Pengalaman Konseling dengan Psikolog Online: Dari Sedih ke Bahagia

Konseling
Almira Novelia Damayanti
26 Jan 2023

Halo, namaku Mira dan aku adalah Blog Writer di Satu Persen. Kali ini kamu bakal ngebahas soal kebahagiaan. Stay tune dan baca sampe abis ya, biar kamu bisa dapet keseluruhan insight-nya!

Pengalaman Konseling dengan Psikolog Online: Dari Sedih ke Bahagia
Satu Persen - Bahagia

Kebahagiaan adalah perjalanan, bukan tujuan! Kita sering menemukan diri kita berjuang untuk tetap puas dan mengalami sukacita dalam kehidupan kita sehari-hari. Tetapi dengan munculnya konseling dengan psikolog, kita sekarang dapat mengendalikan bagaimana kita membingkai dan melihat dunia di sekitar kita.

Memanfaatkan kekuatan konseling  dapat membantu kita memahami blok mental kita, merangkul perubahan, dan menavigasi tantangan dengan lebih efektif. Memungkinkan kita untuk lebih menghargai kehidupan dan semua penawarannya.

Jadi bergabunglah dengan kami dalam perjalanan ini menuju kehidupan yang lebih bahagia dan lebih penuh!

Daftar Isi

  1. Apa itu Kebahagiaan?
  2. Aspek Psikologis dari Kebahagiaan
  3. Peran Konseling dengan Psikolog dalam Perjalanan Menuju Kebahagiaan
  4. Manfaat Konseling dengan Psikolog
  5. 5 Tips Memaksimalkan Konseling Online dengan Psikolog
  6. Kesimpulan

Apa itu Kebahagiaan?

Kebahagiaan adalah suatu keadaan perasaan aman damai serta gembira yang melebihi hanya perasaan kegembiraan. Kebahagiaan berbeda-beda antara orang dan bergantung pada masa dan tempat. Secara umum, kebahagiaan dapat diartikan sebagai perasaan puas dengan hidup.

Secara biologis, hal tersebut terkait dengan pelepasan dopamin, neurotransmitter yang terlibat dalam perasaan. Kebahagiaan tidak memerlukan hal-hal yang sempurna dan mengejar kesempurnaan justru bisa membuat manusia merasa kurang bahagia. Secara mudah, kebahagiaan ialah memiliki hati yang tenang dalam menghadapi apa jua ujian dalam kehidupan.

Kebahagiaan itu penting karena memberi kita perspektif tentang dunia – ini membantu kita melihat keindahan di saat-saat dan menghargai kehidupan yang kita jalani. Ini mendorong kita untuk terus berjuang untuk impian kita, tidak peduli seberapa sulit atau tidak mungkin mereka tampak.

Kebahagiaan adalah sesuatu yang harus dilindungi dan dijaga. Layak dikorbankan dan dikejar dengan penuh semangat. Jadi, jika kita merasa tersesat atau tanpa harapan, ingatlah ini kebahagiaan selalu ada untuk kita, bahkan ketika masa-masa sulit. Yang perlu kita lakukan adalah memperjuangkannya.

Untuk mempelajari lebih lanjut lagi mengenai kebahagiaan jangka panjang, tonton video “Filosofi Kehidupan Bahagia” dari Satu Persen.

Satu Persen - Filosofi Kehidupan Bahagia

Aspek Psikologis dari Kebahagiaan

Mengejar kesenangan adalah tujuan umum bagi banyak orang, tetapi dapat memiliki implikasi psikologis yang dapat menyebabkan kekecewaan. Penelitian Psikologi Positif menyatakan bahwa kebahagiaan ditentukan oleh tiga komponen: emosi positif, kepuasan hidup, dan keterlibatan yang signifikan dengan hidup. Psikologi Positif juga menyatakan bahwa kesejahteraan adalah tentang memaksimalkan emosi positif dan meminimalkan emosi negatif.

Namun, penelitian menemukan bahwa perbedaan kepribadian dapat mengalami kebahagiaan dengan cara yang berbeda. Misalnya, orang yang ekstrovert cenderung merasa terpenuhi dengan pendekatan hedonistik terhadap hidup sementara introvert mungkin menemukan lebih banyak makna dalam aktivitas seperti membaca atau menulis. Selain itu, kepribadian kita berubah seiring waktu yang dapat mempengaruhi pendekatan kita terhadap kebahagiaan.

Penting untuk diingat bahwa mengejar kebahagiaan tidak boleh dilakukan dengan mengorbankan aspek lain dalam hidup. Penting untuk menjaga pendekatan yang seimbang terhadap kebahagiaan dan menyadari bahwa kadang-kadang mungkin sesuai untuk merasa sedih atau marah bukan optimis dan ceria.

Peran Konseling Psikolog dalam Perjalanan Menuju Kebahagiaan

Kita semua menjalani hidup untuk mencari kebahagiaan. Jalur kami mungkin memiliki gundukan, jalan memutar, dan belokan yang tidak terduga, tetapi seorang psikolog dengan gaya konseling yang tepat dapat membantu kita  menemukan jalan unik menuju kepuasan.

Konseling psikolog lebih dari sekadar mendengarkan – ini adalah eksplorasi untuk memahami diri sendiri dan membangun hubungan yang mendukung pertumbuhan kita. Psikoterapi positif, misalnya, membantu kita menjadi lebih sadar akan kemampuan, kekuatan, dan keterampilan pribadi mereka, yang dapat membantu mereka memahami perjalanan kesehatan mental mereka dan cara meningkatkannya. Praktik reflektif seperti mempertimbangkan peran hidup seseorang dan apa yang paling mereka ingin ketahui dapat juga membantu menumbuhkan kebahagiaan.

Teori Psikologi Positif Martin Seligman menyediakan toolkit untuk mencapai kehidupan yang menyenangkan dengan memungkinkan orang untuk berpikir secara konstruktif tentang masa lalu, menjadi optimis, dan mengembangkan ketahanan. Selain itu, teori kesejahteraan dari psikologi positif menawarkan 10 tips untuk mencapai kebahagiaan, seperti fokus pada saat sekarang dan menumbuhkan rasa syukur.

Akhirnya, praktek kontemplatif seperti meditasi ditemukan efektif dalam membantu praktisi mengembangkan cara baru untuk merawat kebahagiaan mereka sendiri. Secara keseluruhan, konseling dengan psikolog dapat memberikan kita dengan alat dan teknik yang dibutuhkan untuk memulai perjalanan menuju kebahagiaan yang lebih besar.

Perjalanan menuju kebahagiaan berbeda untuk setiap orang, tetapi kita tidak harus melakukan perjalanan sendirian. Salah satunya dengan berkonsultasi bersama Psikolog Satu Persen, kita akan memiliki kekuatan dan keberanian untuk mencapai tingkat kebahagiaan dan kepuasan yang baru.

banner-konseling-2

Manfaat Konseling dengan Psikolog

Konseling dapat membantu kita mengatasi masalah seperti depresi, kecemasan, masalah relasi, dan masalah lain yang mungkin menghambat kesejahteraan mental dan emosional.

Selain itu, konseling dengan psikolog juga dapat membantu dalam pertumbuhan emosi. Psikolog dapat membantu kita mengenali dan mengekspresikan emosi yang tidak diterima, mengidentifikasi pemicu emosi, dan mengembangkan strategi untuk mengatasi emosi yang tidak efektif. Ini dapat membantu kita menjadi lebih sadar akan emosi mereka dan membantu mereka mengatasi masalah emosional yang mungkin dihadapi.

Sementara itu, konseling dengan psikolog juga dapat membantu kita dalam memahami diri sendiri. Psikolog dapat membantu kita mengeksplorasi perasaan, pikiran, dan tindakan mereka dan menemukan cara untuk mengatasi masalah yang mungkin dihadapi. Ini dapat membantu kita menjadi lebih sadar akan dirinya dan meningkatkan kepercayaan diri.

Konseling dengan psikolog juga dapat membantu dalam mengidentifikasi pemicu ketidakbahagiaan. Psikolog dapat membantu kita mengeksplorasi perasaan, pikiran, dan tindakan yang mungkin menyebabkan ketidakbahagiaan. Ini dapat membantu kita menemukan cara untuk mengatasi masalah yang mungkin dihadapi dan meningkatkan kualitas hidup.

Secara keseluruhan, konseling dengan psikolog dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi kita, keluarga, dan masyarakat. Konseling dapat membantu kita mengatasi masalah emosional dan mental, meningkatkan kesejahteraan mental dan emosional, dan meningkatkan kualitas hidup. Konseling juga dapat membantu masyarakat dalam mengatasi masalah kesehatan mental yang mungkin dihadapi.

5 Tips Memaksimalkan Konseling Online Psikolog

1. Cari Ruang yang Privasi

Pilih ruangan yang tidak ada orang lain atau suara yang dapat menganggu sesi Anda. Ini akan memastikan bahwa Anda dapat berfokus pada permasalahan yang Anda bicarakan dengan konselor Anda tanpa terganggu oleh suara atau gangguan lain.

2. Buat Daftar Masalah dan Tujuan

Ini akan membantu kita tetap fokus dan memastikan bahwa semua topik dibahas. Dengan membuat daftar sebelum sesi, kita akan lebih fokus dalam menyampaikan masalah yang kita alami sehingga tidak terlewatkan topik yang penting dan terjadi efisiensi waktu dalam sesi.

3. Sadar akan Pikiran dan Perasaan Negatif

Ini akan membantu terapis lebih memahami kondisi pikiran dan perasaan kita saat ini dan memberikan perawatan yang lebih efektif. Dengan memberitahukan pikiran dan perasaan negatif yang sering kita alami, terapis akan lebih mudah mengidentifikasi masalah utama yang kita alami dan menentukan pendekatan terbaik untuk mengatasinya.

4. Kerjakan tugas rumah!

Ikuti instruksi yang diberikan oleh terapis antara sesi. Ini akan memastikan bahwa kita secara aktif berpartisipasi dalam rencana perawatan kita sendiri dan membuat kemajuan menuju tujuan kita. Tugas rumah yang diberikan terapis selama sesi akan membantu kita untuk memperkuat dan mengaplikasikan apa yang telah dipelajari dari sesi sebelumnya.

5. Pertimbangkan ini sebagai Wawancara Dua Arah

Tanyakan pertanyaan, berikan umpan balik, dan terbuka terhadap saran dari terapis sehingga mereka dapat lebih memahami kebutuhan kita dan menyesuaikan pendekatan mereka sesuai dengan itu. Dengan mempertanyakan dan memberikan umpan balik, kita akan dapat lebih terlibat dalam proses perawatan dan terapis dapat lebih baik menyesuaikan pendekatannya untuk memenuhi kebutuhan kita.

Kesimpulan

Kesimpulannya, konseling dengan psikolog dapat menjadi alat yang ampuh dalam mencapai kebahagiaan dan kesejahteraan. Melalui konseling, kita dapat mengeksplorasi perasaan, pikiran, dan tindakan mereka dan menemukan cara untuk mengatasi masalah yang mungkin dihadapi. Konseling juga dapat membantu kita dalam pertumbuhan emosi, memahami diri sendiri dan mengidentifikasi pemicu ketidakbahagiaan.

Selain itu, mengendalikan kesehatan mental kita sendiri dapat mengarah pada kesejahteraan yang lebih besar. Konseling dapat membantu kita mengatasi masalah emosional dan mental, meningkatkan kesejahteraan mental dan emosional, dan meningkatkan kualitas hidup.

Dorongan bagi  yang mencari konseling dengan psikolog, konseling dapat membantu dalam mengatasi masalah emosional dan mental, meningkatkan kesejahteraan mental dan emosional, dan meningkatkan kualitas hidup.

Jangan ragu untuk mencari bantuan dari seorang psikolog. Kamu dapat berkonsultasi dengan Psikolog Satu Persen demi kebahagiaan dan kesehatan mentalmu.

cta-konseling-6

Referensi

Amy Enkling Counseling. 2018. A Counselor’s Review On The Science of Happiness - 10 Tips From Positive Psychology’s Theory of Well Being. https://www.amyenklingcounseling.com/blog/2018/11/28/a-counselors-review-on-the-science-of-happinesspositive-psychologys-theory-of-well-being

Benton, E. 2021. 13 Tips for Getting the Absolute Most Out of Therapy. Self. https://www.self.com/story/maximize-therapy-tips

Cunff, A. The psychology of happiness. Nesslabs. https://nesslabs.com/psychology-of-happiness

Drevitch, G. 2022. Culvating Happiness Through Purpose. Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/nourished-journey/202211/cultivating-happiness-through-purpose

Health Grades. 8 Tips for an Online Theraphy Session. https://www.healthgrades.com/right-care/mental-health-and-behavior/8-tips-for-an-online-therapy-session

King, B. 2018. Top 9 Benefits of Counselling. Total Health Guidance. https://www.totalhealthguidance.com/top-9-benefits-of-counseling/

Mead, E. 2020. What Is Positive Psychotherapy? (Benefits & Model). PositivePsychology. https://positivepsychology.com/positive-psychotherapy-research-effects-treatment/

Montare Behavioral Health. 8 Benefits of Mental Health Counselling. https://montarebehavioralhealth.com/8-benefits-of-mental-health-counseling/

Rasetlli, C. 2021. The Art of Happiness: An Explorative Study of a Contemplative Program for Subjective Well-Being. Frontiers. https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/fpsyg.2021.600982/full

University of New Hampshire. Positive Psychology Strategies for Increased Happiness. https://www.unh.edu/pacs/positive-psychology-strategies-increased-happiness

Walsh, L. 2019. Striving for happiness could be making you unhappy – here’s how to find your own path. The Conversation. https://theconversation.com/striving-for-happiness-could-be-making-you-unhappy-heres-how-to-find-your-own-path-115104

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.