5 Hal yang Harus Diperhatikan Agar Komunitasmu Berkembang Baik

Produktivitas
Rebecca Meliani Sembiring
1 Mar 2021

Halo, Perseners! Kenalin, aku Rebecca, Associate Writer Satu Persen.

tips komunitas berkembang baik
tips komunitas berkembang baik

Apa sih hal yang paling kamu kangenin dari masa-masa sebelum pandemi? Bisa keluar dan makan bareng temen? Mau jalan-jalan dan sepedaan bareng komunitasmu? Atau, sekadar kangen nggak sengaja papasan bareng temen se-geng?

Yep, sebagai makhluk yang nggak bisa hidup sendiri, wajar banget buat kita ngerasa kangen buat interaksi langsung sama temen se-geng atau se-komunitas. Nggak hanya itu, kita juga ngerasa bangga jadi bagian dari komunitas itu, entah itu komunitas kampus sampai profesi.

Semua itu nggak lepas juga dari peran program-program pengembangan komunitas yang ada. Di komunitas, kita nggak cuma bisa have fun, tapi juga bisa belajar dari pengalaman yang dikasih. Nggak heran, komunitas punya tempat khusus di hati kamu.

Makanya, pas pandemi melanda dan kita jadi harus ngebatesin interaksi fisik, mungkin banget buat kamu ngerasa bosan dan hampa. Segala interaksi maupun acara pengembangan komunitas akhirnya harus beralih dilakukan secara online.

“Awal-awal, mungkin rasanya masih asik, tapi kok lama-lama jadi suntuk ya?” Buat sebatas tahu kabar temen aja rasanya susah banget. Alhasil, kamu dan temen-temen di komunitasmu jadi ngerasa bosan dan pelan-pelan ninggalin komunitas yang kalian buat.

“Duh, terus harus gimana ya biar komunitasku bisa berkembang baik terus?” Tenang aja, artikel ini hadir buat ngejawab keresahan kamu. Artikel ini akan kasih 5 tips yang bisa kamu coba buat ngembangin komunitasmu.

Penasaran? Yuk, simak!

Emangnya, seberapa penting sih pengembangan komunitas buat kita?

Sebelum ngebahas tentang pengembangan komunitas, tentu kamu sering bertanya-tanya, “Emangnya, harus banget ya kita ada dalam suatu komunitas?”

Jawabannya, nggak harus. Tapi, kamu bisa dapet banyak hal loh dengan gabung dalam sebuah komunitas.

Alasan utamanya adalah buat menuhin kebutuhan interaksi kamu dengan manusia lainnya. Karena menurut penelitian, manusia itu emang punya kecenderungan buat berinteraksi dengan sesamanya. Bahkan, manusia banyak dapet pengaruh dari lingkungan sosialnya.

“Kenapa sih bisa gitu?” Alasannya simple, ada dalam lingkungan sosial tertentu ngebuat kita ngerasa lebih aman.

Sejak zaman manusia purba, hidup berkelompok itu kunci bertahan hidup. Soalnya, kita bisa saling ngelindungin pas ada musuh atau ngejaga harta bersama.

Nah, meskipun zaman udah berganti, ternyata otak manusia nggak banyak berubah, lho. Meskipun sekarang udah banyak peraturan yang ngebuat kita ngerasa lebih “aman”, nggak menjadi bagian dalam komunitas ngebuat kita ngerasa terancam.

Nggak hanya menuhin kebutuhan interaksi kamu dengan manusia lainnya, kamu juga bisa dapet banyak hal:

1. Berada dalam komunitas ngebuat kamu makin sehat secara fisik dan mental

“Kok bisa?”

Yap, tentu aja. Tekanan batin dan kecemasan yang kita rasain ketika ngerasa kesepian dan sendirian tentu nggak kalah penting dibandingkan kesehatan fisik, terutama di masa penuh ketidakpastian kayak sekarang ini.

Berada dalam ngebuat komunitas dapat ngebantu kamu kembali ngerasain sense of purpose dalam diri kamu yang mungkin sempet ilang. Anggota dalam komunitas kamu bisa ngingetin kamu tentang tujuanmu, sekaligus ngebantu kamu pas lagi dilanda masalah. Kamu jadi makin optimis deh.

Di masa pandemi seperti sekarang ini, meskipun nggak bisa bertemu langsung, komunitas banyak nyediain wadah buat kamu bisa interaksi, bahkan beraktivitas bareng lewat dunia maya. Mulai ngerjain tugas sampai workout bareng, semuanya bisa lho!

Tentu rasanya akan lebih nyenengin kan, tetep produktif bareng temen daripada sekadar rebahan di rumah? Selain badan dan mental sehat, hidup kamu jadi lebih bermakna. Coba deh kamu ikut tes sehat mental supaya paham kondisi kesehatan mentalmu belakangan ini.

Baca juga: Kesehatan Mental Penting, Kenapa?

2. Berada dalam komunitas ngasih kamu inspirasi dan ilmu baru

Gabung dalam komunitas juga bisa ningkatin kemungkinan buatmu ketemu orang-orang keren yang bisa ngajarin kamu hal baru dan ngasih kamu inspirasi buat berkarya. Kalau kamu  berada di lingkungan yang suportif, tentu peluangmu berkembang jadi makin besar.

Kamu nggak cuma bisa belajar dari satu-dua orang, tetapi juga belajar jadi setiap orang dalam komunitas. Lingkungan yang ngehargain perkembangan tiap anggotanya dengan semangat saling bantu dan saling ngasih feedback yang membangun itu penting banget, lho, biar kamu jadi makin dewasa.

Kadang, dari interaksi-interaksi itu, kamu juga bisa dapet inspirasi baru buat ngelakuin sesuatu, entah itu ide nulis hingga ide bikin bisnis. Soalnya, tiap interaksi bareng temen komunitas, kamu bakal ketemu orang-orang dengan point of view yang beda-beda.

Dari point of view yang beragam, mungkin banget kamu jadi lebih mudah ngeliat sesuatu dengan cara pandang baru yang akhirnya ngelahirin solusi baru juga. Tentu seru banget kan?

3. Berada dalam komunitas ngebantu kamu dapet jaringan yang luas

Tentu ada alasan dibanding program-program kampus maupun tempat kerja yang dulu ngeharusin kamu buat ketemu banyak orang baru. Bisa tebak alasannya apa? Yup, buat networking.

Emang penting banget ya jaringan yang luas itu? Jawabannya, tentu penting. Dengan kenal banyak orang baru, kamu bisa dapat peluang baru yang lebih banyak. Selain bisa kolaborasi bareng dalam proyek-proyek ke depan, teman kamu juga bisa ngenalin kamu ke lingkungan baru.

Singkatnya, satu teman bisa ngebawa kamu ke banyak teman lainnya. Hal ini tentunya juga ngebuka peluang kamu buat kolaborasi dan berkarya bareng. Dengan begini, hidup nggak bakal garing, deh!

Tiga hal yang kamu dapetin di atas tentu nggak lepas dari peran pengembangan komunitas. Komunitas yang berkembang nggak cuma ditandai dengan jumlah anggota yang nambah, tapi juga kualitas tiap-tiap anggota. Seru banget kan, have fun sambil ngembangin diri dan orang lain?

Aku tahu komunitas penting banget, tapi gimana caranya ngelakuin pengembangan komunitas kalau ketemuan aja nggak bisa?

Bener sih, sekarang kita udah nggak bisa seru-seruan bareng temen secara langsung. Kegiatan kenalan dan diskusi karena nggak sengaja papasan udah makin sulit buat dilakuin. Acara pengembangan komunitas yang seru kaya malam keakraban juga nggak bisa dijalanin.

“Terus, komunitas bisa ngelakuin apa ya biar anggota-anggotanya tetep bisa berkembang dan semangat berkomunitas?”

Tenang, artikel ini bakal ngasih kamu 5 tips buat ngembangin komunitasmu! Penasaran apa aja? Ini dia!

tips komunitas berkembang baik
Photo by lucas law on Unsplash

1. Lakuin riset mengenai program pengembangan komunitas yang dibutuhin anggotamu

Tiap komunitas punya anggota yang beragam. Tentunya, kebutuhan mereka juga beragam. Karena itu, penting banget buat cari tahu kebutuhan mereka sebelum ngelakuin program pengembangan komunitas.

Dengan begitu, kamu bisa mastiin bahwa topik pengembangan komunitas yang kamu angkat itu udah sesuai dengan kebutuhan anggotamu. Selain itu, kamu juga bisa nyesuain metodenya biar nggak boring dan tetep asyik.

Misalnya, kamu bisa bikin lewat bentuk video, audio, games, dan lain sebagainya. Masa pandemi emang ngeharusin kita buat beradaptasi dan nyoba berbagai macam platform, tapi yakin deh, bakal worth it kok.

2. Selama ngelaluin program pengembangan komunitas, beri dorongan positif

Menurut ahli psikologi, B.F. Skinner, adanya imbalan sebagai dorongan positif itu terbukti efektif ngebuat orang makin semangat untuk ngelakuin sesuatu, termasuk ngelaluin pengembangan komunitas. Bahkan, hasilnya lebih daripada jika diberikan ancaman hukuman jika gagal.

Adanya kegiatan khusus untuk ngasih penghargaan buat anggota komunitas yang ngasih effort maksimal itu penting banget buat ngedorong orang-orang aktif berpartisipasi. Bahkan, nggak perlu jauh-jauh, apresiasi dengan kata “terima kasih” juga berarti banget lho.

3. Program pengembangan komunitas nyediain tempat yang aman buat semua anggota

Seseorang nggak akan dapat berkembang dengan baik kalau dia nggak merasa aman di komunitas tempatnya berada. Rasa nggak aman ngebuat orang nggak bisa menjadi dirinya sendiri dan akhirnya nggak bisa berkembang sepenuhnya.

Rasa aman juga dapat dirasain dengan terus ngejaga komunikasi tetep baik. Kalau setiap anggota ngerasa suara dan pendapat mereka penting, tentu mereka akan makin ngerasa aman buat speak up dan mengekspresikan diri.

Komunikasi itu nggak cuma sebatas ngizinin seseorang untuk berbicara lho, tetapi juga ngehargain pendapat dan perbedaan yang dimiliki oleh tiap orang. Jadi, jangan sampe ada yang ngerasa tersingkir ya.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Insecure dan Cara Mengatasinya

4. Program pengembangan komunitas harus menciptakan makna yang unik bagi anggotanya

Keadaan pandemi yang ngebuat kita harus terisolasi emang mudah ngedorong kita untuk berpikiran negatif, termasuk ngerasa kehilangan makna hidup. Akhirnya, kita nggak ada dorongan lagi untuk ngebawa perbaikan tiap harinya dan hidup kita rasanya di situ-situ aja.

Program pengembangan komunitas yang baik tentu harus pertama-tama ngebantu anggotanya untuk nemuin makna dan misi hidup bagi dirinya pribadi. Baru, setelah itu, bisa deh ditentuin makna dan misi kolektif buat komunitas yang sejalan dengan milik pribadi.

Dengan adanya makna dan misi, kita nggak ngerasa terpaksa dalam ngejalanin sesuatu. Sebaliknya, kita ngerasa makin bersemangat karena tahu bahwa semuanya itu buat kepuasan dan kebaikan diri kita sendiri.

Meskipun tiap orang mungkin punya tujuan yang beda, pengembangan komunitas harus lebih dulu nerima segala perbedaan itu. Dengan begitu, semua orang bisa jadi dirinya sendiri dalam komunitas sehingga mereka lebih nikmatin proses yang dirasain.

5. Program pengembangan komunitas juga mempromosikan pentingnya istirahat

Sering banget program pengembangan komunitas justru beralih jadi ajang adu kesibukan. Kita jadi sulit banget buat ngebedain sibuk dan produktif, seakan-akan semakin banyak kegiatan yang kita lakuin dalam seminggu itu nunjukin seberapa produktifnya kita.

Padahal, istirahat itu perlu banget lho. Bahkan, istirahat yang baik bisa ningkatin produktivitas kita. Apa sih istirahat yang baik itu? Yap, dengan berlatih mindfulness.

Hidup yang terburu-buru justru ngebuat kita bersabar buat nuntasin suatu hal. Kita perlu banget untuk ngambil waktu sejenak dan menata ulang pikiran kita. Dengan lebih jernih, kita bisa ngeliat persoalan yang kita hadapi dan solusi terbaik nyelesainnya.

Program pengembangan komunitas yang mempraktikkan mindfulness nggak hanya ningkatin kemampuan anggotanya untuk fokus, tapi juga ngajarin kita untuk lebih tenang dan lebih produktif.

tips komunitas berkembang baik

Meskipun situasi pandemi ngehalangin kita buat berinteraksi secara langsung, bukan berarti pengembangan komunitas harus berhenti gitu aja. Semoga artikel ini bisa ngebantu kamu dapet insight baru soal pengembangan komunitas ya!

Buat kamu yang masih butuh bantuan buat ngerumusin program pengembangan komunitas, aku saranin buat coba program kolaborasi dari Satu Persen. Dengan program ini, kamu akan dibantu Satu Persen untuk ngejalanin program yang terkait ilmu psikologi komunitas.

satu-persen-kolaborasi

Tenang, buat kamu yang belum berpengalaman dan nggak banyak tahu soal basic training mengenai kesehatan mental, kamu bisa dapet wadah untuk belajar di sini. Jadi, jangan ragu untuk ikutan!

Nah, semisal kamu pengen cerita atau konsultasi terkait kesehatan mental, kamu bisa mengikuti layanan mentoring Satu Persen. Akhir kata, semoga artikel ini bisa ngebantu kamu, setidaknya Satu Persen setiap harinya, menuju hidup seutuhnya. See you!

Referensi

Chan, J. (2017, December 7). The 5 Benefits of Community. The Huffington Post. https://www.huffingtonpost.com/jonathan-chan/the-5-benefits-of-communi_b_10390826.html?ncid=engmodushpmg00000006.

Jones, M. (2016, July 13). 7 Simple Steps That Drastically Improve Performance, According to Science. Inc.com. https://www.inc.com/matthew-jones/7-simple-steps-that-drastically-improve-performance-according-to-science.html.

Team, O. (2020, December 21). Benefits of Living in a Healthy Community. Owaves.com. https://owaves.com/benefits-of-living-in-a-healthy-community/.

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.