Pentingnya Webinar di Kala Pandemi

Produktivitas
Rebecca Meliani Sembiring
3 Mar 2021

Halo, Perseners! Kenalin, aku Rebecca, Associate Writer dari Satu Persen!

webinar-di-kala-pandemi
webinar di kala pandemi

Nggak kerasa, pandemi udah berjalan setahun di Indonesia. Meskipun banyak perasaan negatif yang kita rasain ketika denger soal kondisi pandemi, kayak rasa bosan, kecewa, dan kesepian, sebenernya ada satu hal lho yang justru berkembang banget selama pandemi.

Tebak, hal yang berkembang itu apa? Yap, bener banget, webinar! Karena kita nggak bisa berinteraksi langsung dengan banyak orang, acara yang dilangsungkan secara online, seperti webinar, jadi banyak diminati nih. Mungkin kamu juga salah satu peminatnya.

Banyak banget hal yang ngebuat webinar jadi menarik buat diikuti, mulai dari topiknya yang beraneka ragam, sampai metodenya yang nggak ribet. Kamu bisa ikut acara-acara yang kamu minati tanpa harus banyak pertimbangan.

Bayangin, dulu kalo kita mau ikut seminar, kita harus repot mikirin transportasi ke venue. Nggak cuma itu, kita mikirin outfit yang harus dipake biar nggak saltum. Dengan webinar, kamu bisa ikut seminar dengan topik apapun dengan cukup nyalain device yang kamu punya. Praktis kan?

“Duh, tapi sebenernya udah mulai bosen sih ngikutin webinar sekarang ini”

“Emang beneran ngaruh ya kalo sering-sering ikut webinar?”

“Kalo cuma webinar online mah nggak asik!”

webinar di kala pandemi

Aku paham kok, mungkin kamu udah mulai bosen dengan kondisi saat ini dan duduk di depan device buat dengerin webinar rasanya malah makin bikin capek. Namun, banyak banget lho yang bisa kamu dapetin dari ikutan webinar.

Kalo kamu bisa dapetin webinar yang cocok dengan interest kamu dan kebutuhan kamu, meskipun kamu nggak bisa sering keluar rumah dan interaksi dengan orang banyak, kamu tetep bisa upgrade diri lho biar semakin dekat dengan #HidupSeutuhnya.

Mau tahu lebih banyak soal manfaat ikut webinar buat kamu? Yuk, simak artikel kali ini.

Apa sih pentingnya ikut webinar buat aku?

Kamu mungkin udah nggak asing lagi dengan kata webinar. Webinar terbuat dari gabungan dua kata, “web” dan “seminar”, yang singkatnya berarti seminar yang dilakukan secara online.

Karena diambil dari kata yang mirip,  ikutan webinar juga punya manfaat yang sama dengan ikutan seminar. Dengan ikutan webinar, kamu bisa menambah insight soal topik-topik berbeda lewat pembicara yang ahli di bidangnya.

Lewat webinar, peserta dan pembicara nggak harus ada di tempat yang sama buat bertukar ilmu. Meskipun nggak bisa interaksi langsung, banyak banget lho metode interaktif webinar, mulai dari chats, survei, hingga games online.

Masih penasaran soal manfaat webinar? Yuk, lihat penjelasan di bawah ini:

1. Webinar memberi kesempatan belajar yang luas buat kamu

Mungkin, kamu udah mulai suntuk nih hanya belajar materi kuliahmu atau hal yang berkaitan dengan kerjaan kamu. Kamu tentu punya ketertarikan buat belajar hal baru atau hal yang penting buat dipelajari tapi nggak didapat dari pendidikan formal, misalnya mental health.

Nah, webinar adalah ajang kamu buat belajar banyak hal dari sumber lain. Kamu bisa belajar dari praktisi atau teman yang punya pengalaman lebih. Tentu menarik banget, bukan?

2. Webinar memberi kesempatan interaksi dengan pembicara

Ini nih salah satu keunggulan utama dari ikutan webinar daripada sekadar nonton video secara online. Webinar ngasih kamu kesempatan untuk jumpa virtual dengan pakar, sekaligus tanya jawab kalau ada hal yang ngebuat kamu bingung atau justru penasaran dari presentasinya.

Nggak mudah lho buat ketemu pakar di bidang yang kamu minati. Apalagi, dalam event seminar yang sifatnya online. Jadi, kesempatan ini jadi penting banget buat kamu!

3. Webinar meningkatkan attention span

Berada di rumah terus menerus mungkin ngebuat kamu nggak produktif karena pengen rebahan atau main HP terus. Dengan ikutan webinar, kamu bisa ngelatih diri kamu buat tetap fokus kepada materi yang diberikan.

Kalau dipikir-pikir, suasana sekitar saat lagi ngikutin webinar jauh lebih bisa kamu kontrol dibandingkan saat ikut seminar. Karena kamu di rumah aja, kamu bisa ngatur posisi meja, device, bahkan muterin suara-suara white noise yang ngebuat kamu jadi makin fokus deh.

Jangan lupa buat jauhin distraksi, seperti buka-bukain notifikasi di HP kamu, saat ngikutin webinar. Pastiin diri kamu tetep fokus terhadap materi yang diberikan. Tentu, kamu nggak mau waktu yang kamu sisihkan buat ikutin webinar terbuang sia-sia, kan?

Baca juga: Cara Berhenti dari Adiksi? (Belajar Berhenti dari Kecanduan)

Webinar nggak akan lebih seru dibandingkan acara online. Bener nggak sih?

webinar di kala pandemi
Photo by Magnus Olsson on Unsplash

Nggak bisa dipungkiri, semakin kamu bosen ngelakuin aktivitas di rumah dan pengen bisa berinteraksi normal dengan orang lain, kamu jadi semakin sering banding-bandingin acara online yang saat ini bisa kamu hadiri dengan acara offline.

Bener sih, interaksi fisik itu termasuk hal yang penting buat manusia. Kurangnya interaksi fisik bisa jadi penyebab utama manusia untuk merasa depresi menurut ahli. Nggak hanya itu, interaksi fisik juga ngebuat kamu bisa ningkatin emotional intelligence-mu.

Namun, di saat seperti ini, tentu acara offline bukan opsi yang bisa diambil, apalagi acara seminar yang harus ngehadirin banyak orang. Seperti filosofi teras, kamu tentu harus bisa ngebuka diri terhadap pilihan yang ada saat ini yang ada di dalam kontrolmu, dibandingkan mengeluhkan situasi pandemi yang di luar kontrolmu.

webinar di kala pandemi

Kalo dipikir-pikir, banyak juga lho kelebihan dari acara online dibandingkan acara offline. Karena kelebihan-kelebihannya, acara online kayak webinar diprediksi nggak hanya jadi “pengalih” kegiatan offline, tapi justru jadi trend baru yang akan bertahan bahkan setelah pandemi berakhir.

Ini nih manfaat ngikutin webinar buat kamu dibandingin acara offline:

1. Ikutan webinar jauh lebih praktis dari seminar

Sama seperti yang aku bilang sebelumnya, dulu, banyak banget pertimbangan yang harus kamu pikirin kalo mau ikutan seminar. Kadang, bayangan harus macet-macetan di jalan atau antre di depan venue acara justru ngebuat kamu jadi makin males ikut seminar. Padahal, kamu tahu banget seminar bagus buat pengembangan diri kamu.

Ditambah lagi, seminar nggak ngehadirin banyak pilihan. Pembicaranya juga mungkin terbatas di daerah tempat kamu. Jarang-jarang kamu bisa dapet insight baru dari pembicara yang tinggal di luar negeri, misalnya. Topik-topik yang diangkat juga terbatas.

Semua itu bisa diatasi dengan webinar. Dengan internet, kita bisa dihubungkan dengan pembicara dari berbagai tempat yang punya beragam keahlian berbeda. Topik yang bisa kamu dalami juga beragam, mulai dari mental health hingga hard skills.

2. Ikut webinar jauh lebih murah dibandingkan seminar offline

Umumnya, ikut seminar offline itu ngabisin biaya yang nggak sedikit. Nggak cuma biaya transportasi dan konsumsi, kamu biasanya harus bayar tiket masuk yang harganya makin mahal tergantung pembicara yang hadir. Jadi mikir dua kali buat ikutan, kan?

Beda halnya dengan ikutan webinar. Umumnya, fee ikutan webinar jauh lebih murah lho dibandingkan acara seminar offline. Nggak hanya itu, biaya transportasi dan konsumsi nggak harus dipikirin lagi.

Khawatir soal sertifikasinya? Sekarang ini, udah banyak banget webinar yang nawarin sertifikat atau lisensi lainnya. Kamu jadi nggak perlu khawatir deh.

3. Materi webinar bisa kamu lihat berulang-ulang

Galau tiba-tiba harus pergi dari seminar karena ada urusan penting yang mendesak, tapi sayang karena nggak bisa maksimal dengerin materi? Keduanya mungkin jadi masalah pas kamu lagi dengerin seminar, tapi nggak dengan webinar.

Biasanya, recording webinar tersedia buat kamu, jadi kamu bisa dengerin ulang materinya dimanapun dan kapanpun, cukup berbekal device dan akses internet. Dalam webinar, materi presentasi juga biasanya tersedia buat kamu. Jarang-jarang kan dapet akses ke materi presentasi kalau lagi seminar offline?

Apa hal yang harus aku perhatiin kalo ikutan webinar?

Nah, setelah tahu manfaat ikutan webinar, kamu harus tahu nih tips penting supaya kamu bisa dapet manfaat maksimal dari webinar. Apa aja ya hal yang bisa kamu lakuin?

1. Jauhkan ponsel dan distraksi lainnya saat mengikuti webinar

Karena kita punya kontrol buat mengatur situasi di sekitar kita saat ngikutin webinar, jangan lupa untuk matiin notifikasi HP, atau bahkan jangan buka HP sama sekali. Tentu kamu tahu kan, sekalinya kamu fokus scrolling sosial media di HP kamu, susah banget buat kembali fokus ke hal yang lagi kamu ikutin.

Berada di lingkungan yang terlalu berisik atau dengan koneksi internet yang lambat sangat mungkin juga untuk nurunin mood kamu untuk ikutan webinar. Jadi, pastiin semua yang kamu butuhin udah dipersiapkan sebelumnya sehingga kamu bisa makin semangat buat ngikutin webinarnya.

2. Libatkan semua indera kamu saat mendengarkan webinar

Buat menambah fokus kamu, kamu bisa nyatet nih sambil mendengarkan webinar. Dengan mencatat, kamu nggak hanya ngandelin pendengaran dan pengelihatan kamu, tapi otakmu juga memproses informasi dan badanmu bergerak. Tentu, kamu jadi makin fokus buat menyerap materi.

Baca juga: Melatih Fokus Agar Hidup Lebih Produktif

3. Hubungkan informasi yang kamu dapet dari webinar dengan informasi yang sudah kamu punya sebelumnya

Kita bisa mengingat dan fokus dengan lebih mudah kalau kita bisa menemukan hubungan antara ilmu baru yang kita pelajari dengan ilmu lain yang sudah pernah kita pelajari di masa lampau. Dengan begitu, kamu jadi ngerasa relate dan mampu ngebayangin hal yang baru kamu pelajari itu.

Misalnya, kalau kamu ikutan webinar soal mental health, jangan lupa untuk kaitin juga dengan kondisi yang kamu rasain saat ini. Kalau kamu menemukan kebingungan atau penasaran nih soal aplikasi hal yang kamu pelajari dengan hal yang kamu rasain saat ini, jangan sungkan buat bertanya.

Kalau kalian berpikiran untuk membuat webinar kalian sendiri dengan topik dan pembawaan yang menarik, tapi bingung sama pembicaranya, kalian bisa banget kolaborasi dengan Satu Persen!

Caranya gimana ya? Klik gambar di bawah ini aja untuk baca lebih lanjut terkait teknis dan harus kemana kalau ingin approach kolaborasi ini.

Oke, sekian dulu tulisan dari aku, semoga bermanfaat!

satu-persen-kolaborasi-3

Referensi

Hopkins, M. (2014, September 02). 5 key benefits of attending a webinar. Retrieved February 25, 2021, from https://www.croplife.com/webinars/5-key-benefits-of-attending-a-webinar/

Makhdoomi, B. (2020, May 08). Planning to attend a webinar? Go ahead, for it has a lot to offer. Retrieved February 25, 2021, from https://youthincmag.com/planning-to-attend-a-webinar-go-ahead-for-it-has-a-lot-to-offer

Raab, D. (2019, December 30). How can you improve your focus in 2020? Retrieved February 25, 2021, from https://www.psychologytoday.com/intl/blog/the-empowerment-diary/201912/how-can-you-improve-your-focus-in-2020

Webinar: Definition, basics, and possible uses. (n.d.). Retrieved February 25, 2021, from https://www.ionos.com/digitalguide/online-marketing/online-sales/webinars-advantages-features-and-possible-uses/

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.