Apakah Stres Bisa Hilang?

Kesehatan Mental
Ocky Jhon
8 Sep 2023

Lo pasti pernah ngerasain yang namanya stres. Entah itu stres karena sekolah, kerjaan, atau stress di kegiatan sehari-hari. Atau mungkin stres gak punya duit. Dan hal ini bikin lo jadi lebih emosional, produktivitas terganggu, bahkan sampai sehari-hari lo ngerasa nggak tenang. Dan ya, ngerasain stres tuh nggak nyaman banget dan kalau lo ngerasain terus menerus, bisa jadi salah satu ciri masalah yang lebih serius.

Jadi mungkin nggak heran pertanyaan kayak “kenapa sih kita bisa ngerasain stres?” atau “bisa nggak sih sebenernya hilang?” itu sering ada di kepala. Gue bakal bahas satu teori buat gimana caranya lo bisa mengelola stres lo biar nggak bikin hidup lo ambyar.

Stress Itu Wajar

Pertama-tama, stress itu sebenernya adalah hal yang wajar. Kedua, stres ini juga adalah hal yang normal banget, lagi kondisi biasa2 aja bisa stress, apalagi kalo ada masalah. Ketiga, stress itu pasti ada trigger-nya. Bisa jadi karena kondisi sehari-hari, misal belom makan, kurang tidur, atau juga karena masalah. Contohnya lo mungkin ada masalah kesehatan mental, masalah duit, kerjaan, pertemanan, pacar, dan lain-lain.

Tapi, yang jadi pertanyaan adalah: Kenapa sih, ada orang yang misalnya ya: Dikit-dikit stress gitu, gampang banget nih kena mental. Tapi ada juga yang kuat banget mentalnya, dikasih cobaan apapun gak stress?

Alasan Kenapa Lo Ngerasa Stress

Yang jelas stress itu ya tergantung hal ini: persepsi dan reaksi tubuh elo.

Persepsi tuh kalo awamnya ya mindset lah. Kalo lo punya mindset bahwa segala di dunia ini berat, ya jadi stress sih. Dan tiap orang punya reaksi tubuh dan persepsi yang beda-beda.

Tapi meski ini beda-beda, ada orang yang stress, ada yang nggak. Tapi ini nyata cuy. Jadi gak bisa tuh kita kayak, ah l0 manja nih gampang stress, dikit-dikit hilang, healing… karena ya yang dirasakan real. Deg-degannya nyata, yang dimunculin oleh tubuh itu bisa dirasain Udah kayak refleks lah.

Dan biasanya reaksinya ada 3 macem: Entah l0 fight, lawan si penyebab stress-nya, atau l0 flight, alias l0 kabur -> Nah ini nih yang biasa orang maksud sebagai healing ya, kabur sejenak, atau juga freeze. Alias ya udah, gak ngapa-ngapain. Yang bagus yang ngapain? Ya tergantung sih masalahnya apa dulu ya. Kalo masalahnya kerjaan, mungkin gak bagus sih kalo l0 flight terus tiap ada kerjaan baru. Nanti gak kelar-kelar dan malah menumpuk.

Kalo masalahnya adalah misal amit-amit ya orang terdekat lo meninggal, apakah bisa hal itu l0 fight? Ya nggak, yang bisa l0 lakukan adalah mungkin healing aja dulu untuk merenung dan berdamai sama perasaan lo.

Nah itu adalah alasan kenapa terjadi stress. Nah, yang namanya stress itu sebenernya gak selalu negatif cuy. Kalo l0 gak ngerasain stress juga ya dampaknya bisa jadi jelek ke kesehatan l0.

Dengan stress yang cukup, l0 tuh sebenernya bisa ningkatin performa l0. Ya bayangin aja gini dah. Gua yakin banyak dari l0 yang main mobile legends. Anggap aja l0 push rank yak. Terus l0 menang, tapi musuhnya gak ada perlawanan. Ya bosen juga mainnya. Ngapain maen kalo musuhnya kaga ada perlawanan?

Nah sama aja kayak hidup. Kalo hidup terlalu mudah juga jadi bosen

Makanya yang bagus itu lo tetep punya tingkat stress biar cukup menantang. Tapi gak sampe l0 jadi males berusaha, justru tantangan itu bikin l0 jadi makin semangat. Nah inilah hidup yang kita semua cari, iya kan, hidup yang seru, yang menantang, yang memang ngeexplore hal baru dan challenge baru.

Sekarang pertanyaannya adalah gini:

Hidup l0 udah cukup menantang belum?

Apa jangan-jangan l0 selama ini menghindari stress jadi gak berkembang dan ngeluh mulu? Atau justru l0 merasa hidup l0 terlalu gitu-gitu aja jadinya bosen?

Atau jangan-jangan l0 overwork, makanya burnout? Ini sih ya l0 doang yang bisa jawab ya.

Solusi

Terus solusinya gimana nih kalo kita ngerasa hidup kita kayak ngebosenin atau burnout? Well, solusinya adalah sebuah konsep yang bernama OPTIMAL STRESS

Optimal Stress adalah pandangan dan persepsi baru buat memandang stres biar gimana caranya nggak bikin hidup lo ambyar dan hidup lebih sehat. Optimal stress adlaah ketika lo bisa mengelola reaksi tubuh dan respon lo dengan lebih maksimal.

Ketika lo ada di area yang namanya best stress zone. Ketika hidup l0 menantang dan kerja l0 optimal. Apa yang harus dilakuin? Menariknya, yang harus dilakukan adalah… PDKT

PDKT sama siapa. PDKT sama hal yang bikin lo stress tentu gak semua shal bisa dipedekatin ya… kalo memang sebuah hal itu ngeganggu lo banget, mungkin traumatis, bikin lo cemas banget, dsb. Saran gue sih l0 ke psikolog/mentor Satu Persen buat dicari tahu kenapa bisa kayak gitu.

Tapi kalo sekiranya lo bisa hadapi nih stress-nya, kalo bisa sih dihadapi dan di-PDKT-in. Biar apa? Biar hidup l0 jadi lebih menantang, dan lo juga bisa belajar utk terbiasa mengontrol persepsi dan reaksi tubuh lo. Inget yak, stress kan masalah persepsi dan reaksi. Terus gimana cara ngontrol persepsi dan reaksi itu? Wah kepanjangan yak kalo gue terusin.

Akhir kata, stres itu nggak pernah mudah buat kita laluin tapi bukan berarti mustahil kok. Dan dengan tau, kenal, dan paham tentang stres yang lo alami mendalam, bisa ngebantu lo buat menghadapinya kalau-kalau muncul lagi.

Gue Jhon dari Satu Persen, thanks.

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.