Cara Ampuh Mengatasi Prokrastinasi dan Malas

Produktivitas
Ocky Jhon
18 Sep 2023

Pernah nggak sih lo mikir kenapa ya walaupun ada tugas dan kerjaan di depan mata lo, buka youtube dan nonton semua video yang ada tuh menarik banget aja? Tapi pas lo jalanin nonton nih, yang ada lo malah marahin diri sendiri atau kecewa banget sama diri sendiri. Jadi ya, ngerasa buruk sama diri sendiri.

Kok bisa sih malah gitu? Padahal apa yang kita mau diturutin. Nah baca artikel ini biar dapet semua insight-nya ya.

Hubungan Self-Love dan Prokrastinasi

Percaya nggak kalau gue bilang alasan lo menunda-nunda itu ada kaitannya ke gimana lo mencintai diri lo sendiri?

Pemahaman ini dibahas sama Direktur di Institut Riset Pendidikan punya Princeton University, Nic Voge. Kalau menurut Nic Voge ini, sebenarnya kebiasaan menunda-nunda itu bukanlah hal yang memalukan. Atau bukan sepenuhnya karena kita lagi menyabotase diri sendiri. Tapi ada hubungannya dengan harga diri kita atau self-worth.

Menurut beliau, alasan kita menunda-nunda ngerjain pekerjaan kita adalah karena kita pengen, bahkan butuh, buat dilihat sama orang lain sebagai sosok yang mampu dan kompeten buat ngerjain itu. Ketika kita nggak mampu buat ngerasa kompeten pas ngerjain sesuatu, ya, kita nggak bakal ngelakuin itu.

Kalau sampai sini masih ngawang, tenang aja. Beliau pake contoh yang gue rasa kita semua cukup familiar.

Jadi anggap lo anak kuliahan yang punya tugas esai 3000 kata dan akhirnya setelah seharian lo nyelesain tugas-tugas yang lain, lo siap nih buat mulai ngerjain esainya. Tapi, pas lo duduk dan mau ngerjain, tiba-tiba lo kepikiran mau ngecek chat dan email yang masuk dulu ah. Terus lo cek semuanya dan ternyata 45 menit udah lewat.

Karena 45 menit itu lo habiskan buat baca chat dan email, nggak heran lo ngerasa capek. Akhirnya lo memutuskan buat tidur dengan janji bakal bangun pagi banget biar bisa ngerjain esainya lebih maksimal. Terus pas lo bangun pagi banget besoknya, ternyata lo ngerasa karena lo capek banget kayaknya esai lo nggak maksimal. Habis itu tidur lagi.

Siklus ini biasanya bakal lanjut terus. Lo bakal milih buat ngerjain hal yang lebih mudah dilakukan daripada ngerjain esainya sampai akhirnya karena deadline udah deket terus lo ngerjain dengan panik. Saking paniknya kerjaan lo nggak selesai, lo udah nggak mikirin tuh orang lain bakal ngeliatin lo gimana.

Kalau lo termasuk contoh tadi, tenang aja lo nggak sendirian. Nic Voge jelasin ada keyakinan yang hampir semua orang yang punya kecenderungan buat nunda-nunda anut. Lo bisa lihat di layar ya.

Performa kita = kemampuan kita = harga diri kita

Artinya, kalau performa kita buat ngerjain tugas itu bagus, itu juga karena kemampuan dan usaha yang kita keluarkan juga bagus. Makanya, kita ngerasa berharga.

Simpelnya, kalau gue bisa ngerjainnya dan sukses, maka gue orang yang berharga. Ini juga berlaku buat sebaliknya. Kalau gue nggak bisa ngerjain, ya gue orang yang nggak berharga. Dan hal ini bikin orang takut buat gagal.

Menurut Nic Voge juga, orang yang menunda-nunda itu juga muncul karena ngerasa stuck di antara keinginan buat ngerjain tugas dengan sempurna dan ketakutan kalau gagal. Jadi ya, kayak nabrak gitu.

Dan disinilah dimana kebiasaan menunda-nunda masuk. Waktu kita ngerasa nggak pede atau insecure sama performa kita buat ngerjain sesuatu, kita takut kalau hasil kerjaan kita bakal jelek dan nggak maksimal. Biar kita nggak ngerasain itu, kita cenderung buat ngelindungin harga diri kita dengan ya, menunda-nunda.

Cara Menghilangkan Kebiasaan Menunda-Nunda

Sekilas, menunda-nunda ini strategi yang efektif sih tapi ya bisa banget bawa masalah baru. Nah, terus “gimana caranya biar kita nggak tenggelam di kebiasaan menunda-nunda?”

Pertama, yang pasti adalah pahami kenapa lo menunda-nunda itu. Apa yang menyebabkan lo menunda-nunda? Apa yang lo rasakan waktu lo kepikiran mau nunda-nunda?

Apa karena lo takut kalau kerjaan lo gagal atau jangan-jangan lo pengen banget kerjaan lo sempurna jadi lo nunggu waktu yang sempurna juga buat mulai?

Ketika kita memahami kenapa alasan kita menunda-nunda, kita baru bisa cari cara buat ngatasin ini dengan cara-cara yang lebih sesuai.

Kedua, evaluasi diri lo. Emang sih, kita sebagai manusia itu pengen banget diakui kompeten dan dihargai oleh orang lain. Tapi hal ini bukan berarti kesuksesan lo itu selamanya bakal setara sama harga diri lo.

Kalau lo ngerasa harga diri lo itu kaitannya gede banget sama kesuksesan lo, sampai lo ngerasa kalau lo gagal ya berarti lo nggak berharga di dunia ini; ini adalah keyakinan yang perlu lo challenge atau lawan.

Lo bisa lawannya pakai cara macam-macam. Misalnya, mau cari tau sendiri dengan analisis diri lo.

Terakhir, perhatikan proses dan progres. Salah satu cara utama buat ngurangin kebiasaan menunda-nunda adalah coba buat pecahin kerjaan lo jadi hal-hal simpel yang bisa lo kerjain. Kalau nyusun esai 2000 kata itu berat banget, lo bisa mulai dengan bikin outline simpel atau kumpulin dulu artikel-artikel yang lo butuhkan.

Dengan gitu, lo bisa ngerasa kalau apa yang lo kerjain ada proses dan progresnya. Jadi, mempermudah lo juga kedepannya karena bisa mengurangi rasa takut gagal yang muncul di dalam diri lo tadi.

Akhir kata, gue harap lo paham kalau nggak selamanya kesuksesan adalah penentu pasti lo berharga atau enggak di dunia ini. Realitanya, kita bakal lebih banyak mengalami kegagalan dibandingkan kesuksesan.

Jadi, gimana kalau kita coba belajar menghargai diri kata di waktu gagal sekalipun?

Sekian dari Gue, Gue Jhon dari Satu Persen, pamit undur diri.

Jangan lupa tengokin webinar-webinar kita buat self-development dan improve diri lo di sini https://lifeskills.id/

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.