-time kecil-kecilan gitu. Tujuannya ya buat lo yang tadi udah ubah fokus lo biar lebih enjoy tapi biar gak pertengahan minggu udah ngerasa capek lagi karena weekend masih jauh gitu.

Jadinya nanti pas akhirnya weekend, lo gak kebablasan gitu buat ngelakuin banyak hal karena ngerasa udah lo tahan-tahan selama beberapa hari, dan ujungnya lo begadang ngelakuin semuanya dan pola tidur lo ikut berubah gitu.

Nah, tips terakhir buat lo yang pengen semangat abis liburan adalah ketika memulai hari pertama setelah liburan coba aja dulu pelan-pelan buat ngerjain kerjaan lo gitu, gak harus yang gede-gede. Mulai aja dulu dengan kerjain yang kecil-kecil biar lo juga perlahan adaptasi lagi sama ritme biasanya itu.

Misalnya, lo bisa mulai dengan menginput data dulu yang sebenernya gak menggunakan daya analisis yang terlalu banyak dibandingkan lo langsung mulai analisis data. Atau kalau lo masih sekolah, lo bisa mulai dengan buat rencana belajar buat seminggu ke depan biar lo tau semingguan ini mau belajar apa.

Nah, buat lo yang udah nonton dari awal sampe sekarang tapi masih butuh cara yang lebih efektif buat diri lo itu tuh kayak apa. Kayak gimana biar bisa semangat ala gue sendiri gitu, lo bisa banget buat cerita sama orang terdekat lo, siapa tau mereka bisa ngasi saran gitu.

Tapi kalo lo bingung siapa yang bisa lo ajak ngobrol atau belum nemu yang cocok buat lo ajak cerita, lo bisa banget nyobain layanan Mentoring dari Satu Persen.

Kalo lo ikut Webinar Life Skills Indonesia, selain lo bisa cerita tentang masalah lo dan nyari jalan keluarnya bareng-bareng, lo juga bakal dapet psikotes yang bakal bantu lo lebih mengenal diri lo sendiri sehingga nantinya lo bakal lebih tahu apa cara yang cocok buat lo terapin ke diri lo gitu. Tenang aja, abis konsultasi lo gak bakal dilepas gitu aja. Akan ada follow up lewat worksheet yang bisa lo isi gitu.

Oke, sekian artikel ini, semoga rasa penasaran lo terjawab dan bisa ngerasa lebih semangat jalani hari lo setelah liburan kelar.

Gue Jhon dari Satu Persen, thanks!

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.